muzeyyen salik

Alfabet Bahasa Turki Dan Cara Membacanya


Alfabet Bahasa Turki Dan Cara Membacanya


Selam arkadaşlar di artikel kali ini saya akan membahas alfabet bahasa Turki dan cara membacanya. Untuk kalian yang ingin cepat berbahasa Turki kalian bisa simak terus artikelku ya.

Bahasa Turki pada mulanya berasal dari Asia Tengah di mana kelompok yang disebut kelompok Oguz berpindah hingga ke semenanjung Anatolia,Asia Kecil. Bahasa cabang Oguz ini lambat laun berubah. Kelompok Oguz ini menyebar mulai Anatolia hingga Selat Bosporus. 

Kelompok yang membawa bahasa ini adalah kelompok Seljuk pada abad ke-10. Semenjak Islam mulai dianut masyarakat Turki, bahasa Turki di wilayah Anatolia mulai menyerap berbagai kosakata dari bahasa Arab dan bahasa Persia. Bahasa Turki kemudian pada abad 15 mencapai puncak kejayaannya pada masa Kesultanan Utsmaniyah. 

Pada masa Utsmaniyah ini, bahasa Turki ditulis dalam Huruf Arab. Akan tetapi, semenjak tahun 1928, Mustafa Kemal Atatürk, yang dikenal sebagai bapak Turki Sekuler berusaha membaratkan Turki dan mengganti semua ejaan bahasa Turki menjadi abjad latin.


Bahasa Turki merupakan bahasa resmi Negara Republik Turki dan Republik Turki Siprus Utara. Penutur bahasa ini tersebar di Eropa Tenggara dan Asia Barat. Bahasa Turki tergolong rumpun bahasa Turkik paling barat, dan dengan jumlah penutur terbanyak jika dibandingkan dengan bahasa-bahasa Turki lainnya.

Materi A. Mengenal Alfabet Bahasa Turki


29 Alfabet Turki


Alfabet Turki (Türk Alfabesi) adalah sebuah alfabet yang berasal dari alfabet latin yang digunakan untuk menuliskan bahasa Turki, yang terdiri dari 29 huruf, dengan penambahan tujuh huruf diantaranya (Ç, Ğ, I, İ, Ö, Ş, Ü) dimodifikasikan dari huruf Latin aslinya. Alfabet tersebut mewakili pengucapan Turki modern. Sedangkan huruf yang tidak ada yaitu Q, W dan juga X.

Cara Membaca Alfabet Turki

Berikut adalah cara membaca alfabet bahasa turki;

Cara Membaca Alfabet Bahasa Turki

Materi Bahasa Turki

Untuk kalian yang masih bingung dalam pengucapan bahasa Turki kalian bisa simak video di bawah ini.



Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

Posting Komentar