muzeyyen salik

Blospedia Wujudkan Mimpiku Menjadi Blogger Merdeka

Blogspedia Wujudkan Mimpiku Menjadi Blogger Merdeka
Menjadi blogger merdeka? Apa iya sih. Setuju nggak sih klo menjadi blogger merupakan pekerjaan yang merdeka. Yups, menurut saya setuju-setuju saja sih kalo blogger merupakan kegiatan merdeka. Pasalnya kita bebas menentukan topik yang akan kita suguhkan di dalam artikel kita.

Menjadi Blogger juga tidak terbatas ruang dan waktu, bisa dilakukan dimana saja, dan kapan saja. Banyak juga yang memilih menjadi seorang blogger untuk pekerjaan sampingannya.

Pengalaman Masuk Dunia Blogger

Sudah hampir 2 tahun lamanya saya terjun ke dunia blogger. Tujuannya sendiri biar otak ini tetap bekerja walau jadi seorang ibu rumah tangga. Berawal dari keinginan mengupgrade diri, menjadi pribadi yang lebih bermanfaat, serta mengembalikan kesehatan mental yang sudah nggak karuan.

Saya memang sudah tertarik dengan dunia blogger. Hingga akhirnya saya membuat sebuah blog tetapi tidak tahu arah dan tujuannya. Bahkan dengan percaya  diri saya membeli  domain, dengan modal membaca dari artikel-artikel orang lain. Blog saya nganggur dan tidak tersentuh sama sekali karena memang saya nggak tahu harus mulai dari mana dan bagaimana.

Sampai akhirnya saya bergabung bersama komunitas blogger yang direkomendasikan oleh salah satu blogger asal semarang yang tidak kalah keren tulisannya. Dari sana saya belajar ngeblog dari 0 hingga sampai saat ini. Kendala awal bagi saya adalah teknik menulis karena memang saya tidak begitu ahli dalam dunia tulis menulis. Tapi semangat dan niat ini benar-benar menggebu-gebu. Sampai akhirnya saya berhasil menyelesaikan semua tugas yang diberikan coach Marita sampai tuntas dan mendapat gelar Cupuers terajin di komunitas blog saya pada waktu itu.

Saya mulai menggali lebih belajar dan membaca beberapa artikel dari teman-teman satu komunitas maupun artikel orang lain, bagaimana gaya dan cara mereka menulis blog. Saya melihat beberapa teknik berbeda dari orang satu dengan lainnya yang menandakan karakter masing-masing. Awalnya memang agak canggung tapi lambat laun saya bisa mengikuti dan mulai menulis sesuai isi pikiran, gagasan, dan pengembangan ide lainnya.

Dari semua bidang pekerjaan yang saya geluti, blogger ini yang memang sangat merdeka. Kita bisa menuangkan kata-kata yang ada di dalam pikiran kita. Apalagi jika kalian memutuskan untuk menulis artikel dengan tema lifestyle, kalian akan lebih banyak ide untuk menulis yang membuat ngeblog kalian ini semakin bebas merdeka. Tema lifestyle membuat kalian tidak akab buntu ide karena kalian bisa memilih semua topik di dalam artikel kalian.

Mengapa saya katakan membuat blog termasuk pekerjaan yang merdeka? Ini karena  kita menentukan sendiri  dateline, konsep, topik, judul, isi dan bahan artikel. Akan sedikit berbeda cerita jika kita menjadi blogger freelance, yang notabene kita akan dibayar dari hasil kerja kita ya. Tapi meskipun menjadi blogger freelance masih it's ok lah ketentuan dan syarat yang diberikan. Kalaupun kita merasa nggak sanggup bisa kita skip dan cari job freelance yang mungkin syarat dan ketentuannya sesuai dengan kemampuan kita.
Ilustrasi blogger merdeka
Ilustrasi menjadi seorang blogger merdeka

Apakah Menjadi Blogger Mengganggu Pekerjaan Sehari-hari?

