muzeyyen salik

4 Cara Menemukan Ide Menulis Artikel

28 komentar
4 Cara  Menemukan Ide Menulis Artikel

Memutuskan menjadi seorang penulis memang bukan perkara yang mudah. Kita harus konsisten dalam membuat artikel-artikel di laman blog kita. Apalagi jika pembaca menunggu artikel-artikel kita selanjutnya. Tidak hanya seorang content creator saja yang buntu ide.

Seorang penulispun pasti pernah mengalami buntu ide. Belum lagi ditambah penyakit malas yang membuat badan dan pikiran enggan bekerjasama. Bagaimana jika kita mengalami kendala buntu ide.
Mari kita bahas cara mudah menemukan ide menulis artikel. Yang bisa membantu kalian sebagai penulis agar tidak kesulitan mencari ide atau topik untuk menulis. Ide tulisan ini merupakan konsep atau gagasan utama yang ingin disampaikan dalam sebuah tulisan. Sebab itu ide tulisan menjadi pokok penting dalam sebuah karya tulis.

4 Cara Menemukan Ide Menulis Artikel

Dalam menemukan ide menulis artikel trerbilang sangat mudah, untuk kalian yang mungkin mengalami buntu ide baca artikel ini selengkapnya.
Berilut cara menemukan ide menulis artikel;

1.Melakukan Research Keyword

Research keyword merupakan proses mencari kata kunci yang relevan untuk membuat konten sehingga mudah ditemukan oleh user. Research keyword ini juga dapat menampilkan kueri yang ditargetkan, volume, pencarian, tingkat kesulitan, cpc (cost per click), dan banyak lagi.

Manfaat Research Keyword

Sebagai seorang CEO spesialis research keyword mempunyai berbagai manfaat antara lain:
  • Memudahkan dalam memprediksi traffic dan kontribusinya untuk tujuan goal bisnis yang ditetapkan dalam pembuatan konten.
  • Memahami tren perilaku user dan topik-topik yang mereka cari terkait dengan konten  kita.
  • Pertumbuhan traffic website dapat meningkat ketika keyword yang dipilih relevan dengan apa yang dicari oleh user di search engine.
  • Untuk mengukur performa konten pada halaman pencarian berdasarkan daftar keyword yang digunakan.
  • Meningkatkan tingkat konversi (conversion rate). Dari segi marketing dan bisnis, penggunaan keyword yang sesuai dengan search intent pengguna dapat meningkatkan akuisisi pelanggan baru.

Cara Melakukan Research Keyword

Research keyword menjadi kunci utama menjadi seorang blogger. Yang merupakan salah satu kpi seo yang harus diterapkan. Cara melakukan research keyword adalah sebagai berikut:

Pertama buatlah beberapa daftar topik untuk konten kalian. Setelah membuat beberapa daftar topik kini saatnya untuk mengidentifikasi keyword yang dapat masuk ke topik-topik tersebut. 

Keyword tersebut adalah keyword-keyword yang penting untuk ditargetkan ranking dalam SERP (Search Engine Result Page) karena target pengguna mungkin melakukan pencarian dengan menggunakan keyword tersebut

Kalian hanya perlu mengunduh dan mengaktifkan extension seperti SEOquake, atau extension gratis lainnya. Kemudian ketik di kolom penelusuran google, maka akan ada hasıl keyword yang relevan di sebelah pojok kanan tampilan layar perangkat anda. 

Jika kalian sudah menemukan keyword yang memenuhi syarat kalian bisa menyimpanya sebagai bahan untuk artikel kedepannya.
Cara  Menemukan Ide Menulis Artikel

2. Mengikuti Tren Di Google Trend

Google trend merupakan salah satu tools yang dapat digunakan untuk para blogger hingga praktisi SEO untuk riset kata kunci yang sedang populer. Google trend mempunyai tampilan yang sederhana dan informatif. Tools ini juga dapat digunakan secara geratis.

