Muzeyyen Salik Banner

10 Tips Dan 13 Ide Kreatif Desain Interior Rumah Kecil

Desain Interior Rumah Kecil

Rumah merupakan bagian terpenting untuk kita semua, yang dapat memberikan perlindungan dari cuaca eksternal, tempat beristirahat, serta berkumpul dengan keluarga.

Aku yakin semua orang pasti juga menginginkan rumah idaman, seperti halnya aku. Tapi mungkin tidak semua orang mempunyai budget yang sama. Di artikelku kali ini, aku akan membahas tentang desain interior rumah kecil. 

Desain interior rumah kecil adalah tantangan yang menarik dalam menciptakan ruang yang fungsional namun tetap terlihat luas dan nyaman.

Dengan pemilihan yang tepat dan pengaturan yang cermat sesuai budget, kita dapat merubah rumah kecil kita menjadi tempat tinggal yang indah dan menyenangkan.

Untuk mewujudkan impian inipun, kita memerlukan kreativitas ekstra dalam mendesain interior di rumah kecil kita.

Dengan beberapa tips sederhana yang akan aku bagikan, kita dapat menciptakan ruang dengan indah dalam rumah yang memiliki ukuran terbatas.
Desain Interior Rumah Kecil

10 Tips Desain Interior Rumah Kecil

Mendesain rumah bisa menjadi tantangan tersendiri, apalagi untuk kalian yang tertarik di dalam dunia desain. Ini menjadi salah satu cara ampuh untuk meminimalisir budget. 

Bahkan dengan budget yang tidak begitu besar kita dapat mewujudkan desain interior rumah minimalis.

Atau untuk kalian yang menyukai gaya desain modern, kita bisa juga mewujudkan desain interior minimalis modern dengan budget yang tidak begitu besar. 

Lalu bagaimana dengan rumah kecil? Kita bisa membuat desain interior rumah kecil yang menjadi tantangan menarik dengan budget yang minim. 

Berikut ini adalah beberapa tips desain interior yang dapat membantu dalam mengoptimalkan ruang kecil kita.

1. Pemilihan Warna Yang Tepat

Kita bisa memilih warna cat yang cerah dan netral seperti putih, krem, atau abu-abu terang.

Warna-warna ini dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih besar dan terang.

2. Memanfaatkan Cahaya Alami

Kita dapat memasang jendela yang besar atau pintu kaca, untuk mendapatkan cahaya alami.

Cahaya alami dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan nyaman.

3. Gunakan Cermin

Pergunakan cermin, karena cermin dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih besar dan terbuka.

Kita bisa meletakkan cermin di dinding yang strategis untuk memantulkan cahaya dan menciptakan tampilan yang lebih luas.

4. Pilih Furniture Yang Multifungsi

Pemilihan furniture menjadi bagian yang tidak kalah penting. Sebaiknya gunakan furniture yang memiliki fungsi ganda atau bisa dilipat untuk menghemat ruang.

Contohnya adalah sofa bed, meja lipat, atau lemari penyimpanan dengan rak yang dapat disesuaikan.

5. Pilih Furniture Yang Proporsional

Furniture yang proporsional ini bearti furniture itu sesuai dengan ukuran ruangan.

Sebaiknya kita menghindari furniture yang terlalu besar sehingga tidak mengurangi ruang lantai yang sudah terbatas.
Desain İnterior Rumah Kecil

6. Hindari Penggunaan Perabotan Yang Berlebihan

Perabotan yang berlebihan akan merusak tatanan rumah dan memberikan kesan tidak rapi. 

Padahal desain minimalis adalah kunci dari rumah kecil, yang tidak membutuhkan banyak perabotan.

Maka kita bisa menghindari penggunaan dekorasi atau perabotan yang berlebihan agar ruang terlihat lebih luas dan rapi.

