muzeyyen salik

Oemah Makrome Hadir Di Festival Turki





Hallo sahabat arkadaşlar, nasılsın? Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang Oemah Makrome hadir di Festival Pasar Senggol Turki. Perhimpunanan Pelajar Indonesia (PPI) Turki berkolaborasi dengan PPI Dunia, KJRI Istanbul beserta Kementrian BUMN menyelenggarakan Festival Pasar Senggol.

Pasar Senggol merupakan Festival Perdana yang dilaksanakan pada 5 Juni 2022, di Halic Conggress Centre, Istanbul.







Pameran dagang bazar kuliner dan juga festival budaya terpadu bertajuk Festival Pasar Senggol Turki ini, akan menjadi wadah bagi komunitas diaspora Indonesia. Untuk memperkenalkan dan memasarkan produk mereka ke masyarakat luas di Turki.




Terdapat 6 BUMN yang turut hadir dalam memeriahkan festival ini, termasuk dari BRI, PLN, Telkom, Pertamina, BNI dan Mandiri.

Pasar Senggol ini dimeriahkan oleh berbagai diaspora Indonesia yang berada di Turki, yakni oleh BUMN, WNI yang tinggal maupun datang langsung dari Indonesia. Juga dimeriahkan oleh market asing seperti Thailand, Philipina. dan Malaysia.






Tidak hanya memamerkan produk, kuliner dan jasa. Festival Pasar Senggol ini juga dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya, karnaval serta fashion show.



CIKAL BAKAL OEMAH MAKROME






Oemah makrome adalah suatu wadah kerajinan tangan dengan teknik menganyam tali atau kain.

Dari sebuah ide dan antusias pendiri Oemah Makrome yang tak lain adalah saya sendiri. Belajar dari nol, dalam arti tidak mempunyai basic menganyam sebelumnya. Tidak mematahkan semangat saya untuk mempelajari hal-hal baru.

Yah tentu saja, saya belajar kerajinan ini tidak mudah, dan semua saya pelajari secara otodidak. Meskipun saya hampir tidak tidur selama satu pekan. Tapi pada akhirnya saya bisa menguasai teknik-teknik menganyam.




“Kita diciptakan sama, yang membedakan adalah minsdet, kasabaran, dan usaha kita.”




Bagi saya ini adalah sebuah hobi, sekaligus bentuk karya seni. Sesuai dengan karakter saya, saya ini suka dengan hal-hal unik, aneh dan kadang njlimet kalo orang Jawa bilang.



HADIR DI FESTIVAL PASAR SENGGOL TURKI




Sampai diturunkannya artikel saya ini, kadang saya hampir tidak percaya. Jika saya termasuk bagian dari diaspora yang memeriahkan acara Festival Pasar Senggol di Turki.

Tentu ini adalah kebanggaan tersendiri untuk saya. Bermodal nekat, dan keinginan yang kuat, saya bertekad mengikuti festival tersebut.

Persiapannyapun tergolong sangat cepat hanya satu bulan. Sempat pesimis karena memang belum banyak karya yang saya buat.




Saya merubah mindset saya dan berfikir positif. Saya pasti bisa. Hingga akhirnya saya membuat challenge untuk diri saya sendiri satu hari harus membuat kerajinan makrome paling tidak satu. Yah, paling tidak saya membawa kurang lebih 30 kerajinan tangan makrome ini.

Jujur saya sama sekali tidak memikirkan keuntungan yang akan saya terima. Bagi saya, ini adalah langkah awal untuk mempromosikan brand saya Oemah Makrome kepada masyarakat luas.

Perjalanan dari rumah kami Malatya ke Istanbul kurang lebih 16 jam. Menurut saya ini best records saya pertama kali naik bus terlama.

Tidak usah dibayangkan tentu rasanya manis asam asin, seperti nano nano. Tapi saya sangat bersyukur ada orang-orang tersayang yang mensuport saya.

Dan tidak dirasa ternyata acara perdana Festival Pasar Senggol di Istanbul ini berjalan dengan baik dan sukses hingga mencapai kurang lebih 2.500 pengunjung.

MANFAAT MENGIKUTI FESTIVAL MANCA NEGARA




Menurut saya manfaat mengikuti Festival di kelas Manca Negara ini, adalah sebagai berikut;

1. Mendapat pengalaman yang luar biasa.

2. Memahami minat pasar di kelas Internasional.

3. Bertambahnya relasi.

4. Produk kita dikenal oleh masyarakat luas.

5. Bentuk pengembangan diri.

6. Memahami teknik berdagang di kelas Internasional.




Baiklah, sekiranya cukup sampai disini dulu artikel saya Oemah Makrome hadir di Festival Pasar Senggol Turki. Semoga bermanfaat, menginspirasi dan menjadi motivasi untuk semua sabahat arkadaşlar ku.

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya. Dan simak terus tulisan-tulisan saya selanjutnya yaa,,,













Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

2 komentar

  1. Alhamdulillah.. Salut dan haru dengan perjuanganmu.. Barakallahu fiikum

    BalasHapus
  2. Alhamdulilah terimakasih banyak mba...bismillah mudah"an kita semua sukses🥰

    BalasHapus

Posting Komentar