Muzeyyen Salik Banner

Menyelusuri Kelezatan Makanan Khas Turki: 9 Dessert Yang Harus Dicoba

Makanan Khas Turki


Dalam berbagai belahan dunia, Turki terkenal dengan warisan kuliner yang kaya dan beragam.

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah keindahan dari dessert-dessert khas Turki.

9 Dessert Makanan Khas Turki Yang Harus Dicoba

Berikut adalah sembilan dessert yang patut kalian coba jika kalian mengunjungi negara yang indah ini.
Contoh Makanan Khas Turki

1. Künefe

Künefe adalah sejenis kue khas Turki yang terdiri dari lapisan-lapisan tipis dari phyllo dough yang diisi dengan keju lembut, kemudian dipanggang hingga keemasan.

Setelah itu, kue ini disiram dengan sirup gula dan air mawar. Rasanya yang unik dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi salah satu dessert yang sangat disukai di Turki.

2. Semolia Helva

Helva merupakan dessert tradisional di berbagai negara Timur Tengah, termasuk Turki. Semolia helva terbuat dari semolina (gandum durum) yang dipanggang dengan mentega atau minyak, kemudian disiram dengan sirup gula dan diberi tambahan kacang-kacangan atau buah kering untuk memberikan rasa dan tekstur yang kaya.

3. Güllaç

Güllaç adalah dessert yang khas untuk bulan puasa Ramadan di Turki. Dessert ini terbuat dari lapisan tipis dari lembaran gulungan kue yang direndam dalam susu manis dan dicampur dengan kacang-kacangan serta buah-buahan kering seperti kismis atau kenari.

Rasanya yang lembut dan segar membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk menyegarkan selera setelah berpuasa.
Dessert turki

4. Aşure

Aşure, juga dikenal sebagai "bubur Noah," adalah bubur gandum khas Turki yang disajikan sebagai bagian dari tradisi pada bulan Muharram dalam kalender Islam.

Bubur ini terdiri dari campuran gandum, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan gula, yang kemudian dimasak hingga menjadi bubur kental.

Aşure sering disajikan dengan taburan kacang-kacangan dan rempah-rempah untuk memberikan rasa yang kaya dan kompleks.

5. Kazandibi

Kazandibi adalah dessert tradisional Turki yang terkenal dengan lapisan karamel yang renyah di bagian atasnya.

Terbuat dari susu yang dimasak dengan tepung beras, gula, dan vanila, kemudian dibiarkan mengental hingga membentuk tekstur yang lembut dan kaya.

Setelah itu, lapisan karamel dibuat dengan memanaskan gula hingga karamel cair dan menuangkannya di bagian atas dessert yang sudah matang.

6. Sütlaç

Sütlaç adalah versi Turki dari bubur nasi klasik, tetapi dalam bentuk dessert yang lezat. Terbuat dari susu, nasi, gula, dan vanila, sütlaç kemudian dimasak hingga menjadi kental dan kemudian dipanggang di oven hingga lapisan atasnya menjadi kecokelatan dan renyah.

Rasanya yang kaya dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi pilihan yang populer di meja makan Turki.
Makanan Khas Turki

7. Soğuk Baklava

Baklava sudah menjadi ikonik di dunia dessert, tetapi versi Turki yang disebut soğuk baklava memiliki sentuhan yang khas.

Dibandingkan dengan baklava tradisional yang disajikan pada suhu ruangan, soğuk baklava disajikan dingin dan segar, memberikan sensasi yang unik saat kalian menikmatinya.

Lapisan-lapisan tipis dari phyllo dough yang diisi dengan kacang-kacangan dan disiram dengan sirup gula, kemudian disajikan dingin untuk memberikan pengalaman dessert yang menyegarkan.

8. Ekmek Kadayıfı

Ekmek kadayıfı adalah dessert Turki yang terbuat dari lapisan-lapisan tipis roti yang dihancurkan dan kemudian dipanggang dengan mentega hingga keemasan.

