muzeyyen salik

24 Tempat Wisata Ambarawa Dan Sekitarnya


Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. @munculrivertubing_official, @visitambarawa, @edi_abuismail
Pesona Kabupaten Semarang kini tidak diragukan lagi. Jika kemarin aku sudah mengajak kalian ke wisata alam bandungan, kali ini aku akan ajak kalian jalan-jalan ke tempat wisata Ambarawa dan sekitarnya. Ambarawa adalah kota kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawatengah.

Dan siapa sangka daerah yang terkenal dengan cerita lengendanya baru klinting ini mempunyai banyak tempat wisata yang wajib kalian jadikan destinasi liburan yang menyenangkan.

Cerita Legenda Baru Klinting

Aku masih ingat betul cerita legenda Baru Klinting ini, walaupun pertama kali aku mendengar ceritanya pada waktu aku duduk di bangku Sekolah Dasar.

Pada zaman dahulu dikisahkan di desa Pademangan Mangiran diadakan sebuah hajatan. Guna upacara adat Ki Damang Taliwang ayah dari Nyi Endang Sawitri menyuruh putrinya itu meminjam pusaka kepada Ki Hajar Salokantara. Ki Hajar Salokantara berpesan kepada gadis itu untuk menjaga dengan baik pusakanya, tidak meletakkannya sembarangan, dan tidak boleh diletakkan dipangkuan. Tapi karena kelalaian gadis itu pusaka itu di letakkan di pangkuan dan kemudian lenyap dengan sendirinya. Kejadian ini membuat gadis itu tiba-tiba hamil padahal belum menikah.

Singkat cerita, gadis atau Nui Endang Sawitri itu melahirkan seekor ular yang diberi nama Baru Klinting. Pada saat baru klinting sudah besar dia bertanya tentang asal muasal dirinya serta ayahnya kepada Ibunya. Ibunya menjawab jika Ayahnya sedang bertapa di sebuah gunung. Kemudian baru klinting meminta izin kepada Ibunya untuk menemui Ayahnya. Ibunya memberikan sebuah klintingan (lonceng)  peninggalan dari Ayah dari Baru Klinting. 

Setelah sampai di gunung, Baru Klinting bertemu dengan Ayahnya. Karena Ayahnya tidak percaya dia meminta Baru Klinting untuk mengitari gunung. Baru Klinting menjulurkan lidahnya udah menyentuh ekornya. Tetapi Ayahnya mengeluarkan keris dan memotong lidahnya. Itulah sekilas cerita legenda Baru Klinting.

Asal Mula Rawa Pening

Kisah terjadinya Rawa Pening juga berkaitan dengan legenda Baru Klinting. Singkat cerita, ada penduduk desa yang sedang berburu. Mereka tidak menemukan buruan yang mereka cari. Tetapi mereka akhirnya menemukan ular  besar dan memotong daging ular tersebut.

Esok harinya seluruh warga mengadakan sedekah bumi. Ada seorang anak kecil yang datang meminta makanan, tetapi tidak ada yang memberinya makan. Anak itu terus berjalan untuk mencari makan, dan ada seorang Nenek yang memberinya makan. Anak itu makan dengan lahapnya, dan berpesan kepada si Nenek. Jika nanti ada suara gemuruh, untuk segera menaiki lesung (perahu kayu) yang ada di rumahnya.

Anak itu berjalan lagi menuju perkumpulan orang-orang dan meminta makan kembali. Tetapi masih tidak ada yang memberinya makan. Anak itu menancapkan sebuah kayu dan menantang masyarakat untuk mencabutnya. Tapi tidak ada yang berhasil.

"Aku adalah jelmaan Baru Klinting yang dagingnya kalian makan. Aku menguji kalian dengan meminta makanan tapi kalian tidak mau memberi. Sekarang kalian terima akibatnya, seru Baru Klinting."

Baru Klinting mencabut tongkatnya, dan keluarlah air yang sangat deras dan menenggelamkan seluruh warga. Dan hanya satu yang selamat yaitu Si Nenek karena sudah menaiki perahunya. Daerah itu kemudian diberi nama Rawa Pening

Kini Rawa Pening dijadikan tempat pariwisata. Dan berikut tempat wisata Ambarawa dan sekitarnya.

Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. @toniktriananto, @hvic_32, @triii_widayat, @drg.dentadio

1. Danau Rawa Pening

Danau ini terbentang luas di antara cekungan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Dengan menempati empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Bawen, Ambarawa, Tuntang, dan Banyubiru.

Obyek wisata ini dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam dengan biaya masuk Rp. 2500,-. Jika kalian ingin mengitari Rawa Pening dan menikmati keindahan alam sekitar kalian bisa menyewa perahu yang disewakan warga dengan biaya Rp. 30.000,-. Anda akan dibawa keliling mengitari Rawa Pening selama 40 menit.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

2. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa menyajikan perpaduan wisata alam dan kuliner.  Obyek wisata ini sangat cocok untuk keluarga. Pengunjung bisa bermain bebek air, becak air, perahu karet dan lainnya. Sambil menikmati hidangan pengunjung dapat menikmati panorama gunung Merapi, Telomoyo, Merbabu, Gajah Mungkur dan dataran tinggi Ungaran.

Kampoeng Rawa buka setiap hari pukul 8 pagi sampai 8 malam. Untuk tiket masuk hari Senin - Jumat Rp. 2000,-, sedangkan hari Minggu dan hari libur Rp. 3000,-. 

Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. @wisatausa, @dekaseptiana, 
@visitambarawa

3. Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening masih berada di kawasan Rawa Pening. Tempat ini terkenal dengan spot selfienya yang mengunggah keindahan alamnya. Untuk kalian yang hobi berswafoto sangat cocok nich untuk berlibur sekalian take foto dengan engel menarik di Bukit Cinta Rawa Pening.

Tempat ini dibuka dari jam 7.00 - 16.00 WIB. Harga masuk untuk hari biasa Rp. 10.000,- dan diakhir pekan dan hari libur dikenakan biaya Rp. 15.000,-. 
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

4. Jembatan Biru Sumenep

Jembatan ini menjadi daya tarik karena sangat instagramable. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan jembatan beton yang arahanya melenceng dari arah sebelumnya. 

Kalian akan disambut dengan udara segar, panorama gunung yang indah, dan aktivitas para nelayan dipagi hari. Kalian bisa menikmati keindahan danau dengan perahu dari Jembatan Biru ini. Tetapi untuk tarifnya berbeda-beda sesuai tujuan. Untuk tarif standar Rp. 70.000,-, keliling Rp. 100.000,-, Kampoeng Rawa Rp. 150.000,-, Bukit Cinta Rp. 200.000,-, dan transit Rp. 300.000,-. Satu perahu untuk 6 orang. Ohh ya, kalian untuk harga kalian bisa pastikan lagi ya, karena siapa tahu harganya sudah berubah.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. @dedykintana, @v.adiputra, 
@ocepic_life

5. Eling Bening 

Eling Bening merupakan obyek wisata bernuansa resort modern yang cocok untuk liburan keluarga. Tempat kekinin ini terletak di Jalan Sarjono, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Selain keindahan panorama danau Rawa Pening dan juga pegunungan. Kalian bisa menikmati fasilitas kolam renang, outbound, cafe, restaurant, camping ground, dan meeting room.

Untuk wahana di tempat ini buka dari pukul 07.00 - 16.00 Wib, sedangkan untuk restaurant buka pukul 07.00 - 18.30 Wib. Tiket masuk untuk hari biasa Rp. 25.000,- dan diakhir pekan Rp. 30.000,-. 
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. @munculrivertubing_official

6. Kali Muncul Rowoboni

Di tempat ini kalian bisa mengikuti kegiatan susur sungai. Awalnya obyek ini free alias geratis. Melihat antusias pengunjung warga dan karang taruna setempat berswadaya membangun dan menata obyek wisata di aliran sungai Muncul. Dengan menyediakam berbagai fasilitas tubing maupun fasilitas keselatamannya. 

