Muzeyyen Salik Banner

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior
Mungkin beberapa diantara kita pernah mengalami kebingungan dalam memilih Universitas. Dan kita tidak boleh salah pilih dalam menentukannya.

Karena ini akan mempengaruhi masa depan kita setelah lulus nanti. Seperti yang kita tahu, bahwa dengan melanjutkan bersekolah di perguruan tinggi, akan memperluas peluang kita untuk berkarir di berbagai perusahaan.

Tapi terkadang kita juga menjumpai, ada beberapa orang di sekitar kita yang sudah melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi, tetapi masih menganggur.

Ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya mungkin karena salahnya memilih jurusan mata kuliah yang diambil. Loch, kenapa bisa?

Sebelum kita memutuskan untuk melanjutkan bersekolah lagi di perguruan tinggi, alangkah baiknya kita memikirkan dengan matang, jurusan apa yang akan kita ambil. Ini akan menjadi faktor penting yang akan menentukan kelanjutan masa depan kita.

Jika kita sudah menentukan jurusan mata kuliah, kita akan semakin mudah dalam mencari Universitas yang kita inginkan. Lalu apa yang harus kita pertimbangan dalam memilih jurusan mata kuliah serta Universitas.
Prospek Jurusan Desain Interior

Tips Memilih Universitas

Berikut tips yang harus dipertimbangkan dalam memilih jurusan mata kuliah dan Universitas.

Menentukan Minat Dan Tujuan

Minat dan tujuan ini dapat membantu kita dalam menentukan jurusan mata kuliah yang akan kita ambil.

Sebaiknya kita mengambil jurusan yang benar-benar sesuai dengan minat kita sendiri. Karena ini akan membuat kita lebih bersemangat dalam belajar, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, bahkan menjadikan kita pribadi yang lebih produktif.

Kemudian tentukan tujuan kita, tujuan ini akan akan memberikan gambaran kemana arah masa depan kita nanti setelah lulus.

Membuat List Beberapa Universitas

Setelah kita menentukan pilihan jurusan mata kuliah melalui minat dan tujuan, saatnya kita membuat list Universitas.

Dengan list ini kita, akan lebih mudah menentukan pilihan, universitas mana yang akan menjadi alternatif dan prioritas untuk tempat belajar kita.

Mempelajari Reputasi Dan Akreditasi

Cari tahu reputasi dan akreditasi kampus yang akan kita pilih. Kita harus memastikan bahwa kampus pilihan kita mempunyai reputasi yang baik, serta terakreditasi oleh lembaga yang berwenang.

Akreditasi ini berarti kampus atau sekolah kita telah memenuhi standar pendidikan yang diwajibkan. Tidak itu juga, sekolah yang terakreditasi juga diakui oleh perusahaan atau institusi di masa mendatang.

Mengevaluasi Program Studi Yang Ditawarkan

Setiap kampus dengan jurusan mata kuliah yang sama belum tentu mempunyai program studi yang sama juga.

Nah, disini kita bisa mulai mengevaluasi dari list Universitas tadi, mana yang memiliki program studi yang lebih unggul atau lengkap.

Memperhatikan Fasilitas Dan Sarana

Sesudah kita semakin mantap menentukan Universitas. Kita harus memperhatikan fasilitas dan sarana yang ditawarkan. Pastikan fasilitas dan sarana ini, menunjang proses belajar mengajar kita.

Mempertimbangkan Lokasi Kampus

Lokasi kampus juga bisa menjadi pertimbangan kita. Jika lokasi kampus dekat dengan tempat tinggal kita, ini akan menghemat biaya operasional.

Tetapi jika ternyata kampus yang kita pilih berada jauh bahkan di luar kota, kita harus siap dengan semua biaya operasional untuk hidup bahkan menyewa tempat tinggal.
Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

Seperti yang sedikit saya singgung diatas, bahwa kita harus mempertimbangkan jurusan mata kuliah yang akan kita ambil. Karena setiap jurusan mata kuliah mempunyai prospek kerja yang berbeda-beda.

