muzeyyen salik

Lengkap!!! Manfaat SEO PAGE Untuk Blogger Pemula

 

belajar seo page untuk pemula

Menjadi blogger tentu impian banyak orang, dan semua orang bisa saja menjadi blogger. Tapi jangan salah untuk menjadi blogger pun ada ketentuan yang wajib dipelajari.Dan di sini saya akan membahas manfaat SEO Page untuk blogger pemula secara lengkap.

Kenapa sich kita harus memilih menjadi blogger ulasannya ada disini. Dan untuk mengenal lebih lanjut apa itu SEO Page mari kita simak ulasan berikut ini.

PENGERTIAN SEO


SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik mengoptimalkan konten pada halaman website agar mendapat peringkat teratas di Google dan mudah ditemukan user.

SEO Page ini dimaksudkan agar membuat konten terlihat SEO Friendly. SEO Page ini merupakan cara meningkatkan traffic konten kita dalam jangka panjang.

Untuk mengoptimalkan SEO Page ini khususnya untuk pemula membutuhkan kesabaran extra, ketelitian, dan pemahaman mengenai SEO. 


teknik dasar SEO


TEKNIK DASAR SEO PAGE


Ada 3 teknik dasar SEO yang biasanya diterapkan antara lain:


1.White

Merupakan SEO yang cara penerapannya sesuai kaidah, tanpa bantuan algoritma. Penerapan ini yang paling saya anjurkan.

Karena jika konten kita sukses akan ada kebanggaan tersendiri dari kemurnian konten yang kita buat.


2.Black

Merupakan SEO yang cara penerapannya tidak menutup kemungkinan belum sesuai kaidah. Dan biasanya menggunakan bantuan algoritma. Ini dimaksudkan agar pemilik konten di setiap kontennya mencapai Page On. 

Tapi penerapan ini tentu saja membawa dampak negatif antara lain; page kita tidak selamanya di posisi teratas, link bahkan artikel kita bisa dibanned oleh Google.


3.Grey

Merupakan penerapan SEO dengan menggabungkan teknik white and black. Menurut saya, cara ini juga tidak saya anjurkan.

Karena dampak terburuknya akan merusak blog dan konten yang sudah kita buat. Dan jika terdeteksi oleh google menggunakan bantuan algoritma tentu kita harus siap kehilangan link bahkan artikel kita. 




MANFAAT SEO ON PAGE


Sebelum membahas lebih lanjut tentang SEO, alangkah baiknya saya membahas manfaat SEO On Page khususnya untuk blogger Pemula.


1. Meningkatkan Peringkat Website di Posisi Teratas Google Search Engine


Setiap blogger pasti menginginkan websitenya berada di posisi teratas halaman pertama. Karena ini akan mempermudah pembaca menemukan website kita dan menarik minat pengiklan.

Keberadaan website di posisi teratas ini juga membuktikan bahwa website kita terbukti berkualitas dan layak menjadi referensi.


2. Website Lebih Mudah Terdeteksi


Keberhasilan melakukan optimasi pada blog atau artikel, akan membuat website kita lebih mudah terdeteksi. Dengan mengetikkan kata kunci saja maka website kita akan berada di posisi pertama.


3. Menepatkan Sasaran Pengunjung


Sejati utama SEO ini adalah memetakan pembaca agar lebih tepat sasaran.

Untuk ini pengoptimalan SEO yang sesuai kaidah untuk memetakan kemungkinan kata kunci yang akan dipilih oleh pembaca.


4. Peluang Lebih Besar Mendapatkan Pengunjung


Dengan penerapan SEO ini dimaksudkan untuk menarik pelanggan. Apalagi jika website kita berada di halaman pertama ini bisa menjadi peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

5. Kesempatan Bersaing Dengan Perusahaan Besar


Jika optimasi SEO sudah diterapkan dengan baik di blog atau artikel kita dan mendapat review yang baik pula.

Maka ini sudah cukup sebagai senjata bersaing dengan perusahaan besar. Karena hanya website SEO yang bisa menarik minat banyak orang.

6. Meminimalisir Budget Pemasaran


Kita tidak perlu menyewa pengiklan dengan biaya yang mahal. Karena promosi website yang sudah optimasi SEO akan aktif selama 24 jam. Sehingga ini akan menekan sedikit pengeluaran.

7. Menjadi Referensi Informasi


Dengan membuat konten yang sesuai standar SEO bisa diartikan website kita ramah manusia dan bisa menjadi referensi. Ini artinya website kita banyak pengunjung dengan informasi yang mudah dimengerti.

Website tidak hanya mengejar jumlah kata saja, melainkan ada unsur humanity dan quality di dalamnya.

