muzeyyen salik

Resep Sayur Bobor Bayam Tempe Semangit

sayur bobor bayam dengan tempe semangit


Tak hanya lezat sayur bobor bayam merupakan menu yang tak kalah menyehatkan. Bobor bayam akan tampak khas jika ditambah dengan tempe semangit. Sayur bobor banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sekitarnya.

Dalam buku Ngelencer ke Yogyakarta, resep khas dan unik dari Keraton, Pasar Beringharjo, dan sekitarnya (2017), Chef Vindex Tengker menyebutkan bahwa hidangan berkuah santan bernama sayur bobor itu adalah kegemaran Sri Sultan Hamengku Buwono VII.

Tidak hanya Sri Sultan Hamengku Buwono VII, Sri Sultan Hamengku Buwono IX juga gemar dengan sayur bobor bayam. Murdijati Gardjito dan Amaliah dalam buku Menu Istimewa Keraton Kesultanan Yogyakarta, Masakan Favorit Para Bangsawan (2008) menyebutkan bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX gemar sekali memasak aneka jenis masakan yang menjadi kegemarannya, lalu disantap bersama keluarga.

Dikisahkan, pada tahun 1956-1962, saat beliau masih menjabat Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta, setiap Sabtu siang sekira pukul 13.00 dan Minggu sore sekira pukul 18.00, beliau selalu bepergian bersama keluarga ke Pesanggrahan Ngeksigondo di Kaliurang untuk memasak. Beliau memasak sendiri menu pilihan kesebelas putra-putrinya. Salah satunya adalah sayur bobor komplet, yaitu sayur bobor yang dilengkapi dengan gembrot dan sambal jenggot.


Hidangan berkuah ini menjadi menu harian di keluarga Jawa. Peradaban kuliner Jawa banyak menyajikan masakan-masakan khas, yang sebagian besar merupakan comfort food alias hidangan rumahan yang sekaligus bisa dijumpai di berbagai rumah makan masakan Jawa. Masakan ini sudah ada sejak jaman dahulu.

Sayur Bobor sendiri merupakan hidangan sayuran berkuah santan yang bercita rasa gurih dan segar. Sayur Bobor biasanya disajikan dengan nasi hangat, tahu, tempe goreng, ikan asin, bakwan atau gorengan lainnya dan sambal.

Sayur Bobor pada umumnya menggunakan daun bayam, daun kangkung, dan labu siam. Bahan lainnya yang bisa di buat sayur bobor antara lain; daun katuk, pucuk labu, sawi putih, dan selada air.

Sedangkan salah satu bumbu untuk yang digunakan adalah kencur. Aroma kencur yang dihasilkan sangat mendominasi sayur bobor ini yang sangat menggugah selera.

Seperti sayur berkuah khas Jawa pada umumnya, sayur bobor mudah dibuat karena bahan dan pengolahannya sangat sederhana. Kuah sayur biasanya menggunakan santan encer, bisa juga menggunakan santan kental, atau kombinasi dari keduanya, sesuai selera. Penggunaan santan bisa juga diganti dengan krema yang biasa digunakan untuk membuat kue. Bumbu-bumbu yang biasa dipakai untuk membuat bobor bayam adalah bawang merah, bawang putih, kencur hingga ketumbar.


Sayur bayam menjadi salah satu sayuran sehat. Dalam 100 gram bayam hijau mengandung energi sebesar 16 Kkal, protein 0,9 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 2,9 gr, kalsium 166 mg, serat 0,7 gr, zat besi 3,5 mg dan 41 mg vitamin C. Memasak sayur bobor juga tidak membutuhkan waktu lama.


Berikut Resep Sayur Bobor Bayam Tempe Semangit


bumbu sayur bobor bayam



Bahan :

  • 150 gr daun bayam
  • 250 gr labu siam, kupas, potong-potong
  • 100 gr tempe, potong-potong
  • 1 kotak krema
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt lengkuas bubuk
  • 2 daun jeruk
  • Bumbu, haluskan:
  • 1/2 butir bawang bombay
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt kencur bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 2 btr kemiri sangrai
  • ½ sdt gula pasir
  • 2 sdt garam

Cara Membuat :



Cuci bersih sayuran, siangi daun bayam. Potong-potong labu serta tempe. Haluskan bumbu halus. Masukkan krema dan tambahkan air. Kemudian masukkan bumbu halus masak sampai mendidih. Masukkan labu, dan tempe semangit, masak sampai lunak. Kemudian masukkan daun bayam. Masak sampai sayur benar-benar empuk dan matang.

Tes rasa, jika rasa sudah dirasa pas dan matang masak sebentar lalu angkat.


proses pembuatan sayur bobor




Resep bobor bayam labu tempe semangit enak disajikan dengan sambal dan kerupuk. Sambal yang cocok dengan resep bobor bayam santan adalah sambal terasi matang. Sambal ini bisa dibuat dengan cabai rawit, bawang putih, garam, gula dan terasi yang sudah digoreng kemudian dihaluskan.


sayur bobor ayam disajikan dengan nasi hangat


Membuat sayur bobor bayam sebaiknya tidak dipanaskan kembali. Karena bayam mengandung senyawa nitrat yang jika dipanaskan akan berubah menjadi nitrit dan nitrosamin. Nitrit ini sangat berbahaya jika dikonsumsi bayi di bawah 6 bulan.

Semoga resep sayur bobor bayam dengan tempe semangit ini bermanfaat. Dan bisa menjadi panduan belajar memasak dirumah.


Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

Posting Komentar