7. Pemanfaatan Ruang Dinding

Memanfaatkan ruang dinding menjadi pilihan yang cerdas, untuk tatanan rumah kecil. Kita bisa memasang rak dinding untuk menyimpan barang-barang atau pajangan koleksi kita.

Ini dapat menghemat ruang lantai dan menciptakan tampilan yang menarik.

8. Pilih Material Yang Bersih Dan Minimalis

Memilih material yang bersih dan minimalis dapat memberikan kesan yang luas pada ruangan sempit. 

Kita bisa menggunakan material seperti kayu alami, besi, atau kaca untuk memberikan kesan modern dan terorganisir.

9. Gunakan Pencahayaan Tambahan

Selain cahaya alami, kita juga bisa menambahkan lampu-lampu yang terang dan fungsional untuk menciptakan suasana yang nyaman dan terang di dalam ruangan.

10. Pemisahan Ruang Yang Fleksibel

Partisi atau sekat, bisa kita gunakan untuk memisahkan ruangan sesuai kebutuhan.  Kisa bisa juga menggunakan partisi atau furniture yang dapat dipindahkan.

Hal ini memungkinkan kita untuk mengatur ulang tata letak ruangan dengan mudah.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita dapat menciptakan desain interior rumah kecil yang fungsional, nyaman, dan tetap terlihat luas.
Desain Interior Rumah Kecil

13 Ide Kreatif Rumah Kecil Yang Bisa Menginspirasi

Banyak sekali ide kreatif yang bisa kita terapkan, untuk membuat desain interior. Tetapi mungkin salah satu dari kita masih ada yang belum mempunyai gambaran, tentang beberapa ide-ide itu.

Ide kreatif dapat mengoptimalkan ruang yang terbatas. Dengan menggunakan furniture yang multifungsi dan memanfaatkan setiap sudut ruangan.

Berikut adalah beberapa contoh ide kreatif desain interior untuk rumah kecil:

1. Meja Lipat

Meja Lipat adalah solusi yang baik untuk ruang makan atau ruang kerja yang terbatas.
Meja ini dapat dilipat saat tidak digunakan, sehingga menghemat ruang secara signifikan.

2. Kasur Lipat

Kasur lipat adalah pilihan yang bagus untuk ruang tamu yang dapat berfungsi sebagai tempat tidur tambahan saat ada tamu menginap.

Setelah tidak digunakan, kasur ini dapat dilipat dan disimpan dengan mudah.

3. Sofa Lipat

Pemanfaatan sofa lipat yang bisa diubah menjadi tempat tidur dan memiliki storage di bawahnya adalah solusi cerdas untuk rumah kecil.

Sofa ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk yang nyaman, tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat tidur tambahan untuk tamu yang menginap.

Selain itu adanya storage di bagian bawah sofa memungkinkan kita untuk menyimpan barang-barang seperti selimut, bantal tambahan, atau barang-barang lainnya dengan lebih efisien.

4. Model Bed

Dengan StorageModel tempat tidur dengan storage di bawahnya adalah solusi cerdas untuk memaksimalkan ruang penyimpanan dalam rumah kecil.

Tempat tidur ini mempunyai berbagai model. Ada model dengan laci, ataupun model mengangkat bed sehingga barang-barang kita bisa disimpan di dalamnya, seperti pakaian, sprei, selimut, atau barang lainnya.
Desain Interior Rumah Kecil

5. Pemanfaatan Bawah Tangga

Ruangan di bawah tangga sering tidak terpakai, padahal ini dapat dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan atau area kerja kecil bahkan ruangan bersantai.

Rak-rak atau lemari kecil dapat dipasang di sini untuk menyimpan barang-barang atau koleksi kita.

6. Lemari Gantung

Lemari gantung dapat menghemat ruang lantai dan menciptakan tampilan yang tapi. Lemari ini dapat digunakan untuk menyimpan pakaian, peralatan dapur, atau barang-barang lainnya.

7. Rak Dinding Yang Fleksibel

Rak dinding yang dapat disesuaikan tinggi atau posisinya dapat membantu mengoptimalkan ruang penyimpanan.

