Muzeyyen Salik Banner

8 Pilihan Mainan Edukasi Terbaik Untuk Si Kecil

Mainan edukasi untuk si buah hati

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Di sini kita harus memahami bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Sebagai orang tuapun juga harus mempertimbangkan apa yang baik untuk anak-anaknya.

Memilih mainan edukasi terbaik untuk si kecil adalah pilihan yang tepat. Dari pada harus membiarkan mereka sibuk dengan gadgetnya. Karena tanpa disadari gadget akan menyebabkan kecanduan dan merusak mental si anak. Karena itu alangkah sebaiknya kita mengganti gadget dengan mainan edukasi untuk si kecil.
Tips Membeli Mainan Edukasi
Siapa sich yang tidak suka diberi hadiah berupa mainan. Bahkan tanpa kita sadari yang paling di tunggu-tunggu dari anak-anak kita adalah sebuah mainan. Lalu bagaimana tips membeli mainan untuk anak-anak?

Hello all, kalian tidak usah khawatir untuk memilih mainan yang tepat untuk si buah hati. Yang jelas mainan yang harus kita pilih tentu harus mempunyai manfaat, maksud dan tujuan. Untuk itu saya akan membahas tips membeli mainan untuk anak.

Tips Membelikan Mainan Untuk Anak

• Mainan yang bersifat edukasi

Kadang masih banyak diantara kita yang tanpa berpikir panjang membeli mainan untuk anak. Tanpa memikirkan manfaatnya tapi yang penting anak senang. Bukankah kita juga perlu memikirkan perkembangan otak mereka. Karena itu pilihan terbaik untuk anak kita adalah mainan yang bersifat edukasi. Dengan mainan edukasi anak-anak bisa bermain sambil belajar.

• Mainan yang bersifat karakteristik

Mainan bersifat karakteristik ini juga tidak kalah penting. Kita bisa memberinya mainan sesuai kecintaan dan karakter mereka, misalnya si anak suka dengan pesawat. Maka kita bisa memberikannya sebuah mainan pesawat atau semua yang berhubungan dengan pesawat. Ini tak lain bertujuan untuk mendukung minat atau cita-citanya.

• Mainan yang sesuai usia

Memilih mainan juga tidak boleh asal-asalan harus disesuaikan dengan usianya. Dengan memilih mainan yang seusianya ini akan membantu merangsang  pertumbuhan dan perkembangan otak mereka.

• Mainan dengan warna bervariasi

Meskipun anak-anak suka dengan mainan, jangan salah kalau mereka juga bisa bosan. Apalagi dengan mainan yang itu-itu saja tidak variatif. Untuk itu kita bisa memilih mainan dengan warna bervariasi. Disamping anak tidak akan bosan, dia juga bisa belajar menghafalkan warna.

• Mainan dengan kualitas barang terbaik dan aman

Tips lain saat ingin membeli mainan adalah pilih mainan dengan kualitas barang terbaik dan aman. Baca deskripi atau tanyakan langsung kepada penjual mainan mengenai material bahan yang digunakan. Dan pastikan mainan itu aman untuk si kecil.
Mainan edukasi untuk anak

Mainan Edukasi Untuk Si Buah Hati

Mainan edukasi sangat membantu untuk perkembangan otak si kecil. Dengan mainan edukasi buah hati kita bisa berfikir, mengeskpresikan semua ide dan pikirannya. 

Berikut mainan edukasi untuk si buah hati yang bisa menjadi pilihan;

1) Puzzle warna

Mainan ini mampu membantu untuk mengingat serta mengenali warna. Kita juga bisa memilih level puzzle untuk mengupgrade perkembangan anak.

2) Balance shape

Mainan ini mendorong kemampuan otak anak dalam berfikir logis dan mengenali bentuk ruang. Tidak hanya itu anak akan berlatih menyelesaikan masalah, membantu untuk berkonsentrasi dan lebih fokus.
Education Toys

3) Alat transportasi

Alat transportasi juga pilihan yang tepat sebagai mainan edukasi. Mainan ini membantu untuk mengenali berbagai alat transportasi, dan menambah wawasan anak. Kita juga bisa memberikan mainan sesuai minat si kecil seperti alat kedokteran. Karena siapa tahu ternyata si kecil bercita-cita menjadi dokter.

4) Alat musik

Mainan ini membantu untuk merangsang indera pendengaran. Serta sebagai cara untuk pengembangan hobi si kecil dan cita-citanya.

5) Papan gambar

Mainan ini mendorong kemampuan anak untuk mengeksplor apa yang ada di pikiran si anak. Papan gambar juga bisa menjadi sarana anak untuk belajar menulis.
mainan-perangsang-kecerdasan-otak

6) Lego

Mainan ini juga dapat melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Serta dapat meningkatkan kreatifitasnya. Kita juga bisa memberikan mainan lego sesuai level si anak.

7) Jenga

Mainan ini membantu untuk melatih kemampuan analisa dan strategi pada anak. Mainan ini juga sangat menyenangkan jika dimainkan bersama keluarga.

8) Play dough

Mainan ini dapat melatih kemampuan motorik anak melalui kreatifitas dan imajinasinya. Tapi yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan yang tepat dan aman. 
Let's choose your toys
Ternyata mainan edukasi banyak sekali pilihannya yang bisa di jadikan hadiah atau surprise untuk si kecil. Jadi tunggu apalagi, yuk pilih mainan edukasi yang tepat untuk si kecil. 
Qna Mainan edukasi terbaik
Nah sekarang jika kamu disuruh memilih mainan untuk si kecil kamu pilih mainan yang mana nich? Yuk ikuti QnA di atas, tulis jawaban kamu di kolom komentar ya....








Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

22 komentar

  1. Kalau anak-anak kecil di bawah 1 tahun tuh biasanya masih suka makan2 apapun yg dipegangnya. Makanya penting banget untuk memilih mainan yang aman. Tentu saja, pengawasan orang tua nomor satu sih

    BalasHapus
  2. Banyak pilihan mainan edukasi buat si kecip ya. Yang penting pilih bahan yang aman biar tetap aman untuk kesehatan.

    BalasHapus
  3. Saladin (11 tahun) lagi suka main lego dan emang bukan sekadar mainan ya tapi nambah kreativitas juga. Ortu kudu pinter2 belikan mainan buat anak.

    BalasHapus
  4. Jadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk memilih mainan yang pas, ya. Secara anak sekarang lebih akrab dengan gadget.

    BalasHapus
  5. Bener. Dunia anak adalah dunia bermain. Sebaiknya memang nggak dibiasain main gadget. Karena ada banyak hal yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah kecanduan gadget.

    BalasHapus
  6. Keponakan saya yang paling kecil, sangat suka dengan ondel-ondel. Jadi mainana apa saja kalau bisa ada unsur gambar ondel-ondelnya. Untung tinggal di Depok, jadi masih mudah didapat. Tapi justru karena dibelikan mainan sesuai kesukaannya, jadi dia semakin semangat memainkan.

    BalasHapus
  7. Memilih mainan edukasi yang tepat untuk buah hati merupakan investasi penting dalam mendukung tumbuh kembang mereka. Mainan yang tepat tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga mampu menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak, seperti kognitif, motorik, bahasa, dan sosial.

    BalasHapus
  8. wajib banget ini si kecil diberikan berbagai mainan edukasi seperti itu agar dapat menstimulus kemampuan motorik dan kognitif

    BalasHapus
  9. Mbak, Jenga itu yang seperti apa ya? saya baru tahu nih permainan ini
    ragam mainan edukasi saat ini sudah semakin banyak ya, jadi tidak membosankan

    BalasHapus
  10. Anak saya sudah pernah bemain dengan hampir semua mainan tersebut di atas. Jenga yang belum pernah, karena saya pun baru tahu. Entar kalo dapat Jenga, pasti akan saya cobakan juga.

    BalasHapus
  11. Asiik lego jadi rekomendasi mainan dari kak Tri juga. Soalnya ini mainan kesukaan ponakan daku yang masih balita, dan mainnya bareng daku sebagai aunty nya yang cute hihi

    BalasHapus
  12. Jadi ingat dulu ketika anak-anak masih kecil, saya juga suka berburu mainan edukasi untuk mereka. Sebelum memilih mainan edukasi, sebaiknya cari tahu minat anak supaya bisa memberikan mainan yang tepat untuk menstimulasi kemampuan mereka.

    BalasHapus
  13. Mainan edukasi untuk anak bantu perkembangan otaknya juga ya mbak. Melatih motoriknya daripada anak bermain gadget terus, lebih baik kita kenalkan mainan yang merangsang kecerdasannya. Yang penting bahannya aman dan sesuai dengan usianya.

    BalasHapus
  14. Akuu mau pilih yang sesuai dengan usia si kecil. Sekarang aku suka main masak-masak bareng adekku. Bukan hanya mendampingi aja, tapi aku juga ikut main wkwkkw, jadi nostalgia waktu kecil. Selain itu, adekku juga lagi seneng-senengnya mainan papan tulis. Walaupun belum bisa baca, tapi minat pada gambar dan tulis menulisnya lumayan tinggi. Punya uang yang pengen dibeli buku bukan jajan. Jadi terharu :)

    BalasHapus
  15. Paling sering lego dan puzzle karena emang manfaatnya banyak. Selain itu, aku kurang familiar sama Jenga ini sih. Ternyata setelah lihat gambarnya kayak UNO stack itu yah?

    BalasHapus
  16. Banyak banget ya mainan buat si kecil. Nah ortunya nih yg hrs jeli. Mainan bkn hny sekadar mainan tp jg bs jd tuntunan dan sarana belajar.

    Jd kita bs sekaligus ngajarin anak ttg sesuatu tuh. Bs belajar sambil bermain.

    BalasHapus
  17. ide mainannya keren keren banget ini. tapi dari semua mainan itu, bagiku yang paling penting, waktu kita sebagai orang tua, main bareng dengan anak ya

    BalasHapus
  18. sekarang mah gak susah cari mainan edukasi ya mba, udah banyak yang jual. gak kaya jaman anak pertamaku masih toddler agak susah nyarinya dan lumayan pricey. sekarang mah banyak, mudah di dapat dan lebih affordable. btw, jenga aku belum pernah nyobain loh, sering liat sih di film film, hehe

    BalasHapus
  19. rekomendasi mainan anaknya bisa jadi rekomendasi buat saya kak, idenya bagus-bagus kebetulan juga punya keponakan kecil bisa jadi referensi juga untuk mereka

    BalasHapus
  20. Anakku paling suka dengan mainan alat transportasi. Paling suka dengan ambulance dan bis sekolah

    BalasHapus
  21. Memilih permainan edukasi anak ini memang super tricky yaa..
    Karena inginnya anak-anak juga mendapatkan pengalaman bermain yang seru sekaligus belajar banyak hal. Kalau di sekolah anak-anak biasanya diajarin mainan tradisional, seperti congklak, engklek, lompat tali atau bola bekel.

    BalasHapus
  22. Mainan edukasi buat anak memang lebih bermanfaat. Bahkan kalo bisa kreasi sendiri, jadi lebih asyik mainnya, hehe..

    BalasHapus

Posting Komentar