muzeyyen salik

Menu Sarapan Orang Turki Yang Wajib Kita Coba

menu sarapan orang turki



Di artikelku kali ini, aku mau bahas tentang sarapan. Tapi bukan sembarang sarapan lho. Karena, aku mau bahas tentang Menu Sarapan Orang Turki. Ngobrolin soal sarapan nih, belum nulis udah semakin krucuk-krucuk perutnya...

Mau tau ngga nih apa sih menu sarapan khas orang turki yang wajib kita coba. Yuk stay tuned terus ya.

Adakah di sini salah satu dari kalian yang ingin singgah atau tinggal di Turki? Jika iya, artikel ini pas banget untuk kalian. Pentingnya sarapan pagi bagi kesehatan tentu tidak bisa dipungkiri lagi.

Manfaat sarapan menjadi sumber energi bagi tubuh dan otak, sehingga menjadikan mood dan kondisi tubuh bagus. Ini juga harus diimbangi dengan pemilihan menu yang tepat.

Menu sarapan orang turki ini seharusnya juga bisa diterapkan kepada kita. Karena di dalam menu khasnya mereka terdapat banyak manfaat yang menyehatkan untuk tubuh.
 

MENU SARAPAN ORANG TURKI



Apa saja sih menu sarapan orang Turki? Berikut ini adalah menu khas yang biasa  orang Turki makan di waktu pagi hari.


menemen makanan khas turki



Menemen


Makan khas satu ini merupakan orak arik telur khasnya turki. Makanan berbahan dasar telur, tomat dan cabai yang dicincang kasar dengan tambahan sedikit garam menjadi makanan andalan di pagi hari.

Kebiasaan orang turki mengombinasikan menemen dengan roti adalah hal lumrah. Cara makannyapun cukup unik. Kalian tinggal mencocolkan roti kedalam menemen itu. Untuk rasanya makanan khas turki ini cukup baik diterima lidah kita. Itu artinya menemen ini masih bisa kita nikmati.


kentang goreng


Kentang Goreng


Kentang goreng biasanya juga menjadi menu sarapan di Turki. Karena kentang adalah makanan kesukaan orang turki. Dan biasanya stock kentang itu wajib ada di rumah.


sup turki


Corba  


Di Turki sendiri ada beberapa sup, antara lain; sup kepala domba, sup lentil, sup ayam, sup nasi yogurt, sup jamur, sup babat, dan yang lainnya.

Corba atau sup turki adalah menu sarapan yang cocok di lidah saya. Apalagi sup kepala domba, dengan taburan bon cabai di atas dan sedikit perasan limon. Ini membuat saya nambah karena porsi mangkok di Turki kecil.

Sup lentil yang dulu kurang saya sukai dan nggak bisa makan, sekarang juga mulai doyan. Ternyata rasa masing-masing masakan tergantung siapa yang membuat dan ingredientnya. Sup lentil dengan tambahan butter berkualitas, tentu rasanya akan semakin lezat.


telur ceplok lezat


Telur


Jangan salah jika telur ternyata menu sarapan orang Turki yang digemari juga loh. Disamping praktis cara membuatnya, telur juga mempunyai berbagai manfaat.

Cara penyajiannya ada yang di rebus dengan penambahan garam. Ada pula yang didadar dengan menambahkan sucuk (sosis turki) atau keju. Ada juga dengan cara diceplok dengan taburan pulbiber (cabai kering), kekik (thyme), dan sedikit garam.


sosis goreng



Sosis


Sosis juga menjadi pilihan ketika sarapan di Turki. Tentu kita juga sudah sangat familiar.

Ini juga menjadi pilihan emak-emak Turki untuk sarapan buah hatinya. Lebih mudah, praktis, dan tinggal goreng.


mortadella



Mortadela


Salam atau mortadela adalah sejenis sosis yang warnanya merah muda dan penuh dengan lardon. Mortadela ini salah satu makanan yang bikin saya penasaran karena tampilan warnanya.

Cara makannyapun bisa langsung dikonsumsi. Karena pernah saya goreng malah nggak enak guys...tastenya kurang dapet.


sosis turki



Sucuk


Sucuk merupakan sosis khas turki dengan ukuran yang berbeda dari sosis biasa. Penyajiannya biasanya dimasak dengan telur.

Sucuk ini rasanya berbeda dengan sosis, karena di dalamnya ada rempah khas Turki. Sucuk menjadi rekomendasi saya karena rasanya yang lezat.


buah zaitun


Zaitun


Buah satu ini memang hampir tidak kita jumpai di Indonesia. Buah yang kaya manfaatnya ini ternyata menjadi makanan khas sehari-hari di Turki.

Penyajianya tentu sudah berupa semacam asinan. Menurut saya rasa buah ini bermacam-macam tergantung pabrik pembuatannya. Tapi pada aslinya buah ini rasanya pahit dan getir.