Untuk biayanya dibandrol dengan harga Rp. 50.000,-/ orang. Untuk paket Fun Day dibandrol dengan harga Rp. 110.000,-/ sudah termasuk makan siang. Untuk Fun Familly Rp. 85.000,-/ orang tanpa makan siang. Kita juga bisa menyewa kayak Rp. 160.000,-. 
Pemandian Muncul
Doc. google.com, @lutfi.r.dewangga, @benz_cristyan @hpchernovita

7. Pemandian Muncul

Pemandian Muncul tarletak di Desa Robowoni, Kecamatan Banyubiru. Air pemandian ini bersumber air alami yang sangat segar dan dingin. Selain dimanfaatkan sebagai obyek wisata area ini menyediakan area pembibitan dan pemandangan ikan dengan pemandangan gambaran sawah dan sungai. 

Untuk hari biasa warga lokal dikenakan biaya Rp. 10.000,-. Untuk hari libur dikenakan biaya Rp. 15.000,-. Sedangkan untuk turis dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,-.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

8. Muncul Waterpark

Muncul Waterpark berdekatan dengan pemandian Muncul. Obyek wisata berupa taman bermain air ini sangat cocok untuk pilihan liburan bersama keluarga. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat udara sangat sejuk dengan pemandangan hijaunya. Airnya juga sangat jernih dan segar karena berasal dari air pegunungan. 

Wahana yang ditawarkan juga beragam ada kolam renang dewasa, kolam renang anak, ember tumpah, air mancur, seluncuran. Tiket masuk untuk hari biasa Rp. 5.000,- dan untuk akhir pekan Rp. 7.500,-. Dan buka setiap hari dari jam 09.00-17.00 WIB.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. @nunikap, google.com

9. Benteng Fort Willem

Benteng For Willem atau bisa disebut dengan Benteng Pendem Ambara merupakan peninggalan kolonial Belanda di zaman Penjajahan. Benteng ini dibangun pada tahun 1934 dan selesai pada tahun  1945, berada di dekat museum kereta api Ambarawa.

Meski sudah tampak tua bangunan ini masih tampak kokoh berdiri. Di sekitarnya terdapat kompleks  Militer dan Lapas Ambarawa. Untuk memasuki tempat ini pengunjung harus membayar biaya masuk Rp. 5.000,- untuk anak-anak dan Rp. 10.000,- untuk dewasa. Benteng Pendem adalah benteng bersejarah maka untuk itu sebagai pengunjung kita harus ikut menjaga tempat bersejarah ini.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

10. Museum Palagan Ambarawa

Museum Indisman atau Monumen Palagan Ambarawa didirikan pada 15 Desember 1973 dan diresmikan pada 15 Desember 1974 oleh Presiden ke-2 Presiden Soekarno. 

Jumlah koleksi yang ada di museum ini antara lain pakaian sejumlah 5 set, senjata 25 jenis, lukisan,  1 pesawat, 1 kereta, 1 tank, 2 truck, dan meriam. Sementara koleksi utama dari museum ini berupa senjata dan pakaian yang digunakan dalam pertempuran di Palagan Ambarawa.

Waktu operasi museum ini pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk tiket masuk di hari biasa Rp. 4000,- dan di akhir pekan Rp. 5000,-.  
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com, @ambarawa_railways

11. Museum Kerata Api Ambarawa

Awalnya museum ini bernama Stasiun Willem I, yang dibangun oleh Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) dan diresmikan pada tanggal 21 Mei 1873 bersamaan pembukaan lintas Kedungjati-Ambarawa tahun 1907.

Untuk harga tiket masuknya beragam yaitu Rp. 20.000,- untuk orang biasa, pelajar berseragam dan anak-anak usia 3-12 tahun Rp. 10.000,-. Sedangkan untuk turis asing biaya masuknya Rp. 30.000,-/orang. Kalian bisa menaikki KA Wisata dengan membanyar biaya tambahan Rp. 100.000,-/orang. Museum ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB. Sedangkan untuk KA Wisata berangkatannya dijadwalkan yaitu pada hari libur akhir pekan atau hari libur Nasional.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

12. Gua Maria Kerep

Gua Maria Kerep merupakan tempat wisata religi. Obyek wisata terbaru di sini adalah patung Maria Assumpta seminggu 42 meter. Paging ini selesai dikerjakan pada 27 April 2017. 

