muzeyyen salik

Terbukti! Cara Jualan Online Agar Cepat Laku

Cara jualan online agar cepat laku

Pemanfaatan media digital pasca pandemi ini menjadi pilihan terbaik untuk para pelaku bisnis. Tetapi kadang kita masih belum tahu, cara mempromosikan jualan online agar cepat laku. Padahal pemanfaatan digital marketing yang benar dengan berjualan online dapat mendatangkan keutungan yang lumayan besar.

Bahkan apabila para pelaku UMKM berjualan dengan menggunakan e-commerce akan mengalami peningkatan lebih dari 160% menurut survei pihak Presiden Komisaris Sea Group Pandu P Sjahrir.

"Sementara untuk peningkatan produktivitas penggunaan e-commerce bisa mencapai 110%. E-commerce bisa menurunkan biaya operasional toko, meningkatkan produktivitas dan fleksibilitas bekerja," ujarnya dalam temu pers yang disiarkan secara virtual, Kamis (2/7/2020).

Manfaat jualan online

Manfaat Jualan Online

Pemanfaatan digital marketing dengan berjualan online juga memberikan banyak manfaat.
Berikut inilah berbagai manfaatnya;

1) Tidak Terbatas Ruang Dan Waktu

Penjual maupun pembeli dapat melakukan transaksi di manapun, dan kapan saja. Penjual dan pembeli hanya perlu mengakses penjualan dan pembelian hanya menggunakan internet. Tentu saja di sini kuota internet sangat diperlukan.

2) Menekan Biaya Pemasaran

Bagi pelaku bisnis ini tentu manjadi manfaat yang luar biasa. Pasalnya para pelaku bisnis online tidak perlu bersusah payah membuat perizinan dengan biaya yang bisa saja cukup mahal.

Melalui jualan online pelaku bisnis tidak perlu mendirikan toko secara nyata tetapi mereka bisa mempunyai toko virtual. Tentu ini akan sangat menekan biaya pemasaran dan biaya operasional.

3) Cepat, Mudah, Dan Efisien

Dengan berjualan online jelas mempercepat transaksi, dan mempermudah proses jual beli tanpa ribet. Akan menghemat waktu kita agar lebih efisien.

4) Menjaring Konsumen Lebih Banyak

Di era millenial seperti sekarang ini, teknologi sudah semakin canggih. Dan mayoritas semua kalangan masyarakat telah menggunakan media digital untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk itu produk-produk yang kita pasarkan melalui media digital akan dilihat oleh siapapun dan dimanapun mereka berada. Ini diharapkan akan banyak menjaring konsumen.

5) Riset Pasar Lebih Mudah

Dengan pemanfaatan media digital pelaku bisnis juga bisa dengan mudah melakukan riset pasar, yaitu contohnya saja melakukan survei kepada masyarakat, memantau perkembangan dari brand competitor lainnya.

6) Membuat Kita Lebih Fokus

Dengan toko virtual yang kita bangun, tentunya bisa membuat kita lebih fokus tanpa memikirkan biaya perbaikan toko atau lainnya. Kita hanya fokus satu titik untuk menggembangkan toko virtual kita.

7) Lebih Mudah Menggelola Produk

Dengan berjualan online tentu saja produk-produk kita akan terpantau dan terkelola dengan baik. Keluar masuknya barang pun akan sangat jelas.

8) Mengurangi Angka Kehilangan

Pemanfaatan media digital dengan toko virtual kita tentu akan mengurangi angka kehilangan. Bahkan jika kita sangat hati-hati dan teliti maka barang kita tidak akan lost.

Mungkin pemanfaatan media digital dengan berjualan online ini sudah menjadi impian kita semua untuk memiliki toko virtual yang eye catching. Hanya saja kita belum mempunyai kemantaapan hati yang sepenuhnya. Padahal jika semua sudah berjalan, pasti akan terasa sangat mudah dari apa yang kita bayangkan sebelumnya.

Cara promosi jualan online agar cepat laku

Cara Promosi Jualan Online Agar Cepat Laku

Nah untuk berjualan secara online pun kita harus memahami beberapa cara agar jualan kita cepat laku. Cara promosi dibawah ini bisa kita terapkan untuk meningkatkan penjualan kita.

1)Riset Kebutuhan Pasar, Bukan Sekadar Mengikuti Trend Yang Ada.

Kita bisa mencari tahu apa sih kebutuhan pasar saat ini? Misalnya saja design interior menjadi kebutuhan pasar, bearti dengan menjual hiasan dinding seperti makrome bisa menjadi peluang besar untuk kita.

