muzeyyen salik

Perlengkapan Renang Anak

Peralatan berenang anak
Mengisi waktu luang bersama anak menjadi momen yang sangat dinantikan dan membuat rasa bahagia bagi si anak. Kegiatan ini bisa dilakukan mulai dari menemani mereka bermain atau mengajaknya untuk pergi berenang. Berenang menjadi pilihan olahraga yang menyehatkan, dapat merefresh pikiran, bahkan membuat nyaman.

Tapi sebelum berangkat berenang alangkah baiknya jika kita memperhatikan kelengkapan peralatan berenang untuk anak. Peralatan berenang sangat bermanfaat untuk anak-anak, apalagi sebagai pemula yang ingin belajar berenang.

Manfaat Peralatan Berenang

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh orang tua ketika mengajak anak berenang yaitu peralatan penunjang berenang untuk anak. Peralatan berenang ini sangat bermanfaat untuk anak yang sedang belajar berenang.

Selain itu penggunaan peralatan renang juga akan memberikan kenyamanan dan keselatan untuk anak-anak kita. Dengan kelengkapan peralatan berenang ini akan memaksimalkan anak-anak untuk belajar berenang. Lalu apa saja perlengkapan berenang ini, mari kita bahas.

Perlengkapan Berenang Anak

Sebenarnya penggunaan perlengkapan berenang tidak hanya untuk anak-anak saja. Semua orang yang ingin berenang bahkan orang dewasa juga semestinya memperhatikan kelengkapan berenang ini. Berikut perlengkapan berenang yang harus disiapkan;
Baju renang

1. Baju Renang

Seharusnya baju renang menjadi peralatan wajib yang harus dilengkapi untuk para perenang.  Selain memberikan kenyamanan anak juga bisa bergerak bebas dan leluasa karena design baju renang yang sudah disesuaikan dengan manfaat dan kegunaannya. 

Design baju renang juga banyak, mulai dari model dengan design yang sexy bahkan dengan design untuk muslim. Tentu ini juga sudah didesign khusus untuk memberikan kenyamanan para penggunanya. 

Pemilihan baju renang sebaiknya berwarna cerah untuk menambah semangat anak-anak dalam belajar berenang. Pemilihan warnanyapun sebaiknya memilih warna yang tidak sama dengan warna air di kolam renang. Ini agar kita mudah memantau anak-anak kita saat mereka berenang.

Penggunaan baju biasa, normal, atau sehari-hari sebenarnya sangat tidak disarankan. Salah satu alasannya adalah air kolam akan mudah tercemari dengan bahan atau pewarna pada baju maupun kaos yang kita gunakan untuk berenang. Ini akan membuat kondisi air di kolam renang cepat kotor.
Kaca mata renang

2. Kaca Mata Renang

Siapa disini yang sudah menggunakan kaca mata saat berenang. Kalau diantara kalian termasuk salah satunya bearti bisa dikatakan kalian mencintai mata kalian. Penggunaan kaca mata renang akan sangat memberikan raya nyaman lebih saat kita berenang. Kalian bisa merasakan perbedaannya saat berenang dengan kaca mata dan tanpa kaca mata. 

Dengan kaca mata renang mata kita tidak akan terkontak langsung dengan air kolam yang mungkin banyak mengandung klorin. Ini akan membuat mata kita tidak mudah capek, bahkan kita dapat leluasa membuka mata saat berada di dalam air.

Berbeda jika kita berenang tanpa menggunakan kaca mata renang, mata kita akan mudah lelah, pedih, berwarna merah. Bahkan jika kita terlalu lama berenang tanpa kaca mata, penglihatan kita akan terganggu dan tidak nyaman.
Cap

3. Cap Atau Penutup Kepala

Air kolam yang mengandung karporit dapat membuat rambut kering dan kaku. Dengan menggunakan cap atau penutup kepala dapat menjaga rambut agar tidak terkontak secara langsung dengan air. Ada beberapa bahan cap atau penutup kepala ini, ada yang anti air maupun tidak.