Meskipun saya baru mencoba setelah empat bulan tinggal di Turki. Tapi buah ini juga menjadi rekomendasi yang wajib kalian coba.


berbagai variasi selai


Selai


Makanan ini juga pasti ada di meja makan saat sarapan di Turki. Macamnyapun bervariasi ada selai strawberry, peach, cherry, blackberry, bahkan selai dari buah quince (buah unik perpaduan antara apel dan pir).

Cara makanya juga seperti biasa kita tinggal mengoles roti dengan selai yang kita pilih. Rasanya tentu sangat cocok di lidah kita.


jenis jenis keju


Keju


Makanan ini tentu sudah tidak asing di telinga kita. Karena di Indonesia sendiri variasi keju sudah semakin variatif. Keju adalah makanan khas turki yang harus ada saat sarapan pagi.

Biasanya ini akan berupa cream cheese untuk olesan, keju mozzarella yang dipotong kotak, bola keju maupun keju yang berupa rambut nenek. Untuk rasanya sangat unik dan ini jelas masuk di lidah kita.


coklat menu sarapan orang turki


Coklat


Ternyata coklat juga menjadi menu sarapan yang harus ada. Coklat menjadi makanan favorit saya saat pertama kali di Turki.

Karena menu sarapan yang lain masih cukup asing untuk saya waktu itu.


madu asli



Madu


Madu, ternyata juga harus tersedia di meja saat sarapan. Dan biasanya orang Turki suka mencampur madu dengan butter.

Penambahan madu dengan butter ternyata menciptakan rasa yang luar biasa. Madu juga bisa menjadi makanan pilihan saat sarapan ya. Kalian juga bisa menambahkan madu ke dalam teh hangat saat sarapan.


mollase anggur


Pekmez


Pekmez merupakan sirup yang menyerupai mollase. Terbuat dari sari buah-buahan yang dimasak secara mengental. Pekmez biasanya diambil dari buah-buahan yang manis.

Ini biasanya diambil dari buah anggur (üzüm pekmezi), murbei (dut pekmezi), carob (keçibiynuzu/harnup pekmezi) ini hampir seperti asam bentuk buahnya, buah pancar (bit pekmezi), juniper berry (ardiç/andiz pekmezi) ini merupakan semak cemara yang menghasilkan biji dengan warna buah bervariasi kebanyakan berwarna biru tua.

Pekmez ini bisa di sajikan tanpa apapun. Atau biasanya orang turki menyajikan pekmez dengan butter atau taihin (olahan wijen). Pekmez ini juga unik karena bisa dijadikan alternatif pengganti kecap maupun kinca untuk minuman cendol.


salad turki


Salad


Ini merupakan saladnya orang turki yang berupa potongan tomat, timun, selada dan bawang bombay dengan sedikit garam, minyak sayur dan sedikit perasan lemon.

Tapi di pagi hari bawang bombay tidak disajikan waktu sarapan ini termasuk pantangan. Kata orang turki ini "olmaz", artinya mustahil (sikap atau tingkah laku yang tidak boleh dilakukan).


roti turki


Ekmek


Ekmek atau roti ini menjadi makanan pokok orang turki. Saya sempat terheran-heran ketika mereka mengaplikasikan semua makanan dengan roti.

Seperti contohnya ayam bakar dengan roti, telur dadar dengan roti, bahkan indomiepun bisa dimakan bersama roti. Untuk roti sehari-hari yang mereka konsumsi ini adalah roti plain. Uniknya lagi kucing di sini jarang saya jumpai memakan ikan, tetapi roti juga menjadi pilihannya.


helva makanan penutup turki



Helva


Makanan penutup khas turki yang terbuat dari tahini (olahan wijen), juga tidak pernah ketinggalan dan selalu ada.

Rasa helva ini unik, hampir seperti enting-enting makanan Indonesia. Helva mempunyai rasa manis yang legit dan digemari orang Turki.


teh khas turki


Teh Turki


Teh juga menjadi menu sarapan di Turki. Penyajianyapun juga cukup unik. Jangan kaget saat ke Turki menjumpai gelas khas turki yang bener-bener imut ukurannya.

Biasanya teh turki disajikan tanpa gula. Jadi kita bisa menakar sendiri seberapa gula yang kita inginkan. Kalian juga bisa menambahkan perasan lemon atau madu di dalamnya.



Sarapan ala turki memang sehat dan banyak banget pilihannya. Tapi sebagai orang pribumi kadang kita perlu beradaptasi menyesuaikan makanan-makanan yang asing di lidah kita. 

Tapi jangan kuatir menu sarapan orang Turki ini masih bisa diterima dan tergolong lezat. Jadi sudah penasaran mau nyobain makanan Turki yang mana?

Yuk tulis komentar makanan Turki yang sudah pernah kalian coba atau mau kalian coba. Atau penasaran tentang musem turki, kalian bisa klik di sini. Sekiranya sampai disini tulisan saya dan semoga artikel ini bermanfaat.


Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

30 komentar

  1. wahhh bacanya jadi lapar juga, kalau kebab termasuk camilan or makanan pagi juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebab termasuk makanan berat mbak dan tidak dianjurkan untuk makan di pagi hari klo untuk di Turki.

      Hapus
  2. Banyak juga ya, pilihan sarapan orang Turki. Huhu, telur ceplok pun nggak terlewatkan~

    BalasHapus
  3. Bener mbak coba aja telor ceplok kasih bon cabe, sedikit thyme sama garam.sampe kadang bingung mau makan, mereka itu harus dikeluarkan tinggal nanti milih mana yang akan dimakan.

    BalasHapus
  4. Pingin banget singgah ke Turkey, moga ada rezeki, makanan Turkey ga ada yg saya ga suka, ka, hampir semua suka, ngiler semua liat menu di sini. Next bikin resep nasi yg dibungkus daun anggur itu ya ka. Request...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba Nita terimakasih sudah mampir di blog saya. Mudah"an nanti bisa kesini ya. Aamiin aamiin aamiin. Sebenernya ada yang recomended dan not recomended. Untuk nasi anggur alias dolma ya... asiappp di tunggu ya...

      Hapus
  5. Menarik bgt mb...jd pengen jalan2 ke Turki dan nyobain berbagai makananny...dr ulasan mbak kok sptny enak2 smua...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah mbak...mudah"an nanti bisa jalan-jalan ke Turki. Yang sarapan masih tergolong enak. Tapi ada juga yang nga enak. Dan kurang masuk akal kenapa orang turki suka.

      Hapus
  6. Wow menggoda sekali...dulu menu sarapan nya ga bikin kenyang sih karena ga ada nasi...hahahaha....tapi pas menu makan siang kenyang banget...daging nya enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarapan pagi di Turki jangan harap dikasih nasi mbak. Mereka malah kaget klo kita minta nasi. Di kfc aja nga ada nasi musti bawa nasi kepal dari rumah..xoxoxo. Klo makan siang juga variatif tentu bikin kenyang bakso ala turki (köfte) juga enak

      Hapus
  7. Waah menarik banget mbak ulasannya! Jadi mupeng wkwk. Btw, menemen ini berarti orak arik tapi setengah mateng gitu? Kok bisa dicelupin roti...

    Jadi inget pas di malaysia juga gitu, sarapan roti dicelup ke telur rebus setengah mateng. Awalnya aku kira kopi, krn dikasih cangkir juga pas makan dan roti kan cocoknya sama kopi. Ternyata telur :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kematangan tergantung selera mbak. Itu rotinya dicocol mbak..pokonya sama klo makan telur roti dulu ngeri juga aq liat telor setengah mateng pke roti sekarang mah semua dihajar

      Hapus
  8. Menarik banget mbaa makanan pagi orang Turki ternyata banyak variasi ya. Gak ketinggalan kudu ada roti ya hehe. Kucing pun doyan roti :') masyaa allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan pokok orang turki roti mbak..Mereka heran aq tiap hari makan nasi. Ikan disini mahal banget kadang orang aja nga mau beli ikan apalagi buat kucing makanya anjing sama kucing doyan roti

      Hapus
  9. Duh jadi pengen. Belum pernah nyobain makanan turki. Tapi yg mudah ditiru kayaknya menemen ini ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa menemen mudah ditiru nanti aq bagi resep baklava atau nasi anggur(dolma) ini gampang

      Hapus
  10. semoga saya bisa mencicipi corba. Mba Muze bikin ngiler deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin...mudah"an kita bisa meet up ya.. nanti masak"

      Hapus
  11. Btw mba orang turki itu makanan pokoknya apa mba? Disana berapa harga beras 1 kg? Klu di indo kan klu tak pake nasi, namanya ngemil😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turki makanan pokoknya roti mbak.. jadi kebab termasuk makanan berat disini. Mereka masak nasi tapi nga tiap hari. 1 kg beras sekitar 25rbuan. Disini aq masak nasi+lauk nanti ya suamiku tambah roti mereka nga kenyang nga makan roti.. klo kita belum makan nasi belum kenyang

      Hapus
  12. MasyaAllah menu nya menggoda banget mba muze

    BalasHapus
  13. auto laper kak baca ini, banyak yang ingin aku cobain, penasaran sama rasanya
    belum pernah cobain, baru masakan india, yaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next aq bikin resep nasi daun anggur atau dolma

      Hapus
  14. Waah pengen nyoba juga, enak-enak kayaknya. Btw, kucingnya orang Turki unik bangeet, kucing aku dulu tak kasih roti nggak mau. Malah milih kerupuk wkkw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keju kepang itu enak mbak.. sama bola bola..krupuk gurih makanya doyan

      Hapus
  15. waduh, baca ini sambil ngiler nih

    BalasHapus

Posting Komentar