muzeyyen salik

Manfaat Berenang Untuk Kecantikan

Manfaat berenang untuk kecantikan

Berenang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Tidak hanya itu saja, sepertinya masih banyak yang belum mengetahui jika berenang ternyata memberikan manfaat untuk kecantikan juga.

Agar mendapatkan manfaat berenang untuk kecantikan tentu harus dilalukan secara rutin tidak cukup hanya satu atau dua kali saja. Pertimbangan yang penting lainnya adalah dimana kalian berenang. Misalnya saja jika kalian berenang di pantai dengan kadar garam yang terkandung akan sangat berbeda jika kalian berenang di kolam renang yang mengandung klorin. 
Berenang untuk kecantikan

Manfaat Berenang Untuk Kecantikan

Ada beberapa manfaat berenang untuk kecantikan yang jarang diketahui, antara lain sebagai berikut;

1. Menurunkan Berat Badan

Untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan, berenang menjadi salah satu olahraga yang direkomendasikan. Tentu jika kegiatan olahraga ini dilakukan secara terus menerus.

Selain bisa membakar kalori, berenang juga dipercaya mampu membentuk otot tubuh. Menurut StyleCraze pembakaran kalori saat berenang selama 1 jam yaitu 435 kalori pada orang dengan berat badan 75 kg sedang untuk orang dengan berat badan 90 kg kalori yang terbakar sekitar 500-900 kalori.

2. Membuat Warna Kulit Lebih Baik

Berenang dapat memperlancar peredaran darah, yang secara tidak langsung dapat menutrisi sel-sel kulit. Sehingga warna kulit akan menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

3. Melembabkan Kulit

Berenang di air laut bisa memberikan manfaat kecantikan melembabkan kulit dan anti aging. Ini karena kandungan garam di air laut dapat mengembalikan kelembapan alami kulit.

4. Meremajakan Kulit

Masih membahas manfaat berenang di air laut. Air laut yang mengandung garam dapat membantu proses eksfoliasi (pengangkatan sel kulit mati pada lapisan terluar kulit) yang bisa meremajakan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal ketika kalian berenang di kolam renang kalian dapat menghabiskan waktu di sauna atau hot tub sebelum berendam di kolam renang. Seiring berjalannya waktu kalian akan melihat penampilan kulit yang lebih sehat. Karena adanya proses pembukaan pori-pori yang dapat mengeluarkan kotoran dan minyak. 

5. Anti Aging

Berenang di air laut dapat mengurangi penuaan dini jika dilakukan secara rutin. Ini karena kulitmu akan ternutrisi dari air laut yang mengandung garam dan mineral yang bermanfaat untuk retesensi kelembapan di kulit. Ini dapat menghidrasi kulit kering sehingga lebih halud dan lembut.

6. Mencegah Jerawat

Meskipun berenang di kolam renang dengan banyak klorin dapat merusak kulit. Tetapi klorin dapat memberikan manfaat untuk kalian yang sedang berjerawat. Klorin akan bekerja untuk menghilangkan dan memurnikan molekul air yang ada di kulit dan menyerang bakteri penyebab jerawat dengan menurunkan dinding di dalam sel bakteri.

Manfaat Lainnya Yang Di Dapat Saat Berenang

Berikut manfaat lain yang didapat saat berenang;

Menenangkan Pikiran Dan Mengurangi Kecemasan

Berenang dapat memberikan manfaat untuk psikologis yaitu menenangkan pikiran dan mengurangi kecemasan. Berenang merupakan cara yang baik merilekskan tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Berenang dapat memperlancar peredaran darah, yang dapat menjaga otak tetap sehat dan dapat melindungi dari racun yang berbahaya.

Membuat Bahagia

Saat berada di dalam air kalian akan merasa ringan karena air menopangmu. Semua baban pikiran dan rasa lelah seperti hilang begitu saja. Ketika berhenti berenang, tubuh kembali ke keadaan tenang, dan merasa sangat rileks. 

Itulah manfaat berenang untuk kecantikan. Untuk memberikan kenyamanan lebih saat berenang sebaiknya kita menggunakan perlengkapan renang dengan baik.
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

11 komentar

  1. Aku beberapa kali belajar renang dulu, namun ternyata rasa takutku begitu besar, haha. Namun aku sering nyemplung ke kolam renang, untuk nemenin anak dan suami berenang, walau dengan bantuan pelampung, di kolam yang rendah atau pegangan dibagian pinggir aja. Itu aja udah cukup menyenangkan.. Apalagi waktu lagi hamil kemaren, rasanya nyegerin dan menenangkan saat nyemplung ke air.

    BalasHapus
  2. REnang, hemm...ada pengalaman menarik, buruk juga, yang memantik mau ga mau harus bisa renang. Meskipun ga terlalu jago. Pas SMA ga bisa renang, terus ujiannya renang, gagal dong. Akhirnya diberikan kursus gratis sama guru olahraga, dan bisa. Ternyata manfaat berenang banyak banget, bukan hanya menyehatkan diri

    BalasHapus
  3. Sejak punya anak, kalo ke kolam renang yaa pasti ke tempat yang khusus anak-anak. Jadi jarang renang yang emang khusus buat emaknya. Pengen ah kapan-kapan mengkhususkan diri, sekalian buat merawat diri.

    BalasHapus
  4. Ternyata renang gak hanya untuk kebugaran fisik ya, tapi juga untuk kecantikan... Hayuk yang mau tampil cantik, jangan mager! Renang sana.... Aku mah nyantai saja, aku sudah ganteng dari sononya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk... ah pak dokter ada-ada aja komennya. Tau dah, udah ganteng dari sononya, saya juga.. hehe, jadi mau ikut santai saja, biarkan istri-istri kita yang berenang, kita temenin tetep, ya

      Hapus
  5. Sejak pandemi udah lama ga berenang lagi, karena mager dan g ada temennya juga hihihi. Baca artikelnya mbak muz jadi pengen rutin berenang lagi deh

    BalasHapus
  6. Selain banyak manfaatnya, berenang pun olahraga yang direkomendasikan Rasulullah. Namun, sayangnya saya tidak bisa berenang. Harus maksain belajar renang ini mah, secara manfaatnya seabrek gini.

    BalasHapus
  7. Saya baru tahu kalau renang dapat menghilangkan jerawat juga, renang memang menyenangkan sih, olahraga sekaligus relaksasi dapat dilakukan sekaligus

    BalasHapus
  8. Lama sudah tidak berenang. Yg ada cuma makn air nemenin anak. Cari kolam renang indoor rada susah d tpt ku, mb. Dan kalo renang, meski pakai tabir surya ttp belang kalo di sini mah hahha

    BalasHapus
  9. Hmm manusia air ya, kalau udah ketemu air berasa healing,mandi gak pengen diganggu termasuk renang,, masyaAllah baru tahu renang bikin syantik

    BalasHapus
  10. aku suka laut tapi takut kalau berenang di laut wkwkw soalnya aku ga bisa berenang hahaha terus rasanya kalau berenang di laut kaya ga ada batas, luas banget jadi agak takut. tapi ternyata banyak manfaat dari berenang ya

    BalasHapus

Posting Komentar