muzeyyen salik

20 Souvenir Khas Turki Yang Paling Recomended

20 souvenir Turki yang paling recomended

Turki merupakan destinasi wisata yang sangat menarik dengan berbagai culture budaya yang disuguhkan. Souvenir khas Turki pun menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung di negara Eurasia ini, yaitu negara yang terletak di benua Eropa dan Asia.

Banyak tempat wisata di Turki yang sangat terkenal dengan keindahan alam dan sejarahnya antara lain; Cappadocia, Pamukkale, Blue Mosque, dan masih banyak lagi.

Masyarakat Turki juga mempunyai kebiasaan yang unik, salah satunya adalah menu sarapan ala Turki, kebiasaan minum teh bersama, dan bersantai dengan kwaci kesayangan, yaaa kwaci alias biji matahari. Orang Turki akan betah minum teh bersama sampai menghabiskan berteko-teko teh panas dan kwaci.

Biasanya ada adat yang menyebutkan bahwa tugas menuang teh ini adalah tugas menantu (gelin) yang lebih muda. Ini juga tergantung dari daerah dan lingkungan masing-masing.

Dengan kebijakan baru bebas masuk untuk wisatawan asal Indonesia yang dikeluarkan oleh pemerintah Turki yang berlaku sejak 24 Desember 2021, membuat para pelancong dari Indonesia semakin banyak ke Turki.

Nah,,,untuk kalian yang akan pergi ke Turki rasanya kurang afdol jika tidak membawa souvenir sepulang dari Turki. Karena Turki mempunyai banyak sekali souvenir yang unik dan otentik. Apalagi untuk kalian yang suka mengkoleksi barang-barang antik. Kalian bisa menemukan beragam barang antik yang bisa dikoleksi atau untuk souvenir orang-orang kesayangan kalian.

Apa saja sih souvenir khas Turki? Mari kita simak ulasan berikut ini:

1) Sejadah

Sejadah Turki  terkenal akan kwalitasnya


Sejadah (seccade) Turki terkenal akan kualitasnya di seluruh mancanegara. Harganyapun bervariatif tergantung dari bahan, ketebalan, dan proses pembuatannya.

Sejadah yang diproses secara manual tentu akan sangat mahal harganya. Sejadah menjadi souvenir khas dari Turki yang banyak sekali peminatnya.

2) Tasbih

Berbagai variasi tasbih Turki


Tasbih (tesbih) di Turki mempunyai berbagai macam bentuk, model dan bahan. Bahkan tasbih untuk pria dan wanita pun dibedakan. Tasbih untuk pria biasanya dibuat dengan desain yang lebih sederhana. 

Sedangkan tasbih untuk perempuan di buat dengan berbagai desain dengan menambahan aksesoris khas Turki atau bunga. Bahkan ada juga model tasbih dengan bahan fosfor sehingga dapat memancarkan cahaya ketika berada di kegelapan.

3) Kilim

Kilim karpet khas Turki dengan proses pembuatan dianyam

Kilim (kilim) merupakan karpet khas turki yang biasanya dibuat dengan cara dianyam karpet ini cenderung lebih tipis dari karpet biasanya.

Kilim yang dibuat secara manual harganya akan lebih mahal dari pada kilim yang dibuat dengan mesin. Kilim mempunyai berbagai motif yang sangat cantik yang bisa dipergunakan untuk dekorasi rumah bergaya bohemian.

4) Bantal

Bantal dengan sarung khas Turki ini akan membuat dekorasi rumah semakin indah.

Bantal (yaştık) bisa menjadi souvenir  karena desain sarungnya yang sangat cantik dan mempunyai ciri khas Turki.

Untuk kalian yang suka mendekorasi rumah dengan gaya otentik, bantal satu ini wajib ada di rumah kalian.

5) Blue Eyes

Blue eyes dipercaya masyarakat Turki dapat menangkal roh-roh jahat

Blue eyes (nazar boncuk) atau biasa disebut evil eyes menjadi ciri khas Turki. Blue eyes dipercaya oleh orang-orang turki sebagai penangkal dari roh-roh jahat atau penyakit ain.

