muzeyyen salik

Bahan Membuat Makrome Untuk Pemula

Bahan membuat makrome untuk pemula

Sekarang ini design interior sedang menjadi tren di sejumlah kalangan masyarakat. Membahas design interior makrome mampu menjadi hiasan interior yang tidak kalah bagusnya. Makrome sendiri bisa kalian pelajari secara otodidak. Lalu apa saja sih bahan membuat makrome untuk pemula?

Makrome adalah suatu kerajinan tangan menyatukan simpul yang terdiri dari beberapa tali atau benang untuk menghasilkan karya tangan yang indah. Untuk kalian yang ingin mempelajari kerajinan yang satu ini kalian juga bisa bergabung di salah satu komunitas makrome yang ada, atau bisa juga dengan mengikuti kelas khusus makrome. Membuat makrome sendiri sebenarnya tidak sulit jika kita sudah mengerti teknik-teknik dasarnya.

Bahan Membuat Makrome

Untuk membuat makrome tentu kita membutuhkan bahan-bahan pendukung. Berikut ini adalah bahan-bahan membuat makrome;

Tali

Tali merupakan bahan paling dasar untuk membuat kerajinan makrome. Tetapi kadang sebagai pemula masih bingung tali apa saja sih yang bisa digunakan untuk membuat makrome. Berikut tali yang bisa digunakan untuk membuat makrome.

Berbagai macam jenis tali polyester.

Tali Polyester

Tali Polyester atau biasa disebut tali kur merupakan tali yang dibuat dari serat buatan yang dinamai serat polyester. Tali ini juga tahan terhadap sinau Ultra Violet, jadi polyester tidak mudah berubah warna. Tali ini juga kerap digunakan untuk membuat berbagai kerajinan tangan seperti tas dan dompet. Tali polyester mempunyai beberapa ukuran dan dibedakan menurut kualitasnya, yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Tali polyester dengan ukuran 3mm biasanya digunakan untuk pembuatan tas, pouch, maupun clutch. Untuk ukuran 4mm bisa digunakan untuk pembuatan dress makrome. Sedangkan tali polyester dengan kualitas premium dapat digunakan untuk pembuatan hiasan dinding maupun pillow case.

Jenis-jenis tali yang digunakan untuk membuat makrame

Tali Satin

Merupakan tali yang sejenis dengan tali kur tetapi tali ini mempunyai permukaan yang lebih halus dan berkilau. Tali ini juga disebut sebagai tali China. Tali Satın ini biasanya digunakan untuk membuat gelang. Dalam pembuatan gelang dari tali satin ini akan sangat bagus jika dipadukan dengan aksesoris dari emas.

Tali Jute

Merupakan serat alami (natural fibres) yang digunakan nomor dua terbanyak sesudah kapas (cotton) sebagai bahan keperluan kita. Tali jute atau tali rami ini banyak digunakan juga untuk membuat kerajinan tangan lainnya.

Tali Benang Wol

Merupakan serat tali yang didapat dari bulu domba. Tali benang wol ini kerap dijadikan bahan untuk membuat rajutan. Tapi jangan salah ternyata tali benang wol yang digunakan untuk membuat makrome mempunyai nilai seni yang tinggi. Tali benang wol yang tebal dapat digunakan untuk pembuatan makrome dengan model weaving atau tapestry.

Jenis-jenis tali yangh bisa di gunakan unutk membuat makrome.


Tali Pita

Merupakan tali yang dibuat dari bahan polyester dengan bentuk pipih seperti pita. Tali ini mempunyai tekstur yang berkilau dan terlihat lebih ellegant. Tali pita bisa digunakan untuk membuat makrome dengan hasil yang sangat cantik, seperti pembuatan tas, pouch, maupun clutch.

Tali Rafia

Tali ini biasanya terbuat dari plastik atau beberapa bahan yang dicampur sehingga menghasilkan tali rafia dengan tekstur seperti kertas. Tali rafia sekarang ini banyak digunakan untuk pembuatan makrome untuk menghasilan karya yang lebih natural dan menyatu dengan alam.

Tali Yarn

Tali yang bertekstur lentur (elastis) dan lembut ini juga bisa menjadi pilihan untuk membuat makrome. Tali yarn yang merupakan benang kaos ini konon berasal dari Eropa kemudian merambah ke Amerika bahkan sekarang ini sudah terdistribusi ke seluruh penjuru dunia. Pemanfaatan tali yarn sebagai bahan pembuatan makrome biasanya untuk membuat pillow case, dress, dan hiasan dinding.

Tali katun merupakan tali yang sering digunakan untuk membuat makrome.

Tali Katun

Merupakan tali yang dibuat dari katun atau serat kapas yang bertekstur lembut. Tali ini yang paling sering digunakan untuk membuat makrome khususnya hiasan dinding. Tali ini juga mempunyai beberapa ukuran, mulai dari 2mm, 3mm, 4mm, 5mm, dan seterunya. Tali katun juga dibedakan menjadi beberapa lilitan, antara lain 1 ply twist, 2 ply twist, 3 ply twist. Tali katun mempunyai banyak pilihan warna yang dapat dipilih untuk membuat kerajinan tangan makrome.

