muzeyyen salik

Semen Baturaja, Pilihan Terbaik Bangunan Kokoh Dan Tahan Lama

Semen Baturaja bangunan kokoh dan tahan lamo

Bangunan mempunyai peran penting untuk kita semua yang dapat membuat kita aman dan nyaman. Oleh karena itu, sebuah bangunan juga harus mempunyai konstruksi yang kuat. Sehingga pemilihan bahan bangunan menjadi pokok terpenting saat kita akan membangun sebuah bangunan itu sendiri.

Jadi jangan salah memilih bahan bangunan yang berkualitas dan tahan lama. Semen Baturaja bisa menjadi pilihan terbaik untuk menciptakan bangunan kokoh dan Tahan Lama.

Sejarah Semen Baturaja

PT. Semen Baturaja Persero Tbk telah mengalami banyak perkembangan dari tahun ketahun. Perusahaan ini lahir dengan nama PT Semen Baturaja (persero) pada 14 November 1974. Perusahaan persero ini terus berkembang sehingga pada tanggal 14 Maret 2013 PT Semen Baturaja (Persero) resmi mengalami perubahan statusnya menjadi perseroan terbuka dan berubah nama menjadi PT Semen Baturaja Persero Tbk.

Selama masa peroperasiannya semen Baturaja memiliki strategi keberlanjutan yang dapat memberikan manfaat kepada semua pihak, terutama pada bidang, ekonomi, lingkungan, dan sosial. Komitmen Perseroan diwujudkan dalam empat pilar:

1. Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan;
2. Iklim, Energi, dan Keanekaragaman Hayati;
3. Ekonomi Sirkular;
4. Karyawan & Komunitas.

Sebagai wujud komitmen untuk mengembangkan perusahaan yang bertanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan, serta untuk mencapai visi besar “Menjadi Green Cement Based Building Material Company Terdepan di Indonesia”.

Sedangkan untuk misi dari PT. Semen Baturaja (Persero) sendiri adalah sebagai berikut;
  • Kami adalah penyedia bahan bangunan berbasis semen kebanggaan nasional
  • Kami menyediakan produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan pasokan yang berkesinambungan
  • Kami menjamin kepuasan pelanggan dengan mengutamakan pelayanan prima
  • Kami berkomitmen membangun negeri untuk Indonesia yang lebih baik
Tidak hanya itu PT. Semen Baturaja juga banyak mengantongi sertifikat penghargaan yang baru-baru ini adalah ''The 13th IICD Corporate Governance Award 2022 Best Owned Enterprise & Top 50 Mid Capitalization Public Listed Company (Mid PLCs) dari IICD (Indonesia Institute for Corporate Directorship)'', pada 27 Mei 2022. 

Adapun penghargaan lainnya adalah sebagai berikut;
  • Program Penilian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Peringkat Biru – Pabrik Palembang dari Kementerian Linkungan Hidup dan Kehutanan RI (2020-2021)
  • Penghargaan Industri Hijau Tahun 2021 Level 5 Pabrik Baturaja dan Pabrik Palembang dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (30 November 2021)
  • Piagam Penghargaan sebagai Perusahaan yang Telah Bermitra Dengan Usaha Mikro Kecil Menengah di Provinsi Sumatera Selatan dari Gubernur Sumatera Selatan (28 oktober 2021).
  • Mata Lokal Award 2021 BUMN Paling Peduli lingkungan dari Tribun (7 Juli 2021)
  • Penghargaan Top 3 The Most Valuable Company Award 2020 with Best 5-Months Stock Perfomance, Sub Sektor Semen dari Warta Ekonomi (19 Agustus 2020).
  • Penghargaan Kecelakaan Nihil Tahun 2019 Zero Accident – Pabrik Palembang dari Kementerian Ketenagakerjaan RI (8 Oktober 2020).
Dari semua sertifikasi dan penghargaan yang diperoleh tentu saja kualitas dan kuantitas semen Baturaja sudah tidak diragukan lagi. 

Semen Baturaja diproduksi dengan teknologi modern dan berkomitmen pada program berkelanjutan

Mengapa Harus Semen Baturaja

Semen Baturaja sudah menjadi merek yang terpercaya sejak tahun 1974, yang sudah terjamin kualitas dan kuantitasnya. Produk dari PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk ini menjadi produk pilihan untuk para kontraktor bertahun-tahun. Semen Baturaja diproduksi dengan proses teknologi yang modern, dengan strategy berkelanjutan yang ramah lingkungan. Tentu ini akan memberikan manfaat positif untuk negara terutama bidang ekonomi, lingkungan, dan sosial.