Mungkin ada beberapa yang penasaran dengan pekerjaan kita, setelah kita tanya gimana minat jadi blogger? Ada beberapa yang menjawab, "Ah mana aku sempat, pekerjaan rumahku saja sudah banyak." Ini karena sebagian orang yang mungkin berpikiran jika menjadi blogger akan mengganggu pekerjaan sehari-hari.

Lah luh batinku, kan menjadi blogger nggak perlu nulis seharian 24 jam. Kita bisa nulis kapanpun kita mau, mungkin bisa dengan membuat draft dulu agar mempermudah kita dalam membuat artikel. Nulis aja mengalir sesuai yang ada di dalam pikiran. Seperti sekarang ini saya sedang menulis dalam keadaan super santai, dan tetap bisa mengontrol anak bermain. Saat anak bertanya pun kita bisa tetap memberi jawaban dan perhatian kepada dia.

Jika ada yang beranggapan tidak mempunyai waktu, berarti ada timing yang harus dirubah saat membuat artikel. Bisa juga kita membuat artikel pagi hari setelah solat subuh. Di pagi hari otak dan pikiran kita masih fresh dengan itu kita akan mudah menemukan ide untuk terus menulis.

Menjadi Blogger tidak akan akan mengganggu pekerjaan sehari-hari. Jika kita tahu timing yang tepat untuk menulis. Kita bisa mulai membuat content plan, dan menentukan target konten yang kita rencanakan. Dengan adanya konten plan kita akan lebih mudah mengatur waktu kita.

Raup Cuan Menjadi Blogger Merdeka

Blogger menjadi salah satu pekerjaan tambahan yang cocok untuk para ibu rumah tangga dan juga freelancer yang ingin mendapatkan uang tambahan. Untuk kalian yang tidak terlalu ıngin dikekang dengan jam operaional kantor menjadi seorang blogger merupakan salah satu pilihan. Itulah sebabnya blogger pekerjaan yang terbilang merdeka. Mari kita bahas cari mencari cuan dengan menjadi blogger merdeka.

Bagaimana Menghasilkan Uang Dari Blogger

Iklan Yang Dipasang

Blogger dapat memberikan kita penghasilan dari iklan yang kita pasang di laman artikel kita. Caranya kita tinggal memasang google adsen dan menautkan ke akun blog kita. Buat artikel yang original dan sebanyak mungkin agar banyak pengunjung di blog kita. Selanjutnya biarkan google adsen yang mengatur semuanya. Kita hanya dituntut membuat konten yang menarik minat pengunjung dan konsisten.

Endorse

Tidak hanya sosial media seperti instagram, ataupun facebook saja yang mampu memberikan kita endorse. Menjadi seorang blogger tidak menutup kemungkinan kita mendapatkan endorse dari seorang klien. Ini biasanya klien meminta kita mereview produk mereka di dalam artikel kita. Bayaran yang kita dapat bervariasi, ada yang berupa free produk maupun fee dari review produk tulisan kita tadi.

Job Freelance Menulis Artikel

Untuk mendapatkan banyak cuan kalian bisa mengikuti job freelance menulis artikel. Fee yang ditawarkan akan sangat beragam dari klien sendiri dan juga keprofesionalan kita. Mulai 80rb sampai 250rb bahkan lebih per artikel. Bayangkan saja jika kita mendapat beberapa job, pasti akan semakin banyak kita mengumpulkan pundi-pundi.

Mengikuti Lomba Blog

Yang tidak kalah seru lagi, banyak sekali forum yang mengadakan lomba menulis blog seperti yang sedang saya ikuti dalam artikel ini. Bahkan ada salah satu senior saya yang sudah menenangkan lomba dengan hadiah yang fantatis.

Cara Menjadi Blogger Merdeka

Langkah menjadi blogger sangat mudah yang pertama kita harus mempunyai alamat surel untuk membuat akun blog. Kalian bisa mulai membuat blog melalui platform blogger. Untuk kalian yang masih merasa bingung dan newbie dengan dunia berhubungan, kalian bisa mengikuti komunitas blogger di blogspedia.

