muzeyyen salik

9 Keragaman Indonesia - Cintai Dan Lestarikan Budaya Indonesia

keragaman indonesia

Keragaman Indonesia- Indonesia merupakan Negara Kepulauan terbesar di dunia, yang memiliki 17,504 pulau besar maupun kecil. Kurang lebih 6,000 pulau yang tersebar di seluruh Indonesia merupakan pulau tidak berpenghuni.

Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnis dimana setiap etnis memiliki warisan budaya yang berkembang selama berabad-abad. Kekayaan makhluk hidup Indonesia menduduki peringkat kedua, setelah Brasil. Dengan kekayaan alam di Indonesia ini membuat beberapa negara datang untuk menguasai dan menjajah negara kita.

Wilayah kepulauan yang membentang dari Sabang hingga Merauke membuat Indonesia memiliki keragaman budaya dari berbagai suku bangsa. Keanekaragaman ini mencetuskan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda-beda tapi tetap satu juga.


Meski memiliki aneka ragam suku, budaya, agama, dan ras, Indonesia tetaplah satu kesatuan. Semboyan tersebut mengukuhkan bahwa sejatinya keragaman yang ada di negeri kita ini merupakan kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Berbagai keragaman tersebut melahirkan bentuk keragaman budaya Indonesia. Mari kita mengenal keragaman indonesia.  
Contoh keragaman indonesia

Keragaman Indonesia

Indonesia mempunyai berbagai ragam kebudayaan diantaranya sebagai berikut;

1) Upacara Adat

Upacara adat dikenal sebagai salah satu warisan nenek moyang dari masing-masing daerah yang telah dijaga dan dilestarikan secara turun-temurun. Meskipun perkembangan zaman semakin maju dan canggih, akan tetapi upacara adat tak dilupakan oleh sebagian masyarakat, khususnya masyarakat yang kental akan adat.

Hal itu karena upacara adat dirasa mempunyai nilai filosofis dan kekuatan tersendiri oleh sebagian masyarakat setempat. Di Indonesia sendiri, tradisi upacara adat banyak dilakukan oleh masyarakat berbagai daerah yang mana di tiap-tiap daerah tertentu memiliki upacara adatnya masing-masing.

2) Rumah Adat

Rumah adat tradisional adalah sebuah bangunan atau konstruksi yang sengaja dibangun dan dibuat sama persis dari tiap generasi tanpa adanya modifikasi.

Rumah adat masih hingga kini masih dipertahankan, baik segi kegunaan, fungsi sosial, dan budaya di balik corak atau desain bangunan tersebut. Bahkan, nama rumah adat di masing-masing daerah pun berbeda.

3) Agama

Di Indonesia sendiri, terdapat enam agama yang sudah diakui dan hidup berdampingan dalam lingkungan masyarakat dengan menghargai nilai yang dianut satu sama lain.

Enam agama yang sudah diakui di Indonesia adalah Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Tetapi masih banyak juga masyarakat tradisional Indonesia yang menganut beberapa aliran kepercayaan.
keragaman budaya Indonesia

4)Pakaian Adat

Pakaian adat adalah salah satu ciri suku tertentu di Indonesia. Umumnya, pakaian adat dipakai saat berlangsungnya proses upacara adat, misalnya, pernikahan yang memang menerapkan adat istiadat dari daerah tersebut.

Pakaian adat Indonesia memang menjadi simbol di tiap daerahnya. Tentunya masing-masing provinsi memiliki karakteristik baju tradisional sebagai bentuk keunikan daerah tersebut. Adapun untuk warna dan corak dari masing-masing pakaian tradisional di Indonesia memiliki keberagaman, mulai dari kombinasi warna maupun corak. Tak hanya itu, pakaian adat dari tiap daerah di Indonesia juga memiliki nama tersendiri.

5) Makanan Khas

Sebagai negara kepulauan dengan tanahnya yang subur serta dapat menumbuhkan berbagai jenis tanaman, menjadikan Indonesia kaya akan hasil bumi yang beragam.

Sehingga muncul sajian khas dari masing-masing daerah dengan memanfaatkan hasil bumi yang ada. Sajian tersebut menciptakan makanan khas dengan cita rasa yang melekat di setiap hidangannya. Dan ternyata ada beberapa negara yang tidak mempunyai kelengkapan rempah-rempah seperti negara Turki.

6) Alat Musik

Alat musik tradisional Indonesia merupakan alat musik yang sudah turun-temurun dari generasi ke generasi dan berkembang di daerah-daerah tertentu. Dengan begitu, hal itu menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki aset yang beragam.

Dalam masyarakat adat, umumnya alat musik tradisional memiliki 3 fungsi, di antaranya;
  • Alat musik tradisional digunakan sebagai salah satu media atau sarana upacara adat yang memang diselenggarakan secara turun-temurun.
  • Alat musik tradisional dapat berfungsi sebagai pengisi latar musik pada pertunjukan seni daerah setempat.
  • Alat musik tradisional bisa menjadi sarana ekspresi, kreasi, bahkan komunikasi.
Indonesia mempunyai berbagai alat musik tradisional khas dan unik yang mana tidak akan didapati di negara lain. Hebatnya, beberapa alat musik tradisional Indonesia telah dikenal hingga ke ranah Internasional. Alat musik ini juga menjadi kerajinan khas Indonesia.
Cerita ragam budaya indonesia

7) Tarian Adat

Tarian adat tradisional adalah tarian yang berkembang dan tentunya dilestarikan oleh daerah tertentu dari generasi ke generasi berikutnya. Tarian adat tradisional lazimnya memiliki karakteristik yang memperlihatkan budaya dan kearifan daerah setempat.

