Muzeyyen Salik Banner

6 Kampus Jurusan Desain Interior Terbaik Di Indonesia

Jurusan Desain Interior
Menjadi sukses adalah mimpi banyak orang, seperti apa yang saya rasakan. Setelah lulus dari jenjang Sekolah Menengah Kejuruan, saya ingin sekali melanjutkan cita-cita dan impian saya.

Menjadi pribadi yang mandiri, dan melanjutkan kembali untuk menimba ilmu di perguruan tinggi.

Alih-alih ingin mewujudkan mimpi itu, ternyata jalan dan ekspektasinya tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan.

Hingga akhirnya kandas semua harapan dan impian saya itu. Tapi it’s ok, saya disini ingin sedikit membantu mewujudkan cita-cita dan impian kalian.

Apalagi untuk kalian yang sedang mencari referensi mengenai jurusan desain interior. Sebelum membahas lebih dalam mari kita pelajari apa itu arti dari desain interior.
Jurusan Desain Interior

Pengertian Desain Interior Dan Desainer Interior

Menurut Wikipedia, desain interior ini merupakan ilmu dengan seni menyempurnakan suatu interior bangunan, untuk menciptakan lingkungan sehat, dan mempunyai nilai estetika.

Sedang desainer interior ini sendiri adalah pelaku atau seseorang yang mempunyai bakat kreatif, yang mempunyai detail untuk merencanakan, meneliti, mengkoordinasikan, bahkan mengelola proyek untuk menciptakan desain interior.
Jurusan Desain Interior

Mata Kuliah Desain Interior

Menurut saya kuliah dengan jurusan desain interior sangat unik, dan mempunyai tantangan tersendiri.

Kita harus mempelajari gabungan beberapa mata kuliah, seperti ilmu seni, teknik, psikologi, serta manajemen.

Mengapa kita harus mempelajari beberapa ilmu tersebut? Karena sebagai seorang desainer interior kita sebaiknya memahami ilmu tentang perencanaan tata letak dan perancangan ruangan.

Selain itu kita membutuhkan ilmu kreativitas seni, dalam mengkreasikan ruangan, agar lebih nyaman, estetik, bahkan indah dipandang.

Ini bukan sekedar asal meletakkan furniture, atau penggunaan warna cat dinding sesuka hati kita. Tapi memperhatikan semua elemen serta memadukan minat dari klien.

Hal lain yang juga harus diperhatikan mengenai keefisienan dan kegunaan serta memaksimalkan fungsi ruang.

Oleh karena itu juga, desainer interior dituntut untuk menguasai ilmu manajemen karena harus bisa menyesuaikan budget dan pengeluaran yang diperlukan.
Jurusan Desain Interior

6 Kampus Dengan Jurusan Desain Interior Terbaik Di Indonesia

Sebagai calon mahasiswa baru maupun fresh graduated yang sedang mencari referensi universitas jurusan desain interior, ini adalah artikel yang tepat untuk kalian.

Tidak juga itu prospek kerja jurusan desain interior setelah kalian lulus juga cukup banyak.

Berikut enam kampus dengan jurusan desain interior terakreditasi A dan Unggul.

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Jurusan desain interior telah menjadi program pembelajaran yang bereputasi Internasional, guna menunjang industri kreatif yang berwawasan.

Sebagai ciri khas dari ITS khususnya transportasi kelautan, dalam jangka panjang wawasan lingkungan dan budaya nasional akan dikembangkan dalam bidang studi Desain Interior Transportasi (Interior Dinamis).

Di ITS sendiri kita bisa mengambil program keahlian; Desain Interior Arsıtektur, Desain Interior Transportasi, Desain Interior Eksibisi, Desain Furniture, Asesoris Interior, serta Desain Taman.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan kampus dengan program pendidikan desain interior pertama di Indonesia sejak tahun 1959.

Di sana kita bisa belajar di beberapa bidang kajian, yang meliputi; prinsip desain, perencanaan ruang, material dan finishing, sistem bangunan, perangkat lunak desain, dan juga proyek studio desain.

3. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Untuk kalian yang berdomisili di Yogyakarta tidak perlu bingung mencari kampus terbaik jurusan desain Interior. 

Pasalnya di Institut Seni Indonesia (ISI) juga menawarkan program studi Desain Interior.

Salah satu program studi S-1 di Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta ini, antara lain bidang perencanaan dan perancangan ruang.

