muzeyyen salik

Upaya PT Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

29 komentar
Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Perkembangan infrastruktur memberikan peranan sangat penting terutama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, memacu perkembangan ekonomi, baik tingkat nasional maupun di tingkat daerah. Konsep kota layak huni atau disebut juga dengan livable city sudah mulai diterapkan oleh pengembang properti besar yang ada di Indonesia seperti Sinar Mas Land.

Livable City ini merupakan sebuah gambaran suasana kota dengan lingkungan yang nyaman dan aman sebagai tempat tinggal maupun sebagai tempat beraktivitas dari berbagai variabel fisik maupun non-fisik.

Ini salah satu langkah besar bagi Indonesia dalam perkembangan infrastruktur yang dilakukan oleh Sinar Mas Land. Dengan penerapan Livable City ini juga diharapkan mampu memberikan kesejahteraan sosial dan bisa mengurangi dampak kriminalitas yang ada.

Mari Mengenali Sinar Mas Land Lebih Dalam

Sinar Mas Land bergerak di bidang pembangunan proyek-proyek seperti apartemen, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, bahkan kota maupun kawasan industri dengan kreativitas dan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya.

Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city merupakan pelopor dari konsep livable city ini sendiri. Perusahaan pengembang terbesar ini memulai usahanya pada tahun 1987. Yang juga merupakan induk usaha Bumi Serpong Damai dan Duta Pertiwi. Sinar Mas Land membangun Bumi Serpong Damai (BSD) pada tahun 1989 yang dikenal sebagai perumahan kota paling sukses di Indonesia. Bahkan BSD telah terdaftar sebagai perusahaan properti dengan nilai pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia.

BSD City merupakan sebuah proyek terencana dengan luas lahan terbesar di Indonesia, yang mencapai 6.000 hektar. Sesuai dengan konsepnya kota mandiri ini di bangun beberapa fasilitas mulai dari pembangunan kawasan industri, perkantoran, perdagangan, pendidikan, wisata, hingga perumahan.

Pengembangan BSD city ini melalui tiga tahap, tahap I dengan lahan seluas 1.300 hektar. Tahap ke II akan dikembangkan seluas 2.400 hektar. Sedangkan tahap ke III akan dikembangkan seluas 2.300 hektar. Beberapa pusat perbelanjaan juga dibangun di sini, antara lain; BSD Plaza, ITC BSD, BSD Junction, Giant Hypermarket BSD, AEON Mall dan Teraskota. Tidak hanya itu saja di kawasan BSD juga terdapat Ocean Park Water Adventure dengan luas 7.5 hektar. Yang merupakan salah satu water park tematik terbesar di Asia Tenggara.

Untuk sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan saat ini di BSD City telah memiliki sekitar 42 sekolah, universitas, dan pusat pendidikan lainnya baik nasional maupun internasional, antara lain; Sinarmas World Academy, Nanyang School, Sampoerna Academy, Deutsche Schule, Sekolah Santa Ursula, Sekolah IPEKA Plus, Bina Nusantara School, dan masih banyak lagi.

Fasilitas umum lain yang berada di BSD City ada rumah sakit, hotel, dan pom bensin yang menunjang kehidupan masyarakat sebagai kota mandiri. Di kawasan ini terdapat 3 rumah sakit bertaraf internasional yaitu; Eka Hospital, Rumah Sakit Proklamasi, dan Rumah Sakit Medika. Untuk hotel sendiri ada hotel bintang 2 sampai bintang 4 antara lain; Hotel Santika, Hotel Santika Premier, Hotel Pop, Hotel Grand Zuri, Swiss-Bellhotel, Hotel Mercure, Shappire Sky Hotel.

Di kawasan BSD City mempunyai 5 tempat wisata seru yang wajib untuk di kunjungi. Beberapa tempat wisata itu antara lain; Ocean Park Water Adventure, Branchsto Equestrian Park, Morimoto Museum, Xtreme Park, Froggy Edutography, 

Untuk perumahan yang ada di kawasan BSD City sendiri pada tahap ke-3 ada Tabakayu BSD, pada tahap 2 ada Quantis Signature. Ada Cozmo House, perumahan di Cluster Myza yang dibangun pada tahap ke-2 yang launching pada bulan Juli 2021. Sedangkan Aether merupakan cluster perumahan terbaru terbaik dan terakhir yang berada di kawasan Greenwich Park BSD City. Dan masih banyak lagi pilihan Cluster, perumahan, dan apartemen lainnya.
Bukti nyata konsistensi Sinar Mas Land

Bukti Nyata Konsistensi Sinar Mas Land

Tidak terasa Sinar Mas Land sudah menapaki usia 36 tahun. Pengembang properti terbesar ini telah mampu memberikan kontribusi nyata dalam sektor pembangunan terutama di Indonesia. Beberapa perjalanan Sinar Mas Land sebagai bukti kekonsistensiannya antara lain:

Program Pembangunan Infrastruktur Penerangan

Bersama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, Sinar Mas Land mampu membuktikan komitmennya terhadap masyarakat dengan mewujudkan program pembangunan infrastruktur penerangan. Penerangan jalan ini dilakukan di wilayah pedesaan Kampung Pabuaran, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan Tangerang.

