Muzeyyen Salik Banner

9 Tips Desain Interior Kamar Tidur

Desain Interior Kamar Tidur
Kamar tidur merupakan suatu ruangan yang bersifat privat, dimana tidak sembarang orang boleh masuk ke ruangan khusus ini.

Biasanya pun para tamu juga sudah mempunyai kesadaran diri untuk tidak memasuki ruangan itu. Kecuali jika pemilik rumah itu sendiri yang mempersilahkan kita masuk ke dalam ruangan pribadinya.

Ini artinya orang yang berhak masuk ke kamar tidur hanya pemilik rumah tersebut, dan pemilik kamar tidur itu sendiri.
Desain Interior Kamar Tidur

Letak Kamar Tidur Yang Baik

Bagi saya kamar tidur ini bisa menjadi tempat inspirasi terbaik. Apalagi saya adalah tipe seseorang yang lebih senang menyendiri, berpikir untuk menemukan ide, atau sedikit menenangkan diri.

Tidak tahu mengapa kamar tidur ini bisa membuat semangatku kembali lagi. Tapi perlu kalian tahu jika tata letak kamar tidur ini bisa sangat berpengaruh. 

Misalnya saja setelah pintu utama, kemudian langsung menuju kamar tidur, dan selanjutnya adalah ruang tamu, penempatan ini saya rasa kurang pas.

Menurutku saya sendiri, penempatan ruang tidur yang langsung berhadapan dengan ruang tamu juga kurang efisien. 

Bayangan saja jika rumah kita sedang mengadakan acara seperti, perkumpulan atau semacam arisan. Ini akan sangat mengganggu, jika si pemilik kamar akan keluar ruangan, ternyata sudah ramai banyak orang.
Berikut letak kamar tidur yang baik;

Kamar Tidur Tidak Dekat Dengan Dapur

Sebaiknya kamar tidur tidak ditempatkan dekat dengan dapur. Ini karena jika ada kegiatan memasak maka bau akan cepat masuk ke kamar tidur.

Ini pasti akan akan mengganggu dan membuat tidak nyaman. Disamping itu, semua sprei atau bantal yang ada juga akan terkena bau dari masakan yang kita masak.

Kamar Tidur Tidak Dekat Dengan Kamar Mandi

Peletakkan kamar tidur juga sebaiknya tidak dekat dengan kamar mandi. Ini akan mencegah terkena paparan virus atau bakteri dari toilet.

Tidak itu juga, saat terjadi kerusakan seperti wastafel juga akan membuat air bisa merembes ke dinding kamar tidur, sehingga membuat ruangan menjadi lembab dan dinding berjamur.

Kamar Tidur Tidak Berada Di Bawah Tangga

Kamar tidur merupakan tempat beristirahat yang seharusnya memberi rasa nyaman untuk pemiliknya.

Tetapi jika peletakkan kamar tidur berada dibawah tangga, tentu ini akan membuat si pemilik kamar menjadi sangat terganggu, dengan suara-suara bising orang yang melewati tangga.

Kamar Tidur Tidak Berada Di Atas Garasi

Sepertinya kamar tidur yang berada di atas garasi memang terdengar jarang sekali. Tapi siapa sangka, ternyata ada juga yang mempunyai rumah di atas garansi.

Padahal peletakkan tempat tidur di atas garasi ini tidak disarankan. Pasalnya jelas suara bising dari mesin mobil atau sepeda motor jelas akan mengganggu.

Dan juga bau bahan bakar yang bersumber dari garasi ini akan mudah masuk ke dalam kamar.
Desain Interior Kamar Tidur

Tips Desain Interior Kamar Tidur

Kita sudah membahas tentang, apa itu kamar tidur, dan juga letak kamar tidur yang baik. Sekarang mari kita membahas tentang desain interior kamar tidur.

Desain interior merupakan pokok utama yang berperan penting dalam menciptakan rumah cantik sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Ada beberapa gaya desain interior yang bisa kita pilih seperti, desain interior minimalis ataupun desain interior minimalis modern.

Untuk membuat desain interior kamar tidur sendiri, kita harus menentukan gaya apa yang akan kita pilih untuk pengaplikasian kamar tidur kita, apakah gaya minimalis atau gaya minimalis modern.

Berikut tips desain interior kamar tidur;
Sebenarnya sah-sah saja memilih gaya apapun untuk kamar tidur kita. Tapi ada baiknya kalo kita memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

Gunakan Warna Yang Netral

Warna netral disinyalir dapat memberikan ketenangan. Warna ini seperti biru lembut, hijau pastel, abu-abu, krem, atau warna pastel lainnya.

Pencahayaan Yang Baik

Kita bisa menggunakan pencahayaan alami. Ini bisa juga dengan menambahkan beberapa jendela sebagai pencahayaan alami di siang hari serta sirkulasi udara yang baik. Tidak itu juga, kita bisa menambahkan lampu tidur untuk menciptakan suasana yang nyaman.

