Muzeyyen Salik Banner

Turkey Visa Application

Bagaimana Cara mengajukan Visa Turki
Hallo semuanya, gimana sudah siap untuk bertraveling ke Turki? Atau mungkin salah satu diantara kalian memang sudah mulai menyiapkan dokumen perlengkapan
Turki, dengan keindahan alamnya yang memukau, sejarah yang kaya, dan budaya yang beragam, menjadi destinasi impian bagi banyak orang.

Bagi yang ingin menjelajahi keajaiban negara ini, mengajukan visa Turki adalah langkah awal yang perlu diambil. Kali ini aku akan memberikan panduan tentang syarat-syarat dan proses pengajuan visa Turki.

Panduan Aplikasi Visa Turki: Syarat dan Proses Pengajuan

Turki sudah menjadi negara keduaku, kurang lebih 8 tahun aku tinggal disini. Tahun ketahun semakin banyak orang-orang yang mengunjungi negara satu ini. Ini karena negara Turki terdengar negara yang termasuk paling mudah membuat pengajuan proses visanya.

Ini aku alami waktu pembuatan visa Turkiku dahulu. Pasalnya aku tidak usah pergi ke Kedutaan Besar Turki di daerah Kuningan, Jakarta. 

Aku hanya mengajukan visa by online dan taaaraaaaa....tidak ada beberapa menit visa Turkiku approve donk, senangnya dalam hati.

Walaupun mungkin cara apply-nya berbeda, syaratnya umumnya masih sama kok. Ini juga pasti berlaku untuk pengajuan visa di negara lain juga.

Syarat Umum Pengajuan Visa Turki

Paspor yang Berlaku

Pastikan paspor kalian memiliki masa berlaku yang cukup, biasanya setidaknya enam bulan setelah tanggal rencana kepulangan dari Turki. 

Formulir Aplikasi

Isi formulir aplikasi visa Turki dengan lengkap dan benar. Formulir ini dapat diunduh dari situs resmi Kedutaan Besar Turki atau konsulat yang berwenang.

Pas Foto

Sertakan pas foto terbaru sesuai dengan persyaratan resmi. Foto diambil tidak lebih dari enam bulan dengan ukuran 5x6 cm.

Bukti Keuangan

Lampirkan bukti keuangan yang menunjukkan kalian memiliki dana yang mencukupi untuk membiayai perjalanan kalian ke Turki. Ini bisa berupa rekening bank, surat keterangan kerja, atau dokumen keuangan lainnya.

Tiket Pesawat dan Reservasi Hotel

Sediakan salinan tiket pesawat pulang-pergi dan bukti reservasi hotel selama tinggal kalian di Turki.

Asuransi Perjalanan

Beli asuransi perjalanan yang mencakup masa tinggal kalian di Turki. Ini dapat mencakup perlindungan medis dan evakuasi darurat.

Jadwal Perjalanan

Buatlah jadwal perjalanan selama kalian pergi ke Turki, ini bisa digunakan untuk berjaga-jaga jika ditanyakan oleh petugas imigrasi bandara.

Proses Pengajuan Turkey Visa Application

Jenis Visa Turki ada beberapa macam, kalian dapat memilih sesuai kebutuhan dan kegunaan masing-masing. Di artikel ini aku akan membahas proses beberapa proses pengajuan visa Turki. 

Pengajuan E-Visa Turki

Proses pengajuan E-Visa tergolong sangat mudah, ini menjadi pilihan para traveller untuk ke Turki. 

Pilih Jenis Visa

Tentukan jenis visa yang sesuai dengan rencana perjalanan kalian. Turki menyediakan berbagai jenis visa, termasuk visa kunjungan singkat, turistik, dan bisnis.

Lengkapi Persyaratan Konsulat

Periksa persyaratan khusus konsulat Turki di wilayah kalian. Persyaratan bisa bervariasi tergantung pada jenis visa dan tempat pengajuan.

Kunjungi Konsulat Turki

Ajukan aplikasi visa kalian langsung ke Kedutaan Besar Turki atau konsulat yang berwenang di wilayah kalian. Pastikan untuk membuat janji terlebih dahulu jika diperlukan.

Bayar Biaya Visa

Bayar biaya visa yang berlaku. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada jenis visa dan kebijakan negara.

Proses Verifikasi

Konsulat akan memeriksa dokumen-dokumen kalian. Pastikan semuanya lengkap dan memenuhi persyaratan resmi.

Tunggu Keputusan

Setelah mengajukan aplikasi, kalian perlu menunggu keputusan dari pihak berwenang. Biasanya, proses ini memakan waktu beberapa minggu.

Ambil Visa

Jika visa kalian disetujui, ambil visa di konsulat atau kedutaan. Pastikan membawa dokumen identitas asli.

Dengan mengikuti panduan ini, kalian akan dapat menjalani proses aplikasi visa Turki dengan lebih lancar. Pastikan untuk memeriksa informasi terbaru dan menghubungi konsulat Turki setempat untuk mendapatkan petunjuk yang akurat dan terkini. Selamat merencanakan perjalanan Anda ke Turki!



Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

22 komentar

  1. Kalo bisa secara online ambil visa-nya jadi lebih simple ya.
    Boleh nih diikuti tutorialnya, dan persiapkan yang dibutuhkan biar pas berangkat ke Turki udah makin mantap

    BalasHapus
  2. Dengan mengikuti panduan di atas, proses apply visa Turki akan terasa mudah dan lancar. Asalkan kita mengikuti dengan seksama dan melengkapi semua persyaratannya. Setelah dapat tinggal Persiapkan diri dengan baik dan nikmati petualangan seru di Turki! Cihuuuy!

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah yaa kalau urus visa bisa online dan dipermudah juga mengurusnya. Pengen ke Turki euy, sekalian ngajak anakku traveling.

    BalasHapus
  4. Paling enak kalau urus visa bisa via online. Biasanya bisa lebih mudah urus nya

    BalasHapus
  5. Sebenarnya, nggak rumit ya bikin Turkey Visa tuh. Tinggal menyiapkan segala dokumen yang jadi persyaratannya. Lalu ikutin alurnya.

    BalasHapus
  6. Semenjak ada film layangan putus jadi pada pengen ke Turki mbak pengen ke Cappadocia, haha. Gampang banget yaa via online aja udah beres, temenku mau ke Korea malah susah banget prosesnya. Tinggal siapin uangnya aja yaaa, hihi.

    BalasHapus
  7. Biaya mengurus visa Turki berapa ya sekarang? Apakah berubah setiap tahunnya?
    Pengurusannya pun bisa online ya, memudahkan sekali

    BalasHapus
  8. Berharap ada anak yang dapat beasiswa melanjutkan sekolah ke Turki. Hehe.
    Mendengar pengajuan visa Turki mudah, bikin hati cukup lega nih. Semoga saja ada jodohnya bisa mengunjungi Turki. Aamiin...

    BalasHapus
  9. Sering banget nenek ku cerita tentang Turki, kebetulan beliau pernah ke Turki setelah umroh. Katanya indah banget disana. Dari situ jadi pengen banget pergi ke Turki. Ternyata pengajuan visa nya mudah, ya. Semoga besok bisa kesana juga.

    BalasHapus
  10. Wah, tulisannya lengkap mbak
    Ini bisa jadi panduan yang tepat bagi yang ingin mengurus visa ke Turki
    Turki salah satu destinasi wisata impianku

    BalasHapus
  11. Turki memang jadi salah satu destinasi luar negeri ku nih, mbak. Kalo dilakuin sesuai step di atas, ngurus visa Turki sih gampil banget. Catet dulu ke Turki kemudian, hehe..

    BalasHapus
  12. Pengen ke Turki. Moga bisa ke sana dan mampir ke rumah mbak 😊

    BalasHapus
  13. Senang pastinya ya, Kak. Bisa mengurus Visa secara cepat dan mudah. Jadi benar-benar bisa hemat energi, dan hemat biaya juga. Apalagi waktunya juga cepat

    BalasHapus
  14. Sejak maraknya film Turki di televisi, Turki jadi tujuan wisata. Dan ternyata saat pengajuan Visa Turki, harus ada bukti keuangan ya, Mbak. Jadi memang benar ada dana untuk perjalanan ke Turki.

    BalasHapus
  15. Wah syaratnya gampang banget ya kak. Ga perlu dtg ke konsulat lagi. Ini jd klebihan sih krn bs apply visa dgn online.

    Enaknya ke Turki tuh kayak kita liburan ke Bangkok. Apa2 murah di sana. Soalnya Lira tuh mirip dgn Baht kursnya. Jd kita bs beli barang/traveling di sana dgn harga murah.

    BalasHapus
  16. Mantap banget, kebetulan Turki jadi wishlist sekarangg setelah umroh hihi kalau bisa sih ntr barengan umroh sekalian lewat Turki sehari dua hari gitu laah yaa wkwkwkw thanks kak insightnya

    BalasHapus
  17. Pengin banget nih bisa ke Turki, selama ini penasaran dengan kisah teman2 yang habis umrah dan lanjut ke Turki. Banyak yang menarik di sana, layak untuk dijadikan jujugan wisata.

    BalasHapus
  18. Wah senangnya bisa appky visa secara online. Mungkin sekarang sudah banyak yang melayani pembuatan visa secara online ya. Dulu waktu mau ke Jerman, aku harus antre panjang beud di Kedutaannya. Butuh waktu dan tenaga ekstra. Pengin ke Turki juga, semoga ada rezeki dan waktunya :)

    BalasHapus
  19. Jadi ceritanya ini pulang lalu balik lagi ke Turki kah?
    Tetap kudu ke konsulat dulu yaa.. Persyaratannya bisa dijadikan panduan bagi yang dalam waktu dekat berencana berlibur ke Turki.

    BalasHapus
  20. Ada teman saya yang bolak-balik ke Turki. Saya suka aja menyimak sharingnya di FB. Ternyata memang pengurusan visanya tidak terlalu sulit ya..

    BalasHapus
  21. Turki sangat terkenal dengan keindahan alam dan budaya yang membuat banyak orang tertarik. Ternyata apply visa ke sana tergolong mudah ya kak, bahkan bisa mengajukan via online.

    BalasHapus
  22. Wah turkii aku pengen banget shi kesana bawa keluarga. CUma bisa liat di youtube sekali-kali pengen kesana semoga terwujud yaa.

    BalasHapus

Posting Komentar