Fungsi dari Google Trend

Selain sangat mudah digunakan Google Trend juga mempunyai beberapa fungsi antara lain:
  • Menentukan kata kunci (keyword). Kata kunci mempunyai peranan yang sangat penting bagi seorang blogger maupun content creator. Terutama bagi mereka yang ingin menjadikan topik blognya menduduki peringkat pertama di mesin pencari Google.
  • Mengetahui topik-topik popular dalam jangka waktu tertentu. Dengan mengangkat topik-topik terpopuler di mesin pencari Google, dapat meningkatkan pengunjung situs atau blog. 
  •  Menentukan target, dengan menggunakan google trend ini para konten kreator dapat dengan cepat menentukan target pembaca. Tidak hanya itu juga kita dapat melihat statistik wilayah bahkan bahasa yang dapat digunakan untuk sasaran dalam blog nanti.
  • Mengetahui frekuensi keyword yang akan ditampilkan, dari google trend ini kita akan mengetaui seberapa sering suatu topik muncul di mesin pencari atau Google News.  Melalui tingkat frekuensi ini content creator dapat meninjau tingkat frekuensi sebagai penetapan tujuan konten.

Cara Mengunakan Google Trend

Buka halaman Google Trend dan mulailah mengeskplor kata yang ingin ditelusuri. Kalian juga dapat melihat hasil pencarian dengan kata tertentu, dari mulai pemetaaan, peningkatan grafik dan perbandingan kata kunci.

Anda juga dapat mencari kata kunci yang sedang trending atau yang sedang populer dicari setiap harinya. Didalamnya Anda juga dapat memilih trending atau kata kunci yang populer disuatu negara setiap harinya.

Untuk melihat pencarian yang sedang populer, anda dapat masuk melalui “icon Sidenav pada pojok kiri atas (?) kemudian pilih Trending Searches”.
Cara Menemukan Ide Menulis Artikel

3. Mengikuti Beberapa Event Lomba Blog

Cara mudah menemukan ide menulis artikel selanjutnya yaitu dengan mengikuti kegiatan lomba. Event lomba juga sangat membantu untuk kalian yang buntu ide. Dengan mengikuti event lomba kalian juga mempunyai kesempatan untuk memenangkan lomba tersebut dan mendapatkan hadiah.

Untuk event lomba artikel yang sedang berlangsung kalian dapat mencari di mesin penelusuran google ataupun mengikuti instagram event lomba blog. Catat semua event lomba yang ada dan buatlah konten plan sesuai dengan deadline lomba yang sedang berlangsung.

Langkah selanjutnya lakukan research keyword untuk menarik pembaca, yang dapat memberikan kalian kesempatan untuk memenangkan lomba tersebut.

4. Membuat Artikel Dari Hasil Pencarian Terkait Google

Cara lain yang bisa dipraktekan untuk mengatasi buntu ide dalam pembuatan artikel adalah dengan melihat hasil pencarian terkait google. Saat kita melakukan pencarian di mesin penelusur Google maka biasanya di bagian bawah laman perangkat kita akan muncul hasil pencarian terkait.

Hasil pencarian terkait ini dapat kita gunakan sebagai topik atau ide artikel. Setelah menemukan hasil pencarian terkait yang tepat mulailah mencari research keyword dengan langkah yang seperti penjelasan di atas.

Bagaimana sudah ada gambaran kalao kamu merasakan buntu ide, sekarang kalian nggak usah takut lagi klo kalian ngalami buntu ide lagi kan? Itulah 4 cara menemukan ide menulis artikel. Yuk kuatkan tekat, niatkan dan tebarkan konten yang bermanfaat


Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

28 komentar

  1. Wah ini nih mbak yang sering saya alami suka kesulitan buat menemukan ide tulisan. Kadang semakin dipikir malah tidak ketemu idenya. Makasih ya mbak atas sharingnya nanti mau saya coba tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, aku juga gtu banyak challenge, banyak lomba bisa membantu kita buat ide artikel

      Hapus
  2. ya ampuuun, gemas banget gambar ilustrasi di header-nya
    salam kenal ya bunda...

    btw terima kasih ya tips menulis artikelnya, lumayan buat me-refresh diri ini wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi Terimakasih banyak jangan lupa dl follow ya..

