muzeyyen salik

Cara Daftar Blog Di Google News

Google News adalah sebuah layanan gratis dari google untuk para penggunanya untuk menampilan berita yang dapat diakses oleh siapapun.

Sudah punya blog tapi belum melejit sempurna? Atau masih bingung dan bertanya-tanya kenapa artikel masih saja tidak terdeteksi oleh mesin penelusuran Google. Pertanyaan selanjutnya apakah kalian sudah mengenal layanan dari Google bernama Google News? Jika belum maka ini adalah artikel yang tepat untuk kalian semua. Artikel kali ini akan mengulas apa itu Google News, manfaat dan cara mendaftarkan blog ke Google News.

Apa Sie Google News Itu

Sekarang ini banyak sekali pengguna informasi digital semakin meningkat dan menjamur di kalangan masyarakat. Dunia digital sudah tidak asing lagi dan sudah melekat di hati oleh para penggunanya. Apalagi sajian berita atau wacana yang kredibel tentu akan banyak diburu oleh pemburu berita. Tahukah kalian tentang layanan Google yang disebut dengan Google News?

Google News adalah suatu layanan dari Google yang fokus dalam memberikan konten berita dari berbagai website di seluruh penjuru dunia, termasuknya adalah Indonesia. Layanan ini bisa digunakan secara cuma-cuma alias geratis dengan tampilan menarik yang dapat diakses oleh pembaca melalui smartphone, laptop maupun perangkat digital lainnya.


Sajian di dalam Google News dengan personalized content yang artinya kalian akan mendapatkan berita sesuai dengan minat kalian. Para penggunanyapun tidak wajib login untuk menikmati layanan ini. Google News mampu memberikan kemudahan untuk para penggunanya dalam memperoleh berita berdasarkan lokasi, topik, ataupun sumber berita.

Kabar baik untuk kalian para pemilik blog Google News mampu memberikan keuntungan tersendiri. Karena daftar kunjungan di Google News dalam satu bulannya mampu mencapai 494 juta pengguna di seluruh penjuru dunia. Kalian akan mendapat manfaat positif jika mampu menggunakan fitur-fitur di dalam Google News dengan baik.

Google News tidak hanya bisa diisi oleh media online terkenal saja, kalianpun sebagai pemilik blog juga bisa mendaftarkan blog kalian. Itu artinya, konten berita kalian juga bisa menjadi salah satu berita utama apabila memang menarik dan layak untuk dipublikasikan.
Banyak manfaat yang didapat oleh para pengguna blog dengan memanfaatkan google news salah satunya adalah meningkatkan traffic kunjungan blog

Manfaat Google News

Seperti yang sudah disebutkan diatas penggunaan Google News secara baik akan memberikan manfaat positif untuk para penggunanya, antara lain sebagai berikut;

1. Artikel lebih mudah masuk ke halaman pertama mesin pencari Google

Mempunyai blog yang meroket dan masuk ke halaman penelusuran Google tentu menjadi dambaan kita semua, apalagi jika berada di halaman pertama penelusuran. Jangan sia-siakan konten berita yang unik dan berkualitas kalian, karena Google News tidak akan segan untuk memposisikan berita kita di daftar berita utamanya.

Sehingga, Google akan menganggap bahwa website kita layak untuk menempati posisi teratas mesin pencarian. Dengan memanfaatkan Google News secara maksimal,pencapaian teratas untuk artikel kita di penelusuran Google bukanlah perkara yang sulit.

2. Meningkatkan jumlah pengunjung

Semakin mudah konten kita ditemukan pengunjung, maka akan semakin besar juga peluang blog  untuk dikunjungi. Selain itu, bisa dipastikan juga bahwa pengunjung kita datang dari traffic yang sangat berkualitas.

Karena adanya peran penting bernama personalized content yang mana setiap pengguna yang mengunjungi blog kalian akan merasa senang bahwa topik yang kalian sajikan mempunyai relevansi yang tepat dengan apa yang mereka perlukan. Tidak memungkiri bahwa cara ini juga mendatangkan pengunjung organik untuık blog kalian.