Jadi sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya memikirkan semua ini secara matang-matang. Lalu bagaimana dengan kita yang telah menentukan mata kuliah jurusan desain interior.

Bagaimana prospek kerja kita nanti, jika kita sudah menyelesaikan program study kita. Untuk kalian yang telah memutuskan mengambil jurusan desain interior. Kalian tidak perlu khawatir, karena prospek kerja jurusan desain interior ini ternyata mempunyai banyak pilihan.

Jadi gambarannya setelah lulus nanti kalian tidak hanya menjadi desainer interior saja.

Berikut prospek kerja jurusan desainer interior;

Desain Grafis

Prospek kerja jurusan desain interior salah satunya menjadi desain grafis.

Desain grafis ini mempunyai tugas menciptakan ilustrasi, fotografi, sampai grafis. Desain grafis sendiri sekarang ini, menjadi profesi yang banyak dicari.

Perancang Dan Produsen Furniture

Siapa sangka lulusan desain interior juga bisa menjadi seorang perancang maupun produsen furniture.

Yang dimana prospek ini dapat menghasilkan cukup banyak pundi-pundi rupiah.

Bisnis Toko Material

Jangan salah, setelah lulus kuliah jurusan desain interior kita bisa juga membuka bisnis sendiri dengan membuka toko material, yang menjual kebutuhan interior.

Dengan ini kita juga akan mudah mengarahkan pembeli dengan mempertimbangkan kebutuhan customer.

Konsultan Properti

Menjadi seorang konsultasi properti salah satu prospek yang sangat sinkron dengan desain interior.

Dengan semua pembelajaran dan ilmu yang sudah kita kuasai, kita akan sangat mudah memberikan masukan atau nasihat yang berkaitan dengan properti kepada klien kita.

Bisnis Properti

Bisnis properti menjadi salah satu profesi yang cukup menguntungkan, dan banyak diminati dalam jurusan desain interior.

Apalagi saat ini bisnis properti menjadi bisnis yang berkembang pesat.

Distributor Produk Interior

Prospek lain setelah lulus jurusan desain interior, dengan gaji yang cukup besar yaitu menjadi distributor produk interior.

Karena kita sudah mempunyai ilmu dalam riset pasar, kemampuan menilai harga jual, bahkan mengetahui kualitas produk yang akan kita distributorkan.

Kontraktor

Seorang kontraktor biasanya menawarkan jasa berupa konsultasi konstruksi. Ini jelas sangat bersinggungan dengan desain interior.

Profesi ini juga sangat cocok untuk kita yang menyukai pekerjaan di lapangan.

Pegawai Negeri Sipil

Siapa sangka seseorang dengan lulusan desain interior juga bisa menjadi seorang pegawai negeri sipil.

Karena ada beberapa institusi yang membuka prospek dalam bidang desain interior. Untuk kita yang menginginkan kerja di bidang pemerintahan, profesi ini terbilang sangat cocok.

Penutupan

Bagaimana, ternyata prospek jurusan desain interior sangat banyak ya. Jadi sekarang, kita tidak perlu khawatir lagi dalam menentukan pilihan untuk mengambil jurusan desain interior.

Untuk kalian yang masih tertarik atau ingin mengeluti bidang jasa desain interior, yuk baca artikelku selanjutnya tentang “Jasa Desain Interior Rumah”.



Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

32 komentar

  1. Sebelum memutuskan untuk kuliah di jurusan apa, kita memang harus mempertimbangkan tujuan kita nanti. Jadi, kuliah benar-benar menjadi pendukung kita untuk meraih tujuan di masa depan. Bukan sekedar menghabiskan waktu saja.

    BalasHapus
  2. Selagi manusia masih menggunakan ruang atau rumah dan sejenisnya, akan selalu ada peluang kerja bagi yang memiliki keahlian desain interior.

