muzeyyen salik

Mengapa Harus Blog

18 komentar
Sebuah cerita mengenai keputusan untuk membuat blog.
Ini adalah artikel pertamaku dengan sedikit sentuhan. Berharap kalian betah untuk berlama-lama mengunjungi Blog-ku. Untuk kalian yang tertarik di dunia Blogging, ini adalah artikel Yang tepat.

Owh ya, salam kenal aku Müzeyyen, seorang Ibu Rumah Tangga biasa. Di sini aku tidak ingin merombak semua isi artikelku, hanya mungkin ada beberapa yang akan aku ganti untuk pemilihan katanya. Yaach...  supaya aku bisa bernostalgia.

Perbedaan Blog Dan Blogger

Sebelum aku bercerita leblh dalam, aku akan menjelaskan perbedaan antara Blog dan Blogger.

Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang tahu, tapi mungkin untuk teman-teman yang lain ini adalah sesuatu yang baru. Jadi biar afdol mari kita simak perbedaan antara Blog dan Blogger.

Blog merupakan website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus.

Sedangkan blogger sendiri adalah seseorang yang mengoperasikan blog.

Sedikit gambaran mengenai, Blogger dan Content Writer. Blogger itu tugas sejatinya sangat kompleks, mulai dari reset keyword, , membuat content plan, prepare kelengkapan kontennya, mulai dari gambar, video, dan semua yang mendukung kinerja blog.

Sedangkan content writing adalah salah satu bagian dari blogging tetapi hanya menulis saja. Oleh karena itu Blogger bisa juga disebut Content Writer. Tetapi content writer belum tentu disebut dengan blogger.

Mengapa harus Blog? 

Sebenarnya sudah lama aku tertarik dengan dunia Blogger, tetapi aku masih belum paham bagaimana harus melangkah. 

Hingga akhirnya blog-ku usang bertahun-tahun. Sekitar kurang  lebih satu tahun yang lalu. Aku dipertemukan dengan Blogspedia.

Aku rasa sich, dulu adalah moment yang tepat, dan juga kondisiku yang mendukung. Yang membuatku memutuskan untuk menjadi seorang Blogger. 
Berikut ini beberapa alasan mengapa memilih blog versi aku.

1) Mudah untuk dibuat

Blog sendiri terdiri dari beberapa platform, antara lain; Blogger, Wordpress, Wix, Tublr, dsb.

Yang mana platform ini dapat kita akses melalui situs web secara langsung maupun mendownload aplikasi platform tersebut, dan mudah untuk dipelajari. 

2) Rapi penyimpanannya

Dengan blog ini semua tulisan kita menjadi rapi, enak dibaca, apalagi dengan memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia.

Tampilan blog kita yang cantik dan menarik juga akan membuat betah para pembaca.

3. Mudah dibagikan keorang lain

Nah..., kita pasti punya tujuan membuat blog bukan? Yang secara garis besar pasti kita ingin tulisan kita dibaca oleh orang lain, bahkan digemari oleh orang lain.

Dengan blog ini kita tidak perlu pusing membagikan tulisan kita kepada orang lain. Kita hanya perlu membagi link blog kita, dan siapapun bisa mengakses blog kita.

4) Mudah perawatannya

Karena blog ini bersifat situs internet, maka kita tidak perlu takut blog kita rusak, atau seperti apa. Selama jaringan bagus kita akan dapat mengakses blog kita.

Beda halnya jika kita menulis manual menggunakan buku. Kıta harus menjaga buku kita agar tidak berdebu ataupun kotor.

5) Dapat dipublish dengan cepat

Ini artinya tulisan kita dapat dinikmati oleh pembaca secara langsung. Karena blog kita tidak perlu diseleksi penerbit dan tidak perlu acc editor.

6) Menjadi diri sendiri

Dengan blog kita dapat mengekspresikan diri kita sendiri, pikiran kita dan semua ide-ide yang kita punya. Sehingga kita menjadi diri sendiri.