3. Media branding yang efektif

Dngan suguhan konten yang baik dan dikenal oleh seluruh dunia secara tidak langsung cara ini efektif untuk mambranding diri. Kita juga akan dianggap profesional jika konten yang kita suguhkan sangat baik, bahkan pengunjung bisa saja menjadi pengunjung setia dan loyal yang selalu menanti artikel kita.

4. Berpeluang mendapatkan banyak backlink

Backlink adalah suatu link di website lain yang mengarah langsung ke website kita. Sebagai seorang blogger, kita pasti sudah paham bahwa backlink mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan kredibilitas blog.

Saat konten kita direkomendasikan oleh fitur Google News, maka konten kita akan menjadi suatu referensi terbaru terkait suatu topik tertentu. Bila ada blogger lainnya yang sedang memerlukan referensi pendukung, tentu mereka akan memanfaatkan sumber yang terpercaya, dan sumber itu bisa jadi adalah blog kita. Semakin banyak jumlah backlink yang kita peroleh, maka akan semakin terpercaya juga blog kita.

5. Tidak mengeluarkan biaya

Google News secara tidak langsung ini proses mengiklankan artikel tanpa mengeluarkan biaya apapun. Dengan memanfaatkan Google News kita akan memperoleh hasil yang sama saat kita menggunakan layanan pengiklan untuk meningkatkan pengunjung blog kita, yang membedakan adalah kita tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Google News memiliki potensi untuk mendatangkan organic traffic ke blog kita. Organic traffic adalah suatu kunjungan yang berasal dari mesin penelusuran.

6. Artikel lebih cepat terindex oleh Google

Semua pengguna blog, tentu juga menginginkan artikel dapat terindex dengan sempurna dan cepat sehingga mampu terdeteksi oleh Google. Dengan mendaftarkan blog kita ke Google News akan membantu artikel kita cepat terindex oleh Google.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google News

Agar artikel yang sudah kita buat tentu kita harus mendaftarkan blog kita ke Google News. Untuk caranya cukup mudah dan simple pastikan akun gmail yang kita gunakan untuk mendaftar google news ini sama dengan akun gmail untuk mendaftar google search console, mari kita simak; 


Untuk mendaftarkan blog kalian ke google news kalian bisa mengikuti panduan di dalam artikel

  • Masuk ke google publisher center kemudian klik tanda garis 3 pada bagian pojok kiri atas atau bagian main menu / menu utama. Kalian tidak perlu log in untuk memakai google news ini. 
  • Klik ''publish center''
  • Klik ''add publication''
  • Maka akan ada pop up yang muncul isi dengan nama yang akan anda gunakan untuk dipublikasikan
  • Kolom ke dua isikan situs web utama, contoh https://www.muzeyyensalik.com/
  • Untuk lokasi isikan lokasi anda.
  • Kemudian klik ''add publication''
Panduan cara mendaftrakan blog ke google news dengan mudah dan jelas


  • Kemudian akan muncul halaman selanjutnya dan nama yang kita ketikkan tadi akan muncul di menu publication
  • Klik ''publication settings''
  • Pada kolom general di bassic information isikan nama kalian dan bahasa yang kalian gunakan di kolom ''primary language''
  • Kemudian pilih lokasi kalian
  • Pada kolom ''website property URL'' isikan web utama kalian, contoh https://www.muzeyyensalik.com/
  • Klik ''verify in search console'' ini untuk memverifikasi google search console kalian, dan setelah itu akan ada keterangan ''verified'' atau terverifikasi

Tutorial lengkap cara mendaftarkan blog di googl news

  • Langkah selanjutnya ''add addtional URL'' dengan domain kalian, contoh: muzeyyensalik.com klik ''add'' atau tambahkan
  • Pada kolom ''contact'' isikan email kalian, untuk ''technical issues dan product updates'' bisa kalian klik kotaknya atau tidak tergantung selera, kemudian klik add.
  • Klik ''save'' kemudian klik ''next''
Siapkan gambar logo kotak dan persegi panjang sesuai syarat yang disebutkan untuk membuat google news