Gua Maria Kerep beroperasional dari pukul 06.00-22.000 WIB. Biaya masuknya sendiri untuk pengunjung tidak dikenakan biaya alias geratis.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

13. Kampung Pelangi Bejalen

Kampung Pelangi ini berada di desa Bejalen, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Pengunjung bisa menikmati suasana desa sekaligus berfoto di kampung Pelangi ini. Tidak hanya itu pengunjung bisa menaiki perahu kecil mengarungi Rawa Pening dengan membayar Rp. 30.000,- untuk empat orang sekitar 20-30 menit. 

Disana kalian juga melakukan balap kecepatan dengan perahu kecil (setum) dengan dayung dari sendok kayu. Pengunjung juga bisa memancing dan membakar ikan di sana. 
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

14. Taman Kelinci

Taman Kelinci merupakan wisata keluarga yang sangat menyenagkan apalagi anak-anak. Konsep wisata ini adalah edutaiment, kombinası hiburan dan pendidikan. Ada banyak fasilitas outbound dan fasilitas lainya seperti paket Dunia Tani (DuTa). Disana anak-anak bakal diberikan pengarahan cara menanam padi mulai dari menabur benih, mencabut tanaman padi, hingga membajak sawah.

Bermuda atapun berenang juga bisa menjadi pilihan. Selain itu juga ada pin ball, fighter kids, flying fox fighter, aqualife fish story and long story, pencerahan proses pengolahan susu dari sapi parah. 

Tempat wisata ini buka dari jam 08.00-17.00 WIB. Untuk tiket masuk sendiri Rp. 5000,-/ dan untuk parkir kendaraan Rp. 2.000,- sedangkan mobil Rp. 5000,-.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

15. Desa Wisata Sepakung

Obyek wisata desa Sepakung yang berada di lereng gunung Telomoyo menyuguhkan keindahan panorama yang sangat luar biasa. Hamparan sawah hijau, Rawa Pening, serta gunung akan meresfresh fikiran kita kembali. 

Jika kalian berkunjung ke desa Wisata Sepakung ini jangan lupa mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di dalamnya yaitu Cemoro Sewu, Gua Semar, Sendang Ari Wulan, Klarasan Hill, Kedung Macan, dan Gumuk Reco yang akan aku bahas selanjutnya. 

Tempat ini dibuka pada jam 08.00-18.00 WIB dengan biaya masuk Rp. 3.000,-.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. @maslindu69, @hangoutsemarang, google.com

16. Gumuk Reco

Gumuk Reco termasuk obyek wisata baru di Desa Sepakung. Obyek wisata ini menawarkan keindahan alam seperti tebing-tebing dengan pemandangan yang menakjubkan.

Ada beberapa wahana yang memacu adrenalin dan menahklukan rasa takut akan ketinggian. Tempat ini sangat cocok untuk kalian pemburu foto. 

Obyek wisata ini dibuka dari jam 08.00-17.00 WIB. Sedang biaya untuk wajahnya sendiri sebagai berikut jembatan kepompong langit Rp. 10.000,-/orang, ondo langit Rp. 25.000,-/orang, ayunan langit Rp. 10.000,-/orang, jembatan kaca langit Rp. 15.000,-/orang. 
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

17. Puncak Lereng Kelir

Lereng Kalır berada di dusun Gertas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Gardu pandang Lereng Kelir dibangun di atas bukit di ketinggian 1300 Mdpl. Dari ketinggian ini kita bisa melihat panorama Danau Rawa Pening, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Pemandangan sekitar kota Ambarawa dan Salatiga. 

Desa wisata Gardas Lereng Kelir juga menawarkan paket wisata pengolahan kopi, cara berternak kambing sampai pengolahan kotorannya. Untuk tiket masuk pada hari biasa Rp. 5000,- dan akhir pekan Rp. 7.000,-.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

18. Air Terjun Kalipancur

Obyek wisata ini sedikit tersembunyi di lereng Gunung Telomoyo. Dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di daerah Jawa Tengah. Untuk menikmati keindahan pesona alam air terjun ini kalian harus menuruni tangga sekitar 900 buah anak tangga.

