muzeyyen salik

Raup Dolar Dengan Kreatifitas Kalian Lewat Etsy

Raup dolar lewat etsy

Siapa sich yang bisa berjualan di Etsy? Jawabannya tentu siapa saja bisa membuka toko dan berjualan product melalui Etsy. Mungkin diantara kalian mempunyai cita-cita sebagai Entrepreneur, tetapi masih bingung bagaiamana untuk memulai usaha pertama kali. Atau mungkin kalian adalah craftmen atau pecinta handycraft, mengapa tidak berfikir untuk membuka toko lewat Etsy. 

Di sini saya akan membahas lebih lanjut tentang Etsy dari program webinar yang diadakan oleh Smesco Indonesia bersama narasumber mba Utari Dewi sebagai Etsy Seller sekaligus founder dari @kelasetsy. 

Selain itu mba Utari Dewi merupakan seorang mentor dari Bussiness Mentor for Asia Pacific Accelerator, Digital Marketing Accesor, dan juga Mentor Pendamping BTPNS. Beliau juga sudah berhasil mendapatkan awards antara lain Australia Awards 2017 dan juga Australia Awards 2023. Hingga saat ini mba Utari Dewi sudah memiliki toko Etsy sebanyak 3 toko. Selanjutnya mari kita bahas mengenai Etsy itu sendiri.
Mengapa harus berjualan di etsy

Etsy merupakan pasar global untuk barang buatan tangan, barang antik, dan perlengkapan kerajinan. Di dalam marketplace ini kalian akan menemukan komunitas pembuat, pemilik usaha kecil, dan pemneli yang semuanya memiliki minat yang sama terhadap barang-barang yang unik dan langka.

Etsy yang sekarang sudah banyak perubahan salah satunya ada barang-barang vintage. Dsn biasanya orang-orang yang membeli melalui Etsy adalah mereka yang menghargai barang-barang handmade, unik, dan tidak diproduksi atau dicetak dalam sekala besar.

Megapa Berjualan Di Etsy

Ada beberapa alasan mengapa kita harus berjualan di Etsy, antara lain adalah sebagai berikut;

1. Biaya yang relatif kecil

Di setiap marketplace pasti akan dikenakan biasa listing produk. Dari dianatara setiap marketplace untuk saat ini Etsy lah yang mempunyai biaya listing yang relatif kecil, dibanding dengan marketplace lainnya.

2.  Mudah untuk dikelola

Platform Etsy cenderung mudah dimanage atau dikelola dan dipahami oleh semua orang.

3. Mulai dari yang kecil dan tumbuh besar

Memulai usaha di Etsy tidak perlu langsung dalam partai besar kok. Kalian bisa memulai dari usaha yang kecil banget dan menumbuhkannya lebih besar lagi. 

4. Peningkatan penjualan pada 2020

Etsy mengalami peningkatan penjualan pada tahun 2020 tentu ini merupakan kabar baik untuk kalian semua yang ingin memulai usaha berjualan di Etsy.

5. Etsy adalah pasar yang berkembang

Etsy merupakan platform yang berkembang yang tidak diragukan lagi. Etsy sudah menunjukkan banyak perkembangannya bahkan sekarang Etsy juga menerima barang-barang vintage dan kuno. Disistem pembayaran juga sudah dihandle langsung oleh pihak Etsy.

6. Etsy memiliki 60 juta pembeli

Kabar terbaik lainnya Etsy hingga saat ini mempunyai kurang lebih 60 juta pembeli. Ini akan menjadi kesempatan besar kalian untuk mencoba berjualan di marketpalce ini dan mendapatkan customer.
Product yang bisa dijual di etsy

Produk Handmade Yang Bisa Dijual Di Etsy

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwasanya Etsy merupakan marketplace yang dieruntukkan untuk menjual barang-barang yang memiliki nilai seni dan juga handmade. Meskipun sekarang Etsy sudah mengembangkan dengan menerima listing barang vintage maupun produk digital.

Berikut produk yang bisa dijual di Etsy;

1. Produk Fisik

Produk yang bisa digunakan secara langsung, dipegang, dipakai, dan dilihat. Contoh produk fisik ini antara lain; dress, slippers, anyaman cermin, gelang, dekorasi rumah, dan lainnya.

Untuk saat ini kalian juga bisa menjual barang vintage. Vintage items merupakan barang-barang kuno, antik dan mempunyai nilai vinrage. Perlu diketahui dalam menjual barang-barang vintage ini kalian harus bisa memastikan dan memberi bukti jika item yang iingin kalian jual sudah harus berumur 20 tahun. Contoh item vintage yaiıtu furniture, baju, kemasan jadul, bahkan tutuo botol jadul yang tentu usianya sudah cukup tua.

2. Produk Digital

Produk digital merupakan produk yang berbentuk secara elektronik tidak ada bentuk fisiknya, melainkan semacam file, software, dan lainnya. Contoh produk digital sendiri antara lain pattern download maupun graphic design.

Untuk kalian yang menyukai dunia desain atau sekedar bisa menggunakan canva kalian bisa menjual karya kalian juga di Etsy.

3. Supplies

Supplies merupakan alat atau bahan penunjang untuk membuat kerajinan tangan itu sendiri. Contoh peralatan penunjang itu antara lain; kain, benang, mutiara, dan bahan kerajinan lainnya.

Persiapan Dan Cara Mendaftar Etsy

Untuk mendaftar di platform Etsy juga cukup mudah, kalian hanya perlu menyiapkan,
  • E-KTP, sangat disarankan menggunakan E-KTP untuk menghindari akun kalian dibanned atau tersuspend oleh Etsy. Pastikan jika ID card kalian berlaku seumur hidup. Jika kalian masih menggunakan KTP biasa sebaiknya dirubah dulu menjadi E-KTP. Karena Etsy dapat membaca data kalian dan Etsy mau menciptakan komunitas yang aman dan nyaman untuk para penjual dan pembeli.
  • Kartu Kredit/Debit, gunakan kartu dengan logo visa maupun master.
  • Nomor Rekening Bank
Semuanya itu akan digunakan untuk memverifikasi data. Pastikan setiap data bisa disinkronkan, jadi untuk nama E-KTP serta debit card atau kredit card mempunyai nama dan alamat yang sama.Kartu kredit maupun kartu debit tersebut akan digunakan untuk membayar tagihan di Etsy.

Kendala yang sering terjadi adalah kartu kita tidak bisa berfungsi untuk melakukan pembayaran di luar negeri. Dari kasus ini kalian bisa meminta pihak bank untuk membuka transaksi online ke luar neger.

Sedangkan untuk cara mendaftar adalah sebagai berikut;

  1. Kunjungi etsy.com
  2. Pilih masuk
  3. Masukkan alamat email
  4. Pilih akun anda
  5. Klik jual di Etsy
  6. İsi formulir
  7. Periksa ketersediaan nama
  8. Pilih nama toko anda
  9. Upload scan ID Card
  10. Masukkan detail rekening Bank
  11. Masukkan detail Kartu Kredit atau Kartu Debit

Melakukan Riset Pasar

Di Etsy kompetitor merupakan teman kita  tetapi kita juga perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui minat konsumen. Kustomer terbanyak di Etsy adalah orang-orang dari Amerika sehingga kita harus tahu barang-barang apa yang pantas kita jual.

Untuk melakukan riset pasar kalian bisa mengetikkan kata kunci di menu bar pada paltform Etsy, maka akan muncul beberapa item yang direkomendasikan oleh Etsy. Kalian juga melakukan riset pasar melalui pinterest.

Adapun website lain yang bisa digunakan yaitu Erank.com yang bisa kalian akses secara geratis maksimal 5 kata kunci perhari. Sedangkan untuk website prabayar kalian bisa mengunjungi Marmaled.com serta Allure.io dan mengaksesnya tanpa batas.

Mengapa perlu melakukan riset pasar

Beberapa alasan mengapa kita perlu melakukan riset pasar antara lain;
  •  Mengetahui apa yang dicari pelanggan secara umum
  • Apa yang dibuat dan dijual oleh pesaing kita
  • Apa yang pelanggan beli selama ini
  • Produk baru apa yang sedang booming
  • Pemasaran apa saja yang berhasil

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Listing Produk

1. Fotografi

  • Ukuran 2000 piksel
  • Gunakan cahaya alami
  • Bidik dengan latar belakang bersih dan sederhana
  • Maksimal 10 foto, atau kalian bisa menambah 1 video

2. Keyword

  • Berikan kata kunci panjang untuk judul
  • Berikan tag dengan 13 kata kunci pendek

3. Keterangan

  • Siapkan deskripsi lengkap tentang produk anda
  • Sertajan kata kunci dalam deskripsi

Kelas belajar etsy

Fee Yang Berlaku Di Etsy

Inilah biaya yang harus kita bayarkan jika membuka toko di Etsy.

 1. Daftar Biaya

  • 0.20$ perlisting 
  • Berlaku selama 4 bulan

2. Biaya Transaksi

  • 6,5% dari total harga, termasuk ongkos kirim

3. Biaya Pemprosesan Pembayaran

  • 4,5% + Rp. 7000.-
Total: 0.20$ + 6,5% + 4,5% + Rp. 7000.- = 11% + Rp. 10.000.-

Tips-Tips Yang Bisa Diterapkan

  • Jangan menggunakan dollar dalam menentukan harga pada produk listing yang kalian buat. Sebaiknya gunakan saja nominal rupiah agar kalian tidak kena charger, Etsy akan menampilan harga sesuai mata uang pembeli berasal.
  • Biasanya diawal Etsy akan meminta contoh listing kalian, isi dan jawab saja sesuai permintaan dari Etsy.
  • Sebaiknya kalian membuka toko Etsy jika benar-benar siap, karena Etsy akan memboost jualan kalian sebagai bentuk keperdulian dan  kemajuan usaha kalian.
  • Jual barang sesuai moment, misalnya sebentar lagi akan datang moment hari natal, kalian bisa membuat karya seperti hiasan natal dari flanel atau dekorasi natal lainnya. 
  • Buat packaging yang bagus dan menarik agar produk kita menarik calon pembeli.
  • Dalam menulis deskripsi kalian bisa melihat dari kompetitor tetapi kalian tidak boleh mencopy paste semuanya, Karena Etsy akan tahu dan menaruh list kalian paling bawah.
  • Amati, tiru, dan modifikasi. Kalian bisa melihat contoh kompetitor dengan konsep tersebut.
  • jangan gunakan kartu utama untuk melakukan transaksi online ke luar negeri.
  • Tidak disarankan menyimpan saldo dalam jumlah banyak di dalam kartu yang kita gunakan untuk pembayaran ke luar negeri. Ini untuk meminimalis kita terkena kejahatan online seperti phishing, pencurian data, maupun uang oleh para scammers. 
Bagaimana sekarang sudah semakin siap membuka toko lewat Etsy? Yuk tunggu apalagi raup dolar dengan kreatifitasmu kalian lewat Etsy.



Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

Posting Komentar