Tarian adat tradisional menjadi salah satu keragaman budaya Indonesia yang terkenal dan banyak diperlihatkan di acara penting tingkat Internasional. Berbagai provinsi di Indonesia mempunyai tarian adat tradisionalnya tersendiri, bahkan satu provinsi dapat memiliki lebih dari satu ragam tarian.

8) Suku Bangsa

Indonesia mempunyai beragam suku banga yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia salah satu faktor keunikan bangsa Indonesia.

Seperti contohnya Pulau Sumatra didiami oleh bangsa melayu yang terbagi dalam beberapa suku, yaitu Aceh, Batak, Melayu, Minagkabau, Besemah, Ogan, Komering, dan Lampung. Kalimantan adalah pulau terbesar ke tiga di dunia. Suku-suku asli di Kalimantan terbagi menjadi Melayu, Dayak, Banjar, Kutai, Paser, Berau dan Tidung.

Pulau Jawa merupakan pusat dari beberapa kerajaan Hindu-Buddha, pemerintahan colonial Hindi Belanda, dan pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pulau Jawa adalah pulau berpenduduk terpadat di dunia.

9) Lagu Daerah

Lagu daerah adalah semacam lantunan yang dinyanyikan oleh masyarakat suatu daerah. Bisa dikatakan, lagu daerah menyerupai lagu kebangsaan yang sifatnya ‘kedaerahan’.

Karena Indonesia adalah negara dengan beragam suku bangsa juga budaya, hal itu menjadikan lagu-lagu daerah di Indonesia sangat banyak dan pastinya di tiap daerah memiliki lagunya masing-masing. Umumnya, lagu daerah menggunakan bahasa daerah setempat.

Keragaman budaya Indonesia datang dari berbagai kebudayaan lokal yang terus tumbuh dan berkembang. Adapun munculnya keragaman budaya tersebut akibat dari pengaruh yang tampak dan merekah di masyarakat.

Sehingga menciptakan kebudayaan itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, perkembangan kebudayaan mempunyai peran dan fungsi untuk meningkatkan semangat nasionalis. Kita sebagai bangsa Indonesia harus mencintai dan  melestarikan semua keragaman budaya Indonesia.




Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

9 komentar

  1. Jangakan beda budaya ya, masih dalam budaya Sunda pun banyak sekali keanekaragaman yang bikin takjub padahal letak geografis nya berdekatan

    BalasHapus
  2. Keragaman makanan Indonesia emang banyaaaakk banget ya Mbaaa, jangankan seluruh Indonesia, setiap daerah aja makanan khas beraneka ragam juga, dan kebanyakan semuanya enak2.. hehehhe

    BalasHapus
  3. Saya sebagai orang Sunda masih banyak nggak tahunya tentang budaya Sunda. Apalagi kebudayaan Indonesia yang sangat beragam. Masyaallah, meskipun berbeda-beda tetap dalam persatuan NKRI.

    BalasHapus
  4. Sebagai orang yang mengaku pribumi memang harus aware tentang ragam budaya dan adat yang ada di Indonesia, jangan sampai budaya yang ada terus menghilang karena perkembangan jaman dan invasi budaya asing yang terus saja masuk ke Indonesia

    BalasHapus
  5. Bangga jadi warga negara Indonesia. Paling indah dan makanannya emang punya citarasa yang melekat di lidah. Dan paling sukanya makanannya murceee sih, apalagi kalau kulineran di Jawa, duh aku kalap deh.

    BalasHapus
  6. So proud menjadi bagian dari Indonesia dengan banyaknya keragaman di negeri kita. Semoga kita dapat menjaganya dengan baik dan bijak, karena tantangannya memang tak sedikit dengan keragaman yang kita miliki, salah satunya adalah mudahnya terpecah belah jika kita tak bersatu

    BalasHapus
  7. Kalo ngomongin keragaman budaya, emang Indonesia sih juaranya. Banyak banget!! Sejawa aja udah ada berapa itu kalo dihitung. Bangga banget jadi bagian negara ini walaupun tetep aja punya kekurangan, tapi Indonesia ini selalu di hati..

    BalasHapus
  8. Bangga dengan budaya Indonesia, banyak banget ragam budayanya, selain itu keindahan alamnya bagus banget, semakin penasaran dengan budaya apa saja di Indonesia

    BalasHapus
  9. Indonesia kaya banget, ragam budaya,adat istiadat, kuliner, bahasa bisa kita temui di setiap daerah di Indonesia. Bahkan dalam satu daerah saja, bahasa bisa berbeda. Bangga,dan harus kita jaga bersama keragaman ini

    BalasHapus

Posting Komentar