Pengimplementasian ini dilaksanakan pada tahun 2022 disepanjang jalan utama desa sepanjang 1,5 kilometer.Program pembangunan infrastruktur penerangan jalan ini merupakan upaya perusahaan dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat di sekitar kawasan BSD City.

Sejak tahun 2018-2022 Sinar Mas Land telah melaksanakan program penerangan jalan pedesaan di sepuluh titik lokasi desa yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Dalam periode tersebut perusahaan telah membangun fasilitas penerangan jalan umum sebanyak 94 titik lampu atau setara dengan 3,76 meter yang telah dinikmati oleh ribuan masyarakat di sekitar pengembangan BSD City.

Renovasi Rumah Milik Warga

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di sekitar lingkungan pembangunan perusahaan. Melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk, Sinar Mas Land melakukan kegiatan renovasi disejumlah rumah warga yang tidak layak huni beberapa titik lokasi di wilayah Kabupaten Tangerang, yaitu di Kampung Sinang Palai, Desa Situ Gadung; Kampung Tegal, Desa Pagedangan; Kampung Ciakar, Desa Cicalengka (ketiganya ada di Kecamatan Pagedangan), dan Kampung Cisauk, Desa Sampora, Kecamatan Cisauk. Program renovasi rumah ini tentu sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup.

Pembangunan Jalan Dari Aspal Campuran Sampah Plastik di BSD City

Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan Sinar Mas Land mengadakan pembangunan aspal bercampur sampah plastik di lingkungan BSD City yang dikerjakan mulai 18 Juli hingga akhir 2022.

Upaya Sinar Mas Land untuk mentransformasi BSD City sebagai smart city telah menunjukkan bukti nyata dengan kekonsistenan. Penggunaan aspal bercampur plastik dapat menghasilkan jalan dengan ketahanan yang lama dan lebih baik. Upaya ini juga diyakini dapat mendukung proses daur ulang sampah.

Sebetulnya pembangunan infrastruktur dan jalan dari aspal dengan campuran sampah di BSD City telah dimulai dan sukses pada tahun sebelumya. Sinar Mas Land bersama PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) mampu mengaplikasikan 5,37 ton sampah plastik dari TPA di pembangunan jalan dengan luas 15.518 meter persegi (m2).

Angkutan Listrik Tanpa Awak

Sebagai smart intergrated digital city sekaligus mengurangi emisi karbon Sinar Mas Land mampu mentransformasikan BSD City. Bekerjasama dengan Mitsubishi corp memperkenalkan kepada masyrakat kendaraan listrik otonom berdimensi 4.7 meter x 2.1 meter yang berkapasitas 15 orang.

Transportasi multimoda ini beroperasi di dua titik lokasi yaitu QBig BSD City  dan kawasan BSD Green Office Park. Hebatnya angkutan listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi navigasi, yang dapat mendeteksi lingkungan sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan berhenti secara otomatis.

Wujud Nyata Konsep Livable City Dari Sinar Mas Land. Kendaraan listrik otonom memiliki kelebihan salah satunya adalah ramah lingkungan yang dapat menurunkan tingkat kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian manusia dan juga rendahnya emosi karbon.

Langkah Sinar Mas Land Dalam Mengimplementasi Prinsip ESG

Peningkatan emisi gas rumah kaca yang terus menerus dapat menyebabkan perubahan iklim. Pada tahun 2022, Badan Meteorologi Dunia mencatat adanya kenaikan suhu sekitar 1.15 derajat Celcius. Yang sangat berpengaruh pada temperatur bumi, mengakibatkan perubahaan iklim yang kemungkinan juga menyebabkan krisis pangan bahkan bencana alam.

Beberapa langkah konkrit yang telah diterapkan oleh Sinar Mas Land adalah penerapan bahan baku ramah lingkungan dan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan panel surya yang dipasang di bangunan komersial serta sistem penerangan jalan.