Kita dapat menyesuaikan rak ini sesuai dengan kebutuhan dan ukuran barang-barang kita.

8. Pintu Geser

Pintu geser adalah solusi yang baik untuk ruang yang terbatas.Pintu ini tidak memerlukan ruang extra untuk membukanya, sehingga menghemat ruang di dalam ruangan.

9. Pencahayaan Yang Terintegrasi

Gunakan lampu-lampu yang terintegrasi dengan furnitur atau dinding untuk menghemat ruang dan menciptakan tampilan yang bersih dan minimalis.

10. Standing Shower Kaca

Pemanfaatan standing shower dengan kaca dapat menjadi solusi yang baik untuk rumah kecil. Karena dapat mengoptimalkan ruang kamar mandi dan menciptakan tampilan yang bersih dan modern. Kaca transparan juga dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih besar.

11. Partisi Sekat Lipat

Partisi sekat lipat memberikan solusi yang baik untuk membagi ruangan tanpa mengurangi tampilan ruang yang terbuka. Partisi ini dapat dilipat saat tidak digunakan untuk menciptakan ruang yang lebih luas.

12. Dapur Dengan Konsep Terbuka

Konsep dapur terbuka memberikan kesan ruang yang luas dan terbuka. Namun, perlu diperhatikan tata letaknya agar tidak mengganggu aliran dan fungsi ruangan lainnya.

13. Mezzanine

Mezzanine adalah lantai tambahan yang dibangun di atas ruang yang sudah ada. Mezzanine dapat digunakan sebagai ruang tidur tambahan, ruang kerja, atau area santai.

Penutup

Dengan menggabungkan ide-ide kreatif seperti partisi sekat lipat, dapur dengan konsep terbuka, mezzanine, dan standing shower kaca, serta memanfaatkan furniture multifungsi seperti sofa lipat dengan storage di bawahnya, kita dapat menciptakan desain interior yang fungsional dan estetis dalam rumah kecil kita.

Selamat mencoba mengimplementasikan ide-ide tersebut, mari jadikan rumah kecil kita menjadi tempat yang nyaman dan indah untuk tinggali.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jasa desain interior dan bagaimana mereka dapat membantu mewujudkan impian desain interior kita.

Jangan ketinggalan untuk membaca artikel saya selanjutnya yang akan membahas secara detail tentang layanan-layanan yang ditawarkan oleh “8 Kelebihan Dan Tips Memilih Jasa Desain Interior”.

Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

59 komentar

  1. Evet güzel fikirler, az yer kaplayan eşyalar ve daha geniş yaşam alanı.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Evet, iyi bir fikir ya. Ben de böyle bir ev düzenlemesi istiyorum, umarım bunu gerçekleştirebiliriz

      Hapus
  2. Terimakasih untuk artikelnya, semoga nanti kita bisa mewujudkan rumah minimalis impian kita, rumah idaman kita 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin sebenarnya klo untuk kamu sudah punya tinggal penataannya saja dan pemilihan perabotan saja.

      Hapus
  3. Wah tulisannya menarik sekali mbak, kebetulan lagi nyari tips disain interior, terima kasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, terimakasih sudah mampir di artikel ku ini, semoga terinspirasi ya

      Hapus
  4. Lengkap sekali nih desain interiornya. Bahkan ampe printilannya disebutin. Biar komplit sambil menyesuaikan kondisi rumah kita ya kak. Mulai dari pemilihan cat ampe barang2 isian ruang jg hrs dipikirkan sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, biar pembaca punya gambaranya. Bener banget dan pemilihan perabotan dapat memberikan pengaruh yang besar loh.

      Hapus
  5. Ternyata memang memakai kaca untuk memberi efek ruangan biar kelihatan luas ini efektif banget ya kak. Aku soalnya pernah mempraktekan ini waktu sewa rumah dulu. Rumah yang lumayan sempit disiasati dengan kaca jadi kelihatan lebar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener banget mba, dan pemilihan perabot juga sangat berpengaruh sekali.

