muzeyyen salik

Ampuh! Cara Hilangkan Ketombe Dalam 1 Hari

Pemeriksaan kuliıt kepala pasien oleh dokter
Ilustrasi pemeriksaan rambut dan kulit kepala oleh dokter ahli.


Ketombe seringkali menjadi momok yang paling menakutkan untuk kita semua. Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe dalam satu hari?

Meskipun penyakit ini tidak menular tetapi ketombe yang menumpuk di kulit kepala kita menjadi penyebab hilangnya rasa kepercayaan diri pada si penderita. Penyakit ini juga bisa sangat mengganggu penderitanya. Mari kita bahas penyebab ketombe, cara mengatasi, dan tips untuk mencegah ketombe.

Apa Sih Ketombe Itu?

Ketombe adalah pengelupasan kulit mati secara berlebihan di kulit kepala. Biasanya kondisi kulit ini ditandai dengan serpihan kulit yang disertai rasa gatal.

Bahkan bayipun disebut juga dapat mengalami penyakit ketombe yang disebut cradle cap. Ini membuat kondisi kepala bayi menjadi bersisik. Cradle cap tidak memerlukan penanganan khusus, karena biasanya akan hilang dengan sendirinya saat bayi memasuki usia 1 tahun.

Penyebab Timbulnya Ketombe

Penyebab timbulnya ketombe sendiri belum diketahui secara pasti. Tapi ada beberapa kemungkinan penyebab ketombe antara lain; dermatitis seboroik, reaksi alergi, psoriasis, dan eksim.

1) Dermatitis Seboroik

Dermatitis Seboroik adalah satu kemungkinan penyebab ketombe yang paling banyak dijumpai. Biasanya penyakit ini diawali dengan kulit yang memerah dan kondisi yang berminyak, yang dilapisi oleh serpihan kulit kepala yang berwarna putih atau kekuningan.

Penyakit ini juga bisa menyerang daerah tubuh lainnya selain kulit kepala. Contohnya; daerah alis, hidung, belakang telinga, dada, selakangan, dan daerah lain yang banyak mempunyai kelenjar minyak.

2) Reaksi Alergi

Menurut Henry Ford Health System, ketombe terjadi karena respon tubuh terhadap alergi. Gejala alergi ini ditandai dengan kulit kepala yang menjadi lebih kering dan terasa gatal.

3) Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang membuat kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, bahkan kadang terasa gatal. Penyakit ini biasa muncul di kulit bagian lutut, siku, punggung bagian bawah dan kulit kepala.

4) Eksim

Malassezia Sp merupakan salah satu jamur yang hidup di kulit kepala sebagai normal flora. Malassezia dapat menyebabkan penumpukan asam lemak, tak tersaturasi sehingga menjadi peradangan. Kondisi ini bisa berujung pada deskuamasi kulit kepala sehingga menghasilkan ketombe.

Cara Hilangkan Ketombe

Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe yang bisa dipraktekan di rumah.

Cuka apel dipercaya mampu mengatasi ketombe
Cuka apel untuk menghilangkan ketombe

Menggunakan Cuka Apel

Cuka Apel dipercaya mampu menyembuhkan jerawat, karena olahan sari apel yang sudah difermentasi ini mampu membantu mengembalikan keseimbangan PH kulit. Tidak hanya untuk perawatan wajah cuka apel ternyata juga bisa untuk memberantas masalah ketombe. Pengobatan ketombe dengan cuka apel tengah viral diantara beauty vlogger dan pengguna instagram akhir-akhir ini.

Menurut Neil Sadick, MD, dari Sadick Dermatology di New York City, " Cuka apel memiliki beberapa sifat yang bermanfaat. Cuka apel bersifat antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, dan juga asam."Dr.Sadick menjelaskan bahwa keasaman cuka apel dapat membantu menyesuaikan pH alami kulit kepala ke tingkat optimalnya dan memungkinkan pengelupasan lembut kulit mati dan kotoran. Walaupun begitu, penggunaan cuka apel pada kulit kepala harus dilakukan dengan hati-hati.

Menurut Yolanda Lenzy, MD, dari Lenzy Dermatology di Massachusetts, "Saya selalu menekankan perbedaan antara menggunakan sesuatu pada rambut Anda dibandingkan menggunakannya di seluruh kulit kepala Anda," katanya. "Cuka apel tidak berbahaya, tetapi bersifat asam dan dapat mengeringkan rambut (jika dipakai berlebihan) yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan."