Memperhatikan Fungsi Serta Kebutuhan

Desain sebaiknya memperhatikan fungsi dan kebutuhan ruang tidur. Yang terpenting adalah tempat harus nyaman, dengan ruang penyimpanan yang cukup. Kita juga bisa menambah area untuk beraktivitas jika memungkinkan.

Pemilihan Furniture Yang Tepat

Pastikan kita memilih furniture dengan gaya desain yang kita inginkan, dan sesuai dengan ukuran ruangan.

Sebaiknya kita menghindari pemilihan furniture yang terlalu besar untuk ruangan yang kecil.

Menambahkan Sentuhan Personal

Sentuhan personal di sini seperti barang-barang pribadi yaitu foto-foto keluarga, barang-barang kedatangan, atau koleksi lainnya.

Ini dapat menciptakan suasana yang hangat dan penuh kenangan. Tapi perlu kita perhatikan, untuk tidak memasang barang-barang pribadi kita secara berlebihan.

Karena ini malah akan membuat desain kamar tidur kita terlihat lebih ramai dan kurang enak dipandang.

Memperhatikan Tata Letak Furniture

Peletakkan furniture yang kurang pas ini malah bisa mengacaukan desain interior di kamar tidur kita.

Sebaiknya kita menyusun furniture itu sedemikian rupa untuk memaksimalkan ruang dan memudahkan pergerakan kita.

Gunakan furniture yang tidak berlebihan, untuk memberi kesan yang lebih luas pada tempat tidur kita.

Memiliki Ruang Penyimpanan Yang Efisien

Dengan mengaplikasikan ruang penyimpanan yang efisien, tentu akan menghemat ruangan. Ini bisa dengan meletakkan tempat tidur model storage, rak gantung, untuk menyimpan barang agar lebih rapi dan efisien.

Mungkin kalian juga bisa menambahkan ruangan khusus di dalam kamar untuk menyimpan pakaian, jadi tidak perlu penggunaan lemari. Ini akan menjadikan ruang tidur kita luas dan rapi.

Memilih Bahan Yang Nyaman

Untuk menciptakan suasana nyaman dan hangat, kita bisa memilih bahan-bahan seperti linen, cotton, atau wol, untuk tekstil dan furniture kamar tidur.

Kalian bisa menambahkan dekorasi seperti, bantal makrame, atau sentuhan lain untuk menambah desain kamar semakin hidup.

Memperhatikan Detail Tambahan

Detail tambahan seperti lampu tidur yang indah, pemilihan warna karpet yang indah dan lembut, atau bantal-bantal kecil, akan memberikan sentuhan akhir yang dapat menyempurnakan desain kamar tidur kita.

Penutup

Dengan tips-tips yang saya berikan di atas, saya harap kalian bisa menciptakan kamar tidur yang nyaman, fungsional, serta sesuai dengan gaya yang kalian inginkan.

Jika kalian ingin mendapatkan desain yang bagus kalian bisa memilih jasa desain interior.

Jadi bagaimana? Sudah siap merancang desain interior kamar tidur kalian? Ngomong-ngomong untuk kalian yang tertarik dengan jurusan desain interior, kalian bisa membaca artikelku selanjutnya tentang “Jurusan Desain Interior Terbaik Di Indonesia”.
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

27 komentar

  1. Setuju soal tata letak kamar tidur. Saat kamar tidur berada dekat dengan ruang tamu tuh suka jadi malu sendiri mau keluar kamar kalau pas lagi rame tamu.

    BalasHapus
  2. ih padahal enak lho, kalau kamar tidur dekat kamar mandi. enggak repot kejauhan kalau kebelet. tapi ternyata enggak bagus ya

    BalasHapus
  3. Kamar tidur sebaiknya tidak dekat dengan kamar mandi. Tetapi sekarang buanyakkkk kamar tidur yang di dalamnya ada kamar mandi. Istilahnya kamar mandi dalam. Kalau seperti itu bagaimana? Tapi mungkin atas nama kepraktisan ya...

    BalasHapus
  4. Saya juga kurang setuju jika pintu kamar langsung ke ruang tamu. Tapi kebanyakan rumah yang saya temui seperti itu modelnya, terutama di perumahan.

    BalasHapus
  5. Pintu kamar yang nggak langsung menghadap ruang tamu mungkin untuk menghindari ketidaknyamanan atau menambahkan privasi bagi ketika ada tamu, ya..

    BalasHapus
  6. Waduh tempat tidur saya malah mepet kamar mandi secara kalau tidak begitu gak ada tempat untuk sholat berjamaah
    Sepertinya perlu ditata ulang nih kamar saya ini

    BalasHapus
  7. Kalau ngga mau ribet memang paling enak pakai jasa design interior ya biar hasilnya memuaskan. Kadang ada orang yang ngga bisa padu padan warna

    BalasHapus
  8. Menarik sekali tipsnya
    Mau coba aku terapin ah
    Agar kamar tdr jadi nyaman

    BalasHapus
  9. Pemilihan warna dan pencahayaan ini menurut aku yang paling berpengaruh dalam desain interior suatu ruangan. Apa lagi untuk kamar, haru dipilih dengan cermat karena merupakan tempat kita beristirahat.