Tidak hanya itu Sinar Mas Land telah memanfaatkan Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN untuk berkontribusi dalam pengurangan emisi CO2 sesuai arahan pemerintah. Target Pengurangan Emisi Karbon 34% pada 2034. Sama seperti emisi gas pada rumah kaca, emisi karbon juga merupakan salah satu penyebab perubahan iklim di dunia.

Kondisi bumi yang semakin memanas akan menyebabkan cuaca yang tidak menentu. Emisi karbon adalah karbon dioksida yang dihasilkan dari berbagai pembuatan properti seperti pesawat, mobil, pabrik, dan lainnya yang dapat membahayakan lingkungan. Dalam mendukung pembangunan berkelanjutan (sustainable development) Sinar Mas Land telah menerapkan penggunaan produk properti dari penggunaan listrik pada tahun 2034 dengan target pengurangan emisi karbon hingga 34%.

Dampak positif bagi para pengembang dan juga pemilik properti dalam upaya penerapan konsep sustainable development antara lain pengurangan biaya operasional, penghematan penggunaan energi listrik, hingga peningkatan kesehatan dan produktivitas penghuni. Sedangkan dampak positif lain dari penerapan konsep pembangunan berkelanjutan ini mampu menarik minat konsumen untuk memiliki hunian dan gedung yang lebih ramah lingkungan untuk investasi dan kepemilikan mereka.

Alasan memilih sinar mas land

Alasan Kenapa Kita Harus Memilih Properti Dari Sinar Mas Land

Sinar Mas Land berhasil mengepakkan sayapnya sebagai developer terbesar serta pencetus inovasi baru berupa perumahan yang berkonsep kota mandiri. Hunian dengan konsep kota mandiri semakin banyak diminati oleh banyak orang karena memiliki berbagai keunggulan tersendiri.

Tidak hanya itu, Sinar Mas Land selalu mengupayakan pengembangan kualitas layanan pelanggan berbasis interactive chat response bernama Sinar Mas Land Virtual Assistant (SILVI). Layanan pelanggan ini beroperasi sejak 22 Juli 2022, untuk membantu menjawab kebutuhan konsumen secara tanggap, relevan, dan konsisten.

Untuk mengakses layanan SILVIA dapat melalui Official Whatsapp Business Account Sinar Mas Land  di nomor 0881-688-8000. Beberapa pertanyaan pelanggan antara lain, alasan mengapa harus memilih properti dari Sinar Mas Land. 

Alasan yang paling mendasar adalah Sinar Mas Land nempunyai keunggulan dari pada developer lainnya.  Inilah yang menjadi alasan semakin banyak orang yang memilih properti dari Sinar Mas Land, beberapa keunggulan tersebut adalah;

Ketersediaan fasilitas umum yang memadai.

Sesuai dengan konsep kota Mandiri yang diterapkan oleh Sinar Mas Land perusahaan ini membangun berbagai fasilitas umum untuk kenyamanan para penghuninya.

Mulai dari akses jalan yang berkualitas, pembangunan pusat perbelanjaan, area pertokoan, rumah sakit, klinik, taman, kawasan pendidikan, kawasan perkantoran.

Perusahaan akan terus berkonsistensi membangun fasilitas-fasilitas umum terbaik di setiap perumahan yang dibangun. Dengan tujuan para penghuni tidak mengalami kesulitan atau kendala dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Akses transportasi umum yang mudah untuk dijangkau

Kawasan mandiri milik Sinar Mas Land didukung dengan akses transportasi yang mudah dijangkau oleh para penghuninya. Ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi seluruh pengguna di kawasan tersebut.

Developer terbaik ini menyediakan transportasi umum di setiap kawasan yang dimilikinya. Dengan begitu, para penghuni dapat lebih mudah untuk menjangkau transportasi umum yang dibutuhkan tersebut.

Kualitas material bangunan yang terjamin dan sangat baik

Salah satu konsistensi dari Sinar Mas Land selalu menyediakan berbagai macam jenis bangunan berkualitas dalam proses pembangunan. Ini akan mewujudkan keinginan nyata setiap orang yang ingin memiliki hunian di sebuah bangunan dengan kualitas terbaik dan terjamin secara nyata, dengan membeli salah satu properti dari perusahaan ini. Tidak hanya material bangunan, developer terbesar di Indonesia ini juga mengerahkan para tenaga ahli yang sudah berpengalaman juga profesional. Sehingga setiap pembangunan dari Sinar Mas Land didukung dengan kelayakan dan kualitas terbaik.

Memiliki desain mewah dan elegan

Perusahaan pengembang terbesar ini menawarkan konsep desain yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan jenis-jenis hunian dari perusahaan properti lainnya.

