muzeyyen salik

Pelajari Cara Investasi Emas Untuk Pemula Agar Tidak Rugi

Investasi Emas

Investasi merupakan cara penempatan sebuah modal yang berupa uang atau aset berharga lainnya, dalam suatu benda, lembaga. mauun pihak lain dalam kurun waktu tertentu guna mendapatkan tujuan masing-masing.

Salah satu investasi yang menggiurkan dan perlu di coba oleh pemula adalah investasi emas. Emas merupakan barang yang banyak digandrungi sebagian besar orang. Disamping untuk perhiasan sehari-hari, emas juga bisa menjadi alat investasi jangka panjang yang tergolong baik. Tetapi kadang investasi emas juga bisa membuat kita rugi jika tidak dipertimbangkan secara baik-baik.

Beberapa Alasan Investasi Logam Mulia Lebih Menggiurkan

Investasi emas menjadi salah satu jenis investasi yang paling dilirik karena memberikan banyak keuntungan. Sebagai pemula emas bisa menjadi pilihan tepat untuk berinvestasi. Simak beberapa alasan mengapa investasi logam mulia ini cocok untuk pemula.

1. Investasi Logam Mulia Emas Tidak Akan Bangkrut

Ketakutan terbesar para pelaku investasi adalah kehilangan sejumlah dana yang diinvestasikan. Ini biasanya terjadi pada pelaku investasi saham yang bisa mengalami kerugian tinggi bahkan kebangkrutan. Akan sangat berbeda jika kalian memilih emas sebagai alat investasi terutama emas batangan. Karena uang yang sudah dialihkan menjadi emas tidak akan hilang atau menyusut.

Emas terlihat secara fisik, meskipun lama disimpan akan tetap bisa dijual atau diuangkan. Ini mengapa emas disebut sebagai produk investasi yang tidak akan mengalami kebangkrutan di masa yang akan datang. Berbeda dengan saham atau investasi bentuk lainnya, yang megalihkan semua dana kalian dalam bentuk dokumen atau surat. Jika kalian kehilangan surat atau dokumen ini, maka tidaka kan menjadi bukti kamu pemilik investasi tersebut.

2. Memiliki Resiko Yang Kecil

Untuk para pemula yang takut akan resiko investasi, investasi logam mulia emas batangan menjadi pilihan investasi yang direkomendasikan. Resiko investasi logam mulia ini tergolong kecil, kamu hanya perlu menghitung nilai jual dan nilai beli dari emas tersebut. ,

Kamu harus bisa menahan tidak mencairkan emas ini di saat nilai jual emas sedang turun. Sebaliknya jika kamu menjual emas ini saat harga nilai emas tingi maka kamu akan mendapatkan keuntungan.

3. Memiliki Harga Yang Terjangkau

Memilih berinvestasi emas tidak harus memiliki dana yang berlimpah. Kamu bisa memulai membeli emas sedikit demi sedikit. Atau kamu bisa membeli emas secara online dengan harga yang terjangkau. Investasi emas secara digital juga menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin memulai berinvestasi. Pasalnya kamu bisa mmebeli emas dalam nominal kecil, sehingga terasa lebih ringan. Nilai emas yang dibeli secara digital juga tidak akan mengurangi nilainya.

4. Tahan Terhadap Inflasi

Investasi satu ini sangat direkomendasikan karena tahan terhadap inflasi. Ketika mata uang mengalami penurunan justru harga emas cenderung naik atau stabil. Sebagai cara untuk menghadapi inflasi para investor memilih emas sebagai produk investasi. Dengan itu mereka bisa mengamankan dana yang dimiliki.

5. Mudah Dicairkan

Investasi emas menjadi investasi yang mudah dicairkan. Berbeda dengan investasi lainnya yang membutuhkan waktu untuk mencairkan. Seperti contohnya desposito yang bisa diambil dalam kurun waktu yang sudah ditentukan, berbeda dengan investasi logam mulia yang bisa dicairkan kapan saja.

Perhiasan dan emas batangan juga bisa dijual diberbagai tempat dengan proses yang cepat. Dan kamu bisa membandingkan harga mana yang lebih tinggi harga jualnya.

6. Permintaan Emas Tinggi

Emas menjadi barang berharga yang tinggi permintaanya. Fakta inilah yang menjadikan emas selalu naik setiap tahunnya. Di beberapa negara emas menjadi logam yang akan selalu dibutuhkan. Emas juga bisa menjadi aset yang paling mnguntungkan di masa yang akan datang.

7. Bebas Pajak

Perlu diketahuı bahwa investasi emas bebas dari pajak, sehingga diminati oleh para investor. Emas menjadi barang baku yang tidak dapat masuk dalam kategori barang kena pajak. Disamping bebas pajak emas juga mempunyai profit yang stabil bahkan meningkat.

Jika ada yang membandingkan inestasi dolar atau eman, mana yang lebih menguntungkan? Tentu jawabannya adalah emas karena dollar masih bisa terkena inflasi.
Investasi emas untuk pemula

Darisini kita tahu investasi apa yang direkomendasikan. Setelah kamu memantapkan hati untuk memilih berinvestasi logam mulia emas, saatnya kita mempelajari cara investasi emas untuk pemula agar tidak rugi.

Cara Investasi Emas Untuk Pemula Agar Tidak Rugi

Mempunyai pekerjaan tetap bukan bearti masa depan kita terjamin. Untuk menjamin masa depan yang lebih baik perlunya tindakan yang sebaiknya dilakukan sedari dini yaitu salah satunya adalah investasi. Jika kamu adalah salah satu pemula yang ingin berinvestasi emas, pelajari cara investasi emas yang aman untuk pemula berikut ini.