Blogspedia Wujudkan Mimpiku Menjadi Blogger Merdeka

Blogspedia merupakan komunitas para blogger yang dibuka untuk umum dengan ketemuan mereka yang masih newbie dan ingin belajar mengenai ilmu blog. Dengan bergabung di blogspedia banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Tidak hanya itu saja, saya juga bertemu dengan teman-teman baru dengan energi positif. Dari ini saya mulai menjadi ini rumah tangga yang lebih produktif.

Dengan menjadi blogger merdeka saya tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari, mengontrol aktivitas anak, merawat anak dan menjalankan tugas sebagai seorang ibu serta istri. Tidak hanya itu juga dengan menjadi blogger merdeka saya juga masih dapat mengerjakan peekerjaan freelance lainnya. Dari perjalanan saya selama ini saya semakin paham dan merasakan bahwa menjadi blogger adalah merdeka. Jika kalian sendiri bagaimana?

Untuk kalian yang ıngin belajar mengenai dunia blogger jangan lupa ikuti sosial media blogspedia dan tunggu pembukaan pendaftaran terbaru dari Blogspedia Coaching. Semoga tulisanku bermanfaat dan tetaplah menjadi blogger merdeka, untuk kamu, kita dan semuanya.



Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

10 komentar

  1. Hebatnya menjadi seorang blogger adalah merdeka membagikan pikiran dan impian melalui tulisan2 nya

    BalasHapus
  2. Masya allah, semoga makin produktif dan enerjik di komunitas Blogspedia ya mbak. Yang terpenting sih jadi blogger merdeka ya. Aku juga mulai kenal blog secara detail itu ya dari Blogspedia. Emang udah jadi rumah ternyaman deh disana. Semua bisa jadi murid dan jadi guru. Keren pokoknya. Blogspedia adalah komunitas yang paling aku rekomendasikan untuk kelas ngeblog dan komunitas.

    BalasHapus
  3. Sama saya juga seorang ibu rumah tangga, Mbak. Menulis biar otak bisa tetap jalan. Sepengalaman saya jadi blogger itu lebih merdeka daripada penulis buku, nggak ada editornya. 😅

    BalasHapus
  4. Jadi Blogger itu menyenangkan apalagi sama kelas Blogspedia yang amazing banget. Nggak ganggu pekerjaan rumah kok, cuman jadi tambah banyak kerjaan aja kalau yg ditulisnya banyak. Kalau nulisnya santai organik mah masih aman dan merdeka pastinya, hehe.

    BalasHapus
  5. Dimana ada niat disitu pasti ada jalan, kalau sudah berkomitmen pasti kita bisa membagi waktu. Mengikuti komunitas juga bisa menjaga konsistensi kita dalam ngeblog, semoga lencar terus menulisnya ya mbak :D

    BalasHapus
  6. dengan mnjadi blogger merdeka krn bisa mnntukan niche sndiri ntah fokus 1 atau gado-gado dn merdeka dgn dtgny cuan-cuan melalui kerjsama (content placement), semangat smg kita semua mnjadi blogger merdeka selalu dn konsisten aamiin

    BalasHapus
  7. Salah satu alasan selalu mempertahankan aktivitas blogger tuh biar otak ga tumpul dan diem aja jd berpikir terus. Semangat menjadi blogger merdeka ya kita

    BalasHapus
  8. Wah umur kita mulai serius ngeblog hampir sama nih mbak, saya juga 2 tahun terakhir ini serius ngeblog, belajar banyak melalui blogspedia coaching
    Komunitas bloger yang positif juga, jadi nyaman karena saling mendukung

    BalasHapus
  9. Mantap mbak... teruslah produktif dengan bergabung dengan circle positif salah satunya blogspedia community yak.. dan lagi circle membuatkan tertular untuk positif vibes juga

    BalasHapus
  10. Blogspedia coaching juga yang menuntun saya sampai bisa mebuat blog yang lebih tertata lagi. Kedepannya semoga saya bisa jadi blogger mandiri kaya Mba Muzeyyen.

    BalasHapus

Posting Komentar