Setelah itu, dessert ini disiram dengan sirup gula dan disajikan dengan taburan kacang-kacangan atau buah kering untuk menambahkan tekstur dan rasa yang kaya.

9. Katmer

Katmer adalah pastry khas Turki yang terbuat dari lapisan-lapisan tipis phyllo dough yang diisi dengan campuran kacang-kacangan, gula, dan kaymak (semacam krim kental).

Setelah itu, pastry ini dipanggang hingga keemasan dan disajikan dengan taburan gula halus di atasnya. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi pilihan yang populer di Turki.
Mau cobain makanan Khas turki
Dari kekayaan rasa hingga tekstur yang memikat, dessert-dessert khas Turki menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapa saja yang mencobanya.

Dengan beragam pilihan yang menarik, pastikan untuk mencicipi beberapa dari daftar ini saat kalian berkunjung ke Turki untuk merasakan kelezatan sejati dari negara yang indah ini.
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

47 komentar

  1. Makanan-makanan Turki itu emang enak-enak ya. Sampai terkenal di film Narnia dulu, salah satu tokoh pengen minta Turkish Delight. Kalau aku pribadi suka sama yang rasanya manis mbak, soalnya rata2 sana seneng biki sweet food.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya. Keingat makanan Turki jadi ingat si Edmun yang dikasih Turkis Delight sama ratu Jagdish. Cuma nama makanan Turki agak sulit diucapkan ya.

      Hapus
  2. Baru coba baklava dan rambut nenek (tdk tau namanya) versi Turkiye. Paling suka ya rambut neneknya. Klo baklava versi sana kurang suka mbak. Karena maniiiiiiiis banget.

    Kenapa oranng Turkiye makanannya senang manis-manis mbak?

    BalasHapus
  3. Kayaknya seumur-umur belum pernah nyobain satu pun makanan khas Turki deh. Tapi keliatannya enak-enak dan menggugah selera ya. Penasaran sama Kunefe, soalnya ada kejunya. Sebagai pecinta keju kelas berat, jadi pengen nyobain deh. BTW, itu bacanya macam mana kakak ??

    BalasHapus
  4. Aduh enak bangett.. dulu aku juga sempet coba camilan yang manis2 gitu, kecil-kecil, lupa namanya... Ini kalau boleh tau beli di mana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mudah dibeli di Jaakarta Baklava mbak. Apalagi sudah disesuaikan manisnya dengan lidah orang Indonesia

      Hapus
  5. Jujur saja, ini menu-menu yang baruuuu banget buat saya. Selama ini kenalnya kebab doang hehe... Entar kalo nemu salah satu menu tersebut di restoran di kota saya, mau cobain deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. By the way, susah juga ya membaca nama-nama menu Turki ini. Misal nemu resto Turki, pesannya ditulis aja ya daripada salah mengucapkannya :D

      Hapus
  6. Dessert nya aja kaya mengandung kari ya mbak 😅 favorit mbak Muz yang mana? Aku sih penasaran sama sutlac bubur yang di oven itu jadinya gimana teksturnya? Kenyal kaya Mozarella gitu ya mbak?

    BalasHapus
  7. Wah selama ini baru tahu kebab dan baklava aja. Ternyata ada banyaak ya makanan khas Turki. Dulu pernah dapa oleh2 permen kenyal dari Turki dan rasanya manis bangett, entah namanya apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, ternyata beragam jg dan kayanya enak2deh hihii

      Hapus
  8. Samma dengan mba Avie. Aku tahunya kunafe dan baklava. Itupun beli di resto ayam Emados, resto Timur Tengah. Memang gitu ya dessert Turki/Timur Tengah serba manis. Ada yg berupa bubur, kok aku penasaran ya pengen nyicip...

    BalasHapus
  9. Enak² sepertinya. Daku mah siap aja mencicipi makanan Turki yang penting ada terhidang di depan mata hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba betul wkwkwk, aku paling penasaran sama kunefe. Kayaknya kok enak ya kue rasa keju disiram pake gula

      Hapus
  10. Manis semua ya, ya iyalah namanya juga dessert, wkwk.. Tapi penasaran sama Gullac deh, karena ada kismisnya yg rasanya asem² seger gitu, jadi manisnya nggak dominan, hehe..

