Muzeyyen Salik Banner

Cara Menghitung Harga Jasa Desain Interior Per M2

Jasa Desain Interior Per M2
Mempunyai rumah adalah harapan semua orang, apalagi untuk pasangan yang baru saja menikah.

Karena bagaimanapun juga mempunyai rumah sendiri akan jauh lebih baik daripada tinggal satu atap dengan mertua.

Hidup di rumah sendiri akan membuat kita jauh lebih mandiri. Kita juga tidak mengantungkan kesiapapun. Dan dapat memininalisir masalah yang mungkin akan terjadi. 

Tapi kita juga tahu mempunyai rumah juga tidak mudah. Banyak hal-hal yang harus di pertimbangankan.
Jasa Desain Interior Per m2

Pertimbangan Dalam Mencari Rumah

Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangan dalam mencari rumah;

Lokasi

Lokasi menjadi pertimbangan yang paling utama dalam mencari rumah. Menurut saya sebaiknya mencari rumah yang dekat dengan lokasi tempat suami bekerja.

Karena dapat menekan biaya operasional. Sedangkan untuk sekolah anak-anak bisa mencari di dekat lokasi rumah kita.

Harga

Harga ini sendiri tergolong subjektif, kita bisa menyesuaikan dengan budget kita.

Yang perlu kita lakukan adalah melakukan riset harga pasar terlebih dahulu.

Ukuran Rumah

Ukuran sebuah rumah juga harus menjadi pertimbangan kita sebelum membeli. Karena ukuran tentu akan sangat mempengaruhi berapa banyak ruangan yang tersedia.

Semakin banyak anggota keluarga, semakin baik pula jika kita membeli rumah dengan kapasitas ruangan yang banyak pula.

Lingkungan

Menurut saya lingkungan juga hal yang perlu dipertimbangkan. Terlebih lingkungan akan memberikan dampak yang besar untuk perkembangan anak-anak kita.

Pilihlah lingkungan nyaman, tenang, dan mampu, memberikan keamanan.

Fasilitas

Sebenarnya fasilitas sendiri tergantung dengan jenis hunian apa yang ingin kita miliki. Kalo kita memilih tipe hunian model apartemen, jelas harus benar-benar mengecek secara menyeluruh.

Memastikan semua fasilitas yang ditawarkan ada dan berfungsi dengan baik.

Jika kita kita memilih hunian seperti perumahan atau rumah biasa, mungkın bisa mempertimbangkan dengan melihat jauh dekatnya hunian dengan tempat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, atau lainnya.

Akses transportasi

Salah satu akses yang terpenting lainnya adalah transportasi.

Jika rumah kita sangat mudah dijangkau oleh transportasi umum tentu kita tidak perlu pusing untuk menyewa taksi atau sejenisnya. Ini jelas akan menghemat biaya operasional kita.

Nah itulah beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam mencari rumah.

Untuk kita yang ingin menciptakan rumah idaman, tidak serta merta harus kita semua yang menanganinya.

Kita bisa menyerahkan kepada ahlinya yaitu dengan menyewa jasa desain interior. Orang-orang yang ahli di dalam desain interior ini, tentu juga sudah mempunyai predikat terbaik di kampus ternama jurusan desain interior.

Dengan pengalaman dan keahlian itu, kita tidak perlu khawatir lagi untuk menciptakan rumah dengan menerapkan desain interior rumah minimalis maupun desain interior rumah minimalis modern.
Jasa Desain Interior Per M2

Layanan Yang Ditawarkan  Jasa Desain Interior

Jika kalian masih bingung dengan layanan jasa yang ditawarkan oleh jasa desain interior.

Mari simak penjelasan di bawah ini, agar kalian semakin mantap untuk menggunakan jasa desain interior.

Beberapa layanan jasa dari desain interior yang ditawarkan;

Konsultasi

Layanan yang pertama kali ditawarkan oleh jasa desain interior adalah konsultasi.

Konsultasi ini mencakup mengkomunikasikan semua tujuan proyek, anggaran, referensi gaya, dan keinginan kita sendiri sebagai klien.

Perencanaan

Langkah selanjutnya merupakan tahapan penting. Karena perencana ini dapat memberikan gambaran detail untuk proyek kita nanti.

Para desainer interior akan melakukan pengembangan konsep desainnya, merencanakan tata letak ruangan, dan pemilihan material yang sesuai.

2D/3D Rendering

Untuk kalian yang tertarik di dunia desain, sangat cocok untuk berkecimpung di dunia desain interior.

Karena prospek kerja jurusan desain interior ini sangat banyak pilihannya, salah satunya menjadi desain grafis.

