Muzeyyen Salik Banner

SEO Adalah : Pengertian, Manfaat, Dan Cara Kerja SEO

SEO Adalah
Mempelajari hal-hal baru menjadi salah satu kegemaran saya. Terlebih saya sangat menyukai tantangan, untuk mengupgrade diri saya pribadi.

Mulai dari sesuatu yang sama sekali tidak menjadi basic keterampilan saya seperti menulis. Sebagai seseorang yang benar-benar awam dalam dunia literasi, tentu sangatlah tidak mudah bagi saya dalam merangkai dan memilih kata.

Untuk itu sampai saat inipun saya masih berproses, memperbaiki, dan terus belajar untuk mendapatkan tulisan yang lebih baik, dan mempunyai ciri khas.

Walaupun mungkin saya belum expert dalam dunia literasi, tidak mengurungkan niat saya untuk membuat suatu artikel.

Ternyata di dalam artikel ini, saya menemukan ilmu baru yang sebelumnya tidak saya mengerti.

Seperti bagaimana cara menulis artikel yang baik, menampilkan artikel di mesin penelusuran Google, bahkan masalah-masalah kronis yang harus kita benahi dalam artikel kita.

Kali ini saya akan membahas tentang dasar yang harus kita ketahui, agar artikel kita bisa ditemukan oleh mesin penelusuran Google.
SEO Adalah

SEO Adalah: Apa Yang Dimaksud Dengan SEO

Saat awal terjun di dunia blogger, saya sama sekali tidak menyadari jika artikel yang saya buat ternyata tidak keluar di mesin pencarian Google.

Yang membuat jumlah pengunjung yang melihat artikel saya ini sangat sedikit. Ini pun saya lihat dari data view di draft postingan artikel saya.

Ternyata kunci dari semua ini adalah kita harus mengoptimalkan artikel kita di mesin pencari.

Untuk bisa mengoptimalkan artikel kita ini, mau tidak mau kita harus mempelajari tentang SEO.

SEO atau biasa disebut dengan Search Engine Optimization, merupakan suatu teknik untuk mengoptimalkan suatu website.

Dengan tujuan agar artikel-artikel kita ini bisa ditemukan oleh mesin pencari atau penelusuran Google.

Bahkan teknik ini mampu menampilkan halaman website kita di halaman pertama mesin pencarian dengan keyword atau kata kunci yang digunakan oleh user.

Sebagai gambarannya, misalnya saja kita ini adalah user. Dan kita akan mencari tentang artikel mengenai “jenis SEO”, maka kita akan mengetikkan keywordnya yakni “jenis SEO”, dan otomatis akan muncul artikel-artikel yang membahas jenis SEO.

Artikel yang keluar inilah, yang kemungkinan besar sudah mengikuti kaidah SEO, sehingga dapat muncul di mesin penelusuran bahkan berada di halaman pertama.

Untuk menampilkan artikel di mesin penelusuran tentu tidak mudah, kita harus bisa bersaing dengan banyak blogger yang sudah menerapkan teknik SEO pada artikelnya.

Untuk itu kita harus memahami bagaimana menerapkan kaidah SEO untuk artikel kita sendiri.

Lalu mengapa SEO ini menjadi suatu teknik yang sangat penting untuk website kita? Disini saya akan membahas manfaat SEO untuk website kita.
SEO Adalah

Manfaat SEO Untuk Website

Seperti yang sudah saya bahas di atas, jika SEO atau Search Engine Optimization ini dapat membantu mesin pencari menemukan website kita, sesuai dengan kata kunci yang dituliskan oleh para user.

Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO, untuk website kita;

Meningkatkan Trafik Organik

Dengan menerapkan teknik SEO dengan benar di website kita, akan membuat website kita muncul di mesin pencarian.

Website yang muncul di mesin pencarian ini tentu akan meningkatkan trafik pengguna organik.