Kayu Dowel

Kayu dowel menjadi salah satu alternatif kontruksi kayu yang cepat dan mudah. Kayu dowel juga sering digunakan untuk pembuatan kerajinan tangan seperti makrome. Selain kayu dowel kita juga bisa menggunakan kapar.

Kapar adalah kayu-kayu buangan yang hanyut di sungai atau laut. Kapar ini juga sangat bagus digunakan sebagai bahan membuat makrome, untuk menghasilkan karya yang lebih natural. Karena kayu yang berada di pantai akan mempunyai tekstur lebih halus dan lebih bagus.

Ring

Ring atau lingkaran biasa digunakan sebagai bahan membuat makrome. Ring sendiri ada yang terbuat dari besi, plastik, maupun kayu dengan berbagai ukuran. Ring digunakan untuk pembuatan makrome cermin, pot gantung, ayunan, dan lainnya.

Papan Tatakan

Tatakan ini digunakan kalo misalkan kita ingin membuat makrome dengan ukuran kecil seperti gantungan kunci. Kita bisa menggunakan tatakan yang biasa digunakan untuk ujian yang dilengkapi klip atas untuk menjepit agar pengerjaan makrome lebih mudah.

Lakban

Lakban menjadi bahan yang sering digunakan untuk pembuatan kerajinan tangan. Begitu juga dalam pembuatan makrome lakban sangat dibutuhkan untuk menahan agar posisi tali ini tetap pada tempatnya tidak bergeser.

Meteran

Untuk membuat makrome kita harus mengukur panjang tali yang ingin kita gunakan. Bahkan jika kita ingin membuat tirai misalnya kita juga harus mengukur panjang dan lebar pintu yang akan dipasangi tirai itu. Lebih disarankan untuk menggunakan meteran kain agar lebih mudah.

Gunting

Sepertinya gunting memang alat yang tidak pernah mau ketinggalan dalam membuat kerajinan tangan, jadi kamu juga harus menyiapkan gunting untuk membuat makrome.

Lem Tembak

Untuk pembuatan makrome seperti cermin dan sendal tentu kita membutuhkan alat perekat. Alat perekat yang biasa digunakan biasanya lem tembak. Adapun jenis lem ini ada yang panas dan ada yang dingin, semua bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Bahan lainnya

Bahan lainnya ini meliputi perlengkapan pendukung lainnya sesuai jenis makrome yang akan kita buat. Misalnya kita akan membuat cermin tentu kita membutuhkan cermin. Atau aksesoris lainnya seperti hiasan bunga.

Teknik Membuat Makrome Untuk Pemula

Untuk membuat makrome sebagai pemula ada beberapa teknik antara lain;
  • Belajar otodidak melalui Channel Youtube. Mempelajari secara otodidak adalah teknik yang saya terapkan dulu dalam membuat makrome.
  • Pelajari teknik dasar menyimpulkan tali. Ini adalah dasar yang harus kita pelajari sebagai pemula. Untuk mempelajari makrome tentu yang perlu kita lakukan adalah mempelajari semua teknik yang ada. Dengan teknik yang kita kuasai ini akan mempermudah kita membuat makrome.
  • Buat makrome dengan model yang simple. Setelah teknik dipahami mulailah mencoba membuat makrome dengan model yang sederhana.
  • Lanjut dengan membuat kreasi makrome yang lainnya. Jika kita berhasil membuat makrome dengan model yang sederhana upgrade kemampuan kita dengan membuat kreasi makrome yang lainnya.
  • Kreasikan hasil karya kita dengan menggunakan berbagai jenis benang. Setelah tangan kita sudah mulai terbiasa menyimpulkan benang. Kita bisa ke tahap selanjutnya, yaitu membuat makrome dengan kreasi lainnya menggunakan berbagai jenis benang.

Basic Macrome Knots

Sebagai pemula untuk mempelajari makrome kita bisa memulai dengan mengenali simpul dasar seperti berikut ini.

Lark´s head knot adalah simpul dasar membuat makrome.


Lark´s Head Knot

Untuk membuat Lark's Head Knot, ambil tali Anda dan lipat menjadi dua. Kemudian letakkan loop di atas dan di belakang pasak. Sekarang, tarik ujung tali melalui loop dan kencangkan.

Cow Hitch Knot

Cow Hitch Knot dilakukan dengan cara yang sama seperti Lark's Head Knot, kecuali loop melewati dan di depan dowel. Ini pada dasarnya adalah simpul Lark's Hitch Knot yang terbalik

Square Knot adalah simpul dasar untuk membuat makrome.