Cap juga berfungsi untuk memberikan kebebasan saat berenang terlebih untuk kita semua yang mempunyai rambut yang panjang. Tentu ini juga tidak akan menggangu perenang lainnya. Dengan memakai cap juga dapat mengantisipasi rambut kita rontok dan masuk ke dalam air.
Papan Pelampung

4. Swimming Board Atau Papan Pelampung

Untuk anak yang mulai belajar berenang swimming board merupakan salah satu peralatan yang sangat membantu. Alat ini diguankan untuk belajar menggerakkan kaki dengan gaya katak maupun gaya bebas.

Fungsi lain dari peralatan ini yaitu sebagai alat bantu penyeimbang badan serta pengapung ketika berada di permukaan air. 
Pelampung tangan

5. Pelampung Lengan

Pelampung lengan juga termasuk dari peralatan berenang. Tapi perlu diketahui pelampung ini tidak direkomendasikan untuk bayi atau anak-anak yang belum mahir berenang. 

Pelampung model ini bisa digunakan untuk anak-anak yang bisa berenang tetapi dalam pengawasan. Karena pelampung bisa kempes bahkan terlepas dari tangan.
Ear Plug

6. Ear Plug & Nose Clips

Ear Plug (Penutup Telinga) dan Nose Clips (Penutup Hidung) bukanlah hanya sebuah aksesoris belaka. Ear Plug mempunyai peranan penting dalam olahraga renang, selain dapat melindungi telinga dari air agar tidak masuk. 

Pemakaian Ear Plug sangat efektif untuk melindungi telinga bagian luar seperti lubang telinga, agar tidak terkena infeksi telinga yang menyakitkan.

Sedangkan Nose Clips mempunyai fungsi agar air tidak masuk ke dalam hidung saat percobaan bernafas. Mengurangi masuknya air  kedalam hidung saat melakukan gaya punggung. Mengurangi resiko alergi kaporit, bahkan mengurangi masuknya bakteri atau mahkluk hidup kecil yang berhabitat di kolam renang melalui hidung.
Stick Foam

7. Stick Foam

Stick Foam terbuat dari bahan foam atau busa yang ringan, waterproof, serta fleksibel dengan banyak pilihan warna yang cerah. Pelampung ini mempunyai ukuran panjang dan diameter yang beragam yang dapat mendukung kegiatan berenang untuk anak-anak maupun dewasa. 

Stick Foam digunakan untuk menopang tubuh maupun berpegangang agar tidak tenggelam saat kita berenang. Penggunaan stick foam juga harus dengan pengawasan orang tua karena bisa saja alat ini terlepas dari genganggam.
Rompi Renang

8. Rompi Renang

Rompi renang sangat membantu untuk pemula yang ingin belajar berenang. Fungsi rompi ini agar kita selalu mengambang  dan tidak temggelam saat berada di dalam air. Untuk penggunaan rompi renang ini juga harus dengan pengawasan orang tua.
Vins

9. Fins / Kaki Katak

Find berbentuk layaknya sepatu dengan model panjang dan lebar dibagian ujungnya. Fins membuat kita berenang lebih jauh dan melesat. Untuk kalian yang baru pemula berlatih berenang fins atau kaki katak ini sangat membantu.
Hand Paddle

10. Hand Paddle

Hand paddle berbentuk menyerupai kaki katak tetapi pemakaiannya ditelapak tangan. Fungsi dari hand paddle ini untuk mempermudah gerakan tangan saat berenang. Tapi penggunaan hand paddle sepertinya masih sangat jarang.
Sendal untuk berenang

11. Sandal

Sandal merupakan bagian dari peralatan renang juga. Sandal berfungsi agar kita tidak terpesleset ketika berjalan di seputar kolam renang. Tidak hanya itu juga penggunaan sandal juga menjaga agar telapak kaki kita tetap bersih dan air tidak tercemari kotoran.

