Muzeyyen Salik Banner

Privacy Policy Generator Untuk Performa SEO Blog

Privacy Policy Generator
Meningkatkan performa website adalah salah satu target yang ingin saya capai. Ini artinya website saya harus memenuhi standar Search Engine Optimization (SEO).

Salah satu standar dari SEO untuk meningkatkan performa blog sendiri adalah dengan memasang privacy policy.

Jujur, awalnya saya sama sekali tidak paham dan tidak mengerti betapa pentingnya privacy policy ini untuk artikel kita.

Hingga akhirnya saya memahami dan mendapatkan pencerahannya, bahwa privacy policy ini harus ada di halaman website kita.

Awalnya saya bingung cara membuat privacy policy itu sendiri. Dan ternyata untuk membuat kebijakan privasi ini tidak boleh sembarangan.

Kita bisa menggunakan generator untuk membuatnya. Sebelum membahas lebih lanjut, saya akan membahas apa itu privacy policy.
Privacy Policy Generator

Pengertian Privacy Policy

Privacy policy atau disebut juga dengan kebijakan privasi ini, mempunyai peran yang penting untuk halaman situs website kita.

Kebijakan ini berisi tentang pernyataan hukum, yang dapat membantu pengunjung mengetahui dasar hukum apa yang ada di dalam website yang mereka kunjungi.

Privacy policy ini dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung blog kita, sehingga kredibilitas website kita ini semakin menyakinkan.

Kebijakan privasi ini juga bersifat transparan, yang berisi pemberitahuan tentang semua data yang dikumpulkan dari website kita untuk informasi pengunjung di blog kita.

Sehingga mereka merasa aman dan tahu bagaimana mereka akan menggunakan data-data yang ada di dalam artikel kita.
Privacy Policy Generator

Manfaat Privacy Policy

Privacy policy tentu mempunyai beberapa manfaat. Berikut manfaat dari privacy policy;

Membangun Kepercayaan Pengunjung

Privacy policy ini berisi tentang data maupun informasi yang ada di dalam website kita.

Yang ditampilkan di halaman blog kita secara transparan. Sehingga kepercayaan pengunjung juga akan terbangun.

Menjadikan Website Lebih Profesional

Dengan adanya kebijakan privasi akan membuat website kita semakin terlihat profesional.

Serta dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna.

Sebagai Prosedur Hukum

Dengan memasang privacy policy, kita secara tidak langsung sudah mengikuti prosedur hukum.

Karena di dalam kebijakan privasi ini sendiri ada dasar hukum yang tertera, yang bisa menjadikan pedoman dari website yang kita gunakan.

Syarat Untuk Memasang Iklan

Perlu diketahui ternyata, penyedia layanan iklan seperti adsense, lebih menyukai website yang jelas. Serta memiliki kebijakan privasi yang detail di dalamnya.

Syarat Layanan Pihak Ketiga

Privacy policy memang seharusnya dipasang, karena penyedia layanan dari pihak ketiga juga lebih menyukai kebijakan privasi ini terpasang di blog kita.

Ini karena pihak ketiga tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Yang berkaitan dengan hukum, akibat adanya penyalahgunaan data dari para pengguna.

Dilirik Oleh Penyedia Jasa Penawaran Kerja

Tidak hanya penyedia layanan pihak ketiga. Website dengan menampilkan privacy policy juga akan dilirik oleh penyedia jasa penawaran kerja.

Jadi bagaimana, masih belum tertarik untuk memasang privacy policy?

Privacy Policy Untuk SEO Blog

Seperti yang kita tahu, SEO atau Search Engine Optimization sangat penting untuk performa website kita. Menerapkan kaidah-kaidah SEO di website kita, dapat menarik Google.

Sehingga akan meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Seperti halnya dengan memasang Table Of Content (TOC) yang juga berfungsi untuk meningkatkan performa SEO blog kita.

Kebijakan privasi sendiri mungkin tidak terlihat relevan dimata SEO. Tetapi pada dasarnya Google akan merayapi situs website kita, untuk mencari data yang relevan yang ada di blog kita.

Nach di dalam privacy policy ini, tentu ada beberapa data yang relevan yang dapat ditemukan oleh Google. Sehingga pemasangan privacy policy ini, jelas sangat berguna untuk meningkatkan SEO di blog kita.
Privacy Policy Generator

Cara Membuat Privacy Policy Generator

Untuk membuat privacy policy tergolong mudah, kita bisa menggunakan tools generator.

Tetapi privacy policy dengan generator ini masih tersedia degan bahasa İnggris, dan belum tersedia ke dalam versi bahasa Indonesia.