Square Knot

Untuk membuat Square Knot, Anda membutuhkan empat tali. Yang di kiri dan kanan akan menjadi tali kerja Anda dan dua di tengah akan menjadi tali pengisi Anda. Tekuk tali kiri di depan dua tali pengisi tengah dan di bawah tali kanan. Kemudian, bawa tali kanan di belakang talil pengisi dan ke atas melalui loop yang Anda buat dengan tali kiri dan kencangkan. Ini disebut setengah simpul.

Untuk membuat makrome banyak menggunakan simpul kota.

Untuk menyelesaikan simpul square knot, Anda akan membuat setengah simpul lagi, tetapi kali ini akan menjadi bengkok. Ambil tali kanan dan bawa di depan tali pengisi dan di bawah tali kiri. Kemudian, bawa tali kiri di belakang tali tengah dan melalui loop di tali kiri dan kencangkan.

Simpul ganda dalam membuat makrome menjadi teknik dasar.

Double Half Hitch

Untuk membuat Double Half Hitch Knot, dalam contoh di atas pekerjaan di mulai dari kanan. Tekniknya sama saat ke kiri, tetapi terbalik, Pertama, pegang tali pengisi dengan lurus (dalam hal ini, tali kanan). Ambil tali kiri dan silangkan di atas tali kanan. Tarik ujung tali kiri ke atas dan melalui loop yang dibuat dan tarik kencang. Geser loop ke mana pun maka simpulnya akan menjadi sesuai tarikan yang anda inginkan.

Double half hitch teknik macrome yang mudah dipelajari




Ulangi proses itu lagi dengan cara yang sama dan kencangkan loop Anda sekarang telah membuat satu simpul double half hitch. Untuk membuat yang berikutnya, Anda akan menggunakan tali pengisi yang sama, tetapi gunakan tali berikutnya sebagai tali kerja. Hanya lakukan satu double half hitch simpul dengan masing-masing tali kerja.

Wraping knot merupakan teknik dasar untuk membuat simpul mati.

Wrapping Knot

Untuk mengikat Wrapping Knot, Anda memerlukan seutas tali cadangan yang panjangnya kira-kira satu kaki (bergantung pada berapa banyak lilitan yang akan Anda buat dan seberapa tebal talinya). Buat bentuk "U" dengan salah satu ujung talinya. Pegang tali berbentuk 'U' pada tali pengisi (semua tali yang akan Anda lilit) dengan ujung pendek dan panjang tali menghadap ke atas, lalu tekuk "Bagian U menghadap ke bawah.
Mulailah membungkus semua tali (termasuk ujung pendek) dengan ujung panjang tali pembungkus. Setiap bungkus akan berada di bawah bungkus sebelumnya dan pastikan untuk menyimpannya
mereka semua pas bersama tetapi tidak tumpang tindih.

Setelah Anda membuat 7 hingga 10 lilitan (atau sebanyak yang Anda inginkan), lingkarkan tali bungkus melalui lingkaran yang dibuat di bagian bawah "U" Tarik tali bagian atas yang mencuat dari bungkusnya (ujung pendek dari tali kerja) untuk mengencangkan loop.

Terus tarik tali atas sampai loop tertarik ke dalam lilitan sekitar setengah jalan. Anda tidak ingin itu keluar dari bagian atas pembungkus. Sekarang Anda dapat memotong kedua ujung tali pembungkus dan mendorong ujungnya ke bawah ke dalam pembungkus.

Jadi apakah kalian sudah siap membuat makrome? Jika sudah, mari siapkan bahan-bahannya dan mempelajari teknik dasar membuat makrome. Makrome yang kalian buat juga bisa dijual melalui online shop yang dapat mendatangkan penghasilan tambahan. Selamat belajar dan selamat berkreasi di rumah ya.
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

9 komentar

  1. Dulu pernah pengen banget bikin makrome, udah save-save contoh yang simple di pinterest, tapi sampe sekarang belum terwujud 😬

    BalasHapus
  2. Membuat tas dr tali2 itu apa termasuk makrome mb? Dl waktu ak kecil ibuku sering bikin2 tas,dompet gt dr tali2 tp ak ga tau apakah itu yg namaanya makrome ataukah berbeda

    BalasHapus
  3. Kalo pake alat namanya rajut, crochet, knitting alanya sendiri ada hakpen ada hook.. Klo makrome pure pake tangan nggak pake alat bantu

    BalasHapus
  4. mirip kaya rajut ya mba, sepertinya butuh kesabaran yang lebih untuk membuat karya yang satu ini....

    BalasHapus
  5. Jadi tahu macam2 tali mba muzee.. Youtubenya ada ga mba cara buatnya.. Seru kayaknya.. Baca penjelasannya saja serasa sudah mencoba membuat manokhrome hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Youtube sebenarnya sudah plan mbak tapi belum pakem youtube q Muzeyyen Salik

      Hapus
  6. Dulu saya sempet kepikiran pengen memperdalam makrame tapi sampai sekarang belum jadi. Baca ini jadi keinget sama harapan masa lalu.

    BalasHapus

Posting Komentar