      Hapus
  6. Punya rumah kecil sebenarnya cocok untuk yang suka kepraktisan, bebersihnya juga gampang. Pengin punya rumah kecil untuk hari tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah semoga yang disemogakan ya mbak, kita semua bisa mempunyai rumah idaman yang kita inginkan.

      Hapus
  7. Perabotan serba lipat dan lemari gantung, itu yang sementara saya jadikan solusi untuk rumah kami yang mungil. Sementara waktu masih terhitung aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa menghemat tempat, dan juga memberikan efek luas ini mbak,, good job.

      Hapus
  8. Ternyata manfaat cermin seperti itu ya. Berarti kalau pasang cermin yang agak besar, makin membuat ilusi luas ya buat dalam rumah? Jadi mau nyoba nih pasangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, apalagi harga cermin tergolong murah klo pesen ditukang kaacanya langsung.

      Hapus
  9. Setuju nih, cari furniture yang proporsional. Aku sering banget berkunjung ke rumah seseorang yg ruang tamunya sempit banget, karena ada sofa segede gaban. Harus dipilih yg minimalis dan cantik. Jadi ada malah engga nyaman kalau ruangan terlalu sempit kan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah Bener, kurang pas sofa segede gaban dengan ruangan sempit, bagus klo pake karpet trus kasih bantal-bantal kecil buat tatanan duduk malah bagus.

      Hapus
  10. saya tu suka banget dengan konsep mezzanin yang dipakai sama orang - orang dengan rumah kecil. Nuansa ruangan terasa berbeda banget menurut saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, cocok juga untuk konsep rumah kontainer gtu, apalagi klo desainnya minimalis modern.

      Hapus
  11. Setuju banget mbak, lighting di rumah itu bisa mengubah suasana ya, makanya harus cari lighting yang pas untuk rumah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes right, banyak banget ya di toko online pilihan lighting yang dapat menunjang desain interior di rumah kita.

      Hapus
  12. Pemanfaatan ruang bawah tangga sepertinya jadi favoritku sejak dulu :)) Selalu seneng lihat foto-foto rumah (orang lain) yang area bawah tangganya jadi ruangan fungsional. Sekarang di rumah pun ruang kerjaku ada di bawah tangga :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sudah teriplementasi ya mbak, bagus juga ini, dari pada dibiarkan kosong kan sayang banget.

      Hapus
  13. paling suka lihat home decor kalau lagi scroll sosmed..hehe...btw, tipsnya cocok buat saya yang punya rumah RSSSS..rumah sangat sangat sangat sederhana wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo gitu mulai sekarang pantengin ya artikel-artikelku yang bahas tentang desain interior

      Hapus
  14. Rumah saya di Pulo Gadung juga minimalis. Makanya saya memang mensiasati dengan barang-barang multifingsi Mbak. Dan benar pakai cermin biar ruangan terlihat luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang ya Pak, klo gaya desain Rumah kita sesuai apa yang kita inginkan.

      Hapus
  15. Yup, suka sama pintu geser. Selain bisa bikin ruangan lebih luas, tinggal geser, dan biasanya lebih estetik. Soalnya saya suka desain interior rumah yang minimalis dan ringkes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, aku juga pengen banget punya rumah dengan pintu geser, irit tempat dan kesannya juga tapi.

      Hapus
  16. Iya sih. Mikirin desain interior rumah kecil yang nyaman dan estetik tuh emang agak puyeng ya. Apalagi kalau budgetnya juga terbatas. Dengan tips dan ide kreatif begini, kita jadi punya bahan pertimbangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah punya gambaran ya, mau menata dengan model yang seperti apa walau modal kecil tidak akan jadi masalah.

