muzeyyen salik

Perjalanan Saya Menjadi Blogger, Mengenali Jati Diri Sejati

Personal branding meningkatkan performa blog


Kadang saya masih tidak menyangka, perjalanan saya menjadi blogger sampai sekarang ini. Ini membawa pertanyaan apakah saya pantas menjadi seorang blogger?

Yupss pertanyaan ini yang sering terlintas di benak saya. Sebagai seorang anak baru, yang baru saja masuk di dunia blogger tanpa adanya bakat menulis tentu bukan hal yang sangat mudah.

Eiiitss, tapi jangan salah, walaupun saya mungkin baru di kelas blogger tapi ada hal unik yang bisa menjadi motivasi untuk kalian. Dari sini saya akan membahas jati diri saya.


My Passion


Jujurly saya ini memiliki kepribadian unik bukan kepribadian ganda ya. Karena saya masih normal dan masih cinta dengan orang-orang berbulu tebal. Ingat!!! ini orang ya, bukan spesies. Ini juga bukan fetish, tapi suatu kebetulan. Mungkin kalau sekarang tidak dengan yang berbulu tebal saya akan menulis yang tidak berbulu. Wkwkwkwk. 

Kalo kalian baca ini nggak senyum sedikit berarti saya masih gagal dalam membangun audience. Kalo di dalam chicki-chicki alias snack tahun 90-an biasa ada tulisan "Anda kurang beruntung, coba sekali lagi".

Yach harap maklum namanya juga newbie. Sebenarnya saya ada bakat di dunia lawak dan dunia misteri. Tapi Alhamdulillah ya saya nggak ada niat buat jadi guru spiritual, karena menurut kabar berita diramalkan bangkrut dengan adanya berita yang viral akhir-akhir ini. Hahahaha. Nggak lucu donk belum sukses gulung tikar, tikarnya aja baru saja digelar masak udah kukutan. Saya terlahir dari keluarga DBR bukan DPR, nanti saya dikira songong, DBR itu Di Bawah Rata-Rata. Hahahaha.

Tapi saya bangga dengan My DBR Familly saya, karena dari mereka saya banyak belajar tentang hidup dan seni. Bapak saya pintar di bidang drawing, Ibu saya di bidang culinary alias masak mania, kakak perempuan saya di bidang drawing dan seni tari, kakak laki-laki saya di bidang desain grafis, tulis menulis, drawing. Kalo dia bikin blog tetap dia yang akan menjadi idola saya no.1 kalangan Rt/Rw. Hahahaha..Tapi jujur dia the best, teristimewa.

Foto ilustrasi menggambar

Desain yang dia buat selalu unik dan mempunyai filosofi yang mendalam. Ini yang harus saya pelajari dari dia. Maklum dia dulu sudah ada basic desain di sekolahnya, sementara saya dulu sekolah di Jurusan Perhotelan dan Pariwisata. Nah terus passion saya apa dunk, kalo semua sudah diambil oleh The Genk DBR, tinggal lawak aja yang tersisa. Hahahaha.

Eitts, tunggu dulu karena saya unik yang seperti saya bilang, saya memilih untuk mempelajari semua bidang.

"Karena pada dasarnya kita diciptakan sama tanpa sesuatu dan apapun."

Yang membedakan adalah bagaimana kita mau dan mampu untuk mempelajari hal-hal baru.

Lalu apa? Ya jiwa seni sudah ada dalam diri saya, dan saya pelajari lagi secara otodidak. Seperti contohnya kerajinan makrame, bisnis ini saya dirikan sebagai pengembangan diri yang saya pelajari dengan hanya melihat video tutorial di Youtube.

Bagaimana dengan desain grafis dan content creator, saya menyukai dunia desain sudah cukup lama yang saya pelajari secara otodidak juga. Bahkan desain saya juga laku terjual, saya membuat desain sesuai request customer saya.

Lalu bagaimana dengan dunia tulis menulis? Saya baru mendalami dunia tulis menulis baru-baru ini. Karena saya suka mempelajari hal-hal baru dan tantangan, walaupun ternyata menjadi penulis sangat amazing. Saya appreciate untuk semua penulis, blogger, content creator di seluruh dunia yang sudah meluangkan waktu untuk menciptakan ide-ide baru.