Ahli dermatologi Ted Lain, MD, dari Sanova Dermatology di Texas, mengatakan jika cuka apel memang bisa menyeimbangkan tingkat pH kulit yang terlalu tinggi. Walaupun begitu, bahan ini juga bisa menyebabkan iritasi jika digunakan berlebihan. "Karena cuka apel begitu asam, aplikasi langsung tanpa campuran ke kulit kepala juga dapat menyebabkan luka bakar ringan," katanya.

Dr. Lain mengatakan bahwa kunci untuk menghindari luka bakar dan iritasi adalah dengan mencairkan 2-4 sendok makan cuka apel dalam 250 ml air. "Saya sarankan untuk membiarkannya selama sekitar 30 detik dan lalu bilas dengan saksama," katanya.

Cara Menggunakan Cuka Apel Untuk Membasmi Ketombe

Berikut adalah cara penggunaan cuka apel untuk membasmi ketombe.

Alat                      : Wadah dan sendok makan.
Bahan                   : Cuka apel, shampoo, essential oil.
Cara penggunaan :
  • Pertama-tama persiapkan semua alat dan bahan yaitu, cuka apel, sendok makan, wadah, dan shampoo. Siapkan juga essential oil untuk bahan campuran pada cuka apelnya.
  • Masukkan cuka apel kedalam wadah. Tuangkan 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam wadah yang sudah berisikan essential oil atau shampoo. Ini bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan, karena kondisi ketebalan rambut antara individu satu dengan lainnya berbeda.
  • Kalian bisa menambah dengan shampoo sebagai campurannya jika tidak tahan dengan aroma yang tajam dari cuka apel tersebut. Jika cara ini masih menimbulkan bau yang strong maka kalian bisa menambahkan air sebanyak 2 atau 3 sendok makan.
  • Aduk Hingga rata campurkan semua bahan hingga cuka apel, shampoo maupun essential oil bercampur menjadi satu.
  • Selanjutnya oleskan campuran tadi ke seluruh bagian kulit kepala. Jika bahan campuran menggunakan shampo maka basahi dulu rambut kalian, kemudian gunakan shampoo seperti biasa. Pijat pelan-pelan pada area kulit kepala.
  • Setelah rambut teroles dengan cuka apel, air, dan shampoo, biarkan selama 15 menit, kalian bisa memijat halus kulit kepala.

Mencuci rambut secara berkala dapat mencegah timbulnya masalah ketombe
Ilustrasi perawatan rambut.

  • Segera bilas rambut jika waktu sudah 15 menit. Untuk kalian yang menggunakan essential oil dan cuka apel, bersihkan dengan cara keramas lalu lanjutkan dengan menggunakan conditioner. Sementara jika memakai campuran shampoo, maka cukup bilas rambut kalian hingga bersih dan memakai conditioner setelahnya.
  • Setelah selesai keramas, keringkan rambut dengan hati-hati. Cobalah untuk menggaruk-garuk kulit kepala dan lihat ketombe sudah tidak ada yang berguguran lagi.

Dr. Sadick juga merekomendasikan untuk melakukan test patch terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kalian memiliki reaksi alergi atau hipersensitivitas terhadap bahan alami yang satu ini. Jika tidak ada tanda hipersensitivitas maka kalian bisa mengaplikasikannya ke kulit kepala.

Manfaat henna untuk perawatan rambut
Ilustrasi henna untuk perawatan rambut.

Menggunakan Henna

Henna atau bahan pewarna kuku yang sekaligus bisa untuk memberi cat warna pada rambut,  dan menghias tangan dipercaya mampu menyehatkan rambut dan kulit kepala. Salah satunya untuk menyeimbangkan pH rambut agar tidak rontok dan menghindari ketombe serta gatal.

Henna yang dikenal sebagai pewarna alami atau biasa digunakan untuk cat kuku ini telah lama dikenal oleh masyarakat. Tetapi ternyata tidak banyak yang tahu kelebihan henna untuk perawatan rambut. Penggunaan henna untuk rambut dapat melembabkan rambut yang kering, melembutkan rambut, meningkatkan kesuburan rambut, menutupi uban, mengembalikan kilau rambut alami, bahkan untuk menghilangkan ketombe. Kalian pun bisa mendapatkan manfaat lebih dari henna dengan menambahkan beberapa bahan alami lainnya.

