muzeyyen salik

Pasar Senggol Wadah Diaspora Bagi Para UMKM

foto bersama sanggar tie tie pada acara pasar senggol


Pasar senggol wadah diaspora bagi para UMKM. Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki berkolaborasi dengan PPI Dunia, dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul beserta kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan Festival Pasar Senggol.

Pasar Senggol wadah diaspora bagi para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pasar senggol merupakan Festival Ekonomi dan Budaya Indonesia di Turki. Yang dikemas dalam festival bazar produk dan jasa serta pameran kebudayaan.


brosur pasar senggol


Sebagai wadah untuk para diaspora Indonesia di Turki yang memiliki produk, barang dan jasa. Ide pasar senggol ini tercetus dari beberapa pengalaman diaspora Indonesia yang berada di Turki yang selalu ikut berpartisipasi dalam suatu Festival Tahunan yang diselenggarakan oleh beberapa Komunitas di Turki seperti Thailand Market, IWI (International Women of Istanbul) dan bazar lainnya.


foto display produk pameran di luar negeri


Ada sebanyak 14 UMKM Indonesia binaan BUMN dalam wadah rumah BUMN memamerkan berbagai produk seperti kerajinan, perhiasan, pakaian, dan makanan. Festival yang didukung Konsulat Jenderal Republik Indonesia KJRI Istanbul digelar di Halic Congress Center Istanbul pada hari minggu 5 juni 2022.

Festival ini juga dimeriahkan dengan serangkaian pagelaran seni budaya, panggung rakyat, dan fashion show, yang ditampilkan oleh para diaspora dan pelajar Indonesia.

foto bersama salah satu penari tradisional


Festival pasar senggol dihadiri diaspora asing dari Philipina, Thailand, dan Malaysia serta warga dan pebisnis setempat.


diaspora asing sedang menyiapkan pesanan untuk pembeli


Pasar Senggol merupakan Festival perdana pada tahun 2022. Festival pasar senggol ini dibuka untuk umum khususnya para UMKM yang ada di Turki. Tetapi untuk para UMKM yang ada di Indonesia juga bisa mengikuti acara ini.

Untuk biaya pendaftaran bagi para UMKM ini sebesar Rp 1.000.000,- melalui link yang disediakan. Dengan fasilitas stand ukuran meja 100x80cm, dan fasilitas lainnya. Sementara satu meja bisa diisi dengan dua orang.


Hiruk pikuk pengunjung di pasar senggol


Untuk para pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 10 lira. Sedangkan acara berlangsung selama satu hari saja dari pukul 10.00 - 19.00 waktu Turki.


Para peserta pasar senggol ini yaitu pelaku dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Turki sendiri antara lain, oemahmakrome, ipemi turki, fardal yilmaz jewels, warung bali, nira's kitchen, waroeng nuriye, jejeg bali, ayoe batik, bucket florist, dan lain sebagainya.


foto diaspora umkm sedang melayani customer


Sedangkan untuk acara pagelaran seni budaya dimeriahkan dari Sanggar Tie Tie yang mempersembahkan antara lain tari Patuddu yaitu salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sulawesi Barat.


pertunjukkan tari tradisional di Pasar Senggol


Ada tari Dandaman Banua yang berasal dari Banjarmasin.


Adegan tari Bambangan Cakil


Ada tari Bambangan Cakil yang merupakan salah satu tari klasik yang ada di Jawa khususnya Jawa Tengah. Tari ini diadopsi dari salah satu adegan yang ada dalam pementasan wayang kulit yaitu pada adegan perang kembang. Yang menceritakan perang antara ksatria dan raksasa.

Ada juga tari Piring yang merupakan tarian tradisional Minangkabau yang menampilkan atraksi menggunakan piring. Dan berbagi tarian lainnya.


Untuk acara fashion show dimeriahkan dari Islamic Fashion Institute (IFI) by Edutolia Education. Beberapa model memamerkan beberapa fashion dengan model hijab yang sangat luar biasa.

Tujuan Festival Pasar Senggol


Pameran dagang bazar kuliner dan juga festival budaya terpadu bertajuk Festival Perdana Pasar Senggol Turki ini, bertujuan menjadi wadah bagi komunitas diaspora Indonesia di Turki yang memiliki baik produk, kuliner, barang dan jasa


salah satu stand di pasar senggol


Memberikan peluang dan meningkatkan penjualan produk UMKM diaspora untuk dapat memperkenalkan dan memasarkan produk mereka ke masyarakat luas di Turki dan expat yang berada di Turki.

Mewujudkan pasar senggol perdana yang independen untuk dijadikan kegiatan tahunan di Turki.

Tidak hanya itu festival ini juga memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia ke mancanegara khususnya masyarakat Turki.


tari tradisional di pasar senggol turki


Dengan misi membawa nilai kewirausahaan dan kebudayaan Indonesia yang akan dipromosikan kepada masyarakat Turki dan Mancanegara.

Pasar Senggol ini dimeriahkan oleh berbagai diaspora Indonesia yang berada di Turki, yakni oleh BUMN, WNI yang tinggal maupun datang langsung dari Indonesia.

Terdapat 6 BUMN yang turut hadir dalam memeriahkan festival ini, termasuk dari BRI, PLN, Telkom, Pertamina, BNI dan Mandiri.