Sedangkan trafik pengguna organik sendiri juga sangat disukai oleh mesin penelusuran Google. Yang membuat artikel kita semakin mudah untuk ditampilkan di halaman pencarian.

Mendapatkan Target Audiens Yang Tepat

Target audiens yang tepat ini, berkaitan dengan trafik organik.

Penerapan SEO, akan membuat target audiens atau user dengan mudah menemukan artikel kita, sesuai dengan apa yang mereka cari.

Meningkatkan Kepercayaan Pengguna

Artikel yang muncul di laman penelusuran Google, tentu bukan artikel yang sembarangan.

Google mempunyai kualifikasi dan aturan, untuk memunculkan artikel kita. Artikel yang pantas dibaca oleh user tentu akan keluar di mesin pencarian.

Untuk itu artikel-artikel yang keluar ini, akan meningkatkan kepercayaan pengguna website kita.

Meningkatkan Brand Yang Kita Bangun

Tidak hanya untuk meningkatkan performa blog atau website kita.

SEO ini juga bisa diandalkan untuk meningkatkan brand yang sedang kita bangun.

Meningkatkan Promosi Berkelanjutan

Artikel yang muncul di mesin pencarian ini, bisa menjadi modal kita untuk mempromosikan brand secara berkelanjutan.

Ini akan membuat kita tidak perlu bersusah payah untuk melakukan promosi lagi.

Meningkatkan Pemasaran

Setiap user yang berkunjung ke website kita pasti tertarik dengan konten yang kita buat.

Biasanya juga konten yang di buat ini akan berhubungan dengan value atau target kita sendiri. Sehingga disini jelas penerapan SEO dapat meningkatkan target pemasaran.
SEO Adalah

Bagaimana Cara Kerja SEO

Setelah kita tahu apa itu SEO dan juga manfaatnya untuk website kita. Sekarang mari kita belajar sedikit bagaimana cara kerja SEO ini.

Berikut cara kerja SEO untuk website kita;

Mengcrawling

Crawling merupakan suatu program dari mesin telusur yang bertugas menjelajahi halaman situs website di seluruh internet.

Crawler atau perayapan ini akan membaca tautan dari satu halaman ke halaman lainnya untuk mengumpulkan informasi tentang struktur maupun konten yang ada di dalam website kita.

Pengindeksan

Pengindeksan atau indexing adalah proses setelah crawling itu terjadi.

Mesin penelusur akan mengindeks halaman-halaman website yang telah sukses ditemukan lewat crawling tadi.

Ini meliputi penyimpanan informasi oleh crawler di dalam database besar yang disebut “indeks”.

Di tahap ini, mesin penelusur akan menganalisis konten yang ada di halaman website kita, seperti penggunaan kata kunci, struktur konten, tag HTML, dan informasi terkait lainnya.

Perangkingan

Setelah melalui tahap crawling dan juga indexing, mesin penelusuran akan menentukan urutan peringkat halaman website melalui algoritma yang kompleks.

Disini mesin penelusuran akan memperhatikan berbagai faktor, seperti kerelevanan konten dengan kata kunci yang digunakan user.

Tidak hanya itu kualitas tautan balik yang mengarah ke halaman, pengalaman pengguna, kecepatan halaman, faktor lokal, dan beberapa faktor lainnya, juga mempengaruhi perangkingan ini.

Penutupan

Itulah pengertian, manfaat, dan cara kerja SEO. Dengan mengetahui dasar dari SEO atau Search Engine Optimization ini, kita sudah mempunyai modal untuk memperbaiki performa dari website kita.

Ayo perbaiki website kita sekarang dengan memasang  table of content serta privacy policy yang dapat meningkatkan SEO blog kita.

Selanjutnya mari kita belajar bersama mengenai “Jenis SEO, Indikator, Tipe Trafik”.

Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

29 komentar

  1. Halo, Kak, selamat mendalami dunia blogger yg mengasyikkan ini, hehe.. SEO nih memang jadi bagian penting di dunia tulis menulis ya, kak. Kalo udah paham teknik SEO, biasa bakal lebih mudah keindeks.