Perawatan rambut secara berkala agar sehat, kuat, dan berkilau
Ilustrasi rambut sehat bebas ketombe.

Cara Menggunakan Henna Untuk Membasmi Ketombe

Berikut adalah cara penggunaan henna untuk membasmi ketombe.

Alat                      : Wadah dan sendok makan.
Bahan                   : Bubuk henna, fenugreek, air.
Cara penggunaan :

Pertama-tama siapkan 2 sendok makan bubuk henna dan 3 sendok makan fenugreek seed oil dan 2 sendok makan air, kemudian aduk hingga merata. Selanjutnya, balurkan ke seluruh helai rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air bersih.

Adapun cara dengan mencampurkan bahan yang lainnya.

Alat                      : Wadah dan sendok makan.
Bahan                   : Bubuk henna, telur, dan minyak zaitun.
Cara penggunaan :

Cukup buat adonan seperti pasta dari campuran ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit kepala secara menyeluruh. Diamkan 30 menit, setelah itu keramas pakai shampoo dan bilas hingga benar-benar bersih.

Tips Untuk Mencegah Ketombe

Berikut ini adalah tips agar terhindar dari ketombe antara lain;

1) Cukupi Kebutuhan Cairan Harian

Kondisi kulit kepala kering merupakan salah satu penyebab datangnya ketombe. Maka dari itu, bagi yang ingin memiliki rambut indah dan sehat, jangan sampai malas meminum air putih dalam porsi yang dianjurkan. Air putih juga dapat meluruhkan kandungan toksin di dalam tubuh. Mengonsumsi air putih minimal delapan gelas dalam sehari juga bisa menghindarkanmu dari kulit kepala kering.

Makan makanan bergizi dapat meningkatkan kesehatan rambut
Ilustrasi makanan bergizi.

2) Mengkomsumsi Makanan Bergizi

Mengkomsumsi makanan bergizi juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan meningkatkan daya tahan dalam memerangi mikroorganisme seperti jamur dan bakteri penyebab ketombe.

3) Gunakan Shampoo Dengan Bahan Aktif Anti Ketombe

Produk yang bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah masalah ketombe yaitı yang mengandung bahan aktif seperti ketoconazle, asam salisilat, selenium sulfida, dan zinc pyrithione. Produk dwngan bahan aktif anti ketombe saat ini banyak sekali di temukan di supermarket.

Perawatan rambut yang berbahan dasar kimia dapat membahayakan kesehatan rambut
Ilustrasi bahan perawatan rambut

5) Hindari Perawatan Rambut Berbahan Kimia

Menghindari rambut dari bahan kimia yang berbahan kimia keras seperti, pengeritingan, peluırusan rambut, dan pewarnaan dapat menjaga kulit kepala senantiasa sehat dan tidak mudah berketombe. Berikut ini contohnya;
  • Hindari Shampoo dengan Kandungan Sulfat
  • Pilih shampoo yang bebas dari kandungan sulfat secara teratur.
  • Hindari juga perawatan-perawatan rambut yang mengandung sulfat.
  • Batasi Penggunaan Produk Styling Rambut, ternyata penggunaan produk styling rambut seperti, hair spray, pomade, gel,dan mousse dapat menyebabkan penumpukan kotoran pada kulit kepala. Kotoran yang mengendap ini kemudian menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamuır penyebab ketombe.

Demikian ulasan penyebab ketombe, dan cara menghilangkan ketombe dalam 1 hari, serta tips untuk mencegah ketombe. Miliki rambut sehatmu dengan merawat rambut mulai dari sekarang agar rambut kuat, sehat, berkilau, dan bebas dari ketombe.





Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

10 komentar

  1. Perlu kupraktekkan nih karena sejak melahirkan ketombeku makin parah saja hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener mbak...aq Iya ada ketombenya dulu mgkin nggak cocok sama airnya

      Hapus
  2. Dl pernah sih ketombean,jaman2 SMA ...skg alhamdulillah udh engga,thanks mb infony lengkap bgt

    BalasHapus
  3. Berguna banget buat yang berhijab ya...entah kenapa ketombe susah banget go away nya...mungkin karena seharian berhijab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener mbak...klo aq pake shampo H&S Itu juga

      Hapus
  4. wah... perlu dicoba ini, ketombe salah satu pengganggu yang datang tanpa diundang....

    BalasHapus
  5. Harus praktek karena ketombe dr dl snp skrg mash sangat ganggu

    BalasHapus

Posting Komentar