Blue eyes biasanya dibuat dalam bentuk hiasan dinding, gantungan kunci, magnet kulkas, dan lain sebaginya.

6) Cini Ceramic Balls

Ceramic balls turkey dengan desain yang unik dan menarik

Cini ceramic balls (çini seramik yuvarlaksı) merupakan hiasan keramik dengan bentuk bundar. Desainnya dibuat secara handmade oleh pengrajin di Turki.

Souvenir ini mempunyai bentuk dan desainnya yang unik,  cara pemasangannya cukup dengan digantungkan saja.

7) Lampu Mozaik

Lampu mozaik dibuat secara manual dengan desain yng sangat cantik.

Lampu mozaik (mozaik lambası) menjadi hiasan interior yang memiliki nilai otentik dan etnik. Lampu ini dibuat secara handmade oleh pengrajin-pengrajin profesional.

Jenis lampu mozaik ada bermacam-macam seperti lampu meja, lampu gantung, maupun standing lamp. 

8) Teko Teh

Teko Turki mempunyai bentuk bersusun yang unik

Teko teh (çay danlık) satu ini tergolong sangat unik dengan bentuk bertingkat. Di tingkat yang paling bawah digunakan untuk air dan yang atas untuk seduhan tehnya.

Cara membuatnya masukkan 2 sendok makan teh di bagian atas, isi air di bagian bawah teko. jika air sudah mendidih tuang ke teko yang berisi teh tadi, baru kemudian isi kembali teko bawah dan rebus air sampai mendidih posisi tetap bertingkat seperti digambar.

Model dan bahannya pun berbeda ada yang dari bahan tembaga,  keramik, maupun kaca.

9) Tempat Lilin

tempat lilin mozaik yang sangat keren

Tempat lilin (mum tabaklık) mozaik yang sangat cantik ini juga bisa menjadi souvenir khas Turki untuk orang-orang tersayang.

Proses pembuatannya juga sama seperti proses pembuatan lampu mozaik. Dengan hiasan tempat lilin yang ada di kamar kalian akan membuat suasana menjadi lebih romantis.

10) Shisha Cini

bentuk shisha cini souvenir khas turki

Shisha (nargille) merupakan metode merokok asal Timur Tengah dengan menggunakan tabung yang berisi air, mangkuk, pipa, dan selang.

Ternyata shisha juga sudah terkenal di Indonesia, oleh karena itu souvenir satu ini juga cocok untuk kalian bawa pulang ke Indonesia. Shisha dari keramik dengan motif cini ini dibuat secara handmade oleh pengrajin yang ada di Turki.

11) Hiasan Gantung Keramik

Hiasan gantung keramik dari Turki

Hiasan gantung (seramik duvar süsü) dari keramik yang bermotif cini ini juga bisa menjadi koleksi di rumah kalian. Hiasan ini mampu mempercantik rumah anda dan terlihat ellegant.

12) Cermin Keramik

Cermin keramik bisa membuat desain interior rumah menjadi elegant

Cermin keramik (seramik aynası) adalah perpaduan yang sangat unik, ini juga bisa menjadi tambahan desain interior di rumah kalian.

Cermin keramik ini tentu dibuat secara handmade oleh pengrajin-pengrajin profesional di Turki.

13) Perabotan Keramik 

Keramik cini menjadi salah satu souvenir khas turki yang terkenal di seluruh penjuru dunia.

Perabotan keramik (seramik eşyaları), Turki terkenal dengan keramik cininya yang sudah mendunia. Keramik lukis berkualitas tinggi ini di produksi di kota Iznik, Provinsi Bursa selama abad ke-15 hingga abad ke-17.

Keramik cini biasanya bertema flora, fauna, geometris, dan kaligrafi islam yang sangat artistik. Keramik cini ini meliputi perabotan dapur seperti; mangkok, piring, gelas, cangkir, dan lainnya.

14) Hiasan Dinding Tembaga




Hiasan dinding tembaga (bakır duvar süsü), Turki mempunyai berbagai ragam hiasan dinding, mulai dari hiasan dinding bentuk kaftan, ottoman, kaligrafi, dan berbagai hiasan dinding dari keramik. Hiasan dinding ini mampu memberikan kesan ellegant di sudut ruangan kalian.

