muzeyyen salik

Matilda (1996) Film Terbaik Sepanjang Masa Di Dunia

Sosok Matilda yang diperankan oleh Mara Wilson
Film Matilda 1996 (imdb.com) 



Matilda (1996), film terbaik sepanjang masa di dunia menjadi film yang akan saya review kali ini. Film ini saya tonton beberapa minggu yang lalu. Film yang unik dan sesuai dengan genre film yang saya sukai. 

Sedangkan genre lain film yang saya sukai yaitu semua  film bertajuk komedi, film horor, film petualangan, film animasi, film romantis, film fantasi, film fiksi ilmiah, dan film thriller. Biasanya saya lebih suka dengan film yang diambil dari kisah nyata yang menginsprasi dan memotivasi diri. 
 
Karakter anak gadis kecil bernama Matilda ini berperan sebagai tokoh utama di film tersebut. Sosok kepala sekolah di dalam film tersebut benar-benar membuat film ini makin seru.


Sosok nona truchbull dengan aksesoris yang menakutkan
Nona Trunchbull (imdb.com)


Perawakannya yang super kuat dan besar banyak ditakuti oleh anak-anak di sekolah. Film ini sangat unik dan menyenangkan. Film ini merupakan film keluarga, yang diadaptasi dari sebuah buku dengan unsur komedi di dalamnya yang cocok ditonton untuk anak-anak dan keluarga.

Identitas Film

Mari kita simak lebih jauh tentang film Matilda 1996 ini.

Judul Film                 : Matilda
Penulis Buku             : Roald Dahl
Penulis Skenario       : Nicholas Kazan & Robin Swicord
Sutradara                   : Danny DeVito
Lagu Unggulan         : Little Bitty Pretty One
Musik oleh                : David Newman
Box office                 : 33.5 juta USD
Tahun Tayang            :20 Juni 1997 (Turki)
Didistribusikan oleh  : TriStar Picture, Film flex, Sony Picture Releasing, netflix, youtube.
Saat ini tersedia di Netflix.
Daftar Pemain            :

Matilda WormWood dibintangi oleh Mara Wilson
Harry WormWood dibintangi oleh Danny DeVito
Nona Trunchbull dibintangi oleh Pam Ferris
Zinnia WormWood dibintangi oleh Rhea Perlman
Bruce Bogtrotter dibintangi oleh Jimmy Karzo
Lavender dibintangi oleh Kimi Davael
Nona Honey dibintangi oleh Embeth Davidtz
Michael WormWood dibintangi oleh Brian Lavinson

Isi Film

Isi film Matilda 1996 akan saya jabarkan melalui orientasi, sinopsis, analisis, dan evaluasi berikut ini.

Orientasi

Matilda merupakan film bergenre komedi fantasi asal Amerika yang dirilis pada tahun 1996 di Amerika. Film ini disutradarai oleh Danny DeVito. Film ini juga diproduksi bersama Michael Shamberg, Stacey Sher, dan Lucy Dahl.

Sosok orang tua Matilda yang di bintangi oleh sutrada dari film tersebut
Sosok orang tua Matilda (imdb.com)


Denny DeVito juga ikut berperan bersama sang istri yaitu Rhea Perlman di dalam film tersebut. Keduanya memeranklan tokoh sebagai orangtua Matilda, yang bernama Harry Wormwood dan Zinnia Wormwood. Matilda dibuat berdasarkan novel karya Roald Dahl dengan judul yang sama. Sedangkan  penulis skenario film ini adalah Nicholas Kazan dan Robin Swicord.

