Muzeyyen Salik Banner

8 Tips Desain Interior Cafe Yang Bikin Betah Pengunjung

Desain Interior Cafe
Mempunyai sebuah usaha, adalah salah satu impian saya. Ini karena saya sendiri ingin memberikan peluang untuk para pencari kerja di luar sana.

Seperti yang kita tahu, masih banyak sekali orang-orang yang sulit mendapatkan pekerjaan. Terlebih standar kualifikasi perusahaan yang semakin tidak masuk akal memberikan syarat bagi calon pelamar kerja.

Dengan kualifikasi yang dinilai berat, ini semakin menambah jumlah angka pengangguran di negara kita.

Kembali ke usaha yang ingin saya rilis tadi, sebenarnya juga nggak neko-neko sich. Pengenya bisa buka cafe yang jual beberapa jenis makanan dan beberapa jenis minuman kaya cocktail, mocktail, milk shake, dan lainnya.

Nah, kalo dari suami sendiri pengennya buka cafe sekaligus jual shisha. Karena kebetulan suamiku ini, expert untuk masalah shisha.

Oke, niat dan ide sudah ada nich, tinggal pengembangan konsepnya. Jadi bagaimana cafe ini nanti bisa menarik pelanggan, di samping dari pelayanan maupun cita rasa menu yang disajikan.

Jawabanya adalah, dengan menciptakan desain interior yang dapat menarik pelanggan maupun pengunjung baru.

Ternyata desain interior tidak serta merta hanya berhubungan dengan hunian kita. Tetapi tempat bisnis juga perlu didesain untuk menciptakan suasana yang hidup, dan nyaman.

Untuk lebih lengkapnya saya akan membahas mengapa cafe perlu untuk didesain.
Desain Interior Cafe

Mengapa Cafe Perlu Didesain

Kita pasti pernah pergi ke suatu cafe. Apa sih yang menjadi perhatian kita sembari menunggu menu-menu yang kita pesan datang?

Kalo saya sendiri sih, melihat tampilan buku menu dan menu-menu lainnya. Kalo sudah pasti, ini mata tidak bisa berhenti untuk melirik kekanan dan kekiri, melihat kondisi sekitar.

Kadang dalam hati, auto bilang eh itu kok kaya gitu ya. Catnya nggak matching trus desainnya juga berlebihan.

Nah untuk itu cafe perlu juga donk mendapat perhatian khusus untuk masalah desain ini. Mari kita simak alasan mengapa cafe perlu di desain.

Beberapa alasan cafe perlu didesain;

Meningkatkan Daya Tarik Pengunjung

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, jika dengan sebuah desain akan mempengaruhi minat dan daya tarik pengunjung.

Cafe dengan desain yang estetik dan instagramable sering menjadi tempat tujuan untuk bersantai, berfoto, bahkan berlama-lama.

Karena dengan tampilan yang pas dan menarik ini pengunjung akan betah untuk berlama-lama. Bahkan mereka tidak akan berpikir panjang untuk kembali lagi ke cafe kita.

Membangun Branding

Salah satu cara agar seseorang mengenali kita adalah dengan membranding diri.

Begitu juga dengan cafe, cafe dengan desain khas dan unik akan menjadi branding yang baik agar mudah dikenali dan ingat oleh masyarakat.

Desain ini juga memberikan kesan profesional, dan membedakan antara cafe satu dengan yang lainnya.

Membangun Suasana

Desain mempunyai peran dalam membangun suasana. Bayangan saja, jika kita pergi di suatu tempat makan yang tampak biasa tanpa desain apapun.

Yang kita lakukan hanya, memesan makanan, menunggu, makan, kemudian pulang.

Akan sangat berbeda jika kita pergi ke tempat makan yang sudah didesain khusus. Kita akan lebih merasa nyaman, dan ingin berlama-lama disana, bahkan kembali lagi dikemudian hari.

Memaksimalkan Penggunaan Ruangan

Keluasan ruangan dalam sebuah cafe, juga dapat memberikan rasa nyaman kepada pengunjung.

Itulah sebabnya, mengapa cafe ini perlu untuk didesain. Dengan membuat desain di cafe kita, kita akan mempunyai gambaran untuk memaksimalkan penggunaan ruangan.

Pemilihan furniture, pengaturan peralatan maupun dekorasi yang efisien dan efektif akan membuat cafe dapat menampung lebih banyak pengunjung.

