muzeyyen salik

Bahasa Turki Materi B.3 Imbuhan Menyatakan Diri (To Be)

 


Di artikel kali ini kita akan membahas imbuhan menyatakan diri yang disebut juga dengan to be dalam bahasa Inggris. 

ŞAHIS EKLER / KIŞI EKI

Kata ganti diri di awal kalimat (subjek) dan kata ganti diri pada akhiran kata benda/ kata sifat. Personal Pronouns : Diletakkan di awal kalimat
  • Saya = Ben
  • Kamu = Sen
  • Dia/Itu = O
  • Kita = Biz
  • Anda/Kalian = Siz
  • Mereka = Onlar
Catatan : perbedaan sen dan siz, sen untuk orang kedua tunggal yang digunakan untuk teman dekat/orang yang lebih muda/ dalam situasi tidak resmi, siz untuk orang kedua tunggal dan digunakan untuk orang yang baru dikenal/orang yang lebih tua/ dalam situasi resmi atau bisa juga untuk orang kedua jamak yang berarti kalian.

  • Personal Suffixes(Kata ganti diri): Diletakkan diakhir kata benda/kata sifat 
  • Saya = -(y)ım/-im/-um/-üm
  • Kamu = -sın/-sin/-sun/-sün
  • Dia/Itu = -dır/-dir/-dur/-dür/-tır/-tir/-tur/-tür
  • Kita = -(y)ız/-iz/-uz/-üz
  • Anda/Kalian = -sınız/-siniz/-sunuz/-sünüz
  • Mereka = -dırlar/-dirler/-durlar/-dürler
Rumus:
Akhiran a,ı = vokal ı 
Akhiran e,i = vokal i 
Akhiran o,u = vokal u 
Akhiran ö,ü = vokal ü 

Jika kalimat terakhir adalah huruf vokal maka ditambah dengan (y).
Contoh: ben + öğrenci + ım (Saya + murid + saya) = ben öğrenciyim, bukan ben öğrencim .

Jika akhiran kata adalah mutasi huruf yang terdiri dari ( P T K Ç S Ş F H ) maka menggunakan -tır bukan -dır.
Contoh: O + küçük + tür ( dia + kecil + dia) jadi O küçüktür, Karena büyük berakhiran huruf ”K”, dan ”K” adalah huruf mutasi.

Rumus : P. Pronoun + Kata Benda/Kerja + P. Suffix
  • Ben doktorum = Saya seorang dokter
  • Sen doktorsun = Kamu seorang dokter
  • O doktordur = Dia seorang dokter
  • Biz doktoruz = Kami seorang dokter
  • Siz doktorsunuz = Anda/kalian seorang dokter
  • Onlar doktordur = Mereka seorang dokter

Catatan: jika kata ganti orang ketiga jamak.
Ada 3 pilihan kalimat Onlar doktordur (karena sudah ada subject, suffixe lar di buang), Doktordurlar dan Doktorlar 

Bisa juga dengan rumus : Kata Benda/Kerja + P. Suffix (Pronoun Hilang)

  • İyiyim = Saya baik
  • İyisin = Kamu baik
  • İyidir = Dia baik
  • İyiyiz = Kami baik
  • İyisiniz = Anda/Kalian baik
  • İyiler/iyidirler = Mereka baik
  • Sen güzelsin, ben yakışıklıyım = Kamu cantik, saya ganteng
  • Çocuklar tembeldir = Anak-anak yang malas
  • Kötüdür = itu buruk 

Contoh kalimat menyatakan diri adalah saya seorang pelajar, ayahku seorang pelaut.


Dalam imbuhan menyatakan diri ada 4 bentuk yaitu olumlu (positif), olumsuz (negatif), olumlu soru (tanya positif), olumsuz soru (tanya negatif).

Kuncinya ada di "huruf vokal" yang berada di "akhir kata".
a,ı = ım
e,i = im
o,u = um
ö,ü = üm

Kişi Eki Olumlu (Menyatakan diri positif)



Untuk menyatakan diri positif rumusnya adalah,
Kata Benda / Sifat + Personal Suffix

Contoh:
Ben mühendisim.
Untuk "onlar" bisa seperti ini onlar mühendis atau mühendisler.