Penghargaan

Film Matilda sendiri telah memenangkan 3 penghargaan dan masuk di 7 nominasi penghargaan.
Berikut penghargaan dan nominasi yang diperoleh dari film Matilda.
  • Cinekid 1996, Kategori Penghargaan Audiens, dimenangkan oleh Danny DeVito
  • Festival Film Anak Internasional Oulu (1997), Kategori Penghargaan Starboy, dimenangkan oleh Danny DeVito
  • Penghargaan Bintang Muda (1997), Kategori Penghargaan Bintang Muda, penampilan terbaik oleh aktris muda dalam film komedi dimenangkan oleh Mara Wilson
Sedangkan untuk nominasi penghargaan di film Matilda sebagai berikut;

  • Akademi Fiksi Ilmiah, Film Fantasi & Horor, AS (1997), Penghargaan Saturnus, nominasi penampilan terbaik oleh aktor muda adalah Mara Wilson
  • Akademi Fiksi Ilmiah, Film Fantasi & Horor, AS (1997), Penghargaan Saturnus, nominasi film fantasi terbaik adalah Pam Ferris
  • Akademi Fiksi Ilmiah, Film Fantasi & Horor, AS (1997), Penghargaan Saturnus, nominasi artis pendukung terbaik adalah Pam Ferris
  • Penghargaan Satelit (1997), Nominasi penghargaan satelit emas, aktor terbaik dalam peran pendukung dalam film, komedi, atau musikal adalah Danny DeVito
  • Sitges - Festival Film internasional catalonia (1996),Nominasi film terbaik adalah Danny DeVito
  • Penghargaan Artis Muda(1997), Penampilan terbaik dalam fitur-fitur artis muda pendukung yaitu Kira spenser cook
  • Penghargaan Artis Muda (1997), Penampilan terbaik dalam fitur-fitur artis muda terkemuka yaitu Mara Wilson

Sinopsis

Matilda seorang bayi yang diadopsi oleh seorang keluarga dengan didikan yang salah. Matilda tumbuh menjadi gadis cantik yang cerdik dan pemberani. 

Matilda sedang mengasah kemampuan telekinetiknya
Matilda dengan kemampuan telekinetik (imdb.com)



Dengan kekuatan telekinetik yang ada dalam dirinya Matilda berhasil melawan dan mengerjai kepala sekolahnya Nona Trunchbull yang terkenal mengerikan di sekolah.. Film Matilda dikemas dengan genre sebagai film komedi, film keluarga dan film fantasi. 

Analisis

Analisis yang akan saya jabarkan berupa unsur cerita, tema, penokohan, dan alur film.

Unsur Cerita


Adegan nona trunchbull yang sedang marah dengan muridnya

Akting nona trunchbull sedang marah (imdb.com)


Film ini termasuk film yang ditonton dengan panduan orang tua. Berikut penjelasan unsur cerita dari Film Matilda (1996) ini;

1) Adegan yang berunsur seks dan ketelanjangan

Di bagian ini ada beberapa adegan ciuman cepat. Zinnia yang berbicara ditelepon yang mengacu pada "implan". Harry menyebut dua pria sebagai "binaragawan" dan "penari telanjang pria."

2) Adegan yang berunsur kekerasan dalam kategori ringan
  • Seorang wanita meraih lengan wanita lain dan mengancam untuk mematahkan lengannya seperti yang dia katakan sebelumnya.
  • Seorang wanita tampak menendang kucing. Ini terlihat terbang di udara sebelum melarikan diri.
  • Dalam kilas balik, Miss Trunchbull ditampilkan melemparkan seorang anak laki-laki keluar dari jendela lantai atas. Disebutkan bahwa dia 'hidup', tetapi dia tidak pernah sama lagi, ini menunjukkan bahwa dia mungkin telah lumpuh.
  • Seorang gadis dilempar dengan kuncirnya; dia terbang di atas pagar berduri dan mendarat di hamparan bunga. Dia  tidak dirugikan.
  • Seorang wanita melempar seorang anak laki-laki keluar dari jendela lantai dua. Dia terbang kembali, dia tidak terluka.
  • Seorang wanita melempar anak panah ke gambar siswa di papan dari di belakang pintu. Wanita lain membuka pintu tepat saat anak panah mengenai kusen pintu di dekat wajahnya.
  • Seorang wanita sering ditampilkan mengejar, mengancam, dan menyambar anak-anak.
  • Anak-anak melempar makanan ke seorang wanita.
  • Miss Honey memberi tahu Matilda sebuah kisah tentang bagaimana ibu gadis kecil ini meninggal, dan bibinya pindah untuk membantu ayahnya membesarkan. Tapi bibi itu jahat dan melecehkan gadis itu.
3) Adegan yang berunsur kata-kata kotor dengan kategori ringan
  • Banyak panggilan nama buruk oleh tokoh yang ditujukan untuk anak-anak
  • Salah satu penggunaan kata-kata ''cacing kencing.''
  • Ketika Matilda memberi tahu ayahnya bahwa dia sedang membaca Moby Dick, dia berkata 'Moby apa?'
  • Satu penggunaan kata "neraka."
4) Adegan yang berunsur alkohol, narkoba, dan merokok dalam kategori ringan