Dalam layanan ini, para desainer interior menggunakan perangkat lunak khusus untuk mengembangkan konsep, dan tata letak ruang yang masuk dalam layanan perencanaan tadi menjadi gambar 2D dan 3D.

Ini bertujuan agar semua konsepnya tergambar dengan jelas.

Manajemen Proyek

Layanan ini akan melibatkan pengawasan proyek secara menyeluruh. Mereka akan memastikan bahwa semua proyek terimplementasi dengan benar.

Disini mereka juga harus melakukan koordinasi dengan kontraktor, serta penyedia material dan furniture.

Pewarnaan Dan Lighting

Untuk menciptakan hunian yang cantik dan estetik, desainer interior akan membantu kita dalam pemilihan warna, serta pencahayaan yang optimal.

Layouting

Layouting ini sendiri mencakup pemilihan dan penempatan furniture.

Para desainer interior akan memperhatikan semua ruangan berfungsi dengan baik, dan memberikan kenyamanan oleh para penghuninya.

Dekorasi

Untuk menciptakan ruangan yang estetik, desain interior akan memberikan sentuhan terakhir, seperti pemilihan furniture, aksesoris, hiasan dinding, maupun dekoratif lainnya.

Restorasi

Biasanya desain interior juga melayani restorasi ruangan maupun bangunan.

Seperti melakukan perbaikan, mengembalikan fungsional ruangan atau bangunan yang sudah ada sebelumnya.

Instalasi

Para desain interior akan memastikan, semua pemasangan furniture maupun dekorasi terpasang dengan benar, dan sesuai dengan perencanaan awal.

Finishing

Tahap terakhir ini merupakan finishing, yang mencakup pengecekan, meliputi pengecatan, pemasangan panel dinding, atau pemasangan lantai kayu.
Jasa Desain Interior Per m2

Cara Menghitung Jasa Desain Interior Per M2

Tidak dipungkiri jasa desain interior mempunyai tarif yang berbeda-beda.

Beberapa faktor yang mempengaruhi contohnya seperti, pengalaman, portofolio, metode pekerjaan, serta kualitas material.

Pada umumnya para desain interior mematok harga mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 1.000.000,- per meter persegi. Lalu bagaimana cara menghitung jasa desain interior per M2nya.

Saya akan memberikan contoh;
Kita akan merenovasi rumah dengan luas 15 × 6 meter. Sedangkan harga dari jasa desain interior yang itu sendiri Rp. 500.000,- per meter perseginya.

Maka cara menghitungnya cukup mudah, yaitu kita cari luas total ruangan kemudian dikali dengan dengan harga jasa desain interiornya per meter persegi.

Jadi (15 x 6 metre) x Rp. 500.000,- = Rp. 45.000.000,-. Untuk biaya jasa desain interior rumah seluas 15 x 6 meter dengan biaya jasa Rp. 500.000,- per meter perseginya yaitu Rp. 45.000.000,-.

Semoga dengan mengetahui cara menghitung jasa desain interior, kita semakin mantap dan siap untuk mengeluarkan budget membuat rumah idaman yang kita inginkan. Untuk kalian yang sedang merencanakan pembuatan cafe, baca artikel saya selengkapnya di “8 Tips Desain Interior Cafe Yang Bikin Betah Pengunjung”.




Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

24 komentar

  1. Wuih harganya lumayan tinggi juga ya. Semakin luas rumahnya, maka biaya jasa desain interior juga semakin tinggi. Namun pastinya hasilnya sesuai dengan ekspektasi sih. Ada harga pasti ada kualitas. Very nice info 👍👍

    BalasHapus
  2. beli atau buat rumah tuh semacam investasi emang. Cuma memang beli rumah butuh beberapa pertimbangan. Nggak bisa asal.

    Kalau memutuskan untuk buat rumah, baiknya memang pakai jasa desain interior juga. Jadi, kita bisa mewujudkan rumah impian.

    BalasHapus
  3. Gak salah kalau banyak desain interior bermunculan ya. Biaya jasanya aja lumayan. Tapi kalau pengin interior yang ok, mau tidak mau sebaiknya memang pakai jasa desain interior.

    BalasHapus
  4. Rumah memang jadi tempat buat keluarga ya. Penting banget memilih lokasi yang pas. Jangan kejauhan sama tempat kerja dan sekolah. Desain interior yang nyaman juga bikin semua jadi betah di rumah ya

    BalasHapus
  5. memang patokan utama saat memilih rumah itu, harus dekat dengan tempat kerja. Yang lain mengikuti, termasuk sekolah anak yang bisa dicari di dekat rumah.
    Dan ternyata biaya desain interior ini dihitung per meter ya.Jadi ada ancer-ancer berapa biayanya, saat kita akan memakai jasa desain interior.