    BalasHapus
  3. Saya setuju, kalau kuliah itu pilih jurusan yang sesuai minat. Jadi kuliahnya nanti semangat dan hasilnya maksimal. Tidak zamannya lagi ikut-ikutan, apalagi dipilihkan orang tua.

    BalasHapus
  4. sekarang banyak bermunculan perumahan baru, nah butuh banget nih desain interior, apalagi banyak inspirasi untuk menata ruanganya agar lebih homy, aku suka lihat interior minimalis dan tampak lega

    BalasHapus
  5. ini salah satu jurusan favorit nih. karena prospek kerjanya luas. misal pun enggak kerja, bisa buka usaha sendiri ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia kalau kuliah d desain interior memang ada tujuan buat usaha sendiri pasti malah bagus. Karena desain interior merupakan peluang yang masih belum banyak kompetitor

      Hapus
  6. Desain interieor ternyata bisa menjadi desain grafis ya mbak. Apa karena masih sama sama dunia desain ya? Dipikiran saya desain interior itu hanya seputat desai bangunan dan properti aja jadi kerjanya hanya berkuta di properti dan bngunan dan interiorsaja

    BalasHapus
  7. Banyak juga yaa pekerjaan yang relate dengan desain interior, sepertinya desain interior ini sedang banyak di cari sekarang. Saat ini banyak orang yang ingin memiliki hunian yang estetik dan biasanya menggunakan jasa desain interior biar hasilnya maksimal

    BalasHapus
  8. Oalah, lulusan desain interior juga bisa jadi PNS toh. Saya pikir ya harus berkarir di bidang kreatif atau bisnis gitu. Ah, baguslah kalau peluang kerjanya bisa di berbagai bidang. Jadi yang mau kuliah desain interior gak perlu kawatir.

    BalasHapus
  9. Nah setuju nih kak untuk kuliah memang hal penting yang wajib tahu adalah prospek kerja dan tujuan kuliah. Jangan sampai kuliah di desain interior tapi setelah lulus bingung mau ngapain

    BalasHapus
  10. PNS? Wah, menarik sih ini. Baru tau juga akutuh kalo prospek kerja jurusan desain interior peluangnya luas sekali.

    BalasHapus
  11. Penting banget memilih jurusan yang diminati ya, mengingat biaya kuliah cukup mahal. Universitas yang dipilih pun harus jelas reputasinya tidak asal

    BalasHapus
  12. Wah, saya baru tahu nih kalau teman-teman yang mengambil jurusan kuliah desain interior pun punya kesempatan untuk menjajal karir sebagai pegawai negeri sipil atau yang kini biasa disebut juga sebagai aparatur sipil negara nih.

    BalasHapus
  13. banyak juga ini prospek kerjanya
    istilahnya gak mentok dengan beberapa profesi aja.
    cuss semangat untuk berkarir di dunia interior

    BalasHapus
  14. Saat memilih jurusan kuliah, kita memang harus memiliki tujuan jangka panjang, termasuk rencana setelah lulus. Tips dari guru saya, pilihlah jurusan yang membuat kamu memiliki ilmu yang tanpa mencari pekerjaan pun tetap bisa menghasilkan. Jurusan desain interior ini salah satunya, karena kita bisa memanfaatkan ilmu secara mandiri misalka dengan berbisnis properti.

    BalasHapus
  15. masuk kampus itu memang harus betul-betul selektif ya soalnya kedepannya urusannya dengan masa depan hehe maksudnya semua jenjang emang berpengarug sih cuman kuliah ini penentuannya

    BalasHapus
  16. Jurusan ini emg paling elit loh di semua kampus ternama. Dan banyak banget peminatnya.

    Ternyata banyak banget ya bidang usaha yang perlu jurusan desain interior. Makanya banyak kampus terus membuka jurudlsan ini demi memenuhi tuntutan pasar.

