muzeyyen salik

12 Ide Kreatif Bersama Anak

12 Ide Kreatif Bersama Anak
Mengasah kreatifitas anak sangat membantu dalam perkembangan kemampuan sosial, emosional, intelektual serta fisiknya. Lewat kreatifitas juga memungkinkan anak untuk dapat membagikan pemikiran, gagasan, serta perasaannya. 

Peran penting orang tua juga sangat berpengaruh. Dengan mengajak anak kita bermain bersama akan menumbuhkan bounding antara orang tua dan anak. Dengan mengajak anak bermain, si kecil juga merasa mendapat kasih sayang dan perhatian lebih.
Tips bermain bersama anak

Tips Bermain Bersama Anak

Bagaimanapun anak akan merasa aman jika dalam pengawasan orang tua. Di sini saya akan berbagi tips bermain bersama anak.

Beberapa tips bermain bersama anak antara lain;

1) Ajak anak berinteraksi dengan orang lain

Mengajak anak berinteraksi dengan orang lain atau teman sebayanya akan menambah kosakata anak dalam berkomunikasi. Dia juga bisa belajar bersosialisasi dengan masyarakat.

2) Ajak bermain dengan permainan sederhana

Kıta bisa memulai dengan mengajak anak bermain permainan yang sederhana. Jika anak telah dianggap mampu kita bisa memberi mainan yang satu tingkat di atasnya. Ini akan mengasah kemampuan anak menjadi lebih baik.

3) Berikan permainan yang edukatif

Memberikan permainan edukatif merupakan keputusan yang sangat tepat. Permainan edukatif dapat mengasah kemampuan otaknya dan belajar menyelesaikan masalah.

4) Sediakan ruang yang aman bagi anak

Keamanan adalah hal terpenting yang harus kita perhatikan. Untuk itu kita harus menyediakan ruang yang aman dan tetap mengawasi anak-anak kita agar tidak terjadi kejadian yang tidak di inginkan.

5) Beri stimulasi sesuai usia anak

Memberikan stimulasi dapat merangsang kemampuan dasar kepada anak kita. Untuk itu sebelum mulai bermain berikan stimulasi yang sesuai dengan usia anak.
12 ide kreatif bersama anak

12 Ide Kreatif

Seorang anak mempunyai bakatnya masing-masing. Bakat seorang anak harus mulai diasah dan dikembangkan melalui kreatifitas sejak dini.

Berikut ide kreatif yang bisa dilakukan bersama anak;

1. Ide kreatif dari kancing

Menumbuhkan ide kreatif tidak serta merta dari bahan-bahan yang baru. Kita bisa mengajak anak mengunakan kancing bekas untuk membuat kreatifas. Beri kebebasan anak untuk berkarya dan berkreasi.

2. Ide kreatif dari kertas bufallo

Kıta bisa menggunakan kertas bufallo untuk mengajak anak berkreasi. Yang kita butuhkan hanya gunting, pensil dan lem untuk merakit, membentuk, dan menempelkan kertas.

3. Ide kreatif dari botol bekas

Ide kreatif selanjutnya dari botol bekas. Manfaatkan botol bekas untuk membuat sebuah karya yang unik. Disamping bisa mengasah ketrampilan anak, botol bekas yang kita manfaatkan ulang bisa mengurangi sampah untuk mendukung program pelestarian hutan.
Pengembangan kreatifitas anak

4. Ide kreatif dari buah dan sayur

Tidak kalah unik buah dan sayur juga bisa dijadikan ide untuk berkreatifitas. Kıta bisa mengajak anak membuat berbagai bentuk dari buah dan sayur. Ide ini bisa juga menumbuhkan minat anak untuk mau memakan buah dan juga sayur.

5. Ide kreatif dari stick ice cream

Bantu anak untuk menciptakan ide kreatif dari stick ice cream. Stick ice cream ini juga bisa diberi beberapa warna untuk melatih anak mempelajari berbagai warna.

6. Ide kreatif dari kain flanel

Kain flanel sangat mudah di jumpai dan harganya juga cukup terjangkau. Kita hanya membutuhkan gunting, pensil untuk membuat pola, benang serta jarum jika di butuhkan. Kita bisa mengajak anak membuat berbagai bentuk dari kain flanel.
Berkreasi bersama anak

7. Ide kreatif dari play dough

Play dough merupakan mainan edukasi yang bisa diberikan untuk anak. Ajari anak bagaimana cara membentuk sesuatu dari play dough dan biarkan anak berkarya seperti apa yang ada dipikirannya.

8. Ide kreatif dari kain

Kain juga bisa digunakan untuk membuat beberapa karya seperti boneka. Kita bisa menggunakan kain bekas, serta alat dan bahan yang ada. Ajak anak untuk tetap andil membuat kreasi dari kain ini.

9. Ide kreatif dari batu

Siapa sangka batu bisa menjadi suatu karya yang indah. Ajak anak kita untuk membuat ide kreatif dari batu dan biarkan dia menuangkan semua ide-idenya. Di sini kita hanya membutuhkan beberapa cat akrilik untuk membuat gambar unik dari batu.
Mengembangkan kreatifitas anak

10. Ide kreatif dari kayu

Kayu bisa dijadikan media untuk menuangkan ide kreatif. Kita bisa mengunakan kayu sisa olahan. Tapi kita juga harus mengawasi anak dalam proses membuat kreatifitas dari kayu. Agar anak kita tetap aman dari cidera atau sesuatu yang tidak kita inginkan.

11. Ide kreatif dari bunga pinus kering

Bunga pinus kering salah satu bahan kerajinan tangan yang mudah kita jumpai. Bunga pinus dengan beberapa aksesoris dan pewarna dapat meningkatkan kreatifitas anak-anak kita.

12. Ide kreatifitas dari tanah liat

Tanah liat hampir sama dengan play dough, bisa di bentuk sesuai yang kita inginkan. Ajak anak kita menuangkan ide kretifnya dengan tanah liat dan biarkan dia berkarya. 
Motifasi tentang kreatifitas
Banyak cara untuk menumbuhkan kreatifitas terhadap anak. Pemanfaatan barang bekas serta barang yang sering kita jumpai bisa menjadi salah satu alternatif. Dan perlu diingat bahwa kreatifitas membutuhkan keberanian.
QnA seputar kreatifitas
Peran orang tua untuk menunjang kreatifitas anak sangat penting. Kalau menurut kalian ide kreatif apa yang bisa dilakukan bersama anak? Jawab pertanyaan kamu di kolom komentar uya....

Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

Posting Komentar