7) Personal Branding

Ini dimaksudkan dengan blog, kita bisa membawa brand kita sendiri. Dari semua tulisan kita atau dari semua gambar yang kita buat.

Tetapi saya mempunyai alasan pribadi mengapa harus Blog. Saya mempunyai impian besar menjadi seorang penulis. Saya ingin membagikan tulisan saya, dengan harapan dapat memberikan manfaat untuk pembaca. 
Tips Manajemen Waktu Seorang Blogger

MANAJEMEN WAKTU

Manjemen waktu sendiri adalah proses pengaturan waktu, berdasarkan rangkaian kegiatan yang direncakan agar dapat berjalan dengan maksimal.

Bagaimana kita mengatur waktu antara membuat tulisan dan melakukan pekerjaan lain, seperti pekerjaan rumah, melakukan bisnis, atau mungkin kita sendiri adalah pekerja tetap.

Ini sebenarnya juga belum bisa aku terapkan dengan maksimal. Tapi Bismillah, mudah-mudahan kita semua nanti bisa menerapkan manajemen waktu ini dengan baik.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, aku tidak ingin kalah dengan orang-orang yang berjiwa muda. Walaupun sudah tua, tapi semangat dan jiwa harus tetap muda kan...xoxoxo.

Daily Activity

Yuk intip sedikit kesibukanku sehari-hari. Aku adalah seorang pelaku bisnis. Bisnis yang aku geluti ini berupa kerajinan tangan, tepatnya Makrome.

Makrome adalah sebuah seni menganyam sehingga membentuk simpul dari bahan kain maupun tali. Yahhh, walaupun memang belum terlihat kesuksesan ini tapi aku sangat suka menjalaninya. Selain itu aku adalah seorang ibu rumah tangga, yang tentunya seorang ibu rumah tangga harus menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

Apalagi saya tinggal di Turki yang sangat berbeda budayanya dengan Indonesia. Di Turki wajib hukumnya keadaan rumah bersih, no debu, no tetek benyek (tidak ada barang berserakan).

Aku sempat mengalami shock culture Yang disebut juga dengan geger budaya, ketika pertama kali datang ke Turki. Karena gagang pintu, kusein, semua perabotan itu harus dilap secara berkala. Ini beda jauh dengan kebiasaan yang ada di Indonesia.

Ahhh, sudahlah next time aku akan tulis tentang pengalamanku hidup di Turki. Kita kembali dulu ke manajemen waktu. Selain kegiatan itu, aku juga sedang mencoba project baru.

Project aku ini berhubungan dengan desain grafis. Jika ada yang bilang, "Wah hebat donk, lulusan dari sekolah desain." Jawaban aku adalah tidak, aku tidak lulus dari bidang desain. Semua kegiatan ini, saya pelajari secara otodidak.

Aku adalah lulusan SMK jurusan Pariwisata dan Perhotelan. Tapi entah mengapa aku tidak berminat dibidang perhotelan. Kalau bidang Pariwisata  masih ok.

Karena aku pernah menjadi tour guide, tour guide lintas daerah🤣 itupun di Bali.

Dan untuk project desainku ini alhamdulillah ada pemesanan pembuatan logo, desain dan cetak banner. Disaat aku juga harus menyelesaikan beberapa kerajinan tanganku.

Karena festival dan pameran yang akan diadakan di Istanbul akan segera dimulai.

Tips Manjemen Waktu

Beberap tips Manajemen waktu yang bisa diterapkan sebagai seorang Blogger.

1.Meminta ijin kepada pasangan

Untuk semua kegiatan yang kita lakukan, karena apapun itu dengan ridho pasangan kita jalannya InshaAllah akan lebih bagus.

2.Memberikan pengertian kepada pasangan

Bicarakan dengan baik kepada pasangan project yang akan kita buat. Syukur-syukur pasangan mau berbagi tugas dengan kita.

3.Buat rencana kerja

Ini bisa seperti list rutinitas apa yang harus kita lakukan, tulis yang terugent dulu.

4.Bangun pagi

Membiasakan bangun pagi ini juga cara yang bisa dibilang ampuh. Karena jika kita bangun pagi, kita bisa pakai waktu itu untuk merapikan rumah.