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Fakultas Seni Rupa Dan Desain (FSRD), Universitas Sebelas Maret mendirikan Studio Arsitek pada tahun 1981.

Di universitas ini kita bisa belajar, Desainer Interior/Furniture/Produk Interior, Konsultan Perencana Interior, Pengawas Interior, Manajemen Konstruksi Interior, Pelaksana Proyek Interior, Art Director Interior.

5. Universitas Bina Nusantara (BINUS University)

Nah untuk Universitas Bina Nusantara (BINUS) ini sendiri, menawarkan kombinasi teori dan praktik studio.

Kita akan belajar tentang pengetahuan desain yang berkaitan dengan konstruksi, interior, dan furniture, studi desain dan budaya, komputer untuk desain, pemanfaatan dan pengetahuan material, serta tren desain.

6. Universitas Tarumanagara (Untar)

Di Universitas Tarumanagara (Untar) telah terakreditasi unggul, tentu ini juga tidak akan membuat kita semua ragu untuk melanjutkan sekolah di universitas ini.

Di sana kita dapat belajar tentang bidang keahlian, desain interior, desain furniture, desain eksibisi, desain pencahayaan interior, desain dekoratif.

Program studi ini dapat kita tuntaskan dalam 8 semester, sehingga kita dapat berfikir secara komprehensif dengan menguasai bidang keahlian yang kita kuasai diatas.

Penutupan

Dengan daftar enam universitas terbaik ini, mudah-mudahan membantu kalian menentukan pilihan dalam memilih kampus jurusan desain interior terbaik.

Karena kampus-kampus ini juga terakreditasi A ataupun Unggul, sehingga kita tidak perlu lagi ragu.

Mengambil jurusan desain interior sebagai mata kuliah juga tidak berarti setelah lulus kita harus menjadi seorang desainer interior. Mengapa bisa seperti ini?

Karena ternyata prospek dari kerja jurusan desain interior ini sangat luas. Salah satu prospek kerja ini yaitu kita bisa menjadi seorang yang bergelut di bidang jasa desain interior.

Jadi untuk kalian yang mengambil atau sedang berniat meneruskan ke perguruan tinggi di jurusan desain interior ini, kalian sangat beruntung.

Yuk baca artikel saya selanjutnya di “ Prospek Kerja Jurusan Desain Interior”.


Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

27 komentar

  1. Terima kasih infonya tentang kampus-kampus yang membuka Jurusan Desain Interior di berbagai kota di Indonesia. Memang harus pilih-pilih perguruan tinggi nih, terutama mencek akreditasinya.

    BalasHapus
  2. listnya sudah lengkap nih. tinggal cek ke masing-masing kampusnya ya, mana yang paling cocok, disesuaikan dengan banyak hal. misalnya tempat terdekat,

    BalasHapus
  3. Wahh di ITS ada ya. Kampus terdekat kalau ditempuh dari Malang (jika dibandingkan dengan kampus lain di list).

    Belajar desain interior emang seruu ya.

    BalasHapus
  4. masuk jurusan desain interior harusnya punya jiwa seni yang tinggi, terus dikembangkan lagi dengan kuliah di beberapa universitas top di Indonesia yang ada jurusan desain interior, beuuhh makin mantap skill seninya

    BalasHapus
  5. Jurusan desain interior nih menjanjikan banget pasti ya, dan syukurnya ada banyak rekomendasi terbaik dari kampus² lokal ini.

    BalasHapus
  6. Selain bekerja, bisa banget ya ilmu yang diperoleh semasa kuliah dipakai untuk mengatur rumah sendiri. Pasti seru!

    BalasHapus
  7. Desainer Interior sekarang ini sangat dibutuhkan, apalagi dengan semakin banyak pembangunan perumahan atau rumah pribadi. Yang harus dipelajari juga banyak. Karena mulai dari mendesain awal, sampai pemilihan perabot, dan warna catg juga harus sesuai.

    BalasHapus
  8. Belajar design interior jadi menyenangkan nih di kampus pilihan. Karena jiga jurusan ini dibutuhkan dna dicari ya ketika bekerja

    BalasHapus
  9. Rupanya ada mata kuliah design interior juga ya. Kampus top pula yang ada mata kuliah itu.

    Btw, aku kok kangen UnTar ya. Bukan alumni tapj pas di kerja di Jkt, banyak yg ngobrolin kerennya Untar.

