muzeyyen salik

Turkey Visa Application

Bagaimana Cara mengajukan Visa Turki
Hallo semuanya, gimana sudah siap untuk bertraveling ke Turki? Atau mungkin salah satu diantara kalian memang sudah mulai menyiapkan dokumen perlengkapan
Turki, dengan keindahan alamnya yang memukau, sejarah yang kaya, dan budaya yang beragam, menjadi destinasi impian bagi banyak orang.

Bagi yang ingin menjelajahi keajaiban negara ini, mengajukan visa Turki adalah langkah awal yang perlu diambil. Kali ini aku akan memberikan panduan tentang syarat-syarat dan proses pengajuan visa Turki.

Panduan Aplikasi Visa Turki: Syarat dan Proses Pengajuan

Turki sudah menjadi negara keduaku, kurang lebih 8 tahun aku tinggal disini. Tahun ketahun semakin banyak orang-orang yang mengunjungi negara satu ini. Ini karena negara Turki terdengar negara yang termasuk paling mudah membuat pengajuan proses visanya.

Ini aku alami waktu pembuatan visa Turkiku dahulu. Pasalnya aku tidak usah pergi ke Kedutaan Besar Turki di daerah Kuningan, Jakarta. 

Aku hanya mengajukan visa by online dan taaaraaaaa....tidak ada beberapa menit visa Turkiku approve donk, senangnya dalam hati.

Walaupun mungkin cara apply-nya berbeda, syaratnya umumnya masih sama kok. Ini juga pasti berlaku untuk pengajuan visa di negara lain juga.

Syarat Umum Pengajuan Visa Turki

Paspor yang Berlaku

Pastikan paspor kalian memiliki masa berlaku yang cukup, biasanya setidaknya enam bulan setelah tanggal rencana kepulangan dari Turki. 

Formulir Aplikasi

Isi formulir aplikasi visa Turki dengan lengkap dan benar. Formulir ini dapat diunduh dari situs resmi Kedutaan Besar Turki atau konsulat yang berwenang.

Pas Foto

Sertakan pas foto terbaru sesuai dengan persyaratan resmi. Foto diambil tidak lebih dari enam bulan dengan ukuran 5x6 cm.

Bukti Keuangan

Lampirkan bukti keuangan yang menunjukkan kalian memiliki dana yang mencukupi untuk membiayai perjalanan kalian ke Turki. Ini bisa berupa rekening bank, surat keterangan kerja, atau dokumen keuangan lainnya.

Tiket Pesawat dan Reservasi Hotel

Sediakan salinan tiket pesawat pulang-pergi dan bukti reservasi hotel selama tinggal kalian di Turki.

Asuransi Perjalanan

Beli asuransi perjalanan yang mencakup masa tinggal kalian di Turki. Ini dapat mencakup perlindungan medis dan evakuasi darurat.

Jadwal Perjalanan

Buatlah jadwal perjalanan selama kalian pergi ke Turki, ini bisa digunakan untuk berjaga-jaga jika ditanyakan oleh petugas imigrasi bandara.

Proses Pengajuan Turkey Visa Application

Jenis Visa Turki ada beberapa macam, kalian dapat memilih sesuai kebutuhan dan kegunaan masing-masing. Di artikel ini aku akan membahas proses beberapa proses pengajuan visa Turki. 

Pengajuan E-Visa Turki

Proses pengajuan E-Visa tergolong sangat mudah, ini menjadi pilihan para traveller untuk ke Turki. 

Pilih Jenis Visa

Tentukan jenis visa yang sesuai dengan rencana perjalanan kalian. Turki menyediakan berbagai jenis visa, termasuk visa kunjungan singkat, turistik, dan bisnis.

Lengkapi Persyaratan Konsulat

Periksa persyaratan khusus konsulat Turki di wilayah kalian. Persyaratan bisa bervariasi tergantung pada jenis visa dan tempat pengajuan.

Kunjungi Konsulat Turki

Ajukan aplikasi visa kalian langsung ke Kedutaan Besar Turki atau konsulat yang berwenang di wilayah kalian. Pastikan untuk membuat janji terlebih dahulu jika diperlukan.

Bayar Biaya Visa

Bayar biaya visa yang berlaku. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada jenis visa dan kebijakan negara.

Proses Verifikasi

Konsulat akan memeriksa dokumen-dokumen kalian. Pastikan semuanya lengkap dan memenuhi persyaratan resmi.

Tunggu Keputusan

Setelah mengajukan aplikasi, kalian perlu menunggu keputusan dari pihak berwenang. Biasanya, proses ini memakan waktu beberapa minggu.

Ambil Visa

Jika visa kalian disetujui, ambil visa di konsulat atau kedutaan. Pastikan membawa dokumen identitas asli.

Dengan mengikuti panduan ini, kalian akan dapat menjalani proses aplikasi visa Turki dengan lebih lancar. Pastikan untuk memeriksa informasi terbaru dan menghubungi konsulat Turki setempat untuk mendapatkan petunjuk yang akurat dan terkini. Selamat merencanakan perjalanan Anda ke Turki!



Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

Posting Komentar