Dalam pertumbuhan ekonomi berkelanjutan PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan produk yang berkualitas dan layanan yang prima. Perusahaan persero ini juga bertanggungjawab terhadap pengelolaan lingkungan hidup dan turut mendukung pemerintah dalam upaya penghijauan industri. Tidak hanya itu perusahaan ini juga menggunakan sumber daya maupun
material secara optimal dan bertanggungjawab. Menciptakan keunggulan dan nilai tambah bagi stakeholder, khususnya karyawan dan masyarakat di lingkungan Perseroan.

Semen Baturaja diproduksi sesuai kebutuhan para customer sesuai kegunaan masing-masing produk. Yang dapat memudahkan sehingga pekerjaan menjadi semakin efektif dan efisien. Semen Baturaja menjadi pilihan terbaik bangunan kokoh dan tahan lamo.


Proses produksi semen Baturaja melalui pertambangan yang ramah lingkungan

Proses Produksi Semen Baturaja

Berikut proses pembuatan semen Baturaja

1) QUARRY

Quarry adalah proses penambangan atau ekstrasi batuan yang akan digunakan untuk pembuatan semen ini. Bahan baku pembuatan semen ini adalah batu kapur dan tanah iiat. Proses penambangan batu kapur dilakukan dengan cara peledakan dan Surface Miner, untuk tanah liat sendiri dilakukan dengan proses pengerukan. Yang kemudian kedua bahan tersebut akan diangkut ke crusher dengan dump truck.

2) CRUSHER

Crusher adalah proses menghancurkan batu kapur dan tanah liat menjadi partikel yang kecil ukurannya sampai 8 cm yang kemudian akan dismpan di stockpile atau storage.

3) STORAGE

Storage adalah tempat penyimpanan bahan baku yang didapat dari proses penambangan tadi. Dan akan dilakukan proses lanjutan yaitu prehomogenisasi yang disebut reclaimer. Proses ini sangat penting dari prehomogenisasi di reclaimer, untuk menjamin kualitas dari produk yang dihasilkan baik dari raw meal hingga produk akhir, yaitu semen.

4) RAW MILL

Semua bahan baku yang disimpan di storage tadi akan diproses ke raw mill dan ditambahkan pasir besi maupun pasir silika dan digiling kemudaian dikeringkan menjadi raw meal. Raw meal atau tepung baku adalah bahan baku untuk pembuatan terak atau clinker. Bentuk raw meal sendiri seperti powder yang mempunyai kehalusan tertentu.

Raw meal mempunyai sifat fisika dan sifat kimia tertentu yang dapat digunakan sebagai kontrol kualitas produk.

5) PEMANASAN DAN PEMBAKARAN / KILN

Raw meal yang disimpan dalam CF Silo akan mengalami beberapa tahap proses sebelum akhirnya menjadi klinker kemudian melalui sistem pendinginan dan melalui alat transportasi untuk disimpan di clinker silo sebagai umpan kiln / Kiln Feed. 

Proses pembakaran menggunakan bahan bakar batu bara yang telah digiling dan dikeringkan melalui coal mill. Klinker sebagian digunakan ke cement mill Baturaja, Cement mill di Palembang dengan angkutan Kereta Api dan Truk sedangkan Cement Mill di Panjang dengan angkutan Truk untuk diproses menjadi Semen Curah.

6) PENGGILINGAN CLINKER / CEMENT MILL

Klinker yang ditranspor dari Clinker Silo Baturaja digiling di cement mill dengan menambahkan gypsum dan bahan ke-3. Proses penggilingan semen ini merupakan tahapan dimana kita akan mendapatkan semen seperti yang di pasar. 

Material ini bersama-sama diumpankan ke semen mill kemudian mengalami proses penggilingan dan produknya berupa semen OPC Tipe I dan PCC. Setelah didapat semen yang berkualitas maka semen tersebut disimpan melalui semen silo kemudian ditranspor ke bin semen melalui air slide, belt conveyor, dan vibrating screen.

7) PACKING PLANT

Packing plant adalah sebuah proses pengemasan dengan kombinasi mesin dari alat transpor sampai ke packer. Packer berfungsi untuk melakukan pembungkusan atau pengepakan semen bungkus atau zak dan timbangan berat yang ditetapkan. 

Semen Baturaja diproduksi dengan beberapa jenis yang disesuaikan oleh kebutuhan pengguna dan mempunyai keunggulan masing-masing.