Berikut beberapa langkah dalam membuat privacy policy;

1. Silahkan masuk ke dalam website Privacy Policy di https://www.privacypolicyonline.com/

Privacy Policy Generator

2. Klik Free Generator dan Pilih Privacy Policy Generator

Privacy Policy Generator

3.Lengkapi semua data yang diminta, seperti nama website kalian, dan URL website kemudian klik next.

Privacy Policy Generator

4. Isi semua pertanyaan yang tersedia, sesuai dengan kondisi website kalian, kemudian klik next.

Privacy Policy Generator

5. Masukkan alamat email aktif kalian, kemudian klik create privacy policy.

Privacy Policy Generator

6. Kemudian akan muncul preview teks dari privacy policy yang kita buat tadi. Klik copy to clipboard, dan pasang di halaman blog kalian.

7.Masuk ke halaman blogspot kalian, buat halaman baru.

8. Ubah setelan menjadi html, kemudian paste clipboard tadi, berikan judul halaman yang sesuai.

Cara Memasang Privacy Policy Di Blog

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam letak pemasangan privacy policy. Tetapi alangkah baiknya, jika kita memasang di tempat yang mudah diakses oleh pengunjung situs website kita.

Disini saya akan memberikan tutorial Cara memasang privacy policy di bagian footer blogspot kita.

1.  Masuk ke setelan dashboard kalian, klik layout.

2. Tambahkan widget di bagian footer.

3. Klik New Item

4. Masukkan Url page yang sudah kita buat di halaman privacy policy tadi.

5. Klik Save

6. Kemudian save kembali perubahan yang kita buat.

Penutupan

Itulah cara membuat dan memasang privacy policy di situs website kita. Dengan memasang kebijakan privasi ini, ini berarti website kita sudah memenuhi kriteria sebagai website terpercaya.

By the way, apakah kalian ingin meningkatkan SEO page di website kalian? Jika iya, baca artikel saya selanjutnya tentang, “Cara Membuat Breadcrumbs Di Blogspot”.
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

36 komentar

  1. Sama mb, dulu juga ga ngerti tentang privacy policy. Karena mendaftar AdSense, jadi alhamdulillah sekarang sudah terpasang di blog.

    BalasHapus
  2. Pasti awalhnya bingun mau buat privacy policy ini. Bingung nentuin apa saja isiny, dan gimana buat poin-poinnya. Saya awal dulu juga begitu.

    Akhirnya tahu kalau ada privacy policy generator. Jadilah tinggal klik, jadi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu juga gitu pak. Caranya buat privacy policy ini gimana. Eh ternyata ada generatornya, dan sangat membantu banget.

      Hapus
  3. Awalnya aku juga ngira gitu mbaa buat apa sih ini privacy police, ternyata masuk ke dalam bagian SEO juga. Mbak Muz keren ihh catatannya lengkap ditulis di blog jugaaa 😍

    BalasHapus
  4. alhamdulillah ya ada privacy generator yang memudahkan blogger cupu macam diriku hehe

    BalasHapus
  5. saya sudah pasang privacy policy mbak, ternyata ada generatornya, dulu ga tahu ini sih, setelah ikut kelas, jadi paham kalau untuk membuat privacy policy menggunakan generator

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak dulu juga aku nggak tahu. Setelah ikut kelas dan praktikan jadi paham kalau privacy police memang sepenting itu. Menggunakan generator jadi lebih mudah ya mbak.

      Hapus
  6. Mantab Mba. Di website wordpress Alhamdulillah sudah pasangm Yang blogspot belum huhu

    BalasHapus
  7. privacy policy dan about us walau terkesan biasa saja tetapi merupakan komponen penting dari website atau blog

    BalasHapus
  8. Dulu taunya privacy policy cuma sebagai syarat pasang iklan aja. Ternyata ada banyak ya fungsinya.

    BalasHapus
  9. Wah, Aku belum pasang privacy policy nih.. Ternyata memiliki manfaat banyak ya, utamanya untuk SEO..Bakal pasang nih, makasih informasi dan tutorialnya mbak..

    BalasHapus
  10. Saya juga buat privacy policy buat blog dengan bantuan generator. Cuma memang ada poles sana-sini. Biar jadi unik. hehehe

    BalasHapus
  11. Ternyata page Privacy Policy itu penting ada di dalam blog. Saya bikin halaman tersebut juga menggunakan Privacy Policy Generator.

    BalasHapus
  12. Aku malah belum pakai/pasang privacy policy nih.. terima kasih ya penjelasan dan tutorialnya mbak, mungkin secepatnya akan saya praktekan!

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah aku pun sudah pasang privacy policy. Kayanya dulu bikinnya juga pakai privacy policy generator. Kupikir dulu nggak penting-penring banget buat blog, ternyata ada pengaruhnya juga.

    BalasHapus
  14. Kalau pake tools berarti khusus blog wordpress apa gimana nih Kak? Soalnya aku pake blogspot nih. Wah kudu diperbaiki blogku dengan cara nambah privacy policy. Makasih yaa.