15) Gantungan Kunci 

Gantungan kunci bisa menjadi souvenir yang bisa dibawa pulang ke Indonesia

Gantungan kunci (anahtarlık) salah satu souvenir yang harus dibawa pulang. Kalian bisa membeli Gantungan kunci dengan motif-motif khas turki. Souvenir yang satu ini merupakan souvenir dengan harga yang paling murah.

16. Sabun

Sabun turki menjadi salah satu souvenir khas yang harus dibawa pulang.


Sabun (sabun) Turki mempunyai banyak varian seperti, lavender, madu, zaitun, dan lain sebagainya. Sabun dengan tempat metal ini wajib kalian beli saat berkunjung ke Turki.

17) Gelang

gelang khas Turki menjadi souvenir khas turki yang wajib dibawa pulang

Gelang (bileklik) Turki mempunyai berbagai variasi model dan bentuk salah satunya adalah seperti pada gambar. Gelang dengan gaya yang otentik ini sangat cocok menjadi souvenir untuk orang-orang tersayang.

18) Gelas Teh / Cangkir Kopi

Gelas teh turki mempunyai bentuk yang unik dengan ukuran yang keci

Gelas teh dan cangkir kopi (çay bardak ve kahve bardak) mempunyai bentuk yang sangat unik dengan ukurannya yang mini dari ukuran gelas biasanya. Ini karena masyarakat di Turki mempunyai kebiasaan minum teh bersama dan mengharuskan teh yang mereka konsumsi harus selalu panas.

Gelas ini juga terdiri dari berbagai bahan antara lain tembaga dan keramik. Modelnya pun beragam ada dengan model yang otentik bahkan ada juga dengan model shabby dengan warna-warna yang lucu.

19) Lampu Alladin

Lampu aladin souvenir unik khas Turki

Lampu Alladin (alladın lambası), souvenir satu ini memang sangat unik. Untuk para kolektor barang-barang antik, lampu Alladin sangat cocok masuk daftar koleksi anda. Lampu yang unik ini bisa menjadi desain interior yang otentik di rumah kalian.

20) Aksesoris Teko Unta

Aksesoris teko unta bisa mempercantik ruangan kalian

Aksesoris teko unta (devve çandalık aksesuarlı), souvenir yang terakhir adalah aksesoris teko unta. Mengapa disebut demikian, mungkin karena bentuknya yang menyerupai unta. Teko dengan dengan gaya blink-blink dari perpaduan mutiara, manik-manik, dan aksesoris lainnya membuat tampilan teko ini semakin menawan dan ellegant.

Itulah souvenir khas Turki, kira-kira souvenir mana nih yang ingin kalian bawa pulang saat berlibur ke Turki? Untuk kalian yang ingin memesan dan membeli souvenir atau barang-barang dari Turki kalian bisa memesannya melalui jastip. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua.
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

14 komentar

  1. Aku jadi ingat pernah dikasih oleh-oleh blue eyes sama sabun dari Turki sama temen yang kuliah disana. Gak pernah aku pake sabunnya, sayaaang aja gitu. Trus sekarang lupa ada dimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo tempatnya yang metal itu mending sabunnya dipakai tempatnya buat simpan yang lain soalnya bagus

      Hapus
  2. khas banget ya mba corak dari setiap souvenirnya. dari sekian souvenir banyak yang aku masih asing mba... hehe

    BalasHapus
  3. Iyaa mbak..khas banget...ini souvenir pilihan q mbak..recomended lah

    BalasHapus
  4. Cantik2 bgt mb souvenirnya...ah jd pgn berkunjung k Turki mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin mudah"an mbak nanti bisa ke sini sekeluarga segera

      Hapus
  5. Motif nya cantik-cantik yaa...warna warni...sekilas mirip motif dari Cina

    BalasHapus
  6. Cantik² banget semuanya mbak. Jadi pengen akutu

    BalasHapus
  7. Cantik2 ya Mba, aku berharap ada tulisan kisaran harganya biar ada gambaran kalo pengen beli. 😆

    BalasHapus

Posting Komentar