Muzeyyen Salik Banner

Inilah.com, Portal Berita Online Terbaik

Portal berita online terbaik
Picture by AndreyPopov dari Getty Images Pro

Berita palsu sering menjadi penyebab bertambah keruhnya sumber berita yang meresahkan masyarakat. Dengan ini memilih portal berita terbaik adalah salah satu upaya pencegahan dan bentuk upaya merdeka dari berita-berita hoax atau palsu.

Berita adalah suatu laporan mengenai kejadian ataupun peristiwa yang sedang terjadi dengan melampirkan fakta-fakta yang aktual untuk disampaikan kepada masyarakat sebagai bentuk informasi. Penyampaian berita harus selalu bersifat aktual atau terkini dan faktual berdasarkan kenyataan.


Ciri-ciri Portal Berita Online Terbaik


Agar terbebas dan merdeka dari berita-berita palsu kita dapat memilih portal berita online terbaik dengan ciri-ciri sebagai berikut;

1) Faktual (fakta)

Suatu berita yang disebarluaskan tentu harus sesuai dengan kenyataan, tidak berisi kebohongan belaka atau palsu.

2) Aktual (terkini)

Berita pun harus bersifat aktual atau uptodate. Berita adalah sumber informasi yang banyak dinanti masyarakat oleh karena itu penyajian berita pun harus selalu diperbaharui.

3) Memiliki data yang lengkap

Berita yang baik pun harus disertai dengan dengan data-data penunjang yang lengkap untuk menjawab rasa penasaran pembaca berita.

4) Bersifat netral tidak memihak kepada salah satu pihak

Portal berita yang baik tentu tidak boleh menyudutkan antara pihak satu dengan pihak yang lainnya.

5) Tersusun secara sistematis

Rangkaian berita harus dikemas dengan susunan yang sistematis sehingga memudahkan pembaca memahami maksud dari berita tersebut.

Merdeka dari berita palsu
Picture by Dvoevnore dari Getty Image

6) Berita menarik

Portal berita juga harus disusun semenarik mungkin untuk menarik banyak minat pembaca. Dengan pedoman tidak memberikan unsur-unsur kebohongan.

Karena jika ini terjadi tentu akan memicu keresahan masyarakat, fitnah, bahkan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Struktur Berita


Struktur berita yang baik antara lain sebagai berikut;

Orientasi

Orientasi akan selalu berada pada struktur yang pertama. Struktur ini dalam teks lainnya merupakan bentuk pengenalan suatu hal yang akan menjadi bahan untuk dibahas.

Dalam berita sendiripun tidak jauh berbeda, orientasi dalam berita sendiri merupakan struktur awal berita yang berisi pengenalan suatu pembahasan atau kejadian yang akan dibahas dalam berita tersebut.

Peristiwa

Struktur ini merupakan struktur utama yang telah membahas berita yang sudah diperkenalkan sebelumnya. Terpacu pada struktur pertama harus secara terperinci dan tidak boleh melenceng dari orientasi berita.

Merubah isi berita hal yang tidak boleh dilakukan. Karena dengan merubah berita maka tentunya akan membuat kesalahpahaman kepada masyarakat luas.

Sumber Berita

Struktur ini menjadi akhir dalam pembuatan berita yang membahas dari mana sumber berita itu didapatkan.

Sumber berita merupakan struktur yang harus ada dalam suatu berita, karena dengan adanya struktur ini akan membuktikan bahwa suatu berita diambil berdasarkan artikel maupun bacaan yang telah disampaikan oleh seseorang.

Unsur-unsur Berita


Berita yang baik mencakup unsur-unsur berita yang meliputi 5W+1H, inilah pembahasannya;

1) What (Apa)

Unsur yang menjelaskan berita yang akan dibahas dalam suatu berita.

2) Who (Siapa)

Merupakan unsur yang membahas pihak-pihak maupun siapa saja yang terlibat dalam suatu berita. Contohnya, saksi dari sebuah berita, orang yang terlibat, korban dan pelaku dalam berita tersebut dan lain sebagainya.