    BalasHapus
  17. temenku ada yang kerjanya sebagai Ergonomist, kerjaannya Mempelajari dan mendesain ruang kerja yang ergonomis dan nyaman. kerjanya sih di perusahaan desain, manufaktur, atau kesehatan.

    BalasHapus
  18. prospek jurusan desain interior memang sangat bagus. Design saya ini jadi favorit.
    Bisa dibilang daripada pertanian dan kehutanan, anak muda jaman sekarang lebih banyak memilih design termasuk interior

    BalasHapus
  19. Wah, keren ini. Memang sebelum masuk kuliah, kita sudah harus paham akan memilih masuk ke jurusan yang mana. Dan saya baru tahu bahwa prospek kerja jurusan desain interior itu cukup banyak dan beragam.

    BalasHapus
  20. Jadi makin yakin kalau jurusan Desain Interior punya prospek kerja yang luas. Gak cuma bisa jadi desainer interior aja, tapi juga bisa merambah ke desain grafis, bisnis furniture, konsultan properti, bahkan sampai PNS. Jadi buat yang lagi galau pilih jurusan, Desain Interior bisa jadi pilihan yang menjanjikan nih! Terima kasih infonya, sangat membantu buat yang lagi cari-cari jurusan kuliah. 😊👍

    BalasHapus
  21. Saat ini sudah banyak sekali perguruan tinggi yang membuka jurusan desain interior ya. Memang sih, penting banget mencari tau bagaimana prodi yang akan kita tuju sebelum memutuskan masuk kuliah di jurusan tersebut. Karena secara tidak langsung akan memberikan dampak setelah lulus nantinya.

    BalasHapus
  22. Kalau bisa mengulang waktu aku pengen banget masuk jurusan desain interior, saat ini peluang kerjanya banyak banget. Selain itu bisa bikin desain interior buat di rumah sendiri juga, gak perlu sewa jasa orang lain.

    BalasHapus
  23. Desain grafis nih yang banyak peluangnya karena skrg banyak dibutuhkan desain yang macam macam. Adikku desain gratis dan skrg kerja di Jakarta

    BalasHapus
  24. Nurusan interior memang memberikan peluang kerja cukup luas bagi lulusannya. Apalagi saat ini perkembangan bisnis property negitu pesat

    BalasHapus
  25. Mencari jurusan kuliah memang perlu detail ya dan mesti cari banyak informasi dulu terkait perguruan tinggi yang dipilih dan jurusan yang tersedia. Lalu better emang memilih jurusan sesuai passion atau klo emang mau spesifik desain ya pilih universitas yang punya akreditasi jurusan desain yang bagus

    BalasHapus
  26. Mantap sih sekarang kerja di bidanv interior ya, apalagi kalau bisa manfaatin teknologi wah makin gemilang nih karirnya

    BalasHapus
  27. Jurusan desain interior ini termasuk jurusan yang banyak peminatnya ya
    Soalnya prospek kerjanya cukup menjanjikan ya

    BalasHapus
  28. Waaah ternyata jurusan desain interior gak hanya bisa berkarir di area properti saja tapi juga memungkinkan jadi PNS ya kak? Aku baru tahu yang bisa jadi PNS. Menarik deh

    BalasHapus
  29. Banyak dibutuhkan nih sekarang lulusan jurusan desain interior. Perekonomian negara makin berkembang, usaha2 yang berkaitan dengan pembuatan bangunan dan gedung pun terus berjalan. Butuh orang2 dengan kompetensi desain interior yang mumpuni untuk dijadikan andalan perusahaan.

    BalasHapus
  30. Dulu diriku berniat masuk jurusan desain interior tp ga jadi soalnya cukup susah euy masuknya. Tp prospeknya bagus sih jurusan ini.

    BalasHapus
  31. sempat pengen masuk jurusan desain interior dulu waktu lulus sma. alasannya karena suka menata dan rapi2, hihi. padahal banyak hal lain ya tentunya ^^

    BalasHapus

Posting Komentar