Kebutuhan pasar ini akan berlangsung secara continue. Akan sangat berbeda jika menjual produk sesuai trend. Misalnya saja orang-orang era 90-an pasti semua tahu pensil inul katakanlah yang sempat viral pada jamannya, dan ternyata penjualan itu sampai pada titik kejenuhan orang-orang saja. Ini dikarenakan dengan adanya produk baru yang mungkin lebih legend lagi.

2. Pastikan Produk Yang Dijual Memiliki Nilai Unik.

Tidak dipungkiri bahwa keunikan produk kitalah yang mampu menarik daya beli customer. Barang yang unik akan menarik minat calon pembeli untuk melihat produk kita dengan detail yang berakhir ketransaksi pembayaran.

3.Buatlah Toko Online / Toko Virtual

Dengan berjualan online tentu kita harus mempunyai toko online/toko virtual. Toko online ini bisa dibuat melalui akun sosial media kita maupun memanfaatkan website pribadi yang kita buat.

4.Buat Deskripsi Produk Yang Menarik

Penjelasan atau deskripsi produk juga harus dibuat semenarik mungkin untuk menarik banyak pembeli.

5.Aktif Di Media Sosial

Karena kita sudah mempunyai tekat yang bulat untuk berjualan online maka kita di tuntut untuk aktif di media sosial.

6.Mengadakan Promo Yang Menarik.

Tidak dipungkiri promo adalah salah satu yang paling disukai oleh para pembeli. Memberikan promosi yang menarik akan membuat dagangan kita cepat laku.

7. Pahami Data Dan Melakukan Analisa.

Dengan melakukan analisa data seperti melakukan monitoring penjualan kita akan tahu kapan waktu dan momen barang kita cepat laku dengan itu kita dapat push jualan dengan menyetok produk lebih banyak dari hari biasanya.

8. Membuat Unique Selling Points

Unique selling points ini berhubungan dengan call to action (CTA) seperti contohnya USP dari brand-brand ternama seperti Semen Cap 3 Roda, kokoh tak tertandingi.

Keunikan dari tagline ini mampu meningkatkan poin penjualan. Yang memberikan penegasan ke masyarakat bahwa bangunan dari Semen Cap 3 Roda sangat kokoh serta tidak ada tandingannya.

9.Gunakan Strategi Content Marketing

Ternyata strategi content tidak hanya ada di sebuah blog. Tetapi penjualan online pun harus mempunyai content marketing yang terstruktur dan konsisten.

Misal penjadwalan adanya promosi, live streaming, give away dan lain-lain. Dengan mengajukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti wajib follow dan tag akun toko online kita.

10.Menggunakan Paid Ads

Menggunakan paid ads juga salah satu cara yang paling ampuh. Karena dengan pembelian ads ini akan membuat akun toko online kita dipromosikan ke masyarakat luas.

11. Website Aman Dan Mudah Diakses.

Jika kita memutuskan membuat website untuk toko online kita pastikan menu yang ada di website mudah digunakan dan dipahami oleh pengguna. 

Keamanan dan kecepatan website terjaga. Karena pengguna tidak akan menuju website yang keamanannya kurang. Jangankan untuk membeli untuk berkunjung ke websitenya saja pun kita sudah mendapat teguran.

12. Memanfaatkan Strategi Word of Mouth

Walaupun kita membuat toko online tidak ada salahnya kita memberitahu masyarakat bahwa kita mempunyai toko online dengan beragam pilihan.

13. Mengadakan Review dari Pelanggan

Review pelanggan itu sangat penting apalagi, jika review mereka bagus tentu akan meningkatkan performa toko online kita.

14.Kembangkan Tampilan Visual Brand.

Tampilan visual juga menjadi sesuatu yang harus diperhatikan. Karena dengan jualan online tentu yang paling menonjol adalah tampilan visual brand. Pembuatan visual brand agar tampilanya semakin eye catching kalian bisa menggunakan aplikasi canva.

15.Adanya Testimoni Memuaskan

Tampilkan testimoni yang menarik dan memuaskan sehingga membangun kepercayaan kita kepada masyarakat untuk membeli dari toko kita.


Bagaimana sudah siapkan anda membangun toko online? Jika sudah, mari memaksimalkan toko online kita dengan cara promosi agar jualan online kita cepat laku.
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

8 komentar

  1. Selling point itu seperti jargon / tagline gitu ya mbak muzeee.. memang bikin tagline dalam bisnis online sungguh susahhhh hehehe.

    BalasHapus
  2. Mantap betul, dan emang harus continue konsisten ya mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo konsisten inshaAllah hasilnya akan lebih bagus ya mbak..

      Hapus
  3. Jualan online sekarang banyak saingan nya ya...saling abnting harga..kalau ga punya strategi...repot juga

    BalasHapus
  4. promo yang menggiurkan seringnya buat para emak-emak kalap... hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar