muzeyyen salik

Jangan Berhenti Menjadi Blogger, Simak Alasannya!

 

Jangan berhenti menjadi blogger
Lebih dari satu tahun aku berkecimpung di dunia Blogger. Blog yang aku bangun dan pelajari dari seorang coach sekaligus pendiri Blogspedia yaitu coach Marita. 

Di mulai dari 0, ini berarti aku sama sekali tidak mengerti dunia blog sebelumnya. Dari mulai yang tampilanya biasa dengan template bawaan hingga akhirnya aku bisa merubah tampilannya menjadi seperti ini.

Perjalanan yang terbilang tidak mudah bagiku, mempelajari kaidah-kaidah SEO adalah ilmu baru untukku. Aku juga harus membiarkan berteman dengan rumus-rumus html yang memang sangat asing bagiku. 

Belum lagi pelajaran mengenai google search console, google analytic, dan lainnya terbilang belum familiar untukku. Hingga akhirnya aku berhasil menyelesaikan pelajaranku mengenal blog bersama blogspedia.

Bertemu dengan orang-orang hebat dari segala penjuru dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ini adalah awal aku memulai dan membangun lagi jati diriku yang selama ini hilang. Aku bangkit, setelah sekian lama aku dikubur hidup-hidup dalam sebuah tekanan yang tak normal.

Berubah dan menjadi lebih baik ini yang aku lakukan. Karena menulis bukan hal yang remeh temeh. Sebuah kendala besar untuk aku yang tidak lihai dalam merangkai kata. 

Kenapa masih aku lakukan? Aku ingin buktikan bahwa aku bisa dan mampu. Setidaknya aku bisa bertemu dengan kalian semua dan bertukar pikiran.

Ini adalah langkah yang sangat bagus kembali mempekerjakan otakku yang sudah lama dibiarkan kosong. Awal yang bagus untuk menyuarakan suara ku mengungkapkan semua ide-ideku yang selama ini sudah jauh terpendam.

Hingga saat ini kurang lebih 84 artikel yang sudah aku buat. Tapi nyatanya tidak semua artikelku nampak di penulusuran google. Sedih jelas, kecewa iya, anggap saja ini masalah SEO ku yang belum mumpuni. Tapi aku masih punya kesempatan untuk memperbaikinya, dan belajar lagi bukan?

Aku memutuskan untuk mengambil niche gado-gado sambalado, untuk itu aku lebih mudah dalam membuat artikel. Tapi faktanya masih ada saja kendala yang menghambat untuk tidak menulis artikel.

Sayangnya aku adalah tipe seseorang yang mood'an, saat penyakit ini tiba jangankan artikel membuka perangkat lunaku saja aku enggan. Tapi ada point plus di diri ini, pantang menyerah walaupun gagal.

Kendala lain yang sering hinggap di diri ini, aku sudah terlalu lelah seharian bergelut dengan semua pekerjaan rumah. Rasanya seperti pekerjaan ini tidak akan pernah habis. Bagaimanapun kesehatan adalah hal yang paling penting dan tidak boleh diabaikan. Dan kendala ini juga pasti dialami oleh semua teman-temanku di luar sana. Pikiran ini yang membuat aku bangkit kembali.

Blogger menurutku adalah paket kesatuan yang lengkap. Aku harus menyiapkan artikel ku dan juga gambar atau ilustrasi pendukung di sana. Bagian ini yang paling aku sukai. Bakat yang terpendam akhirnya bisa tertoreh di masaku yang sudah dibilang tidak muda ini. Sangat jauh dari program kejuruan pendidikan yang aku tekuni selama di sekolah.

Di dalam perjalananku yang panjang ini, tentu aku juga mengalami kendala. Meskipun aku selalu puas dengan hasil desainku tapi aku belum menemukan ciri khas seperti yang aku mau. Ternyata butuh waktu yang tidak cepat juga. Hingga sampai akhirnya membuatku tersadar.

Aku tidak akan bisa menjadi kamu, dia, atau mereka. 
Tapi aku adalah aku yang mungkin saja juga tidak akan didapati di mereka. Sekarang aku merasa jauh lebih baik dari sebelumnya. Dan aku hanya ingin menjadi aku bukan dia atau mereka

Merubah mindset adalah strategi yang aku terapkan agar tetap enjoy menjalani ini semua dan tidak terbebani. Yang dulunya terpikir dengan blog akan mudah mendapatkan cuan ternyata butuh kerja keras dan effort lebih untuk itu semuanya.

Saat ada event lomba, aku tidak lagi berfikir mendapatkan reward, hadiah, dan jadi pemenang walaupun aku mengikutinya. Anggap saja ini sebagai challenge dan latihan jika nanti aku dilirik klien untuk menjadi partner bisnisnya.

Bagaimana dengan endorse? Jelas kesempatan ini sangat tipis karena aku berada di ujung dunia. Lalu bagaimana dengan tawaran job, aku juga sudah tidak berharap lebih karena viewerku yang masih sangat di bawah standar dan tidak memenuhi syarat.
Alasan tetap menjadi blogger
Lalu mengapa aku masih berkecimpung di dunia Blogger? Jika sampai saat ini aku masih belum mendapatkan hasil yang maksimal. Sempat aku bertanya-tanya dengan diri ini, mencari jati diri dan passion.

Serta mempertimbangkan banyak hal, bukan hanya untuk aku saja, tetapi untuk orang lain. Pernah juga terlintas untuk meninggalkan dunia blogger. Sampai akhirnya aku terfikir, mungkin saat ini tulisanku tidak begitu banyak pengunjungnya. Tapi aku yakin blog yang aku bangun ini akan menjadi besar seperti perkembangan anak-anakku yang sudah aku rawat.