Desain simple blog

Blogger merupakan hal yang baru saya dalami karena saya mempunyai modal di bagian desain dan content creator. Karena bagaimanapun juga blogger adalah seorang content creator.

My Inspiration


Saya kadang bingung menjawab ini, bahwa inspirasi saya kadang tidak terpaku pada seorang tokoh tapi action. Saya akan selalu melihat action yang luar biasa dan menyentuh, sehingga di dalam pikiran saya mengatakan saya ingin menjadi seperti mereka. Ini lebih ke action yang berhubungan dengan kemanusiaan.

Dan saya bangkit dari cemoohan orang, semakin banyak orang mencemooh saya, semakin akan saya buktikan bahwa saya tidak seburuk apa yang keluar dari mulut mereka.

My Unique Value


Dalam dunia pekerjaan saya adalah orang yang bisa diandalkan, saya pantang menyerah, dan selalu berusaha melakukan yang terbaik.

Ini terlihat pada saat saya bekerja di sebuah perusahaan yang cukup besar di Indonesia dengan banyak pressure dan saya dipercaya dan dianggap mampu oleh atasan saya selama masa jabatan saya. Maaf ya ini bukan Densus 88 ya. 

Bahkan beliau sangat senang dengan semangat yang ada di dalam diri saya. Saya akan melakukan pekerjaan dengan detail sesuai perintah. Bahkan saya siap merevisi pekerjaan saya jika ada sesuatu hal yang salah atau kurang.

My Personality


Saya adalah seorang periang yang hampir tidak pernah memperlihatkan kesedihan saya. Saya tipe orang yang terlalu cuek, tapi saya bisa sangat care dengan orang-orang yang benar-benar tulus.

Sebenarnya saya adalah orang yang tomboy, gagah, dan pemberani. Hanya saja setelah negara api menyerang saya menjadi sangat sensitif, dan melankolis.

Jujurly ini sangat menggangu dan bikin down. Tapi saya berpegang dengan pendirian saya semakin kalian merendahkan saya atau menganggap saya bodoh semakin saya akan bangkit dan menunjukkan dengan hal positif.

My Strength And Weakness


Kekuatan saya ada di dalam fikiran saya. Saya bukan tipe orang yang mudah putus asa, melakukan pembuktian yang terbaik, dan ambisi yang terkontrol.

Kekurangan  saya, saya akan sedikit down jika kondisi mental saya diserang. Kondisi ini biasanya tidak dimengerti orang lain. Bahkan beberapa menganggap ini sesuatu yang lebay. 

Biasanya saya mengatasi itu dengan melawan fikiran buruk yang ada, bangkit, dan action.

What Do They See?


Pandangan orang-orang tentang saya dari segi keluarga; kata mereka saya orang yang paling nekat, pemberani, mampu menyelesaikan masalah, tidak tergantung pada orang lain. 

Pandangan tentang saya menurut sahabat; kata mereka saya adalah seorang yang kuat tak tertandingi bak semen cap 3 Roda.

  "Kokoh Tak Tertandingi". 

Ini berhubungan dengan semua perjalanan yang sudah saya lewati. Saya merupakan team hore yang kocak selalu menyuguhkan komedi-komedi di luar nalar.

Menurut anak saya, saya adalah mamah limited edition, multi talent, unik dan penyabar, walaupun kadang suka khilaf.

Menurut suami saya; saya adalah perempuan paling sensitive yang selalu meneteskan air mata jika teringat masa lalunya.

Pantaskah Saya Menjadi Blogger?


Gambar ilustrasi seorang blogger
Ilustrasi seorang blogger. 


Lalu Pantaskah saya menjadi blogger? Jawabannya adalah iya, saya atau kamu atau kalian atau siapapun yang membaca artikel saya semua ini pantas menjadi Blogger. Tidak ada yang tidak mungkin. Selama kita mau dan mampu untuk belajar.

Dan belajarlah seperti ilmu padi.

"Semakin berisi semakin merunduk".

"Karena di atas langit masih ada langit".

Saya pantas menjadi blogger karena saya mempunyai bakat di bidang seni, sebagai modal saya menjadi  seorang blogger. Saya juga mempunyai tekat yang kuat, konsisten, bertanggung jawab, dan suka mempelajari hal baru.

Blogger Seperti Apakah Saya


Kartu nama blogger

Saya adalah blogger dengan nama Muzeyyen Salik. Artikel yang saya suguhkan berupa pengalaman, pengetahuan, dan ketrampilan yang saya punya. Sehingga tema campuran atau gado-gado menjadi pilihan tema blog saya. 