    BalasHapus
  2. Semakin lama semakin banyak yang harus dipelajari tentang SEO ini ya. Bahkan kalau mau jujur, kita bakal terseret-seret kalau mau ngikuti benar-benar. Yang satu belum paham benar eh sudah ada yang baru lagi :))

    BalasHapus
  3. Tahun lalu aku ikut bootcamp tentang SEO. Jadi makin paham sih, engga cuma keyword aja tetapi yg engga kalah penting adalah target audiens. Trus artikel berdasarkan pengalaman sendiri juga lebih disukai sih...

    BalasHapus
  4. Dunia blogger itu sangat kompleks ya. Bukan sekadar menulis saja, tapi juga mesti memahami bagaimana artikel yang kita buat bisa muncul di mesin pencarian. SEO ini penting banget untuk perkembangan blog yang kita kelola dan benefit cukup banyak. Keren banget artikelnya!!

    BalasHapus
  5. Berbicara tentang ngeblog memang bukan hanya sekedar bisa menulis saja. Tapi, bagaimana agar tulisan kita bisa mendapat kunjungan sehingga ada lebih banyak orang yang bisa mendapat informasi yang kita tulis. Dan semua itu berkaitan dengan SEO.

    BalasHapus
  6. SEO adalah proses yang berkelanjutan dan membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya. Namun, dengan menerapkan strategi SEO yang tepat dan konsisten, kita dapat meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, meningkatkan traffic organik, dan mencapai tujuan bisnis. Kudu belajar banyak akutuh

    BalasHapus
  7. Dulu saya termasuk yang takut dengan urusan SEO, kayaknya teknis dan njelimet banget. Begitu ngerasain menguliknya, lha kok ternyata seru juga. Suka gemes kalo ketahuan masih ada bagian-bagian yang butuh perbaikan :D

    BalasHapus
  8. Penting banget bagi blogger untuk tahu tentang SEO. Tapi penerapannya sendiri perlu upgrade terus menerus ya, soalnya SEO juga ada perkembangannya sendiri.

    BalasHapus
  9. Ngeblog udah mulai dari pas tahu internet di Hongkong sekitar tahun 2007 an, tapi tahu akan ilmu SEO ya sekarang ini. Itu pun masih banyak gak ngertinya.
    Memang ya dunia seorang itu teramat sangat kuas dan manfaatnya banyak banget, meski terseok-seok, saya belajar banyak tertinggal tapi merasa beruntung dapat informasi tambahan seperti dari artikel teman² seperti ini. Terimakasih ya

    BalasHapus
  10. Pas bikin artikel memang perlu pakai teknik SEO, karena akan mendatangkan pembacanya sendiri. Penerapannya kudu sabar dan telaten juga

    BalasHapus
  11. Wah terima kasih artikelnya kak, sangat merangkum bagaimana pentingnya menerapkan SEO terhadap tulisan kita. Harus semangat cari keyword ya

    BalasHapus
  12. Aku baru bisa basic SEO sih seperti riset keyword dan LSI. Ternyata SEO cukup kompleks ya karena harus mengetahui pasar (pembaca blog), indexing, crawling, dll.

    BalasHapus
  13. Dulu nggak ngerti SEO sama sekali. Tahunya nulis aja. Ternyata memang untuk kualitas blog perlu pemahaman SEO juga

    BalasHapus
  14. Dunia SEO memang ga ada habisnya untuk dipelajari dan didalami. Semakin ke sini perkembangan semakin kompleks. Muncul juga berbagai best practice berdasar pengalaman masing-masing dalam meramu formula yang dianggap paling tepat

    BalasHapus
  15. SEO memang rumit, perlu banget untuk mempelajarinya agar blog kita makin luas jangkauannya. Makin banyak traffic organik juga. Semangaat terus ya, Mbakk.