Seorang pria dan seorang wanita ditampilkan sedang minum bir. Nona Honey Matilda ditawari untuk minum bir tetapi dinolaknya.


Nona trunchbull sedang memakan roti di rumahnya
Salah satu adegan di rumah Nona trunchbull (imdb.com)


5) Adegan menakutkan dan intens yang masuk kategori sedang
  • Seorang anak laki-laki dipegang terbalik oleh Nona Trunchbull. Dia kemudian dijatuhkan di lantai.
  • Nona Trunchbull menendang seekor kucing hitam.
  • Kekuatan trunchbull memberi makan anak gemuk dan membuatnya makan kue coklat. Sangat kotor dan meresahkan
  • Miss Trunchbull digambarkan sebagai kepala sekolah yang kejam, tidak berperasaan, dan tegas.
  • Nona Trunchbull menghadapi, meneror, dan menggertak para siswa.
  • Nona Trunchbull mengunci anak-anak di "The Chokey", yang menyerupai peti mati dan cukup tinggi untuk berdiri. Paku menempel di pintunya dan uap keluar darinya saat dibuka. Tidak ada yang digambarkan benar-benar terluka karena berada di dalamnya.
  • Ketika seorang anak makan dua M&M di kelas, Nona Trunchbull memaksanya untuk memuntahkannya, dan kemudian dia melemparkannya ke luar jendela. Dia disebutkan selamat, tetapi dia tidak pernah sama setelahnya.
  • Ketika Miss Trunchbull menemukan Matilda dan Miss Honey berada di rumahnya, dia mengamuk dengan menggunakan bola dan rantai untuk mencari mereka. Adegan yang sangat intens dengan musik yang menegangkan dan mengancam di seluruh.

Tema

Film ini bertajuk film anak dan keluarga dan direkomendaasikan untuk rating umur 7+. Film ini merupakan film keluarga, yang diadaptasi dari sebuah buku dengan unsur komedi di dalamnya yang cocok ditonton untuk anak-anak dan keluarga.

Penokohan

Matilda WormWood adalah sosok gadis kecil yang cerdik, yang gemar membaca buku, membaca situasi keadaan, mempunyai kemampuan telekinetik, dan pemberani.
Harry WormWood dan Zinnia WormWood adalah sosok orang tua dari Matilda yang berkehidupan glamour, dengan watak yang licik.
Nona Trunchbull adalah sosok kepala sekolah berhati dingin yang membenci anak-anak di sekolahan Matilda. Nona Trunchbull ini berwatak keras dan kuat, dia juga paling ditakuti di sekolah.
Nona Honey adalah sosok ibu guru yang baik hati dan lembut di sekolah Matilda.