Karena perusahaan ini mengusung konsep desain yang mewah serta elegan, yang akan memberikan kesan eksklusif. Meskipun ada beberapa bangunan rumah minimalis tetap saja desain dari rumah tersebut akan mampu memberikan kesan yang lebih berkelas.

Didukung dengan Master Plan Modern dan ramah lingkungan

Sinar Mas Land merupakan pencetus inovasi terbaik yang juga dikatakan master plan terbaik kepada para konsumen. Perusahaan ini mampu menciptakan ide pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Desain kawasan mandiri ini diciptakan dengan tujuan untuk menghubungkan langsung kawasan tersebut dengan berbagai infrastruktur yang tersedia lainnya. Dengan memperhatikan dan mengutamakan kelestarian lingkungan sehingga para penghuni bisa hidup secara lebih sehat.

Memiliki nilai jual yang tinggi

Untuk beberapa orang yang ingin mempunyai investasi sangat cocok untuk membeli properti dari developer satu ini. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat hunian-hunian milik perusahaan ini sendiri didukung dengan nilai jual yang tinggi.

Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa segala jenis hunian dari perusahaan ini dapat dijadikan sebagai instrumen investasi properti dalam jangka waktu yang panjang. Karena dapat dipastikan harga rumah-rumah tersebut akan selalu meningkat di setiap tahunnya.

Aman, nyaman dan terpercaya

Tinggal di kawasan aman, nyaman, dan terpercaya merupakan impian setiap orang. sehingga mereka harus mencari perusahaan developer yang terbukti terpercaya dalam bidang tersebut.

Sinar Mas Land telah terbukti terpercaya dan mampu memberikan sistem keamanan serta kenyamanan kepada para penghuninya secara lebih maksimal. Dengan fasilitas yang sangat lengkap kawasan kota mandiri ini akan membuat kehidupan sehari-hari anda akan terasa lebih nyaman.

Mari kita wujudkan dan mendukung perkembangan infrastruktur berbasis livable city dengan berinvestasi dalam jangka panjang bersama Sinar Mas Land.
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

29 komentar

  1. Dulu aku ngekos di Tangsel, tapi gak tau kalau ternyata BSD City ini properti punya Sinar Mas Land. Keren bgt dan ternyata bukan di BSD City aja yaa di beberapa kota besar juga ada. Keren bgt untuk urusan properti Sinar Mas Land emang juaranya sih.

    BalasHapus
  2. konsep liveable city memang keren dan harus di terapkan di semua kota agar semua sektor bisa saling terintegrasi dengan baik

    BalasHapus
  3. Wah udah banyak juga ya yg udah dibangun oleh sinar mas land. Kualitas bangunan itu yg paling utama sih. Livable city ini memberikan kenyamanan buat penghuninya ya.

    BalasHapus
  4. Proyek Sinar Mas ini bagus-bagus lo bangunannya, saya juga suka konsep yang diusung Sinar Mas, model rumahnya baik interior maupun eksterior bagus ya

    BalasHapus
  5. Selain harga, kualitas dan lokasi, hal yang jadi pertimbangan khusus saat memilih hunian adalah fasilitas yang disediakan. Dengan konsep "Livable City", kawasan yang dikembangkan oleh PT. Sinar Mas LAnd dijamin nyaman, aman dan benar-benar menjadi investasi yang tak ternilai di kemudian hari. Yuk buruan diborong...

    BalasHapus
  6. Aku pernah main2 ke BSD dan beneran keren bgt skrg disana. Ternyata proyeknya sinarmas landasan yaa, pantes aja hasilnya ga main2. Udah gitu menggunakan sampah plastik jga yaa, top bener deh

    BalasHapus
  7. untuk konsep livable city yang ada di Indonesia BSD city adalah contoh nyata kota layak huni yang sebenarnya. Fasilitas umum yang berada di BSD City emang lengkap dan standar internasional. Ahh pengen juga punya rumah dari SinarMas Land.

    BalasHapus
  8. Sinar Mas keren banget profram kepeduliannya betulin rumah warga. Ini benar-benar dirasakan manfaat dan dampak keberadaannya oleh masyarakat

    BalasHapus
  9. Livable city tuh memang salah satu konsep ketika membangun lingkungan perumahan. Apalagi di kota besar kita bisa memilih banyak konsep sesuai kebutuhan. Semoga PT Sinar Mas Land bisa mengembangkan konsep ini di tempat lain juga ya.