    BalasHapus
  10. Iya juga ya. Kamar tidur harusnya jangan di bawah tangga apalagi di atas garasi. Hehe berisik.

    Tapi gimana lagi. Keterbatasan lahan 🤭

    BalasHapus
  11. Aku malah jauh bikin kamar tidur dgn kamar mandi. Krn aku ga mau kamar jd lembab. Emg sih udh ditembok tebal, tapi aku ga mau sih deket2 kamar meski kalo mau mandi basah emg agak ribet kl denger org rumah. Haha.

    BalasHapus
  12. Memang ya seharusnya kamar tidur tidak dekat dengan kamar mandi, tapi rumah ku dengan keterbatasan tanah mau tidak mau ya dekat kamar mandi,

    BalasHapus
  13. Duh gemes kalo liat desain interior kamar tidur gini. Tapi sayangnya, kamar mandinya dalem kamar, haha.. Ya, semoga ntar bisa punya rumah yg bisa desain sendiri kamar tidurnya.

    BalasHapus
  14. Waahh bisa nih jadi referensi buat suasana baru untuk renovasi kamar nanti, biar gak bosan desainnya gitu-gitu mulu ya kan.

    BalasHapus
  15. Menarik nih, ide kamar tidur memang tricky menurutku. Soalnya pasti disesuaikan dengan luas dan desain bangunan. Biasanya kalau bangun rumah sendiri, jadi lebih mudah utk dekor kamar tidur sendiri kak

    BalasHapus
  16. Nahhh iya, orang luar (tamu) jangan sampai masuk ke kamar karena itu area privat. Pernah ada tuh tamu yang nggak tau adab masuk-masuk ke kamar tanpa izin. Keselnya ke ubun-ubun dah.

    BalasHapus
  17. Letak kamar tidur yang tepat membuat istirahat semakin berkualitas, apalagi disesuaikan dengan kebutuhan yang tinggal seperti interior yang tepat dan warna yang menenangkan.

    BalasHapus
  18. Kamar tidur qu berasa kurang banget pencahayaan dan sirkulasi udara. Nyesel banget sih dengan desain rumah ku yang apa adanya tanpa pertimbangan matang. Pengen banget renovasi, semoga bisa segera renov biar nyaman dirumah..hehe

    BalasHapus
  19. Aku setuju kak kalau kamar tidur sebaiknya gak dekat dengan kamar mandi untuk menghindari paparan virus dan bakteri. dah gitu jangan di atas garasi, karena kemungkinan bisingan dari keluar masuk kendaraan

    BalasHapus
  20. Ha ha ha aku kalau masak, aromanya langsung masuk kamar tidur. Makanya kalau masak, semua kamar wajib ditutup pintunya. hiks, soalnya rumahnya minimalis banget...

    BalasHapus
  21. Lah kamar tidur biasanya dekat dengan kamar mandi tuh. Gimana dong kak. Kalau gak di dalam kamar ya di luar dekat pintu masuk
    Aku lihat begitu sih. Salah ya penempatannya

    BalasHapus
  22. ngebayangin banget kamar tidur di atas garasi bakal kayak gimana hahaha. aku pengennya yang jelas dapet cahaya dan sirkulasi udaranya bagus :')

    BalasHapus
  23. Betul kamar tidur jangan berhadapan dengan ruang tamu, biar lebih privacy, masuk keluar jadi lebih enak. Pengalaman pribadi soalnya, saat kamar tidur berhadapan dengan ruang tamu, kalau pas ada tamu orang tua, keluar kamarnya nunggu tamu pulang.

    BalasHapus
  24. Letak kamar tidur tidak dekat dengan kamar mandi, namun sayangnya sekarang modelnya malah di dalam kamar tidur ada kamar mandi. Pastinya juga kudu menyediakan kamar tidur yang cukup banyak. Selain untuk anak-anak juga untuk tamu

    BalasHapus
  25. Aku kepikiran untuk pindah ke kamar belakang yang berdekatan dengan dapur. Tapi kalau gak ada akses terbuka dari dapur secara langsung, tetap gak masalah ya?

    BalasHapus
  26. Kamar tidur emang jadi tempat spesial buat kita yang butuh ketenangan dan inspirasi. Penempatannya juga penting banget kan? Gak kebayang kalo kamar tidur deket dapur atau kamar mandi, pasti bikin kurang nyaman. Tips desain interiornya juga bagus banget, jadi pengen segera merancang kamar tidur yang nyaman dan cantik! 🛌✨

    BalasHapus
  27. Wah, tips-tips nya sangat bermanfaat nih. Kebetulan aku sendiri lagi cari referensi untuk desain interior kamar tidur.

    BalasHapus

Posting Komentar