    BalasHapus
  16. Dulu tuh ngeblog ya cmn nulis aja. Skrg tuh ga bs. Kita hrs belajar riset keyword, bikin grafik, olah foto, dan skrg hrs belajar SEO onpage dan offpage.

    Emg blogger tuh profesi paket komplit. Wkwk. Tp dari situ aku belajar bnyk. Promosi bs meningkat dgn SEO ini, baik dr traffic/konversi ke penjualan dsb. Tinggal kita set aja tuh goalnya spt apa ya kak.

    BalasHapus
  17. Memahami tentang dasar-dasar SEO memang sangat membantu sekali dalam membuat tulisan yang baik berdasarkan SEO. Jadinya kita ga nulis asal-asalan, sekelas mau nulis curhat pun tetap diperhatikan tuh ya SEO-nya

    BalasHapus
  18. SEO jadi seni sih yaa menurutku hehehe dan berlaku cocokcocokan meskipun ada parameter yang bisa kita pertimbangkan. Semangaat mbaa

    BalasHapus
  19. Jadi blogger itu harus serba multitasking ya. Dulu aku kira yan cuman nulis doang, eh ternyata kudu bisa cari keyword yang banyak dicari, harus paham fotografi, dan lain-lain

    BalasHapus
  20. Jadi blogger tuh harus banyak belajar, terutama belajar tentang SEO ini, penting banget.. Apalagi perkembangan industri digital pesat banget, kalau gak nambah ilmu bisa ketinggalan zaman nih.

    BalasHapus
  21. Selamat mendalami SEO ya, Kak. Rasanya seperti sesuatu yang menyenangkan untuk diuji coba sana sini sih. Pada akhirnya, menulis di blog dengan SEO, jadi punya tantangannya sendiri.

    BalasHapus
  22. Udh lama gak ngulik SEO lg, makasih kak diingetin lg lengkap bgt sih. Emang kudu upgrade terus ya kalo kerja di dunia digital gini, apalagi banyak tantangannya nih algoritma yg berubah-ubah huhu

    BalasHapus
  23. Artikel SEO sekarang banyak dicari brand untuk meningkatkan performa promosi perusahaan mereka. Jadi PR nih buat aku agar bisa membuat artikel yang SEO friendly di blog agar makin dilirik brand

    BalasHapus
  24. SEO punya banyak manfaat ya kak, dari mulai meningkatkan trafik, mendapatkan audiens yang sesuai, sampai bisa untuk meningkatkan pemasaran. Terus prosesnya dari mulai crawling, indexing, sampai perangkingan

    BalasHapus
  25. belajar SEO nih emang gak ada matinya sih, harus rajin dan konsisten supaya bisa page one terus

    BalasHapus
  26. Yuk kita bersenang-senang ngeblog. Selain belajar SEO juga terus memperbaiki kualitas tulisan.

    BalasHapus
  27. Kupikir dulu ngeblog itu cukup yang penting nulis aja selesai..hehe.. Ternyata ada hal lain yang juga penting banget kita harus pelajari, yaitu SEO. Ini aku baru awal-awal pelajari SEO dan ternyata banyak banget yang harus dipelajari...

    BalasHapus
  28. Awal-awal menulis blog hanya ingin menuangkan seminar parenting yang aku ikuti.
    Lama-lama setelah bergabung dengan sahabat blogger, jadi banyak banget printilannya agar terindeks google. Intinya memang menulis untuk bahagia, tapi dengan lebih banyak menjangkau kebutuhan pembaca, kudu belajar SEO.

    BalasHapus
  29. Wah, ternyata banyak banget ya manfaat SEO buat website kita! Selain bisa ningkatin trafik organik, SEO juga bantu kita dapet target audiens yang tepat, ningkatin kepercayaan pengguna, sampai memperkuat brand yang kita bangun. Jadi, gak perlu repot-repot promosi terus-terusan deh. SEO tuh emang solusi jitu buat optimasi pemasaran secara berkelanjutan. Mantap!

    BalasHapus

Posting Komentar