Alur Cerita


Matilda dan nona honey sedang berada di kelas
Adegan di film Matilda 1996 (imdb.com)

Matilda Wormwood adalah gadis kecil yang cantik dan cerdas. Sayangnya, orang tuanya, Harry dan Zinnia salah paham karena mereka pikir dia sangat berbeda. Seiring berjalannya waktu, dia akhirnya mulai sekolah dan memiliki guru yang baik yaitu Nona Honey dan teman-teman yang setia, dengan kepala sekolah yang sadis. Saat dia muak dengan kekejaman yang terus-menerus, dia mulai menyadari bahwa dia memiliki karunia kekuatan telekinetik. Setelah beberapa hari berlatih, dia tiba-tiba membalikkan meja untuk menghadapi Harry dan Zinnia dan memberi pelajaran kepala sekolah dengan kemampuan telekinetiknya.

Adapun aturan Crunchem Hall yang ada di sekolah itu (sesuai poster di kelas Miss Honey) antara lain;

  1. Tidak berbicara
  2. Tidak tertawa
  3. Tidak berbisik
  4. Tidak mengunyah permen karet
  5. Tidak ada pekerjaan rumah yang terlambat
  6. Tidak berlari di aula
  7. Tidak dikuncir
  8. Tidak makan
  9. Tidak mewarnai
  10. Tidak berdoa
  11. Tidak bermain
  12. Tidak melamun
  13. Tidak bersenang-senang

Evaluasi

Cerita antara buku dan film yang sedikit berbeda. Film ini menyiratkan bahwa, pada akhirnya Matilda mempertahankan kekuatannya. Namun dalam buku itu, dia kehilangan kekuatannya begitu dia dipindahkan ke kelas yang jauh lebih tua di mana dia jauh lebih tertantang secara intelektual secara teratur.

Pemeran sosok Matilda yang diperankan oleh beberapa pemeran sehingga jika dilihat dengan seksama sosok Matilda jelas berbeda. Matilda yang berusia 4 tahun diperankan oleh Sara Magdalin memiliki mata cokelat. Matilda yang tumbuh sebagai gadis kecil yang cerdik diperankan oleh Mara Wilson memiliki mata hijau hazel. Jelas kesinambungan antara kedua aktris itu tidak bisa sempurna, tetapi sangat terlihat, terutama ketika ada beberapa adegan close-up di mana mata Matilda ditampilkan dengan jelas.

Adegan cara mengadopsi anak yang digambarlan dengan mudah. Orang tua Matilda mengizinkan Nona Honey secara legal mengadopsi Matilda dengan menandatangani surat adopsi. Pada kenyataannya tidak sesederhana itu. Agar Matilda dapat diadopsi dengan benar, Wormwoods harus menandatangani banyak kertas kerja yang kemudian akan melalui pengadilan. Ini akan memakan waktu sehingga secara teknis Nona Honey akan dapat mengadopsi Matilda secara ilegal.

Review Film Matilda


Matild dan nona honey sedang mengintip rumah nona trunchbull
Matilda dan Nona Honey (imdb.com)

Film Matilda dibuat untuk memvisualisasikan novel yang di tulis oleh Roald Dahl. Skenario film ini dibuat oleh Nicholas Kazan dan Robin Swikord. Gambar ayah Miss Honey yaitu Magnus, sebenarnya adalah potret Roald Dahl, penulis buku "Matilda" yang menjadi dasar film tersebut.

Film Matilda mendapati peringkat bintang 6.9 di situs imdb.com. Dengan perkiraan budget pembuatan film sebesar 36 juta USD. Dan perkiraan pendapatan sebesar 33 juta USD dari film tersebut. 

Karakter favorit saya di film ini adalah Matilda dan Nona Trunchbull. Mengapa Nona Trunchbull menjadi karakter favorit saya. Ini karena Nona Trunchbull mampu berakting dengan sangat bagus yang dapat memacu emosional dan keteganggan.

Matilda 1996 termasuk film yang bagus sepanjang zaman. Walaupun film Matilda rilis ditahun 1996 film ini masih sering ditonton oleh pencinta film sampai sekarang. Film ini jelas sangat menghibur dan membuat saya senang setelah menontonya.

Konflik pada cerita ini adalah ketika seorang gadis kecil yang diadopsi oleh sebuah keluarga yang salah dalam didikannya. Dan membiarkan gadis kecil itu tumbuh dan bersekolah di sekolahan yang menyeramkan dan tidak tepat.