8. Mendapatkan Penghasilan Dari Pengiklan


Website yang sudah sesuai optimasi SEO tentunya akan banyak pengunjung. Tentunya ini akan diincar pengiklan untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas. 

Bagi blogger sendiri tentu akan mendapatkan imbalan atau penghasilan dari pengiklan tersebut. 


jenis-jenis seo



JENIS-JENIS SEO DAN KAIDAHNYA


Jika tadi kita sudah membahas teknik dan manfaat SEO. Maka sekarang kita akan membahas jenis-jenis SEO dan kaidahnya.

Jenis SEO sendiri ada 2 yaitu; SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. Di dalam SEO ini juga terdapat kaidah-kaidahnya yang akan saya ulas seperti di bawah ini;

SEO On Page


Secara sederhana SEO On Page ini cara mengoptimalkan konten agar terlihat lebih berkualitas. Sehingga user mendapat kesenangan tersendiri dan konten kita dapat dicari oleh mesin pencari google dengan mudah.

SEO On Page ini berkaitan dengan elemen-elemen di website kita. Meliputi; kualitas konten, struktur konten, kecepatan halaman, serta internal link.


kaidah seo on page



KAIDAH-KAIDAH SEO ON PAGE


Judul


Sertakan kata kunci di judul, dan pastikan judul tidak lebih dari 55 karakter. Lakukan riset dari kata kunci yang kita tentukan.

Secara mudahnya kita bisa ketikkan kata kunci di pencarian google. Jika penelusuran tidak terlalu banyak misalnya ada 1000 penelusuran itu berarti kata kunci kita sudah cukup bagus. 

Dan mempunyai kesempatan berada di posisi teratas. Atau kita bisa melihat di pencarian terkait, ini juga bisa membantu kita menemukan judul yang tepat. Penulisan judul juga harus ada di permalink dengan jumlah maks. 75 karakter.

Tidak hanya itu penulisan judul untuk SEO On Page wajib juga disertakan di paragraf pertama, di sub judul, maupun di bagian penutupan artikel. Pilih kata kunci yang menjawab kebutuhan user.

Permalink


Permalink atau Permanent Link merupakan alamat tautan dari sebuah situs, yang apabila kita klik akan dibawa ke halaman website tersebut. Permalink ini biasanya diambil dari judul artikel yang kita tulis.

Dan secara keseluruhan permalink ini berisi tentang nama website, tanggal penerbitan artikel dan judul artikel itu sendiri. Penulisan permalink sendiri tidak boleh dari 75 karakter. Dan untuk situs blogger sendiri kita bisa merubah permalink sesuai yang kita harapkan.

Deskripsi


Merupakan gambaran yang menerangkan isi sebuah blog itu sendiri. Aturan penulisan deskripsi ini antara 55-155 karakter. Fungsinya tentu saja memberi gambaran pengunjung tentang konten atau artikel apa yang ada di dalam blog kita.

Sehingga mereka tahu apakah blog kita termasuk yang mereka cari atau tidak. Biasanya deskripsi ini akan muncul di penelusuran halam pencarian seperti Google , Yahoo, dan lain sebagainya. Cantumkan CTA (Call to Action) di dalam deskripsi.

Paragraf Pertama


Perlu diperhatikan dalam penulisan paragraf pertama sangat disarankan untuk memasukkan judul di dalamnya. Hal ini dimaksudkan agar artikel dengan mudah dikenali oleh mesin penelusuran.

Stop Cara Lama Penulisan Keyword


Penulisan keyword dengan cara lama ini ternyata sangat tidak dianjurkan. Kita tidak perlu membuat underline, bold atau efek miring pada tulisan. Kecuali ada permintaan dari klien.

Biarkan tulisan natural apa adanya. Karena penulisan cara lama ini bisa saja membuat i’ll feel pembaca, apalagi penggunaanya yang secara berlebihan.

Paragraf Akhir


Tidak hanya di awal paragraf, penulisan judul harus disertakan juga di paragraf akhir. Ini dimaksudkan agar artikel kita semakin mudah dikenali oleh mesin penelusuran.

Jumlah Kata


Untuk jumlah kata sendiri tidak bisa dipatenkan. Karena setiap ahli SEO pasti mempunyai aturan yang berbeda-beda pula.

Berapapun jumlah kata yang kita pilih pastikan isi di dalamnya memuat jawaban yang bermanfaat untuk user.

Optimalkan Paragraf


Mengoptimalkan paragraf bisa dilakukan dengan cara menghindari kalimat majemuk dan kalimat pasif. Di dalam paragraf bisa terdiri dari 1-3 kalimat. Jika kalimat terlalu panjang penggunaan satu kalimat saja menjadi satu paragraf tidak masalah. 