    BalasHapus
  10. Mantul nih artikelnya, jadi tahu kampus yang ada bidang desain interior. Ada ITB juga ternyata.

    BalasHapus
  11. Inget banget awal-awal buka despro di ITS ((lupa taun berapa)), itu masuknya masih tanpa SMNPTN. Jadi kalau mau diterima, ada tesnya sendiri dan itu bagi kami yang masih SMA sampe bela-belain cari tutor mahasiswa Despro ITS buat belajar sekaligus dapetin kisi-kisi tesnya.

    Yah, namanya senior ya..
    Kini Despro ITS uda bukan jurusan baru lagi dan peminatnya luar biasaaa..

    BalasHapus
  12. Wah ITS sama ITB ada di nomor 1 dan 2 ya. Pantas lah ya, mereka kampus khusus teknologi. ITS pernah masuk sih ke kampusnya, tapi kalau ITB beluman. Nah UNS saya juga pernah ke sana.

    BalasHapus
  13. Ini kampus ternama dgn jurusan desain interior yang banyak diminati anak2 muda. Emg lulusannya banyak direkrut perusahaan terkemuka sih. Ga salah kalau jurusan desain interior di kampus ini selalu membeludak. Bagi yang pengen kuliah di jurusan ini, nggak salah loh pilih salah satu dari kampus bergengsi ini.

    BalasHapus
  14. Desain interior adalah ilmu yang menarik. Aku malah sempat tertarik buat mempelajarinya. Hanya merasa nggak ada bakat seni. Jadi, kudu mikir ulang dan milih yang sudah kupelajari sekarang.

    BalasHapus
  15. Jurusan bagus di kampus-kampus ternama. Sudah jaminan kualitas banget ya itu. Apalagi kalau passion si anak memang di bidang desain interior.

    BalasHapus
  16. wow...seru nih kayaknya ambil jurusan desain interior. Jadi pengen kembali ke masa-masa dulu awal-awal kuliah. Kenapa dulu gak kepikiran ambil jurusan seasyik ini ya hehee...

    BalasHapus
  17. Seru banget ya bisa mengenal lebih dalam tentang jurusan desain interior dan juga universitas-universitas terbaik di Indonesia. Semoga artikel selanjutnya tentang prospek kerja jurusan desain interior juga bisa memberikan insight yang menarik. Keep up the good work! 🌟

    BalasHapus
  18. Jaman sekarang di dunia interior memang butuh ide ide dan inovasi menarik. Karena memang faktor utama yang bikin betah di rumah ya masalah interior. Sekolah interior juga udah banyak ternyata haa

    BalasHapus
  19. Senangnya dengan vibe positif Mbak Tri ini, apalagi pas baca kalimat 'ingin membantu mewujudkan cita-cita dan impian kalian'. InsyaAllah tulisan ini akan menjadi ladang amal kebaikan, apalagi untuk adik-adik kelas akhir di SMA dan sederajat yang kini sedang mencari informasi jurusan-jurusan untuk kuliah mereka kelak

    BalasHapus
  20. Kebetulan suami juga lulusan desain interior, kadang lucu juga ternyata dalam ruangan juga perlu desainer. Tapi setelah ngobrol fungsinya gini gitu baru deh paham kalau desain interior itu penting juga.

    BalasHapus
  21. Waaa ternyata di binus university juga ada jurusan desain interior ya kak. Bener-bener solusi buat yang pengen masuk jurusan desain interior terbaik tapi nggak bisa masuk ke kampus negeri

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Desain interior termasuk salah satu jurusan favorit ya
    Anakku pun tertarik, semoga nanti dia bisa kuliah jurusan desain interior di ITS or ITB
    Amin

    BalasHapus
  24. Dulu saya pengen sekali kuliah di jurusan desain interior
    eh, rejekinya di pendidikan. Padahal aku suka banget lihat gambar atau tulisan yang bahas desain interior

    BalasHapus
  25. Fix jadi tahu kemana harus ku liatin anak yg suka desain di kampus yg terbaik. Itb keren tuh

    BalasHapus
  26. wii keren, semuanya yang ada jurusan desain interior itu para kampus hebat dan top semua.

    BalasHapus
  27. wah bisa jadi rekomendasi saya kebetulan banget keponakan mau masuk kuliah dan dia pengennya masuk jurusan desain interior, bisa saya rekomendasikan ini ke dia

    BalasHapus

Posting Komentar