Banyak sekali produk yang dikenalkan dan ditawarkan para UMKM ini seperti kerajinan kayu, rotan, mutiara yang didatangkan dari Indonesia secara langsung.

Ada juga beberapa kerajinan tangan seperti wayang, makrome, bouquet bunga. Beberapa UMKM juga memasarkan dan menawarkan kain dan pakaian batik, kain songket, dan kain sutra dari Indonesia. Adapun bentuk jasa pengiriman barang yang ditawarkan di Pasar Senggol ini.


Jajanan pasar dan snack asli Indonesia juga dijumpai disana. Berbagai macam kuliner juga ditawarkan disana.

Dari kuliner asli Indonesia, Filipina, Thailand, maupun Malaysia. Penjaga stand tentu dari perwakilan negara masing-masing yang mendaftar sebagai pelaku UMKM tersebut.


Rundown Acara


Pada pukul 10.00 acara Perdana Festival Pasar Senggol di buka secara resmi untuk umum. Disini sudah terlihat antusias masyarakat Turki, para warga negara Indonesia, dan Warga Negara Asing lainnya yang tampak berbondong-masuk masuk kedalam gedung Halic Congress Center ini.

Acara ini juga dihadiri Kedubes Indonesia, Kedubes Turki, Konjen RI Istanbul, Kedubes Malaysia, Kedubes Vietnam, Kedubes Australia, dan Kedubes Korea Selatan. Acara dilanjutkan dengan dance dan berbagai performance.

Kemudian dilanjutkan dengan business talks dengan narasumber Gülçin Durişti dengan tema Microblading Master Training. Yang membahas tentang instruktur yang tepat berafiliasi dengan dunia. Cara memulai dan belajar Microblading dengan mudah. Dan ada juga sambutan dari Ibu Linda Duristi sebagai ketua pelaksana kegiatan.

Konjen RI di Istanbul Bapak Imam As'ari dalam konferensi pers menyebut acara ini menjadi ikon kegiatan ekonomi dan Budaya diaspora Indonesia di Turki yang diselenggarakan reguler setiap tahun.

Pada pukul 12.00 waktu turki dilanjutkan dengan main event. Kemudian acara breaktime sebentar. Pada pukul 14.00 waktu Turki dilanjutkan dengan fashion show. Kemudian dilanjutkan dengan acara Launching UMKM BUMN Go Global. Pada pukul 16.15-19.00 waktu Turki diadakan Public Stage.

Display Produk


Display produk ini berlaku bagipara pelaku usaha yang mempunyai minat untuk berpartisipasi dalam Festival Pasar Senggol ini, namun masih berhalangan hadir ke tempat acara. Panitia festival menawarkan solusi untuk mempromosikan produk unggulannya.


foto display kerajinan tangan makrome

Dengan skema  "Display Produk", para pelaku usaha akan menerima fasilitas menarik seperti;

  • Promosi produk di acara pasar senggol
  • Menerima feedback dari pengunjung untuk market test.
  • Menerima dokumentasi foto produk di acara
  • Menerima dokumentasi video produk di acara

Dan tidak dirasa ternyata acara perdana Festival Pasar Senggol di Istanbul ini berjalan dengan baik dan sukses hingga mencapai kurang lebih 2.500 pengunjung.


Manfaat Mengikuti Festival  Mancanegara



Menurut saya manfaat mengikuti festival di kelas mancanegara ini, adalah sebagai berikut;

1. Mendapat pengalaman yang luar biasa.
2. Memahami minat pasar di kelas Internasional.
3. Bertambahnya relasi.
4. Produk kita dikenal oleh masyarakat luas.
5. Bentuk pengembangan diri.
6. Memahami teknik berdagang di kelas Internasional.

Semoga pasar senggol sebagai wadah diaspora UMKM yang bisa berjalan di tahun mendatang dan tahun-tahun selanjutnya. Dan semoga kita semua bisa berpartisipasi sebagai diaspora UMKM di acara Pasar Senggol ini.


Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

10 komentar

  1. Senangnya punya banyak kegiatan yg positif dan menghasilkan, ya, mba. Bukan hanya di Indo saja UMKM diperhatikan, bahkan di luar terutama di Turki SDH ada wadahnya. MasyaAllah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener mbak...disni malah banyak sie mbak forum" gtu mbak..

      Hapus
  2. Keren banget sih mbak kegiatannya asli!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak ada kesempatan buat ikut Event ini

      Hapus
  3. Wah seru bgt ini acaranya banyak jajanaaaan. Tapi mahal bgt ya mba daftarnya.

    BalasHapus
  4. Mba kegiatanny selalu asik bgt ya untuk di ikuti...dn sptny banyak bgt ni kegiatanny👍keren

    BalasHapus
  5. Wah keren mbak acaranya. Bisa sekaligus memperkenalkan kerajinan dan kebudayaan indonesia ya.

    BalasHapus
  6. Keren yaaaa kompak sekali disana. Ingin juga produk kita go internasional. Mbk klo di turki apakah ada umkm versi turki juga ?

    BalasHapus
  7. Pastinya senang bangeet ya mba kalau karya kita bisa hadir di acara spt ini..
    Semakin semangat berkarya dan memberi manfaat untuk org lain

    BalasHapus
  8. acara yang positif dan bermanfaat ya, mbak,, bisa mengenalkan budaya kita di luar negri,,

    #Cayooo Ece yang selalu jadi penyemangat mama :)

    BalasHapus

Posting Komentar