    BalasHapus
  10. wah aspal bercampur sampah plastik, seharusnya kuliah dulu ambil tugas akhir tentang ini ya, hihi menarik dan sangat membantu mengurangi sampah plastik

    BalasHapus
  11. Dari dulu selalu terpesona kalo liat projek2nya Sinar Mas Land. Di deket rumahku di Surabaya sekarang lagi dibangun juga, kompleks apartemen gitu. Ya Allah, sholawatin aja deh ya smoga suatu saat dimudahkan bisa kebeli gitu beberapa unit dari projeknya Sinar Mas Land. Aamiin...

    BalasHapus
  12. Developer yg kredibel dan amanah bangett

    di Sby juga ada bbrp project propertinya, dan semua kereenn
    pokoke top markotop

    BalasHapus
  13. Pernah ke BSD, emang pas naik bis gratisnya itu loh kan diajak keliling komplek perumahan nya, beuh bagus2. Asri semuaaa

    BalasHapus
  14. Kece banget sih konsep livable city-nya Sinar Mas Land ini. Moga meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara umum, ya

    BalasHapus
  15. Sewaktu merantau di Jakarta, saya tinggal di BSD. Sebagai permukiman, BSD tuh cukup nyaman dengan segala sarana fasilitasnya. Tempat tongkrongannya juga banyak.

    BalasHapus
  16. Konsep Liveable City Sinar Mas Land patut diacungi jempol

    BalasHapus
  17. Keren banget sii.. konsep livable city ini.
    Karena ritme hidup zaman sekarang yang hectic dan membutuhkan segala sesuatunya berada di dekat mereka adalah sebuah kebutuhan dalam sebuah perumahan idaman. Sinarmas Land sudah mewujudkannya sehingga menjadi hunian yang nyaman di kota besar.

    BalasHapus
  18. Banyak yang bilang kalau punya rumah dengan pengembang sinar mas land ieu mah keturunan Sultan. Selain mahal, memang konsep huniannya luar biasa lengkap dan bagus ya... Bikin betah pastinya

    BalasHapus
  19. Sinar Mas Land memang konsep huniannya selalu bagus. Apalagi dengan adanya konsep livable city yang saat ini memang sangat dibutuhkan

    BalasHapus
  20. Pastinya nyaman banget tinggal di perkotaan yang punya konsep livable city. Selain semua fasilitas lengkap, auranya juga beda sama kota-kota pada umumnya di Indonesia. hehe.. sorry to say tapi nyata sih..

    BalasHapus
  21. Sinar Mas memang oke banget kalau bangun perumahan, semua infrastruktur sudah disiapkan, termasuk transportasi umum yang memudahkan masyarakat melakukan aktivitas di luar kompleks perumahan. Fasilitas dalam perumahan juga lengkap, cocok buat yang ingin istirahat setelah lelah bekerja di luar rumah.

    BalasHapus
  22. Saya suka nih dengan konsep yang diusung Sinar Mas, saya pernah mengunjungi proyeknya yang di Surabaya, bagus lo, sesuai dengan impian saya. Wajar ya kalau banyak yang suka dengan konsep livable city ini

    BalasHapus
  23. BSD ini memang semakin maju semakin ke sini ya. Hunian lengkap yang terintegrasi dengan baik. Sebuah contoh pas dari liveable city-nya sinarmas land. Pernah lihat konsep angkutan atau shuttle tanpa sopir yang mengantarkan penumpang dari mall ke sebuah titik perhentian. Keren sih menurut saya.

    BalasHapus
  24. Wah impian banget nih tinggal di BSD karena dari dulu memang terkenal banget perumahan ini apalagi sekarang juga makin bagus ya fasilitasnya

    BalasHapus
  25. Impian sekali nih tinggal di wilayah kota dengan hunian yang nyaman, keren sekali

    BalasHapus
  26. Keren memang sinar mas land ini, semua sudah terrencana dengan baik dan eksekusi nya juga bagus. Perawatannya juga bagus. Top banget

    BalasHapus
  27. Sinar Mas Land ini memang salah satu perusahaan properti yang terpercaya ya, Kak. Konsep Liveable City-nya ini menarik sekali.

    BalasHapus
  28. Waah Sinar Mas memberikan solusi mudah bagi keluarga muda yang membutuhkan rumah liveable yang ada di wilayah perkotaan.
    Bisa jadi rekomendasi pilihan, nih.

    BalasHapus
  29. Jadi paham mengapa Sinarmas Land selalu jadi idola
    Apalagi punya konsep yang jauh lebih ke depan
    Pastinya senang deh yang punya huniannya

    BalasHapus

Posting Komentar