Khusus untuk BEN dan BİZ jika huruf akhir kata berupa huruf vocal maka diselipkan (y). dalam kata bahasa Turki tidak ada huruf vokal yang berdempetan.
Contoh: Öğrenci (Pelajar) = Öğrençiyim, Öğrençiyiz

Kişi Eki Olumsuz (Menyatakan Diri Negatif)




Untuk menyatakan diri negatif rumusnya adalah:
Kata Benda / Sifat + Değil +Personal Suffix

Contoh;
Ben mühendis degilim.
Untuk "onlar" bisa seperti ini onlar mühendis değiller atau mühendis değiller.

Kişi eki Olumlu Soru (Pertanyaan Menyatakan Diri Positif)



Untuk pertanyaan menyatakan diri positif rumusnya adalah:
Kata Benda / Sifat + -mı/mi/-mu/-mü +Personal Suffix

Contoh;
Ben mühendis miyim.
Untuk "onlar" bisa seperti ini onlar mühendis mi? atau mühendisler mi?

Kişi Eki Olumsuz Soru (Pertanyaan Menyatakan Diri Negatif)


Untuk pertanyaan menyatakan diri negatif rumusnya adalah:
Kata Benda / Sifat + değil + -mı/mi/-mu/-mü +Personal Suffix

Contoh;
Ben mühendis değil miyim?
Untuk "onlar" bisa seperti ini onlar mühendis değil mi? atau mühendis değiller mi?

Rumus Jawaban



Untuk rumus jawaban dan contohnya kalian bisa melihat gambar di atas.






Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

9 komentar

  1. Hwah ilmu baru bagi saya ini.
    Senang rasanya bisa belajar dasar-dasar Bahasa Turki walaupun masih sangat kaku untuk membacanya perkata dan belum tahu benar atau salah pelafalannya.
    Yang penting semangat saja dulu, ya

    BalasHapus
  2. Seru nih, belajar bahasa Turki. Tapi 'ben' takut salah pelafalan. Coba nanti 'ben' buka dari awal, biar lebih paham.

    BalasHapus
  3. Bahasa turki ini pelefalannya gimana ya mbak? Apa sesuai kayak Bahasa Indo juga gitu, apa yang tertulis sama dengan lafal.

    Dulu pernah belajar bahas German, gitu juga sama kayak Bahasa jadi agak mudah. Nah ini Baru pertama x belajar, boleh juga belajar bahas Turki.

    BalasHapus
  4. Banyak juga ya rumusnya, untuk mempelajari bahasa Turki, penasaran sama pelafalannya.

    BalasHapus
  5. Jadi pingin ke Turki lagi nih...
    Dari pengalaman kak Muzeyyen, lebih sulit mana belajar bahasa inggris dg bahasa Turki?
    Aku tuh paling susah belajar bahasa asing...
    Btw, makasih sharing nya. Ilmu baru bagi saya...

    BalasHapus
  6. Mau tak forward ke anak-anakku ya mbak, biar makin lancar belajar bahasa Turkinya. Kalau saya nyerah duluan deh. Anak-anak sudah pada lancar sih terutama yang belajar di Istanbul.

    BalasHapus
  7. Jadi teringat masa awal belajar bahasa Inggris, cuma ini bahasa zturki sepertinya agak sulit pldalam pronoincing the word ya. Tulisan dan cara membacanya beda banget

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, dapet ilmu bahasa turki. Saya dari dulu kalo ngeliat tulisan bahasa turki langsung nyerah duluan mbak, berasa ribet gitu wkwk

    BalasHapus
  9. salah satu bahasa yang unik sih menurutku setalah jerman dan spanyol. kayak mirip gitu tapi kedengarannya sangat aneh di telingaku . terim kasih ka rumusnya hihi

    BalasHapus

Posting Komentar