5.Lakukan kegiatan yang paling urgent dahulu

Dengan catatan kegiatan atau tugas lainnya juga harus ke handle.

6.Centang semua list yang sudah dilakukan

Ini akan mempermudah pekerjaan mana yang sudah dan belum terselesaikan.

7.Berusaha untuk selalu konsisten

Ini adalah tips yang paling berat menurut saya, PR terbesarku juga. Tapi inshaAllah mudah-mudahan kita semua dapat melakukan dengan baik.

Demikian ulasan sedikit dari saya mengenai "Mengapa Harus Blog", beserta "Manajemen Waktu". Semoga tulisan ini bermanfaat, dan membuat semangat untuk teman-teman semua.

Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

18 komentar

  1. Masyaallah tabarakallah trimakasih mab tips manajemen waktu nya sangat bermanfaat smoga biaa praktikkan.. 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin, kembali kasih semoga kita semua bisa menerapkan dengan lebih baik lagi🥰

      Hapus
  2. Sama mba, akupun juga kalau tidak dibuat rencana kerja harian dan mingguan suka keteteran.
    Wah jadi salfok mba sama cerita makrome. Ulas dong mba sama makrome lebih mendalam. Saya juga suka sekali dengan makrome hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi klo dateline kita banyak dan super bussy harus ada list daily rutinity klo bisa jalani good..Iyaa mbak next inshaAllah saya share soal makrome...mudah"an dapat terimplementasi dengan baik..

      Hapus
  3. Penasaran sama pengalaman hidup di Turki. Ditunggu tulisannya ya mbak. Hebat mbak dari otodidak bisa bikin jasa desain. Saya juga lagi belajar desain tp dasarnya ngga kreatif jd susah. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman diturki kaya nano nano mbakk..nanti inshaAllah bakal share juga..saya pake canva mbak..nga bayar dpt yang pro inshaAllah nanti aq share juga caranya..kayae nga bayar yang ulik" suamiku soale🤣

      Hapus
  4. Tips manajemen waktunya bagus mba.. Semoga saya bisa praktikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin terimakasih banyak mbak.. mudah"an ya kita semua bisa melakukan yang terbaik.

      Hapus
  5. Semoga cita-cita menjadi penulisnya terkabul, ya, Mbak. Tapi sekarang juga sudah jadi penulis juga sih, penulisblog. Pokoknya semoga menjadi penulis seperti yang Mbak impikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin..bismilllah harus semangat..masih perlu banyak belajar aq mbak

      Hapus
  6. Bener banget mbak, ijin suami yang paling utama, apalagi kalo harus mengatur waktu ngerjain deadline hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess bener mbak..siapa tahu kan dengan itu suami bisa bantu ngerjain pekerjaan rumah atau jaga anak bentar wkwkw

      Hapus
  7. Wah keren banget usahanya makrome. Aku juga tertarik belajar itu tapi masih nunggu momen, wkwk. Sekarang fokus belajar ngeblog dulu deh yang profesional.

    Semangat ya mbak ngeblognya! Ditunggu tulisannya yang lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur thank you mbak Alfia..blogmu juga bagus bgt...tulisannya juga bagus...Aq harus belajar lebih ini biar kece badai kaya kamu. Ayoo semangat juga buat belajar makrome mbak
      .

      Hapus
  8. Masyaa Allah, semoga mbak jadi penulis yang menginspirasi banyak orang ya. Makasih ya mbak awal pembelajaran ngeblog mbak selalu menyemangati saya. Jadi ketularan semangatnya. Walaupun usia kita jauh berbeda. Jadi pengen baca tulisan tentang Turkey...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin ibu.. harus semangat terus bu ndak boleh kalah sama yang jiwa muda.. semangat kita juga harus muda terus. Siap bu di tunggu tulisan saya nggeh bu🥰

      Hapus
  9. Big why ngeblog nya oas bangeet n ngena mbaa.. Semangat.

    BalasHapus

Posting Komentar