Ketinggian air terjun ini sekitar 100 meter. Dan rasa lelah kalian akan terbayar setelah sampai di titik air terjun ini. Pemandangan yang memanjakan mata serta udara yang segar akan menyambut kalian. 

Untuk pergi ke tempat ini kalian harus datang jam 8 pagi dan pulang sebelum jam 5 sore ya, karena kawasan ini akan menjadi gelap setelah lewat dari jam 5 sore. 
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

19. Curug Tirta Wening

Curug Tirta Wening berada di Desa Munding, Dusun Cemanggal, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Kalian bisa menempuh jarak sekitar 20 KM dari arah alun-alun Ungaran. Selama perjalanan kalian akan disambut dengan pemandangan sawah yang memanjakan mata. 

Walaupun kecil obyek wisata ini masih sangat asri, bersih, dan mata air dari pegunungan Ungaran yang segar. Untuk tiket masuknya juga cukup murah yaitu Rp. 5.000,-.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

20. Dusun Semilir

Obyek wisata yang cocok untuk pilihan liburan keluarga dan instagramable ini wajib kalian coba. Dengan mengusung konsep "one stop destination"membuat para wisatawan berlama-lama di obyek wisata satu ini. 

Dusun Semilir berada di Kelurahan Bawen, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Semarang. Ada banyak fasilitas dan spot menarik untuk kalian yang suka berfoto. Wahana permainan yang paling ikonik di sini adalah perosotan Pelangi. Dengan alas seluncur berwarna-warni dengan ketinggian 30 meter. 

Dusun Semilir buka pada pukul 08.00 - 18.00 WIB di hari biasa. Dan diakhir pekan buka pukul 08.00 - 20.00 WIB. Sedangkan biaya masuknya Rp. 30.000,- sampai Rp. 90.000,- tergantung fasilitas yang didapat.
Goa rong
Doc. @goarongview, @wisatasemarang

21. Goa Rong

Goa Rong terletak di Desa Lopait, Kecamatan Tentang, Kabupaten Semarang. Tidak seperti namanya obyek wisata ini meyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian. Yang berada di perbukitan dengan gardu pandang  dan jembatan kaca untuk menikmati keindahan bukit.

Kalian juga dapat melihat keindahan gunung Ungaran, Merbabu, Telomoyo, dan Rawa Pening. Untuk mencapainya kalian perlu menaiki beberapa anak tangga. Untuk tiket masuknya sendiri yaitu Rp. 20.000,-.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

22. Pemandian Air Panas Diwak

Pemandian Air panas Dudak ini berada di daerah Karangjati, Kabupaten Semarang, bertepatan dengan pabrik Teh Sosro. Kalian bisa menukmati air hangat yang alami dan langsung dialirkan dari bawah kaki gunung Ungaran. 

Untuk biaya masuk ke obyek wisata ini cukup murah yaitu Rp. 5.000,-. Sepertinya kita semua harus mengantar obyek wisata ini agar kedepannya menjadi obyek wisata yang lebih bagus lagi. 
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

23. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park merupakan taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah. Tempat wisata ini berada di Tuntang, Kabupaten Semarang.  Dengan mengusung konsep kearifan lokal obyek wisata ini menjadi pilihan destinasi yang sangat recomended untuk liburan bersama keluarga.

Dibangun dengan lahan 12 hektar dan mempunyai 25 wahana bermain. Nama Saloka diambil dari kisah Ki Hajar Salokantara dan Nui Endang Sawitri yang mempunyai anak bernama Baru Klinting.

Ada berbagai zona yang ditawarkan di Saloka Theme Park yaitu, Balalantara, Kamayayi, Ararya, Arum Jeram, dan Pesisir. Untuk tiket masuknya di hari biasa Rp. 120.000,- dan diakhir pekan Rp. 150.000,-. Tiket ini merupakan tiket terusan, jadi kalian bisa bermain semuanya tanpa harus membahas biaya tambahan lagi.
Tempat wisata ambarawa dan sekitarnya
Doc. google.com

24. Taman Miniatur Dunia

Taman Miniatur Dunia ini berada di Merakrejo, Harjosari, Bawen, Kabupaten Semarang. Spot taman mini mania ini megusung tema taman miniatur landmark dunia seperti Hollywood Sign, Stonegenge,  Menara Eiffel, Paging Liberty dan masih banyak lagi. Beberapa bangunanya juga ada bangunan dari Indonesia yang terkenal.