      Hapus
  3. tipsnya mantul nih mbak, bisa dicoba, kalau buntu ide itu bingung e mau nulis apa, ternyata dengan pencarian di google bisa juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes mbak aku juga kadang menerapkan itu mbak, jadi buntu ide teratasi

      Hapus
  4. Wah, bermanfaat banget tipsnya mb buat aku yang suka buntu mau riset kw apa. Nanti ciba deh uprek google trend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak musti di coba semua sich jadl tau juga mana yang lebih relate

      Hapus
  5. Wah bermanfaat sekali buat emak yang sering buntu menulis. Hanya saya menulis karena hasil pengalaman atau tempat yang dikunjungi lebih cepat daripada harus research ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nach ini, bearti musti dicoba, padahal research keyword hal yang menyenangkan

      Hapus
  6. Makasih mba tipsnya, ternyata ada banyak cara untuk mencari ide ya mba. Jadi nggak ada alasan lagi nggak ada ide deh ya, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups bener bearti nggak ada lagi alasan buntu ide untuk kedepannya

      Hapus
  7. Wah keren artikelnya, jadi gitu ya cara memcari tahunya. Kadang suma bingung perihal judul dan seo nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo enakan sich research keyword biasanya aku mempertimbangkan kd dan cpc

      Hapus
  8. Pas banget buat saya yang sering cari alasan belum nulis lagi di blog gegara buntu ide, Kak. Soal Google Trends juga sedang ingin dipelajari lagi, nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak research keyword menurutku bisa mantep nulisnya karena bisa liat cpc yang ada

      Hapus
  9. Terima kasih tipsnya, Mbak. Sejauh ini lomba blog yang memberikan sumbangan ide pada tulisan-tulisan saya. Ke depannya, saya ingin mulai konsisten menulis dengan riset keyword terlebih dahulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ngisi artikel dari lomba tapi enak research keyword

      Hapus
  10. Jujur Google Trend ini aku belum pernah coba sama sekali. Next mau coba untuk riset keyword

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jarang pake google trend, tapi seringnya research keyword.

      Hapus
  11. Ka, ikutan One Day One Post ini juga terbukti jadi lebih produktif dalam menulis.
    Idenya bisa jadi dari keresahan sehari-hari aja yaa.. Meski mungkin gak mengundang PV, tapi hati rasa gembiraaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa bener tapi one day one post bikin aku pusing

      Hapus
  12. Kadang kalau pas macet ide, membuka google memang memberikan banyak ide. Terutama kalau pas kita enggak banyak jalan keluar rumah, buka aja hape atau laptop dan bermain dengan keyword ya.

    BalasHapus
  13. Aku juga suka utak-utek mesin pencarian nanti tiba-tiba dapat keyword

    BalasHapus
  14. Pernah mngikuti tren google untuk review produk eh lah...hasilny memuaskn pdhal untuk keywordn sesuka feeling hehehe, terimakasih mbak tips²nya...mmbantu bmnambah ide² menulis

    BalasHapus
  15. Beneran sih yang google trend ngebantu buat ngepush artikelnya, karena biasanya itu yang dicari

    BalasHapus
  16. aku juga penulis blog dan memang begitu sulit untuk menemukan topik untuk membuat tulisan baru, suka ngeblank dan enggak tahu mau ngobrolin soal apa di blog, boleh nih sarannya pakai google trend

    BalasHapus
  17. sebenarnya banyak banget loh ide tulisan yang bisa dibahas untuk dijadikan sebuah artikel bahkan hal terkecil dalam lingkungan sekitar, sayangnya aku suka mendadak ngeblank dan terlalu muluk mau membahas suatu yang besar hihi

    BalasHapus

Posting Komentar