Alasan  Harus Menonton film Matilda 1996


Salah satu adegan yang menunjukan kemampuan telekinetik
Matilda dengan kempuan telekinetiknya (imdb.com)


Film Matilda ini mampu mengajak penonton film untuk masuk dan merasakan seakan-akan penonton berada dan terlibat di film tersebut. 

Cerita di film ini tidak membosankan serta banyak kejutan-kejutan adegan tidak terduga. Matilda 1996 film fantasi yang sangat unik dan patut di tonton.

Film ini ditujukan untuk semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak maupun dewasa disemua gender. Film ini menjadi film yang saya rekomendasikan untuk ditonton bersama keluarga di rumah.  Jadi seberapa besar anda tertarik untuk nmenonton fılm Matilda 1996 ini?


Sumber
www.imdb.com
Netflix Matiilda (1996)
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

24 komentar

  1. Ejosh,, mamakmu memang josh,,
    aku inget-inget lupa film ini, Mbak.. Seru banget emang ini film,,

    BalasHapus
  2. Ini film lama ya mbak. Belum pernah nonton sih tp sepertinya seru dan banyak pelajaran yg bisa dipetik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak film lama pemainnya udah pada jadi ibu".. ayoo mbak di tonton

      Hapus
  3. Aturan yang ada di sekolah itu jelas-jelas membatas ekspresi kita selaku manusia. Larangan yang tak masuk akal, yang membuat penasaran apa latar belakang dibalik diadakannya aturan itu.

    Seperti ada yang belum selesai dalam diri Si Pembuat aturan. Menarik untuk dipecahkan~

    Btw, di Neflix harus berlangganan dulu ya mbak? baru bisa nonton di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak klo dinetflix harus berlangganan cuma ada yang di share di youtube itu nemunya yang bahasa Turki

      Hapus
  4. Aku kaya Mbak Muzey, karakter favorit di film ini tuh Nona Trunchbull, bisa dibilang karakternya sangat kuat (bukan fisiknya aja) dlm film ini. Apalagi diperankan sangat baik... Bbrp nonton film yg kepseknya 'kejam', tp gak semenyatu Trunchbull gtu karakter tokoh sama pemainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nona Trunchbull ngeri aq aja sampai ikut deg"an takut kena bogem

      Hapus
  5. Keren bgt mb...aku belum pernah nonton film ini, tapi sptny ini menarik bgt unt ditonton bareng anak2 ya

    BalasHapus
  6. Film lama tapi masih melekat ya mbak. Peraturan sekolahnya serem bgt tpi 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru nonton aq mbak hihihi baru nemu juga.. serem mbak klo masuk sekolah nya

      Hapus
  7. kalau ngajak anak nonton film ini harus didampingi orangtua ya :)

    BalasHapus
  8. Ini film sering aku lihat di yutub eh baru tau ini film legend

    BalasHapus
  9. Masya Allah. Iniah super duper ulasannya. Saya jadi penasaran kayak apa filmnya. Apa semenarik ulasannya Mba Muze? Hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film nya lebih menarik mbak yang matilda 1996 ya soale ada Matilda lainnya

      Hapus
  10. Belum pernah nonton mba.. Kayaknya seru bangeet filmnya penasaran sm pemeran Matilda..

    BalasHapus
  11. Harus nonton, nih, supaya menghilangkan kepenasaran. Apalagi bnyk nilai yg bisa diambil, ya. Keren juga punya kampuan telekinetik, apalagi dibalut dengan unsur komedi, pasti seruu. Thanks for reviewing lengkapnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur thank you kembali mbak nita ayoo di tonton filmnya

      Hapus
  12. Film lama banget ya ini...kadang-kadnag masih sering muncul loh di TV...dan saya masih terpana dengan jalan ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener mbak dan aq juga barusan nonton belum lama ini

      Hapus

Posting Komentar