      Hapus
  17. Tips menarik mba, kebetulan lagi mau bangun rumah. Belakangan seneng banget dengan tema-tema seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pas banget mba klo begitu, jangan lupa pantengin trus artikel ku ya,

      Hapus
  18. Wah, makasih mbak muze tips nya. Kebetulan lagi nyari ide buat desain kamar ku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pas banget di artikelku selanjutnya akan membahas desain interior kamar tidur nich.

      Hapus
  19. Pengen juga nih aku punya desain rumah yang terlihat luas dan nyaman. Paling mendukung itu memang furniture yaa, kalau furniturenya yang berat-berat dan besar biasanya bikin rumah jadi terlihat sempit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, dan lebih bagus furniture dengan model yang simple sich

      Hapus
  20. Kalo aku sih lebih ke main di media penerangan, lebih suka pake lampu yang warnanya kuning. Itu bisa bikin aura semangat sih kalo di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener ini mas, aku di rumah juga lebih suka dengan penerangan warna kuning.

      Hapus
  21. Saya suka dengan desain furniture yang minimalis jaman sekarang. Rumah saya kan kecil nih, jadi suka antusias kalau ada pameran kursi lipat, sofa lipat, atau kasur lipat gitu. Lucu dan pengen punya jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget mba, furniture-furniture yang fungsional disamping menghemat tempat juga membuat efek luas pada ruangan

      Hapus
  22. sukaaa.. sekarang tuh makin kreatif juga orang-orang nih ya, tanah kecil aja bisa jadi rumah dan di desain dengan sungguh indahnya bikin cozy deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, nggak perlu lahan besar-besar yang penting tau bagaimana penataannya pasti jadi ciamik

      Hapus
  23. Ide kreatif desain interiornya ini bagus banget ya. Desainnya jadi ga makan tempat sama sekali. Keren nih idenya. Bisa ditiru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo pak diimplementasikan, ciptakan nuansa ruangan yang baru dan nyaman

      Hapus
  24. yuhuu... warna emang jadi faktor penting ya. Salah pilih warna bisa bikin ruangan terasa sempit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disamping itu salah pilih warna bisa membuat kita ngga nyaman juga mba

      Hapus
  25. Rumah saya pun menggunakan warna-warna perpaduan putih, krem, dan abu terang. Dan memang betul sih efeknya memberi kesan luas untuk rumah kita yang minimalis

    BalasHapus
  26. Sejak dulu pengen sekali buat pintu geser, sepertinya akan lebih efektif untuk rumah kami yang relatif sempit. Hmmm... tapi masih ragu, soalnya dirumah mertua pakai pintu geser, kayak nyandet gitu. buka tutupnya agak susah. Mungkin karena bahannya ya.. masih nyari rekomendasi bahan yang bagus biar geser buka tutupnya bisa lancar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sebenere bisa diperbaiki tu mungkin kasih pelumas dikit agar Roda-rodanya bisa berjalan dan ngga macet

      Hapus
  27. Bener banget memilih perabotan untuk rumah kecil biar terasa luas emang harus diperhatikan. Saya kayaknya akan lebih memilih menggunakan meja kasur dan kursi lipat biar setelah penggunaan bisa disimpan tanpa makan banyak ruang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nich, ruangan juga semakin luas dan tambah rapi, dan bersih

      Hapus
  28. Wah, pas mbaca wes kebayang indahnya, sayangnya belum dikaruniai rejeki pny rumah sendiri, hihi. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, mg2 kelak diberi rejeki bisa mengimplementasikan di rumahnya sendiri. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin aamiin aamiin semoga yang disemogakan, kita semua mempunyai rumah yang kita impikan

      Hapus
  29. Cermin bikin ruangan terlihat lebih lega ya. Penggunaan perabot juga perlu diperhatikan nih. Jangan terlalu banyak yang bikin ruangan makin pengap. Thanks tipsnya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak, jangan lupa mampir di artikellu selanjutnya ya

      Hapus
  30. aku juga pengen punya banyak cermin biar aesthetic :D

    BalasHapus

Posting Komentar