  • Kita akan dibawa ke halaman berikunya yaitu ''visual style''. Pertama siapkan ''square logo'' dengan ukuran yang direkomendasikan yaitu 1000 X 1000pixel atau bisa juga dengan ukuran 512 X 512pixel. dengan file format yang direkomendasikan yaitu PNG dan bisa juga dengan file format JPG, saya sarankan sie gunakan fabicon kalian jadi google dengan mudah menegnali kita juga.
  • Untuk ''rectangular logo'' atau logo persegi panjang ini sebaiknya memakai ukuran 400x40pixel, bisa saja memakai ukuran 200x20pixel dengan file format PNG, dengan rancangan menyertakan nama publikasi dalam teks yang dapat dibaca, saya sarankan gunakan gambar header blog kalian. Buat 2 gambar dengan ''light theme'' atau tema terang atau ''dark theme'' atau tema gelap
  • Selanjutnya pada kolom ''uploaded font'' klik ''font add familly'' ketikan font yang kalian pilih, misal arial, time news roman, atau roboto, klik ''add'' atau tambahkan
  • Klik ''save''

Ikuti semua langkah artikel ini untuk mendaftarkan blog kita ker google news

  • Selanjutnya kita klik pada bagian ''google news''
  • Klik ''edit''
  • Pada bagian ''general'' atau umum lengkapi semua ''basic information'', seperti ''publication category'' saya isi dengan ''women lifestyle''
  • Pada kolom ''distribution'' pilih ''worldwide''
  • Pada kolom ''google properties'' pilih ''allow all properties''
  • Klik ''save'' dan klik ''next''
  • Selanjutnya bagian ''content setting'' klik ''new section'' klik ''feed''

Tutorial lengkap dan teruptodate cara daftar blog ke Google News

  • Pada pop up add feed isikan nama judul yang kalian inginkan.
  • Pada kolom RSS atau atom feed URL ketik https://www.muzeyyensalik.com/feeds/posts/default?alt=rss . Ganti yang tulisan yang berwarna pink dengan domain kalian.
  • Pada ''view access'' pilih ''anyone''
  • Klik ''add''
  • Pada kolom ''access group'' ketik nama dan alamat email kalian.
  • Klik '' save''
  • Selanjutnya klik ''next''
  • Selanjutnya kita akan dibawa ke halaman ''review and publish'', pada bagian ''google news app publishing status'' jika muncul notifikasi ''live'' kita bisa langsung klik ''live''. Jika tidak ada maka kita perlu mereview lagi bagian yang masih bermasalah.
  • Klik ''review'' untuk menindak lanjuti masalah yang ada. Ikuti dan lengkapi persyaratan yang diminta.
  • Jika muncul bagian ''please review our term and service'' klik ''review'' lengkapi semua kolom   
  • Klik kotak kecil ''klik ''submit''

Proses review sesudah mendaftarkan Google News 2 sampai 3 minggu.

  • Tunggu beberapa menit sampai bagian ''content setting'' kita muncul semua artikel blog kita. Jika belum muncul kalian bisa ''refresh'' dan menunggu beberapa menit.
  • Jika artikel sudah muncul klik ''next''
  • Selanjutnya di bagian ''review and publish'' lagi kalian bisa klik ''publish''
  • Proses review memerlukan waktu 2-3 minggu, kalian akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.
  • Harap bersabar menunggu ya...jika belum ke aproved oleh Google News kalian bisa ajukan lagi ya.

Ambil kesempatanmu untuk mengenalkan artikel-artikelmu kepada dunia. Caranya juga gampang kan untuk daftar ke Google News jadi tunggu apalagi? yuk daftarin blog kita ke Google News sekarang juga. Jika kalian belum memasang Google Analytic baca sekalian artikel saya tentang Google Analytic. Semoga artikel ini membantu dan sampai jumpa diartikelku selanjutnya.



























Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

Posting Komentar