Ini artinya, blog bisa menjadi warisan positif untuk anak-anakku nanti. Tidak hanya itu juga, dengan menulis artikel yang positif dan bermanfaat ini akan menjadi tabungan amal jariyah untukku.

Seperti anakku yang sekarang tumbuh besar, aku yakin dengan berjalannya waktu blogku ini akan tetap tumbuh. Aku tau untuk mendapatkan cuan butuh usaha dan kerja keras.
Manfaat tetap menjadi blogger
Dibalik ini semua ada manfaat yang belum tentu orang lain dapatkan. Dengan bergabung di komunitas blogger, akan menambah pengetahuan, melek teknologi, peluang pekerjaaan, berada di lingkungan yang positif, menjadi pribadi yang aktif, pintar, tangguh, dan melatih kasabaran.

Melihat dari semua perjalanan dan perjuanganku sampai sekarang ini. Haruskah aku tetap menjadi blogger atau cukup sampai disini? Jawabannya lanjut, aku ingin melanjutkan untuk tetap menjadi blogger versiku. Aku tidak ingin membiarkan ilmu yang sudah berhasil aku dapatkan terbuang sia-sia.

Dan yang paling penting lingkungan yang positif seperti komunitas di dalam blogger akan lebih berharga dari pada cuan. Aku bisa mengenal kalian semua dari berbagai daerah, menjadi teman dan keluarga baru. Semoga kita semua selalu dapat menorehkan ilmu yang bermanfaat dan energi positif untuk semua orang.

Pesan terakhir untuk semua pembaca artikelku, dukung aku dengan klik notifikasi follow laman artikelku ini, dan jangan lupa beri komentar positif untuk kemajuan blog ini. Salam untuk dari ku untuk teman-teman semuanya.

Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

13 komentar

  1. Sepakat sekali dengan manfaat bergabung dengan komunitas. Terkadang kita perlu 'lecutan' semangat dari teman2 komunitas

    BalasHapus
  2. selalu ada semangat yang mengebu kalau mbak muzeyyensalik yang berbicara lewat kata soal blogger. Semoga bebrapa harapan/ impian yang tertulis bisa terwujud ya mbak. KOnsisten ngeblognya....#selfreminder

    BalasHapus
  3. semangatt terus mbak muzeyyensalik, tulisan yang baik dan positif bisa menjadi warisan bagi anak cucu kita kelak

    BalasHapus
  4. Ya ampun terharu banget 🥺 sama mbak seneng yaa bisa kenal teman dari berbagai daerah lewat blog ini. Aku juga dimulai dari nol. Yakin ya mbak blog kita akan tumbuh sama-sama. Semangat terus 😍

    BalasHapus
  5. Suka banget sama semangatnya mbaak. Aku paham sekali rasanya ngeblog dgn banyak batasan karena kita ngeblog pakai Bahasa Indonesia tapi gak tinggal di Indonesia 😅

    Yang penting tetap enjoy ya, mbak. Sejujurnya, ngeblog juga mengurangi rasa kesepian di negeri orang. Karena jadi bisa ngobrol sama orang di Indonesia, bisa saling blogwalking juga

    Tetep semangat mbaak

    BalasHapus
  6. Aku sudah lama lo follow mbak Muze
    Yuk mbak gandengan dan saling support untuk tetap bertahan jadi bloger, karena ternyata jadi bloger itu ga mudah ya, banyak banget yang harus dilakukan
    saling menyemangati ya

    BalasHapus
  7. Saya juga belajar banyak di Blogspedia. Sebelumnya saya nulis itu ya sekadar nulis. Di Blogspedia, saya mengenal SEO dan terbukti tulisan saya memang jadi lebih rapi. Namun, terkadang saya juga merasa lelah, kok masih gini-gini saja. Kalau sudah seperti itu berarti saatnya mengingat strong why dalam menulis.

    BalasHapus
  8. Semangatt ya Mbak...rezeki bisa datang darimana aja mbak. Jika nggak datang dari ngeblog, bisa jadi dari keahlian yang lain, tetap ngeblog dan jangan berhenti ya mbak. Peluk online. Aku follow yaa Sayangg.

    BalasHapus
  9. Beberapa artikelku juga belum masuk ke penelusuran google mbak, emang skrg lagi agak nurun semangat nulis ku juga. Peluk online buat mbak ya, selalu semangat dan terus menulis. Aku suka banget desain-desain bannernya, bikin semangat baca tulisan mbak muze

    BalasHapus
  10. Tertampar baca ini, jadi inget alasanku dulu ngeblog tuh buat mengeluarkan unek-unek. Dapat uang dari ngeblog ya bonus bukan alasan utama. Pengen juga tulisan-tulisan di blog tuh bikin orang-orang bisa kenal aku gitu.

    BalasHapus
  11. Relate banget :") Ternyata ngeblog kalau tujuannya cuan itu tidak mudah. Rasanya kadang pengen nyerah. Tapi bertemu dengan teman2 hebat di komunitas bloger keren seperti Blogspedia, ternyata bisa menjaga semangat ini tetap membara. Semangat berkarya mbak!!

    BalasHapus
  12. Aku baca ini pas lagi males-malesnya nulis :'( omooo sedih banget. Padahal jadi blogger adalah hobi dan profesi yang sangat menyenangkan. Bisa mendokumentasikan bnyak hal, share informasi, ngejob. Terlepas dari perform blog terkait "angka". Tapi memang semenyenangkan itu, semangat untuk kita ya mba :') semoga tetap ngeblog di tengah crowdednya keseharian as a mom.

    BalasHapus
  13. bener banget semenjak ngblog aku belajar banyak banget, ga cuma nulis tapi design gambar infografis, editing video, dll. Seperti ketemu duniaku. hehe

    BalasHapus

Posting Komentar