Untuk harga tiket masuk di tempat wisata ini kalian harus membahas Rp. 20.000,-. Sedangkan jam operasionalnya dibuka pada pukul 08.00 - 17.00 WIB. 

Wah ternyata banyak juga ya tempat wisata Ambarawa dan sekitarnya. Yuk jelajahi semua obyek wisata Kabupten Semarang, dan jangan lupa share petualangan seru kalian.


"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba Blog Pesona Wisata Kabupaten Semarang."
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

9 komentar

  1. Wah banyak juga ya mbak tempat wisatanya tinggal pilih mau kemana. Harganya juga terjangkau. Tapi, kok aku serem bgt baca kisah cerita Legenda Baru Klinting yang sampai ayahnya motong lidahnya. Ngeri ya mbak 🥲

    BalasHapus
  2. mbak muzeyyen sudah sampai ambarawa saja nih, di kabupaten Semarang memang banyak tempat-tempat wisata baik yang lama dan baru dan bagus-bagus, wajib di eksplor.

    BalasHapus
  3. Banyak banget destinasi wisata yang cantik di Ambarawa. Dan yang paling bikin ngiler tuh, selain tempatnya bagus, HTM nya juga terjangkau banget. Duh anak pulau kayak aku ngiler banget kalau lihat beginian.

    BalasHapus
  4. Tertarik banget sama desinasi dusun semilir, pernah lewat di fyp tiktok ku juga

    BalasHapus
  5. Sejak pindah dari Tangerang ke Jawa Tengah, aku baru sadar daerah Ambarawa, Salatiga, Semarang area situ banyak banget wisata yang memanjakan mata dan perut :') tapi kalau ke rawa pening belum pernah, tapi terlihat dari wahana bianglala pas ke Saloka Theme Park. Dusun Semilir lewat doang pas ke Diaryland Bawen alias Cimory. Thank you kak rekomendasinya :)

    BalasHapus
  6. Mbaaak, banyak banget ini tempat wisatanya, jadi bingung mau kemana dulu wkwk. Tapi dari dulu aku paling pengen ke museum kereta apinya, aku suka naik kereta api, jadi kayaknya menarik aja gitu liat lokomotif vintage, kuno, pengen tau sensasinya gimana hehe..

    Btw, ceritanya Baru Klinting ini legend banget ya. Aku yang di Jawa Timur aja pernah denger juga legenda ini, dari jaman aku SD juga. Dan emang ceritanya nyambung dengan legenda Rawa Pening ya. Dulu guruku pas SD juga nyeritainnya persis kayak gitu, kyak yang mbak Muze cerita...

    Ini warga Semarang pasti bangga, karena daerahnya kaya pesona wisata. Aku pas ke Semarang belum sempat eksplor macem-macem, jadi pengen ke sana lagi, hiks...

    BalasHapus
  7. Park yang di puncak itubya,mana ya Mbak? Muncul waterpark apa saloka park ya mbak? Pernah lewat waktu perjalanan pulang dari Semarang dulu. Tapi ga tahu lagi yang saya lihat itu apakah yang ini atau bukan sih.

    BalasHapus
  8. Banyak juga ya ternyata, pengen ke Sepakung nih belum kesampaian, padahal yo deket, hehe. Memang kabupaten Semarang top deh tempat wisatanya, sebagai warga dari negara sebelah, aku juga lebih suka mlipir ke kabupaten wkwk. Kotanya isinya mall melulu soalnya... bosen :D :D

    BalasHapus
  9. Wah hrus explore semarang lgi nih...wisata alamny menggiurkn untuk dkunjungi...rawapening kampung rawa...mana murce jg masukny ..okey list dulu...

    BalasHapus

Posting Komentar