Untuk membangun personal branding saya, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk konsisten dengan tema blog yang saya pilih.

Saya menggunakan nama akun sosial media saya dengan nama yang sama yaitu Muzeyyen Salik agar kalian mudah menemukan saya.

Harapan saya suatu saat saya dapat dikenal oleh masyarakat sebagai blogger terbaik, bermanfaat untuk orang lain, menginspirasi, dan memotivasi dengan kemasan unik dan otentik.

Saat ini saya bergabung di kelas blogspedia. Ini adalah pembelajaran pertama saya dalam bidang tulis menulis.  Selama pelajaran blog, saya berusaha semaksimal mungkin mengikuti dan mengerjakan tugas yang diberikan.

Tips meningkatkan personal branding

Tips Membangun Personal Branding

Berikut adalah tips untuk membangun personal branding;

Jadi diri sendiri


Jadilah diri sendiri dan tanamkan kepercaayan diri. Memunculkan ide-ide unik yang menjadi ciri khas  dan bermanfaat untuk orang lain.

"Kıta boleh saya menjadi beda tidak perlu seperti orang lain".
Müzeyyen Salik

Bangun kepercayaan


Share resume yang ada pada diri untuk menyakinkan orang lain, dan salah satu bentuk promosi diri.

Otentik


Kemas dirimu secara otentik melalui visual image, tulisan, maupuan gaya bahasa kalian.

Memperluas jaringan


Jaringan merupakan hal yang paling penting. Semakin luas jaringan dan performans kita, semakin besar juga peluang kita.

Digital branding


Bangun branding di dunia digital seperti media sosial instagram, twitter, facebook dan lainnya dengan nama yang sama dan konsisten.

Manfaat personal branding untuk menambahkan kepercayaan diri

Manfaat Personal Branding

Personal branding mempunyai manfaat sebagai berikut; 

  • Meningkatkan  kemampuan diri
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Memperluas jaringan
  • Menyakinkan orang lain dan menunjukkan nilai tambah

Jadi apakah kalian juga sudah mengenali jati diri sejati kalian? Jika sudah, sampai mana perjalanan membranding diri kalian saat menjadi blogger? Yuk tulis dikolom komentar ya.


Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

20 komentar

  1. Hahaha ternyata ada jiwa lawaknya juga nih mbak Muz 😂walaupun aku gak paham nih maksudnya yg berbulu tuh gimana 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkkw berbulu domba itu lebih ngomongin suamiku yang bulunya banyak🤣

      Hapus
  2. Bakat seninya udah turun temurun ya mba.

    BalasHapus
  3. Keceee banget semangat trus mbak, syukak!

    BalasHapus
  4. Selamat karena berhasil buat aku ngakak dak kepikiran bulu hahaha?

    BalasHapus
  5. Hahaha.. Bisa aja mbak ini. Tapi yang paling bikin aku speechless tuh makrame. Kok bisa bikin cuma dari tutorial youtube

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak...saya belajar tekniknya dulu waktu itu ada teknik yang aq pelajari selama seminggu terus sambil bikin lainnya

      Hapus
  6. Wkwk ternyata mbanya suka ngelawak :))
    Suka deh sama mba muze yang hobi bikin2 kerajinan sampe bikin makrame

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya di keluargaku orange juga kocak" semua mbak

      Hapus
  7. Mba muze ini asik sptny kl d ajak ngobrol...tulisannya bagus +aku merasa terhibur mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur thank you mbak..bearti aq lolos ya... wkwkkwkw

      Hapus
  8. Semangat terus mba muze... Bakat nya sudah turun temurun n luar biasaaa

    BalasHapus
  9. Kak Muze ini memang selalu keren tulisannya. Masya Allah.

    BalasHapus
  10. owalah piye jal, nek negara api ki wes menyerang? :D..
    Mbak, part My Inspiration, betul2 menginspirasi,, Jadi kalau ada yang merendahkan kita, kita balas dengan menunjukkan sebuah karya nyata, yah.. Oke, Noted..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negara api nek wes nyerang iso dadi kukut mbak podo mbek gulung tikar🤣🤣🤣
      Iyes jangan dibalas dibantu dengan doa saja🥰

      Hapus

Posting Komentar