muzeyyen salik

12 Fakta Unik Yang Wajib Kalian Tahu Sebelum Traveling Ke Turki

12 Fakta Unik Tentang Turki
Akhir - akhir ini Turki menjadi negara yang banyak diminati para wisatawan. Ini karena Turki mempunyai banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Bangunan kuno bersitektur indah, budaya, serta makanan khas Turki menjadi salah satu daya tarik para pelancong. 

Dibalik itu semua Turki mempunyai beberapa fakta unik untuk kamu para traveller sebelum mengunjungi Turki. Mari kita simak sederet fakta negara Turki yang akan saya suguhkan untuk kamu berikut ini.
12 Fakta unik di Turki

12 Fakta Unik Negara Turki

Turki mempunyai fakta unik yang mungkin belum kalian tahu. Fakta-fakta unik itu adalah sebagai berikut;

1) Berada di Dua Benua Asia & Eropa

Siapa nich yang baru tahu kalo faktanya negara Turki berada di antara dua benua yaitu Benua Asia & Eropa. Tepatnya di Istanbul yang terkenal sebagai satu-satunya kota yang berada di dua benua. Tiga persen berada di Eropa dan 97 persen berada di Asia.

2) Ibu Kota Ankara

Pasti kalian juga tidak menduga ternyata ibu kota di Turki adalah Ankara. Yach, meskipun Istanbul adalah kota besar dan metropolitan.

3) Konstantinopel

Istanbul dulu adalah Konstatinopel. Penamaan Istanbul bermula dari kemenangan Sultan Muhammad AL-Fatih (Sultan Mehmed II) menguasai Konstantinopel. Setelah 53 hari berjibaku angkat senjata, dengan semangat jihad pasukan Sultan Mehmed II akhirnya berhasil menundukkan Bizantium.

Pada 29 Mei 1453, setelah penantian 800 tahun ibu kota Kekaisaran Bizantium atau Romawi Timur itu jatuh, Konstantinus XI selaku raja pun terbunuh, dan lahirlah cikal-bakal Istanbul.
Fakta-fakta Unik di turki

4) Grand Bazaar Istanbul

Grand Bazaar Istanbul didirikan pada tahun 1455 atau setelah penaklukan Ottoman atas Konstantinopel. Grand Bazaar sekarang berkembang menjadi pusat perbelanjaan dengan 4.000 toko yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan di Istanbul.

5) Çatalhöyük

Çatalhöyük adalah pemukiman tertua di dunia dan juga merupakan komunitas agraris pertama. Çatalhöyük juga sebagai pemukiman Neolitik dan Kalkolitik yang sangat besar di Anatolia Tengah yang dihuni 9,000 tahun lalu. Kabarnya, pemukiman ini telah dihuni tanpa henti selama kurang lebih 2,000 tahun. Catalhoyuk juga sudah masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2012.

6) Cappadocia

Cappacocia adalah tanah kuno di mana orang-orang Kristen awal bersembunyi di kota-kota bawah tanah dan gua-gua ketika melarikan diri dari kekaisaran Romawi. 

Sekarang Cappadocia terkenal dengan balon udaranya, kamu juga bisa melihat keindahan panorama Turki dari ketinggian saat menaiki balon udara.
Kebiasaan orang turki

7) Ruang Terpisah

Biasanya di Turki akan akan ruangan terpisah untuk antara laki-laki dan perempuan saat pertemuan keluarga. Saat ada tamu laki-laki perempuan tidak boleh ikut nimbrung begitu juga sebaliknya.

8) Hagia Shopia

Mesjid paling terkenal di Istanbul Hagia Sophia asalnya adalah katedral dari zaman Byzantium di abad ke 6. Selama 900 tahun menjadi gereja terpenting dalam agama Kristen. Pada abad ke 15, Kota Konstantinopel (sekarang ini Istanbul) jatuh ke tangan Turki Utsmani pada 1453, Sultan Mehmed II mengubah gereja agung ini menjadi masjid.

9) Komsunsi Teh

Negara Turki ternyata dinobatkan sebagai konsumsi teh tertinggi, karena 96% penduduk Turki sangat menyukai minum teh. Ketua Asosiasi Kedai Minum di Turki menyebutkan rata-rata orang Turki mengkonsumsi 1.300 cangkir teh setiap tahunnya. Artinya, warga Turki mengkonsumsi sekitar 3-5 cangkir teh per hari dan jumlah itu akan meningkat 10 cangkir selama musim dingin. Hal ini membuat Turki menjadi negara dengan tingkat konsumsi teh teratas di dunia.

Adab bertamu di turki10) Tawar - Menawar

Tawar-menawar adalah bagian besar dari budaya Turki yang dapat ditemukan dengan mudah di manapun. Jadi jangan sungkan untuk menawar jika kamu pergi dan berbelanja di Turki ya.

11) Cara Menyapa

Orang Turki biasanya akan berjabat tangan jika bertemu. Kemudian menempelkan kepala satu sama lain. Sedangkan untuk orang terdekat dan keluarga, biasanya saling menyapa dengan memberikan ciuman di pipi yang didahului dengan mencium tangan bila berjumpa dengan yang lebih tua.

12) Adab Bertamu

Saat bertamupun orang Turki mempunyai fakta unik yaitu pemilik rumah mengucapkan salam "Hoşgeldin" yang bearti ucapan selamat datang, senang bertemu dengan anda. Sedangkan untuk pengunjung harus membalasnya dengan jawaban "Hoşbulduk" yang bearti senang kita bisa bertemu. 
Turki benar visa

Ternyata banyak juga ya fakta unik tentang Turki. Kamu juga akan merasakan ketakjubannya secara langsung jika kamu berkunjung ke Turki. 

Dan kabar baiknya adalah Turki telah memberlakukan bebas visa untuk wisatawan Indonesia. Jadi tunggu apalagi? Ayo rancang destinasimu segera untuk liburan ke Turki.

QnA seputar turki

Kamu sekarang sudah tau beberapa fakta unik negara Turki. Jika kamu berkesempatan ke Turki di mana tempat yang ingin kamu kunjungi? Tulis jawaban kamu di kolon komentar ya...

Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

10 komentar

  1. Terimakasih mbak anonymous ku😘😘😘😂😂😂

    BalasHapus
  2. ke Turki bebas visa? wah... cocok ini buat yang mau berlibur ke luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener mas..ayo ayo kemari mata uang uang lira juga lagi anjlok jadi semua murah

      Hapus
  3. Cappadocia jadi inget sinetron indonesia yg viral itu. Fakta²nya unik. Baru tau juga. Eh bebas visa ya. Turki makin ramai pelancong ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Layangan putus ya mbak.. hihi.. Iyaa mba lagi bebas visa banyak bgt yang kesini bahkan untuk kerja

      Hapus
  4. Paling nyantol di salah satu kebiasaan orang di Turki adalah minum teh. Bahkan ada waktu khusus untuk ngeteh ya, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir tiap hari ngeteh Pak Ugi orang mertamu bisa sampe jam 12 malam ke atas dan ngeteh sampe kembung😂

      Hapus
  5. wah jadi semakin penasaran dengan Turki, semoga ada rezeki untuk berkunjung ke Cappadocia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin bismillah mudah"an ya mbak.. segera di ijabahi

      Hapus
  6. Aku mau mengunjungi mbak Yeyen nih kalau ke Turki. Aku jadi banyak belajar tentang Turki dari postingan-postinganmu lho mbak,

    BalasHapus

Posting Komentar