Mengoptimalkan Ruang Kerja

Cafe maupun restoran yang baik memang seharusnya mempertimbangkan alur kerja, serta masalah operasional.

Desain yang tepat antara dapur, ruang penyajian, tempat penyimpanan akan membuat staf yang bekerja lebih nyaman.

Tidak itu juga, dengan desain kita juga dapat mengatur jalur lalu lintas antara pelanggan dan pegawai agar tidak saling mengganggu.
Desain Interior Cafe

8 Tips Desain Interior Cafe

Desain cafe yang sesuai tentu akan membuat betah pengunjung, bahkan membuat mereka kembali lagi.

Berikut ini beberapa tips desain interior di cafe yang bikin betah pengunjung.

1. Memilih Desain Interior Yang Unik

Desain interior yang unik mampu menjadi daya tarik tersendiri.

Disamping itu desain unik ini juga dapat membantu membranding cafe, yang dapat membedakan cafe satu dengan lainnya.

2. Menggunakan Warna Yang Cerah

Pemilihan warna yang cerah dapat memberikan kesan simple dan modern yang menghidupkan suasana.

Warna-warna cerah juga dapat memberikan efek luas, serta memberikan rasa nyaman.

3. Pemilihan Dekorasi

Jangan terlalu berlebihan dalam mendekorasi cafe. Dekorasi yang berlebihan akan membuat kesan ramai dan tidak enak dilihat.

Pertimbangkan saja dalam pemilihan meja maupun tempat duduk. Seperti memilih model meja dengan bar panjang yang lengkap dengan stool, meja seperti ini cocok untuk menghabiskan waktu dan mencari inspirasi.

Atau mungkin ingin memberikan kesan santai para pengunjung untuk sekedar mengobrol atau bertemu dengan klien.

Kita bisa memilih meja dan kursi dengan model rendah. Ini dapat memberi rasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di cafe kita.

4. Sirkulasi Udara

Cafe yang didesain dengan sirkulasi udara yang bagus akan memberikan rasa nyaman dan betah kepada para pengunjung.

Apalagi konsep cafe terbuka maupun rooftop biasanya akan lebih banyak pengunjungnya, dibanding cafe dengan konsep yang tertutup.

5. Pencahayaan

Cafe dengan pencahayaan yang cukup, mampu membuat tampilan makanan berbeda.

Ini akan menambah nafsu makan pengunjung untuk menyantap hidangan yang kita sajikan.

Pencahayaan yang baik ini tidak hanya mengandalkan cahaya lampu. Tetapi pencahayaan alami di siang hari juga diperlukan.

6. Aroma

Pernahkah kalian pergi ke suatu cafe dengan aroma yang khas? Jangan salah, ini termasuk teknik marketing mereka mengundang pelanggan.

Disini kita dapat menciptakan aroma khas dari cafe kita, apakah dari olahan cafe tersebut atau dari aroma masakan lainnya.

Tapi ingat, jangan memberikan aroma wewangian yang berlebihan. Karena ini akan mengurangi nafsu makan pengunjung.

7. Bedakan Antara Ruangan Bebas Rokok Dan Smoking Area

Belum tentu semua pengunjung di cafe kita ini semua adalah perokok. Salah satunya saya sendiri, yang tidak kuat dan terasa sesak jika menghirup asap rokok.

Sebaiknya cafe memang didesain untuk yang bebas rokok dan smoking area, jadi ruangan itu didesain berbeda. 

8. Kedap Suara

Cafe dengan desain kedap suara ini juga sangat penting. Terlebih jika cafe kita menampilkan band musik atau sejenisnya.

Agar suara tidak mengganggu, dan tembus keluar sebaiknya pasang peredam suara agar tidak terlalu mengganggu masyarakat sekitar.

Penutupan

Desain interior ternyata mencakup banyak aspek, tidak hanya mengenai desain interior rumah minimalis maupun desain interior rumah minimalis modern.

Cafe juga perlu perhatian khusus dalam desain interior. Untuk kalian yang tertarik di dunia desain interior bisa melanjutkan untuk kuliah di kampus jurusan desain interior.

Karena ternyata prospek kerja jurusan desain interior ini juga sangat luas dan banyak pilihan.

Dengan menerapkan delapan tips desain interior cafe diatas, diharapkan kita dapat menarik pelanggan lama dan memanggil pelanggan baru.