Jenis Semen Baturaja

Sampai saat ini PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk telah memproduksi 5 jenis semen. Semen-semen ini diproduksi sesuai kebutuhan masing-masing agar memudahkan para konsumen. Berikut adalah jenis semen dari PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk.  

1) Portland Composite Cement (PCC)

Portland Composite Cement (PCC) merupakan semen yang direkomendasikan untuk keperluan membangun kontruksi bangunan secara umum. Jenis semen ini juga sudah memenuhi kriteria SNI 7064 : 2014. Hebatnya lagi semen jenis PCC ini mempunyai berbagai keunggulan, antara lain;
  • Mempermudah proses pengerjakan karena memiliki panas hidrasi yang lebih rendah.
  • Hasil permukaan beton maupun plester lebih rapat dan halus.
  • Memiliki daya rekat yang kuat.
  • Kedap air dan mempunyai kekuatan tekan yang baik.
Semen jenis Portland Composite Cement sangat cocok untuk pembangunan gedung-gedung bertingkat, perumahan, jembatan, pembuatan batako, maupun paving block. Untuk semen jenis ini tersedia dalam ukuran kemasan zak 50 kilogram, bigbag 1000 kilogram, maupuın curah.

2) Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I merupakan semen yang direkomendasikan untuk keperluan bangunan kontruksi pada umumnya juga, yang tidak memerlukan syarat-syarat khusus untuk semua mutu beton. Jenis semen ini sudah memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015. Setiap produk dari semen Baturaja diproduksi dengan keunggulan masing-masing. Untuk jenis Ordinary Portland Cement I mempunyai keunggulan sebagai berikut;
  • Lebih cepat kering
  • Memiliki daya rekat yang kuat.
  • Hasil adukannya tidak mudah retak
  • Memiliki kekuatan tekan yang baik.
Penggunaan semen jenis OPC Tipe I dapat digunakan untuk pembangunan kontruksi seperti struktur jembatan, jalan beton, komponen bangunan bertingkat seperti panel beton, tiang pancang, landasan pacu pesawat udara. OPC Tipe I tersedis dalam kemasan zak 50 kilogram, bigbag 1000 kilogram, maupun curah.

3) Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II merupakan semen yang direkomendasikan untuk keperluan bangunan kontruksi yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat sedang (0.10 - 0.20%) dan panas hidrasi yang bersifat sedang ''Medium Resistance''. 

Untuk semen jenis ini sudah memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015. Semen Ordinary Portland Cement Tipe II biasanya dipergunakan untuk bangunan yang berada di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi, dan bendungan.

4) Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V merupakan salah satu jenis produk semen yang direkomendasikan untuk keperluan bangunan kontruksi yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat tinggi lebih dari 0.20% dan panas hidrasi bersifat tinggi ''Ultra Resistance''.

Untuk semen jenis ini juga sudah memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015. Semen Ordinary Portland Cement Tipe V biasanya dipergunakan untuk bangunan kontruksi yang berada di bawah air, pelabuhan, terowongan, kawasan tambang, bangunan Instalasi Pengolahan Air limbah (IPAL) dan project geotheremal. Semen jenis ini tersedia dalam kemasan bigbag 1000 kilogram dan curah.

5) Baturaja Mortar

Semen Mortar lebih dikenal dengan nama Baturaja Mortar merupakan jenis produk semen
instan milik Perseroan yang diformulasikan dengan fungsi dan kegunaan spesifik. Untuk penggunaan Baturaja Mortar tidak perlu penambahan material lain dan sangat mudah, hanya saja diaplikasikan secara langsung dengan menambahkan air secukupnya. Keunggulan dari Baturaja Mortar yaitu sebagai berikut;
  • Aplikasi lebih tipis
  • Lebih hemat pemakaian
  • menggunakan aditif khusus yang dapat meningkatkan kualitas.
  • Lebih praktis
  • Berkualitas
  • Efisien
Semen Baturaja mortar terdiri dari 5 macam bahan yaitu perekat keramik, pasangan bata dan plesteran, pasangan bata ringan, acian abu-abu dan acian putih. Produk ini tersedia dalam kemasan zak 40 kilogram dan 25 kilogram. saja. 

Dengan memilih semen Baturaja untuk bangunan kontruksi secara tidak langsung kita ikut berkontribusi dalam mendukung program kegiatan berkelanjutan pemerintah. Ganti semen anda dengan semen Baturaja dari sekarang. Karena semen Baturaja adalah pilihan terbaik untuk bangunan kokoh dan tahan lama.




Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

Posting Komentar