Peralatan renang lainnya

12. Peralatan Renang Lainnya

Peralatan renang lainnya yaitu handuk, shampoo, sabun, sunblock yang dapat digunakan setelah berenang. Jangan lupa membawa plastik untuk tempat pakaian renang yang basah serta sandal. Untuk sisir juga jangan ketinggalan untuk menyisir rambut kita agar rapi setelah berenang.

Nah itu semua peralatan berenang untuk anak bahkan untuk orang dewasa juga bisa membawa perlengkapan seperti diatas. Untuk berenang kita juga harus mengetahui adab dalam berenang. Akhir kata selamat berenang dan manfaat untuk kesehatan maupun manfaat untuk kecantikan semoga hatiku menyenangkan.
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

14 komentar

  1. Hal yang lebih penting dari pada menyiapkan dan memilih perlengkapan renang, adalah: keselamatan anak saat berenang. Jangan lengah ya... Tetap waspada!

    BalasHapus
  2. Wah lengkap mba... Boleh dicoba salah satu. Saat ini baru mengenalkan kaca mata renang sama anak. Masih balita sih jd dia bukan renang cuma main air doang. Hihihi

    BalasHapus
  3. Lumayan banyak juga ya printilan untuk kelengkapan renang ini. Tapi kalau mau belajar renang profesional, alat-alat pendukung untuk renang ini memang sebaiknya dipenuhi, ya, biar anak-anak jadi maksimal belajar renangnya

    BalasHapus
  4. Wah, banyak juga, ya, perintilan yang sebaiknya dibawa saat mengajak anak renang. Kalau saya paling bawa baju renang, handuk, sama pelampung. Masih jauh dari lengkap, nih.

    BalasHapus
  5. Banyak juga yaa perlengkapannya. Sejauh ini cuma pakai baju renang, pelampung, kacamata renang, pelampung lengan, swimming board doang. Nunggu gedean dikit kalo mau seriusan belajar renang, nyicil dilengkapi... Hehe

    BalasHapus
  6. Pas banget nih, anakku baru join les berenang. Tapi baru ada baju berenang, penutup kepala (hijab renang) sama kaca mata renang. Kayaknya butuh swimming board deh. Thank you info lengkapnya mba ^^

    BalasHapus
  7. Alat renang pelampung yang paling aku suka, karena bisa enjoy di air, soalnya aku ga mahir renang, jadi kalo ngawasin anak renang ngebantu banget, hehe. Thx mba u tipsnya...

    BalasHapus
  8. Lengkap bgt mbak perlengkapan renangnya. Biar aman ya mbak. Bener bgt mbak aku pernah lihat video kalau pemilihan baju renang jangan sama kaya warna air, sulit mengevakuasi nanti kalau terjadi hal2 yg gak diinginkan.

    BalasHapus
  9. Wah lengkap sekali perintilan perlengkapan renangnya, jadi buat referensi anakku kalau udah agak gedean dikit

    BalasHapus
  10. ternyata ada alat penutup telinga ya, cuzz cari alatnya deh. soalnya kalau berendam dikolam renang telingaku sering kemasukan air

    BalasHapus
  11. kalau di list ternyata banyak banget ya perlengkapan renang. olahraga yang perintilannya segambreng, dan cukup costly menurutku.

    BalasHapus
  12. Lengkap banget ini mah listnya. Jujurly, aku baru tahu yang hand paddle hehe. Soalnya emang jarang dipake kan kayaknya? Dulu pas SMA ada pelajaran renang, wajib, dan alhamdulillah nya pihak sekolah mewajibkan minimal pakai baju renang. Nggak boleh cume sekedar pakai legging gituu.. Dan kacamata sih ya, biar gak perih ini mata. Kerasa banget bedanya kalau pakai kacamata renang dan tidak.

    BalasHapus
  13. Ternyata cukup banyak ya perlengkapan berenang untuk anak, selama ini cuma pakaian renang dan kacamata aja. Rekomendasi nya donk mba, beli perlengkapan renangnya dimana yg affordable

    BalasHapus
  14. Wah lengkap banget mbak, anak saya baru memakai beberapa yang disebutkan di atas karena memang masih berenang for fun saja.

    BalasHapus

Posting Komentar