    BalasHapus
  15. Saya juga pakai privacy policy generator nih setelah tau kalau pribacy policy untuk blog itu penting. Pakai privacy policy generator ini juga sangat mudah dan membantu banget.

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu loh pentingnya bikin privacy policy kyk gini. Sebelumnya emg ga pernah.

    Kalo dibikin kyk gini, blog kita makin kelihatann profesional ya kak kita jg lbh mudah memberikan penawaran kerja sama. Ribet sedikit utk ngatur tp cuan bakal bnyk di belakang.

    BalasHapus
  17. Wah daku keliru nih pasang PP malah di bagian halaman/page hehe. Harusnya di widget khusus ya berarti. Ini blognya itu untuk blogspot atau wordpress kak?

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah privacy generator memudahkan banget untuk kita membuat privacy policy ini. Cara nyimpen dan atau pasangnya juga ga ribet, ya, di blog

    BalasHapus
  19. Privacy Policy Generator adalah alat yang bermanfaat untuk membantu Anda membuat Privacy Policy yang sesuai dengan kebutuhan blog Anda dan meningkatkan performa SEO. Pastikan untuk memilih generator yang terpercaya dan mudah digunakan, dan tulislah Privacy Policy yang jelas, ringkas, dan informatif.

    BalasHapus
  20. Wah kayaknya di blog saya belum ada nih. Jadi mesti dipasang dulu, agar meningkatkan blog. Nggak nyangka juga Privacy Policy punya dampak yang positif bagi situs web. Makasih infonya ya. Langsung otw bikin dulu aaaah.....

    BalasHapus
  21. Pengetahuan baru ini. Kirain privacy policy hanya untuk layanan medsos seperti facebook dan instagram. Ternyata blog juga ada.

    BalasHapus
  22. penting nih untuk blogger baru memasang privacy policy di blog mereka, biar lebih trusted di mata google

    BalasHapus
  23. Wah iya ini aku belum bikin privacy policy untuk blog. Cuss ah bikin kalo agak longgar waktu. Makasih mba buat cara gampangnya biar ngga mikir terlalu berat untuk bikin privacy policy

    BalasHapus
  24. Oh, gitu
    Ternyata kalau mau blog nya seo friendly, itu juga tergantung dari Private Policy ya
    Pengetahuan baru buat aku nih

    BalasHapus
  25. Baru sekarang makin jelas nih setelah baca artikel ini. Kapan itu ya ikut-ikut aja pasang Privacy Police Generator. Katanya harus, yawda pasang deh. Baru tahu berkaitan dengan SEO loh...

    BalasHapus
  26. Wah, makasih ya Kak. Saya pengen buat juga Privacy Police untuk blog saya, tapi bingung. Sekarang udah gak, wes tahu kalau ada privacy police generator yang bisa saya pakai.

    BalasHapus
  27. Awal buat blog saya dulu bingung apa yang harus saya tulis pada menu ini, mengingat belum tahu banyak soal Privacy Policy ini setelah baca-baca akhirnya mulai paham dan buat sendiri jadinya, belum pernah pakai generator, wajib dipelajari

    BalasHapus
  28. Ternyata penting juga ya tahu Privacy Policy ini. Sebagai orang awam, aku bener2 kurang paham itu sih kak. Bahkan gak ngeh harus pasang atau engga. Padahal bisa ninggalin kredibilitas blog juga ya

    BalasHapus
  29. Eh, ternyata bisa terpasangkan juga di blogspot ya? Kepikiran juga sih mau pasang, tapi aku masih menunda karena ribetnya ngutak-atik blog yang base-nya blogger. Makasih banyak ya Kak.

    BalasHapus
  30. Saya akhirnya pasang juga privacy policy di blog setelah mengetahui keuntungan memasangnya, ternyata tidak rumit ya memasang nya karena ada generator nya, Terima kasih informasinya

    BalasHapus
  31. penting banget sih kalau blog pribadi punya privacy policy. dengan begini kan bisa ngeblog dengan aman menggunakan sumber, gambar dan lainnya. aku juga bikinnya pake generator mba

    BalasHapus
  32. I see, privacy policy juga masuk ranahnya SEO ya. Ah, jadi mau ngulik privacy policy sendiri nih. Hehe..

    BalasHapus
  33. Aku juga awalnya bingung mbak kenapa harus ada privacy policy ternyata banyak banget manfaatnya. Aku juga pake website generator yang alamatnya kayak yang mbak tulis di artikel ini

    BalasHapus
  34. Untung saja baca postingan ini, kapan hari aku mau buat privacy policy gini, ada cara mudahnya tapi aku lupa. Untung saja aku baca blog ini, nanti mau langsung aku pratekkan ah. Makasih kak..

    BalasHapus

Posting Komentar