    BalasHapus
  6. wah jadi kepikiran, buat jasa desain interior ternyata enggak murah. dan kalau mau hasil yang keren, enggak bisa sembarangan juga pilih desainernya ya. harus yang terbaik

    BalasHapus
  7. Membangun atau merenovasi rumah impian sering kali membutuhkan bantuan profesional, seperti desainer interior. Jasa mereka dapat membantu mewujudkan konsep desain yang kuta inginkan dan memastikan fungsionalitas ruang.
    Karena sulit wajar sih harganya lumayan juga yah

    BalasHapus
  8. Harganya jelas kalau pakai jasa interior bakal disesuaikan sama bagian-bagian yang bakal dibangun. Aku yakin harganya memang tinggi tapi oke karena sesuai keinginan.

    BalasHapus
  9. Setelah dihitung harga jasa desain interior bisa dibilang mahal juga ya. Harus siapin budget khusus nih kalau mau pakai jasa desain interior

    BalasHapus
  10. Jasanya mihil ya, dihitung per meter. Pengalaman kami minta buatin keluarga atau teman. Jadi harganya bisa miring :))

    BalasHapus
  11. Pakai jasa interior yang memang pakarnya dalam mendesain ginian, bakalan bikin betah tinggal. Hanya aja ya pastinya kualitas sebanding dengan harga ya

    BalasHapus
  12. Memakai jasa desain memang menambah biaya dalam proses pembangunan rumah , tapi pasti lebih terjamin kualitas dari hasil rumahnya, ya

    BalasHapus
  13. Nah ini nih yang saya butih. Dari kemarin bilangnya kan saya pengen sewa jasa desain interior. Tempat nyari jasanua wes dikasih tahu. Sekarang harganya, karena sebelumnya gak ada gambaran sama sekali soal harga sewa jasa desain interior.

    BalasHapus
  14. pas banget nih tipsnya, kebetulan lagi bangun rumah dan intip2 jasa desain interior. pingin punya rumah yang isinya kece.

    BalasHapus
  15. Harga ini pastinya belum termasuk jasa lainnya sih, aku pernah nanya RAB ke orang interior emang banyak printilannya. Ini tergantung selera sih

    BalasHapus
  16. Lumayan euy tarifnya, hehe.. Tapi memang nggak maen² sih ya jasa desain interior ini kerjaannya mikir keras banget biar bisa bikin desain yg apik dan pas sama selera customernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul nih kudu punya budget yg sesuai ya, tp hasilnya pasti memuaskan deh kalo cocok :)

      Hapus
  17. Gampang banget ya kak cara ngitungnya. Kirain borongan. Ternyata ada hitungan per meternya gt ya. Kita jadi tahu detail per meternya shg akan keluar biaya yg diperkirakan. Macem2 lg jasa desainnya interiornya. Tinggal kita pilih tuh sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  18. Nah, info bagus ini. Kebetulan saya juga sedang berencana untuk memakai jasa desain interior rumah. Karena memang lebih efektif sih, tanpa bingung lagi.

    BalasHapus
  19. Kelebihan dari menggunakan jasa design interior hasilnya pasti tidak akan mengecewakan karena mereka pasti sudah berpengalaman. Beda dengan mengandalkan tukang bangunan biasa

    BalasHapus
  20. Keliyengan lihat totalnya wkwkkww bisa buat beli bahan2 segitu :(( tapi kalo ngga pake jasa desain tuh suka ngawur dan akhirnya ga berkonsep wkwkwkwk

    BalasHapus
  21. Menggunakan jasa desain interior harganya memang lumayan, namun sangat membantu kita mewujudkan rumah impian. Dari pada kita desain sendiri tapi hasilnya malah gak oke, dan malah membengkak di pembelian bahan bangunan. Lebih baik pakai jasa sih..

    BalasHapus
  22. Gak bakal kecewa kalau menggunakan Jasa Desain Interior.
    Karena hasilnya selain bikin puas, nyaman, dan yang paling penting, gak ada biaya tambah. Karena kalau desain sendiri, ada kemungkinan pas menggunakan barang atau built-in lemari, misalnya... salah hitung atau hal-hal yang ga diinginkan lainnya. Selain menghemat biaya juga waktu pengerjaan. Gak pingin rumah berantakan terus kan yaa..

    BalasHapus
  23. Kepikiran akhir-akhir ini mau nyari jasa desain interior, cuma ragu hitung-hitungan ongkosnya. Untung baca artikel ini jadi paham. Tapi itu masih jasa ya? Belum bahan kan kak?

    BalasHapus

Posting Komentar