Ini dimaksudkan agar pembaca tidak merasa capek saat membaca. Karena mayoritas pembaca saat ini menggunakan media telepon.

Heading


Penggunaan heading ini harus secara berurutan mulai dari Heading 1 untuk judul utama. Dan heading ini akan secara otomatis mengikuti template. 

Oleh karena itu template yang sudah sesuai dengan SEO Friendly ini akan secara otomatis formatnya akan H1 untuk judul utama. Di dalam artikel mulailah menggunakan Heading 2. Dan di dalam salah satu heading harus terdapat kata kunci.


Untuk Heading sendiri terdiri dari sebagai berikut;

  • Major Heading / Judul Utama

Penulisannya secara keseluruhan tidak boleh menggunakan huruf Kapital, karena ini bisa menunjukkan ekspresi kemarahan.

  • Heading / Judul biasa disebut dengan Heading (H2)
  • Subheading / Subjudul biasa disebut dengan Heading H3 (H3)
  • Minor Heading / Judul Kecil biasa disebut dengan Heading 4 (H4)


Optimasi Gambar


Cara mengoptimasi gambar ini adalah dengan cara memberi ulang nama pada gambar atau rename. Biasakan penulisannya dengan tanda strip tanpa spasi, dan biarkan dengan huruf kecil.

Pastikan pada saat edit postingan isi alt dan title image diisi sesuai dengan deskripsi gambar atau kata kunci yang kita targetkan. Hal ini dilakukan dengan maksud mesin pencarian mudah menemukan artikel kita.

Perlu diingat untuk ukuran gambar sendiri alangkah baiknya tidak boleh lebih dari 100kb, untuk menghemat ruang penyimpanan kita.

Link Pada Artikel


Di artikel ada 2 jenis link yaitu; Internal Link dan Eksternal Link.

Internal Link yaitu tautan yang mengarahkan kita ke halaman lain pada website yang sama. Sedangkan Eksternal Link yaitu tautan yang mengarahkan kita pada website yang berbeda.

Secara gampangnya internal link ini milik kita pribadi, yang mengarahkan user berkunjung ke halaman kita yang lain. Untuk eksternal link sendiri adalah tautan dari luar yang mengarahkan user berkunjung ke website orang lain.

Penerapan untuk Link pada artikel jika ada 1 eksternal link harus ada 2 internal link. Penggunaan eksternal link tidak boleh lebih banyak dari pada penggunaan internal link.

Gunakan LSI Keyword


LSI (Latent Semantic Indexing) ini adalah sekumpulan kata kunci yang related atau berhubungan dengan kata kunci target kita. Ini dapat memperjelas konteks pada sebuah konten. 

LSI Keyword inı bisa diterapkan di heading, alt gambar, title gambar, rename gambar maupun di dalam artikel.

Share Di Media Sosial


Share di Media Sosial ini dapat meningkatkan link building kita. Kita memberikan social signal yaitu pemberitahuan kepada pengguna social media bahwa artikel kita sudah rilis.

Karena biasanya link artikel yang kita share di media sosial trafiknya akan lebih cepat naik. Meskipun ada beberapa pelaku SEO yang fokus pada adsense tidak menerapkan cara ini.

Tapi tidak menutup kemungkinan jika ada klien yang memang mengharuskan kita berbagi di media sosial kita.

Lakukan Inspect URL


Inspect URL ini berkaitan dengan salah satu tools yang disebut dengan Google Search Console . Ini dimaksudkan agar akun blog kita lebih mudah dikenali oleh Google.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain;


  • Membuat akun Google Search Console
  • Mendaftarkan sitemap blog kita di Google Search Console
  • Setiap postingan kita harus insect URL di Google Search Console


SEO OFF PAGE


Sementara itu, SEO Off Page ini merupakan cara meningkatkan kredibilitas website sehingga berada di peringkat teratas Dan mendapatkan kepercayaan google.

Penguatan elemen SEO di luar blog yang kita kelola. Biasanya SEO Off Page ini berhubungan dengan menaikan Domain Authority (DA). 


kaidah seo off page

 

KAIDAH-KAIDAH SEO OFF PAGE


Berikut ini adalah kaidah-kaidah SEO Off Page, antara lain;

Rajin Share ke Media Sosial


Ini bertujuan memberi sosial signal ke google bahwa postingan kita sudah rilis. Ini bisa dilakukan di berbagai media sosial seperti facebook, twitter, pinterest , instagram dan lain sebagainya.

Ini diharapkan meningkatkan value blog kita, karena otoritas website mereka lebih tinggi dari blog kita.