    BalasHapus
  11. Wah saya awam nih soal kuliner dan budaya Turki. Ternyata kulinernya banyak juga ya. Pas baca nama-nama kulinernya, saya yakin kayaknya pengucapan saya salah. Meski begitu, saya tertarik sama Turki. Pengen ke sana.

    BalasHapus
  12. Menyusuri postingan ini jadi ngiler. Dari fotonya Dessert Turki ini enak-enak ya Mbak. Apalagi ada yang disiram air mawar juga. Jadi pengin nyoba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, unik ya Pak Bams. Pakai disiram air mawar. Pasti aromanya harum. Bisa ngebayangin sih kalau aromanya. Yapi rasanya belum.

      Hapus
  13. Duh namanya belum familiar semua euyy. Tp dilihat dari bentukannya, emg nikmat bgt tuh kudapan dr Turki ini. Sptnya masih bisa diterima oleh lidah org Indonesia.

    Smg makanan khas Turki bs segera hadir di kota2 kecil. Biar kami yg dkt pelosok bs menikmati kudapan khas ini.

    BalasHapus
  14. Kayaknya enak-enak ya mbak. Jadi pengen coba semua. Aku paling penasaran sama dessert yang pertama dan ketiga. Unik kayaknya rasanya, apalagi ada sentuhan air mawar.

    BalasHapus
  15. Kayanya kuliner khas Turki ini memang mulai masuk ke Indo yaa..
    Seneng karena semakin kaya dengan rasa. Aku baru cobain Baklava doank kayanya mah.. Kunefe tuh kalau di Bandung malah brand sebuah makanan artis. Hehhe~

    BalasHapus
  16. Nama-namanya asing nih belum pernah coba jadi penasaran dengan rasanya

    BalasHapus
  17. Nama nama makanannya gak semuanya asing karena aku suka nonton yoitube kuliner luar negri. Kunafe sama baklava itu aslinya manis banget ga sih secara di siram sirup gula segitu banyaknya. Tapi pernah baca kalau sirup gula di sana gak semanis di sini, gak tau deh bener apa enggak

    BalasHapus
  18. Pengen jajan dessert Turki ini, tapi di Bandung beli di mana ya? penasaran sama kunafe soalnya..

    BalasHapus
  19. Kue-kue khas Turki kenapa ya cenderung manis. Dan manisnya tuh bangeeet. Aku kalau makan baklava ya dikit-dikiiit aja dicuil. Kunafe pernah nyoba di rumah makan ayam Emadoz. Aku baru tahu bahwa rasanya manis juga. Soalnya di foto menunya kayak ada keju lelehnya...hehe

    BalasHapus
  20. Dari Baklava yang ikonik dengan perpaduan renyahnya filo dan manisnya kacang, hingga Turkish Delight yang lembut dan penuh rasa, daftar ini menghadirkan petualangan rasa yang tak terlupakan. Saya penasaran dengan Künefe, perpaduan keju dan adonan filo yang dipanggang, dan Kazandibi, puding karamel yang konon memiliki rasa unik.

    BalasHapus
  21. Semolia Helva itu seperti tumpeng yak, tapi ini versi Turki nya.. wkwk, jadi penasaran pengen nyobain aku ><

    BalasHapus
  22. Sepertinya enak enak ya dessertnyaa. Aku belum pernah cobain desser turki, tapi kalau lihat dari gambarnya menarik

    BalasHapus
  23. Wah liat gambarnya jadi mupeng pengen icipin kudapannya, kalo di Indonesia sapa tau ada resto Turki yang punya hidangan itu

    BalasHapus
  24. Künefe kayaknya sering kedengeran namanya di acara kuliner atau vlog kuliner. Jadi penasaran rasanya gimana.