1. Memastikan Tujuan Berinvestasi

Sebelum memulai investasi pastikan kamu mengetahui tujuan kamu berinvestasi. Cara investasi emas yang aman adalah mengetahui dengan baik tujuannya berinvestasi. Banyak sekali tujuan yang dapat dijadikan target dalam investasi emas. Sebagai contohnya, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi di hari tua.

Oleh karena itu kamu bisa memulai untuk menyisihkan sebagian uang untuk berinvestasi emas mulai dari sekarang. Kamu bisa mengatur penghasilanmu untuk disisihkan dan diinvestasikan di emas. Jika sudah mempunyai tujuan yang jelas ini, kamu akan tahu berapa besaran emas yang akan diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara investasi emas yang aman pertama untuk pemula.

2. Memantau Perkembangan Harga Emas Secara Berkala

Langkah berikutnya sebagai seorang investor emas pemula yang perlu dilakukan adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya.

Ada juga aplikasi dalam ponsel yang menampilan perkembangan harga emas setiap harinya yang dapat mempermudah kita untuk terus memantau harga emas.

Meskipun dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil emas juga terkadang mengalami penurunan harga. Tetapi ada masanya juga harga emas tiba-tiba melonjak tinggi. Untuk itu tidak salah jika kita membeli emas untuk tabungan masa yang akan datang. Perlu dipahami dalam berinvestasi logam mulia ini perlu dilakukan dalam jangka panjang yaitu dalam kurun waktu 5-10 tahun. Ini merupakan cara berinvestasi emas.

3. Fokus Kepada Masa Depan

Perlu diingat bahwa investasi merupakan tabungan untuk masa depan, baik itu janhka pendek maupun jangka panjang. Kita butuh kesabaran untuk melihat hasilnya yang baru terasa setelah 5-10 tahun mendatang.Perlu diiingat investasi bukan merupakan jual beli yang dapat mendatangkan keuntungan secara singkat.

Dalam berinvestasi emas kita harus fokus dengan tujuan dan masa depan yang ingin dicapai. Fokus masa depan adalah cara investasi emas yang bisa diterapkan.

4. Membeli Emas Di Tempat Yang Terpercaya

Banyak sekali tempat penjual emas perhiasan dan batangan untuk berinvestasi. Namun sebaiknya kita membeli emas di tempat-tempat penjualan emas yang terpercaya dan juga resmi. Yaitu penjual emas dengan menyertakan surat-suarat dan sertifikat.

Karena ada beberapa penjual emas yang menyediakan logam mulia dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikatnya.

5. Simpan Emas Di Tempat Yang Aman

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah tempat penyimpanan emas. Tempat yang paling mudah ialah menyimpannya sendiri di rumah di dalam brankas atau safety box. Apabila dirasa masih belum aman kalian dapat menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. Tetapi penggunaan SDB akan dikenai biaya tamabahan tergantung dengan bank masing-masing.

SDB sendiri selain untuk tempat penyimpanan emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpang barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.

Itulah cara investasi emas untuk pemula agar tidak rugi. Emas menjadi barang favorit untuk perhiasan sehari-hari oleh sabgaian besar masyarakat Indonesia dan juga sebagai alat investasi. sehingga penting untuk kamu yang ingin berinvestasi untuk memahami cara investasi emas. Jadi untuk kalian yang ingin berinvestasi tunggu, kalian bisa memulai dari sekarang.


Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

9 komentar

  1. emas ini masuk investasi jangka panjanng yang menjanjikan. Butuh sabar dan ngempet kalau bahasa sy. hehehe. Bisa dibilang investasi yang tak boleh di ulik. Karena akan terasa menguntungkan jika investasine di ambil dlm kurun waktu 10 tahun ke atas, kerasa hasilnya.

    BalasHapus
  2. investasi emas memang bagus untuk jangka panjang, pastikan tempat belinya juga resmi dan terpercaya .

    BalasHapus
  3. So far investasi paling murah, mudah dan low risk memang emas ya :) bagus juga buat saving pendidikan anak di level tinggi. Tapi memang harus beli di tempat yang trusted :)

    BalasHapus
  4. Emas memang cocok untuk investasi jangka panjang dan saya sudah merasakan manfaatnya karena keanikkan harga emas, lumayan lo, hampir 2x lipat naiknya, berasa banget
    Namun, modal awalnya emmang besar, bisa juga disiasati dengan menabung nominal tertentu secara rutin, setelah cukup uangnya kemudian dibelikan emas

    BalasHapus
  5. Godaan investasi emas justru karena ia gampang dicairkan. Harus konsisten dan fokus pada tujuan. Jangan sampai di tengah jalan tergoda untuk mencairkannya.

    BalasHapus
  6. investasi emas masih jadi pertimbangan kami dalam berinvestasi. Ada untung ruginya dalam berinvestasi jenis ini. Yang perlu diperhtaikan adalah asal emas yang dibeli darimana

    BalasHapus
  7. Btw mau nayak nih, ini seriusan ya investasi emas bebas pajak? Keren banget ini. Bisa benar-benar menjadi pilihan imvestasi yang menguntungkan.

    BalasHapus
  8. emang menguntungkan ya cuma harus bener-bener simpanan jangka panjang nunggu harganya berkali lipat, hehe ada yang saranin jangan yang terllau kecil karena nanti sulit menjual kembali, itu gimana ya mba?

    BalasHapus

Posting Komentar