3) When (Kapan)

Merupakan unsur yang cukup penting dalam berita. Unsur ini menjelaskan waktu terjadinya suatu berita agar masyarakat mengetahui kapan suatu berita maupun peristiwa yang dibahas terjadi.

4) Where (Dimana)

Tentunya ini merupakan unsur yang menjelaskan dimana tempat suatu berita atau peristiwa yang dibahas terjadi.

5) Why (Mengapa)

Unsur ini merupakan unsur yang menjelaskan alasan dari suatu peristiwa maupun suatu berita bisa terjadi.

1) How (Bagaimana)

Merupakan unsur yang menjelaskan bagaimana suatu berita telah terjadi. Unsur ini merupakan unsur utama dalam berita karena unsur ini menjelaskan berita yang dibahas secara terperinci.

Inilah.com Portal Berita Online Terbaik


Inilah.com menjadi salah satu portal berita online terbaik. Apa sih Inilah.com itu? Mari kita mengenal lebih dekat lagi.

Tentang Inilah.com

Inilah.com merupakan inovasi media pertama di Indonesia dengan konsep jurnalisme solusi. Berita yang disajikan adalah berita dan konten yang terkurasi berfokus pada problem-solving.

Portal berita online terbaik ini juga menjadi platform yang  mengajak penggunanya untuk ikut serta mempublikasikan berita dan konten, serta berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan yang menjadi perbincangan publik.

Sejarah Inilah.com

Inilah.com didirikan pada tahun 2008 secara resmi oleh seorang pengamat media dan sekaligus mantan wartawan Media Indonesia yang bernama Muchlis Hasyim Jahja.

Dia adalah seorang wartawan senior yang mempunyai jaringan luas di bidang jurnalistik. Setelah masa kesudahannya dia membangun Inilah.com, yang hanya mengandalkan kiriman berita dan foto dari rekan wartawannya.

Pada mulanya Inilah.com merupakan portal berita dalam jaringan dengan ruang lingkup Indonesia saja yang dibawahi oleh PT. Indonesia News Center. Inilah.com berkantor pusat di Jl. Rimba No.42 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Dalam masanya  Inilah.com mampu menguasai posisi 5 besar sebagai situs berita di Indonesia serta posisi 50 besar website di Indonesia.

Inilah.com reborn
Picture by AlexSava dari Getty Images Signature

Inilah.com Reborn


Tepat satu tahun Inilah.com merayakan hari kebangkitannya kembali. Perayaan 1 tahun Inilah.com reborn dirayakan secara meriah bentuk rasa syukur "menghidupkan kembal" portal berita ini.

Inilah.com reborn bangkit kembali dengan sangat sederhana pada tahun lalu dengan jumlah team 15 orang saja. Dan sekarang sudah berkembang menjadi 70 orang.

Team Inilah.com merenovasi kantor yang lama dan mengisi beberapa furniture dan perlengakapan kantor dengan yang baru. Ini artinya alamat dan gedung Inilah.com masih sama seperti yang dulu.

Sajian berita yang disajikan sekarang ini meliputi berita Indonesia dan Dunia terkini hari ini, kabar harian terbaru terpercaya, terlengkap seputar politik, berita viral, lifestyle, bisnis, otomotif dan lain sebagainya.

Inilah.com portal berita terpercaya
Picture by Warchi dari Getty Images Signature

Harapan Inilah.com Reborn


Dengan lahirnya kembali Inilah.com berharap dapat terus berkembang dan bergelanggang serta bersaing secara sehat dengan portal media berita lainnya. Impian besar yang diharapkan adalah menjadi media non-konglomerasi terbesar di Indonesia seperti 14 tahun yang lalu waktu pertama kali portal berita ini dibangun. Inilah.com dengan tagline "titik tengah, titik cerah", bukan sekadar memberitakan, tetapi mencari jalan keluar, memoderasi, memberdayakan, dan menginspirasi. Ini diharapkan juga mampu menjadi penengah dan pencerah masyarakat luas dari berita-berita yang disajikan.

Inilah.com portal berita online terbaik yang terupdate, terlengkap dan terpercaya. Saatnya kita merdeka dari berita palsu dengan memilih portal berita online terbaik dari Inilah.com. 
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

Posting Komentar