    BalasHapus
  25. Punya beraneka ragam kudapan nikmat ini, jadinya pengen deh ke Turki. Sambil wisata sejarah, sekaligus menikmati kulinernya

    BalasHapus
  26. Btw, daftar dessert itu apa biasa didguanakn juga sebagai sajian pendamping untuk kebiasaan orang turki minum teh di sore hari? Namanya aneh-aneh ya, tapilihat penampakannya benar-benar menggugah selera

    BalasHapus
  27. Doakan aku ya kak biar sekali seumur hidup bisa icipin makanan khas Turki ini. Minimal satu aja.

    Sebenarnya agak takut2 sih soalnya lidahku tuh blm familiar dgn makanan asing. Apalagi khas Timur Tengah. Lha makan masakan Arab aja lgsg aneh. Padahal cmn nasi burundi. Wkwk. Rempahnya terlalu kuat.

    Kyknya ini jg mirip2 ya. Pasti ada khas rempah2nya.

    BalasHapus
  28. OMG semuanyaaa pengen kucobain, semoga bisa ada kesempatan umroh sekalian ke Turki tahun depan, hihi, aamiin aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaaAllah, ada yg mau umroh inii, semoga dilancarkan ya MbakJi, aamiin.. Ntar ceritain di blog ya kalo udah nyobain dessert khas Turki di atas, xixixi..

      Hapus
  29. Dessert-dessert khas Turki menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapa, ya. Biasanya masakan di sana memang kaya rempah yang bisa buat makanan lebih lezat.

    BalasHapus
  30. Udah sering baca di berbagai buku yang menceritakan betapa enaknya makanan khas Turki, begitu pun di beberapa film box office yang syutingnya berlokasi di Turki. Sayangnya sampai hari ini aku belum punya kesempatan untuk mencicipi secara langsung. Hmm, semoga someday yaa

    BalasHapus
  31. Waaah aku penasaran semuanya! Sepertinya. makanan turki nggak pernah ada yang failed yaa!

    BalasHapus
  32. Belum pernah nih coba makanan turki yang asli..penasaran dengan rasa dan bentuknya yang unik-unik itu..btw, makanan khas turki didominasi roti-rotian ya

    BalasHapus
  33. Itu baca nama makanannya gimana ya? Kalau di daftar menu nggak ada gambarnya, kayaknya bakal bingung mesen makanan :))

    BalasHapus
  34. Yang aku tahu cuma baklava saja. Btw, setahuku kebanyakan makanan khas Turki banyak yang manis ya Mbak? Ada gak yang pedas-pedas kayak di Indonesia gitu? kayak sambal misalnya, maklum bagiku kurang afdhol kalau makan tanpa sambal

    BalasHapus
  35. Mau nangis... karena pelafalan nama-nama makanan khas Turki-nya aja, aku gabisa.
    Tapi ada beberapa yang aku familiar, seperti Künefe dan Soğuk Baklava.
    Tapi aku pernah cobain Umm Ali. Ini unik yaa.. namanya kaya nama orang.

    BalasHapus
  36. Duh, makanan khas Turki ini sangat menggugah selera
    Aku baru coba es krim dan Umm ali aja sih
    Jarang ada resto khas Turki di surabaya

    BalasHapus
  37. Semua nama makanan Turki yang kakak sebut belum pernah aku dengar, tapi dari deskripsinya udah sedikit terbayang. Sayangnya di Jogja masih jarang yang jual..

    BalasHapus
  38. Dari semuanya itu, hanya pernah nyicip Baclava, maniiiiss banget ya rasanya. Rata2 cara penyajiannya dengan disiram sirup gula.

    BalasHapus
  39. Meskipun sudah mencoba makanan Turki ini walaupun baru beberapa saya tak mengingat namanya dengan baik. Wajib cobain nanti semuanya, karena rasanya memang enak-enak dari beberapa yang sudah pernah saya coba

    BalasHapus
  40. baklava ini cukup terkenal di indonesia ya mak, ngiler liat tampilannya, kayanya enak enak nih dessert turki, jadi pengen cobain jugaaa

    BalasHapus

Posting Komentar