Untuk kalian yang tidak cukup waktu untuk membuat desain di cafe kalian sendiri, kalian bisa menggunakan jasa desain interior. 

Sebelum menggunakan jasanya kalian juga perlu mengetahui cara menghitung harga jasa desain interior per m2.

Ingin tahu lebih lanjut tentang desain interior cafe. Baca artikel saya selanjutnya di Jasa Desain Interior Cafe Low Budget.

Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

14 komentar

  1. Shisa itu rokok di Timur Tengah ya mba....Iya kafe itu harus kedap suara biar kenyamanan tidak terganggu oleh suara-suara dari luar terutama kalau kafenya dekat jalan raya.

    BalasHapus
  2. Wah cafe dengan shisha...ide yang beda
    Setuju jika desain interior cafe perlu semenarik mungkin
    Bahkan di kalangan ibu-ibu/teman-teman saya, kadang kalau mau arisan dll, yang dipikirin tempatnya enak, nyaman, cozy, desain interiornya bikin betah pokoknya..dan terutama ada parkiran. Masalah rasa makanan kadang nomor dua:)

    BalasHapus
  3. Selain desain yang cantik dan nyaman, seringkali juga pengen tema/konsepnya kayak apa. Ada industrialis, minimalis. Kalau jual shisa juga, mungkin ala-ala Mediteranian gitu kayaknya. Kebayang cantiknya dengan alunan musik lembut Timur Tengah...
    Kebawa suasana banget deh...

    BalasHapus
  4. paling enak datang ke cafe dengan alunan musik lembut..suasana jadi nyaman, kalo ngbrol gak terganggu dan kalo mau rapat pun bisa

    BalasHapus
  5. Sirkulasi udara, ruangan smoking dan non smoking menurut saya penting sih diperhatikan. Sekarang banyak cafe dengan konsep semi outdoor, tapi ternyata kalau siang, panasnya ruangan lumayan menguras tenaga. Tapi ada juga kafe yang memang sejak awal desainnya sudah sangat nyaman dan memperhitungkan semua dari pencahayaan, udara, sampai dekorasi-dekorasi kecil pun diperhatikan.

    BalasHapus
  6. Sekarang banyak cafe yang mengusung tema industrial atau minimalis ya, mb. Lebih banyak ke industrial sih, desain ala-ala retro. Tp banyak juga sih desain lainnya yg eye catchy

    BalasHapus
  7. Wah iya, aku klo ke cafe nggak sekedar lihat apakah kopinya enak apa tidak
    Tapi juga bagaimana desain interiornya

    BalasHapus
  8. Asyik banget dan memang desainnya bikin betah

    Salah satu yang menarik dari cafe adalah ingin berlama-lama disana

    BalasHapus
  9. Desain cafe yang cantik bisa bikin kerasan pengunjung loh. Belum lagi klo suasananya nyaman, waahh bisa betah banget tuh nongki cantik di cafe tersebut.

    BalasHapus
  10. kalau desainnya dibawa ke rumah pasti bikin makin betah hihi, soalnya kalo dikonsep jadi kek cafe gitu pasti makin betah akunya, gaperlu ngafe2 lagi wkwkwk

    BalasHapus
  11. Aku kalau ke cafe memang cari yang bisa buat kerja sih..
    Jadi gak duduk di sofa. Kriteria pertama buatku adalah kursi dan meja yang pas ukurannya buat kerja. Kalau lagi hang-out sama keluarga atau sahabat, nah.. baru cari cafe yang ada sofanya.. Hehhe, aku rasa biasanya ada beberapa cafe yang membagi ruangannya sehingga nyaman buat berbagai kepentingan personal yaa..

    BalasHapus
  12. Wuah kalau ada contoh-contohnya enak mbak
    Jadi bisa bayangin desain interior kafe yang indah dan estetik itu seperti apa

    BalasHapus
  13. wuih, ntar kalo mau bikin cafe ala-ala bisa cek di sini nih. Menarik juga ya melakukan design gini harus sesuai target pasar juga ya. Apalagi sekarang suasana cafe menjadi daya tarik yang cukup besar bagi pengunjung

    BalasHapus
  14. Suka sama suasana cafe, berasa pengen punya rumah yang mirip" cafe biar lebih betah di rumah

    BalasHapus

Posting Komentar