Pahami Link Building


Memahami Link building ini secara sederhana adalah saling berbagi link. Tujuannya untuk saling menguatkan dan merekomendasikan blog kita dengan blog lain. Atau bisa juga dengan cara guest post ke blog lain.

Misalnya guest post ke blogspedia grup, karena blogspedia sendiri menerima tulisan dari orang lain tetapi dengan berbagai ketentuan yang berlaku.Jika tulisan kita layak nanti akan diterbitkan di blogspedia dengan menyertakan link yang menuju halaman blog kita dan keterangan penulis blog itu sendiri.


Intip Eksekusi Blogger Lain


Ini bisa dilakukan jika kita mempunyai tools seperti mouse.com untuk mengintip kekuatan dan kualitas link building blogger lain. Hal ini bisa menjadi rekomendasi kita untuk sedikit mencontoh kinerja blogger lain.


Konsisten dan No Bar-Bar


Seperti penanaman link di berbagai situs website yang tentunya ini harus dilakukan secara konsisten. Mencari riset website mana yang bisa meningkatkan otoritas blog kita. Dan tidak boleh barbar misalnya, satu hari kita bisa menyebarkan 2000 link atau bahkan lebih.

Tentu saja ini tidak masuk akal dan akan membuat akun kita terdeteksi google dengan disangka menggunakan tools. Imbasnya akun blog kita bisa saja dibanned oleh google. 


google algorith


MENGENAL ALGORITMA GOOGLE


Algoritma google ini disimpulkan menjadi satu kata yaitu ''EAT'' yang berarti Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness.


Expertise


Ditulis oleh ahlinya, blog dengan niche yang spesifik. Semakin ahli penulis blog semakin google percaya dan merekomendasikan blog itu.

Seperti blog-blog kesehatan yang personal, atau tips-tips kesehatan yang ditulis oleh blog personal yang bukan dokter tentu akan kalah dengan blog kesehatan website dari alodokter, halosehat, dan lain-lain. Karena google tahu itu yang nulis dari ahlinya seorang dokter.

Misal kita punya latar belakang arsitek kita tulis tentang interior atau exterior. Ini juga akan membuat google lebih percaya dengan blog kita.


Authoritativeness


Buat google mengenal blog kita lewat halaman about, tuliskan portofolio dan buat schema.org. Ini dilakukan agar kita terdeteksi oleh youtube sebagai manusia bukan robot.

Semakin otoritas penuisnya jelas semakain google akan percaya dan akan lebih merekomendasikan blog kita ke user.

Trustworthiness


Pengaktifan HTTPS, ini berhubungan dengan HTTP dan HTTPS. Dan sekarang yang disarankan adalah HTTPS. Ketika kita masih pakai blogspt.com pasti kita akan menjadi HTTP. Tetapi jika kita sudah pakai TLD itu defaultnya akan HTTP.

Jika HTTPS tidak diaktifkan jika browser terlalu ketat maka akan ada pemberıtahuan seperti not secure di web kita dan kita tidak bisa masuk ke halaman website. 


tips agar blog mudah terdeteks google



TIPS AGAR BLOG KITA MUDAH TERDETEKS GOOGLE


Berikut ini adalah tips-tips agar blog kita mudah terdeteksi oleh Google.


Cari Tahu Apa Maunya Google



Lakukan riset keyword inşi penting. kita harus tahu yang dicari user dan kebutuhan user. Kita tidak boleh saklek menulis yang kita mau. Tetapi kita juga harus memikirkan kebutuhan user.

Untuk itu cara terbaik adalah kita harus mengkolaborasikan antara tulisan yang kita mau dan kebutuhan user.

Pasang Google Analytic dan Google Search Console


Pemasangan Google Analytic dan Google Console ini dapat membatu kita memantau semua artikel yang kita buat. Secara garis besarnya ini akan menganalisa artikel kita apakah sudah sesai SEO atau belum.


Perlakukan Konten Seperti Raja


Membangun konten yang berkualitas. Sehingga user menemukanmanfaat saat berkunjung ke website kita


Membuat Konten Plan


Ini agar kita selalu konsisten menulis blog, minimal sekali semingg. Usahakan jangan sampai sebulan tidak ada tulisan sama sekali.


Pilih Judul Yang Tepat


Pastikan judul dan isi artikel di dalamnya harus sesuai. Hindari judul aneh aneh karena judul yang aneh hanya ngefek di wag keluarga . Kenali cara membuat judul yang menarik untuk google. Dengan ini blog kita mudah dilirk user maupun google.

Sampai di sini ulasan lengkap tentang manfaat SEO Page untuk blogger pemula. Selamat belajar, selamat beraktifitas, dan selamat untuk menuju sukses bersama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Akhir kata, Wassalamualaikum wr. wb






Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

Posting Komentar